12 February 2008

Senja di Ratu Boko

Posted by iman under: CINTA DAN PERKAWINAN; REFLEKSI .

gerbang-ratu-boko.jpgSyahdan Rara Jonggrang, seorang putri Raja Boko mengajukan syarat kepada Bandung Bondowoso yang hendak meminangnya.
Berikan aku seribu candi dalam semalam, maka kuberikan cintaku padamu “.
Tentu saja Rara Jonggrang tak akan menduga kalau dengan kesaktian dan dibantu prewangan jin jin, Bandung Bondowoso dengan mudah menciptakan candi candi itu. Cemas karena mendekati candi ke seribu, Rara Jonggrang mengatur siasat dengan membuat kegaduhan dan membangunkan hewan hewan piaraan. Kokok ayam membuat Bandung Bondowoso mengira hari telah pagi dan gagal memenuhi tugasnya.
Kelak setelah mengetahui bahwa ia diperdaya oleh sang putri. Bandung Bondowoso melepaskan kemarahannya dengan mengutuk Rara Jonggrang menjadi patung Btari Durga yang kini berdiri tegak di pintu masuk Candi Sewu .

Jangan menganggap remeh dan bermain main dengan cinta. Penyanyi Broery Pesolima melantunkan dalam lagunya yang terkenal – Hati yang Terluka –
………kau membuat cintaku jadi benci .
Sim salabim. Rara Jonggrang menjadi batu.
Cinta yang sepertinya indah sebenarnya berpotensi menjadi letusan magma, sekaligus dendam. Makanya jaman bujangan dahulu ketika hendak syuting di daerah Kalimantan, selalu saja ada wanti wanti. Jangan main main dengan gadis sana kalau tidak serius, nanti kamu tidak bakal pulang ke tanah Jawa.
Urusan cinta kelihatannya sepele, namun jika sudah terperangkap. Makan jadi tidak enak, tidur tidak nyenyak dan hidup seperti disoriented. Tidak heran – ada pepatah – cinta ditolak dukun bertindak.

Ini menjadi tidak masuk akal. Apakah kita harus menyakiti orang yang ( dulu ) kita cintai. Bukankah cinta seharusnya menjadi bagian, apa yang dinamakan keikhlasan. Saya bisa terpukau dengan kata kata ini, “ kebahagianku jika melihat engkau bahagia “ .
Sepertinya klise. Jangan salah ini tidak mudah. Butuh kesadaran tingkat tinggi untuk menjadi sabar dan ikhlas. Butuh pemahaman tingkat sufi untuk menjadi bahagia dengan melihat apapun pilihan orang yang kita cintai. Jadi Syaiful Jamil mestinya juga tidak perlu berkoar koar tentang gaya pakaian Dewi Persik atau masalah moral, begitu keduanya berpisah.

Sore itu, disini di reruntuhan keraton Ratu Boko yang syahdu. Untuk beberapa saat Zam , Anto , Eko dan saya terdiam memandang horizon. Duduk termenung diatas hamparan rumput bukit yang sunyi. Sekejab saya melihat potret potret kilas balik sebuah kehidupan. Bahwa hidup harus terus berjalan apapun konsekuensinya. Cinta memang bisa datang kapan saja dan pergi begitu saja. Ia bisa memberi hidup. Namun kita mesti tahu bahwa hidup tidak harus dibelenggu dengan apa yang namanya cinta. Seandainya saya hidup di jaman candi candi ini. Maka saya coba tawarkan tulisan puisi ini untuk Bandung Bondowoso dan Rara Jonggrang.

Pergi saja bawa dendammu,
jangan ambil mimpi jiwaku
Biarkan rinduku tunjukan arah,
jalan terjal yang kau daki

Bila kau temukan hari indahmu,
bawa serta sedikit cintaku
Dalam bungkus selimut raguku,
untukmu yang setia menunggu

Gemuruh badai semakin kencang. Flash back masa lalu silih berganti dengan cahaya kilat dibalik awan. Udara semakin dingin dan hujan mulai turun dipenghujung senja.

