2 June 2016

Berkepribadian dalam budaya

Posted by iman under: BERBANGSA; Budaya; REFLEKSI; SOEKARNO .

Budaya2Ketika era kolonialisme pendudukan sebuah bangsa secara fisik berakhir, seorang intelektual Italia Antonio Gramsci pernah menjelaskan, bahwa kekuasaan yang menindas berupaya menguasai seluruh keadaan melalui cara yang paling kuat yaitu hegemoni, baik dalam tataran nilai ataupun tindakan. Hegemoni ini bisa mempengaruhi semua aspek kehidupan, baik dalam bidang politik, ekonomi dan budaya. Ini yang membuat Bung Karno memiliki gagasan untuk menghadapi gelombang hegemoni dari pihak luar .

Tudingan Bung Karno anti dengan produk barat, tidak sepenuhnya benar. Bahwa Bung Karno melarang ikon barat – misalnya musik Beatles – lebih karena sebagai bagian dari kebijakan politik melawan Nekolim saat itu. Namun Bung Karno tidak serta merta anti musik asing, karena dia juga menyukai lagu lagu soprano dari Itali misalnya.

Ketika itu Bung Karno memang sedang ngambek berat pada negara-negara Barat seperti Inggris dan Amerika, karena sikap dua negara itu bertentangan dengan politik luar negeri Indonesia. Ia membutuhkan sebuah simbol untuk dilawan, sehingga Bung Karno perlu menegaskan identitas kebangsaannya melalui Trisakti, salah satunya adalah ideologi berkepribadian dalam budaya.

Kalau melihat sejarah masa mudanya, Bung Karno tumbuh dan besar bersama film film Hollywood, jadi hampir tidak mungkin dia anti film film Amerika. Bung Karno mengakui belajar bahasa Inggris dari kebiasaannya nonton film Hollywood. Bisa dikatakan ia memuja film Hollywood. Sewaktu muda, ia memiliki bintang film idaman bernama Norman Kerry. Seperti remaja Indonesia saat ini yang berusaha meniru penampilan bintang K Pop Korea. Bung Karno juga mencoba memelihara kumis tipis melintang – ala Norman Kerry – yang ujungnya melengkung ke atas. Namun, usahanya gagal. Ternyata, kumis Bung Karno tidak melengkung. Ia akhirnya menghentikan usaha meniru aktor pujaan banyak orang saat itu.

Ketika melakukan kunjungan pertama ke Amerika tahun 1956, hal pertama yang dilakukan Bung Karno adalah mengunjungi Hollywood. Ini merupakan impian masa muda yang akhirnya terwujud. Berbicara dengan bintang film kondang disana.
Kecintaannya pada film film Amerika tak menghalangi kebijakan politiknya untuk berpihak pada film nasional. Era orde lama hampir seperti saat ini, ketika film film Amerika mendominasi layar layar bioskop. Film nasional, yang mulai bangkit tahun 1950, tak bisa masuk bioskop kelas satu. Sehingga Pemerintah harus melobi Bill Palmer, bos AMPAI ( American Motion Picture Association of Indonesia ) agar film Krisis, garapan Usmar Ismail bisa tayang dan bertahan selama 35 hari di bioskop Metropole, Jakarta. Insan film juga berhasil meyakinkan Walikota Jakarta Soediro agar mengeluarkan “wajib putar” film Indonesia di bioskop Kelas I, walau pelaksanaannya kurang lancar.

Kebetulan Lekra ikut mendompleng dalam menggayang film-film Hollywood dengan tuduhan film Amerika mengakibatkan demoralisasi, karena film bukan semata untuk kepentingan hiburan, tapi juga alat perubahan, pendidikan, dan penyadaran.
Ada kisah, Bachtiar Siagian, tokoh perfilman Lekra, menceritakan sebagaimana dimuat Harian Rakjat, 19 Maret 1964, bahwa sikap Lekra tidak membabi-buta mendukung film Uni Soviet dan menghajar film apapun yang datang dari Amerika. Dia menyebut film-film progresif seperti This is Our America atau film-film Charlie Chaplin yang progresif serta bagus secara isi dan bentuk. Di sisi lain, dia juga tak abai jika ada film Soviet yang jelek seperti The Flaming Years, yang diputar di Jakarta.