Kami semua saling berpandang sebelum memutuskan untuk bergegas turun ke bawah bukit.
Saya menoleh untuk terakhir kalinya ke belakang karena hari semakin gelap.
Wahai gadis bercahaya bulan. Masih ingatkah saat dulu kau curi hatiku.
Dan sisa cinta dikelopakku.

Selamat hari kasih sayang bagi yang mempercayainya !

83 Comments so far...

max Says:

13 February 2008 at 8:17 pm.

Selamat hari bersayang-sayangan 😀

Moh Arif Widarto Says:

13 February 2008 at 11:09 pm.

Bapak saya dulu ikutan memugar Kraton Boko itu tetapi saya sampai saat ini belum pernah ke sana. Mudah-mudahan kalau jadi pulang kampung ke Sleman libur panjang Maret nanti saya bisa ke sana.

Selama ini pikiran saya selalu diliputi pertanyaan: Sebesar apa kerajaan Boko itu sehingga petilasan kratonnya saja seperti itu? Tapi entahlah… selain keraton dari batu itu, tidak ada hal lain yang dapat menceritakan kisah kerajaan Boko itu. Sejarah seperti sengaja menyembunyikan banyak catatan, seperti yang biasanya dilakukan oleh sejarawan.

mitra w Says:

13 February 2008 at 11:51 pm.

haduuuh, termehe-mehe bacanya 😛

^_^, selamat hari kasih sayang juga

Totok Sugianto Says:

14 February 2008 at 1:58 am.

tentang candi sampeyan betul kalo membawa serta si Zam, beliau memang layak kalo disebut sebagai seorang yang banyak tahu tentang candi. comment candinya di sini aja udah lengkap banget heheh 😛

Doohan Says:

14 February 2008 at 2:38 am.

Selamat hari kasih sayang bersama orang-orang tercinta.

kbguy Says:

14 February 2008 at 4:48 am.

o,ini yang di maksudkan rumah baru ? Ingat rumah sebenar.

unai Says:

14 February 2008 at 9:03 am.

what a great pics, Om…

antobilang Says:

14 February 2008 at 9:56 am.

itu foto saya!!!

*komen histeris*

ekowanz Says:

14 February 2008 at 12:39 pm.

lha itu foro pre weddingnya kok udah disebarluaskan sekarang to mas….

bangsari Says:

14 February 2008 at 3:35 pm.

[Jadi Syaiful Jamil mestinya juga tidak…]

weh, kok namaku disebut-sebut. ada apa ini? 😀

franya Says:

14 February 2008 at 3:41 pm.

next time ajak2 yach kalau jalan2 ke candi2. mau donk…..

escoret Says:

14 February 2008 at 4:01 pm.

konon…katanya,klo pacaran di area candi..bisa putus..!!!

*jd inget jaman pacaran*

eh…nice poto..!!!

Indahjuli Says:

14 February 2008 at 4:07 pm.

Desember tahun lalu, kami juga berkunjung ke Ratu Boko.
Sayang yah, sekarang ngak bisa masuk ke candi utamanya.
Salam kenal dari kami Mas 🙂

edratna Says:

14 February 2008 at 4:16 pm.

Cinta memang sepeti sisi mata uang, ada benci dan rasa sayang…kalau tak cinta maka tak akan ada rasa benci.

Fotonya indah banget….jadi pengin kesana….katanya yang pacaran tak boleh kesana ya, ntar nggak jadi jodoh.

meitymutiara Says:

14 February 2008 at 5:12 pm.

ilustrasi yang terakhir itu, aku suka banget

mikow Says:

14 February 2008 at 7:13 pm.

wah jeng-jeng terus nih mas?

@zam : sampeyan sering ke bandungan ya? ngapain hayoo? 😛

icha Says:

14 February 2008 at 9:17 pm.

jadi inget mama yg suka nyeritain dongeng roro jongrang…pemandangan ciamik banget…pengen kesana

Lita Says:

15 February 2008 at 10:00 am.

kalau mas Iman bikin buku, saya jadi pembeli pertamanya, mas..
tulisannya indah banget..hiks…

cK Says:

15 February 2008 at 12:53 pm.

gambarnya bagus bangeettt!!

*terpesona ama gambarnyah*

isnuansa Says:

15 February 2008 at 3:00 pm.

mas, fotone uapik tenan…

aLe Says:

15 February 2008 at 10:21 pm.

syet dah, foto yg bawah keren euy

astrid Says:

16 February 2008 at 7:39 am.

Apart from love, the last time I went to Boko I was thinking that myth maybe something that doesn’t die easly as it’s born from a need (that’s different from the need for history) or even from lost memory, but how can one distiguish myth and history if he’s not used to saying what is right is right and what is wrong is wrong? We probably like trying to put our roots down deep in the past yet right now we don’t know if we’re doing it for memory or legend, to comprehend continuity or to strenghten cults.

rey Says:

17 February 2008 at 10:42 pm.

ngomong2 soal candi Ratu Boko, aku msh penasaran ama sejarahnya gimana, soalnya candi ini bukan tempat pemujaan, tp rumah ato kerajaan gitu, trus gosip yg pernah aku denger katanya si rajanya tu kanibal, benarkah? 🙂

iman brotoseno Says:

17 February 2008 at 10:52 pm.

rey,
ratu boko memang sebuah istana..bukan candi…
memang sedikit sekali literatur mengenai sejarah kerajaan ini..

hanny Says:

18 February 2008 at 6:18 pm.

hwaaaaah indah sekali … bisa menjadi lokasi valentine yang unik, sebenarnya … semacam napak tilas untuk cinta. ah.

unai Says:

19 February 2008 at 9:03 am.

aku baca tulisan ini berkali kali…indahhhh

Neng Keke Says:

19 February 2008 at 2:46 pm.

Ratu Boko ini beda ya ama Prambanan?

dee Says:

19 February 2008 at 6:52 pm.

wah udah lama ga jalan2 ke sini, malah membaca tulisan jalan2 yg menggugah.. apa web pariwisata indonesiah dipindah ke sini aja mas? Belum pun saya baca tulisan terbaru berjudul “bukittinggi”..

-tikabanget- Says:

2 March 2008 at 11:18 am.

kata seseorang kemaren lalu :
“cinta itu buwat dirasakan. masalah bisa dimiliki atau ndak, itu resiko.”

masni Says:

9 May 2008 at 11:36 am.

mas imam rara jonggrang tu siapa sih? cantik ya?????? bandung b tu cakep nggak sih?

christie Says:

12 July 2008 at 12:40 pm.

mm…very nice, disana banyak banget kenangan, jadi inget. Sedih….

nahdhi Says:

16 November 2009 at 7:03 pm.

Saya baru aja ke BOKO kemaren sabtu. Tapi yang saya nikmati bukan keagungan bangunannya. Saya lebih menikmati keindahan batuan-batuan penyusun bukitnya. Hahaha….

Boy Valentin Says:

15 February 2012 at 10:58 am.

Selamat Hari Kasih Sayang..

Leave a Reply

*

Mencari Jawaban

Artis tend to be dark, worried and superstitious creatures. This is not bad. It makes me perfectionist, it makes me care. Moreover the ability to see the darker side of life is an asset not just directing dramatic and tragic movies, but also for directing comedy, since comedy often has pain inside it. Do you believe that life and film tragically too close together ? I do ...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Iman Brotoseno. Make your own badge here.


Categories

Archives

Hot Topics

Spice of Life


Why Blog ?

Why the BLOG will change the world ?The explosion of blogs throughout the world has been the biggest phenomenon since the rise of the Internet itself. Today, more people read blogs than newspapers. Blogs are just a tool, of course. It’s the bloggers behind the blogs that will make the difference. Here's Why

Blog lama saya masih dapat dilihat disini

( DISCLAIMER ) Photo dan Gambar Ilustrasi kadang diambil dari berbagai sumber di internet - GETTY IMAGES dan CORBIS selain photo teman dan milik saya sendiri. Kadang kala sulit untuk menemukan pemiliknya. Jika ada yang merasa keberatan bisa menghubungi untuk dicantumkan namanya.

Subscribe this blog

  Subscribe in a reader
Enter your email address:
  
Delivered by FeedBurner
May 2016
M T W T F S S
« Apr    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031