Namun dalam hiruk pikuk anti film barat, tetap saja Bung Karno menjalin persahabatan dengan Bill Palmer. Bahkan secara rutin, Bung Karno mendapat pasokan film film Hollywood yang secara rutin diputar di Istana.
Memang dalam sebuah pidato resmi memperingati proklamasi 17 Agustus 1959, Soekarno menegaskan kebenciannya pada hal hal berbau asing.

“Dan engkau, hei pemuda-pemuda dan pemudi-pemudi; engkau jang tentunja anti-imprialisme ekonomi, engkau jang menentang imprialisme politik; kenapa di kalangan engkau banjak jang tidak menentang imprialisme kebudajaan? Kenapa di kalangan engkau banjak jang masih rock ‘n roll – rock‘n rollan, dansi-dansian ala cha-cha-cha, musik-musikan ala ngak-ngik-ngok, gila-gilaan, dan lain-lain sebagainja lagi? Kenapa di kalangan engkau banjak jang gemar membatja tulisan-tulisan dari luaran, jang njata itu adalah imprialisme kebudajaan?”

Walau penyukai wanita cantik, tapi Bung Karno mengaku tidak suka wanita yang mengenakan rok mini di tempat-tempat umum. Hal ini pernah diakuinya pada Fatmawati saat akan menikah.
“Kukatakan padanya, aku menyukai perempuan dengan keasliannya, bukan wanita modern yang pakai rok pendek, baju ketat dan gincu bibir yang menyilaukan,” kata Bung Karno.

Selain ada muatan dialektika geo politik pada jaman itu untuk melawan neo kolonialisme, Bung Karno juga mendorong bangsa Indonesia untuk mengambil bagian dari pembangunan negerinya, diantara melalui kesadaran mencintai budaya bangsa sendiri.

Budaya3Bung Karno tidak membuat larangan memakai rok bagi perempuan Indonesia, sebagaimana dia membuat larangan memainkan musik barat. Disisi lain Bung Karno tak hanya sekedar melarang, tetapi memberikan teladan dengan menggali budaya bangsa. Saat itu untuk menggantikan budaya dansa dansi yang kerap berlangsung, Bung Karno menggagas munculnya Irama Lenso yang digali dari khazanah seni budaya Maluku. Irama Lenso adalah semacam tarian pergaulan tradisional yang bermuasal dari Ambon.

Lenso adalah saputangan dalam bahasa Maluku. Dalam melakukan gerakan tari dengan iringan ritme musik ringan sampai medium, setiap orang memegag sapu tangan dalam genggaman. Tiga seniman musik Indonesia yaitu Jack Lesmana, Idris Sardi dan Bing Slamet diundang Bung Karno untuk menggali Irama Lenso. Bung Karno sendiri ikut terlibat dalam penggarapan lagu dalam irama Lenso tersebut. Satu diantaranya adalah lagu Bersuka Ria, yang merupakan galian Bung Karno dari musik daerah.
Lagu Bersuka Ria ini kemudian dinyanyikan oleh Rita Zaharah, Nien Lesmana, Bing Slamet dan Titiek Puspa dalam album kompilasi.

Kita bisa memetik sebuah semangat yang besar dari Bung Karno untuk menghadirkan budaya negeri sendiri dalam berbagai aspek kehidupan melalui musik. Coba dengar penggalan lirik “ Bersuka Ria “.
“ Kalau niat mencari istri, saya pilih yang pintar nyambal “
Bukankah sambal memang kesukaan Bung Karno dalam meja makan. Bahkan Ibu Hartini selalu mengulek sambal untuk Bung Karno.

Ide berkepribadian dalam budaya ini masih relevan dengan tantangan kehidupan berbangsa saat ini dimana budaya asing melintas melalui medium internet, TV, film dan musik
Bahkan kalau kita melihat tulisan Sukarno dalam ‘ Suluh Indonesia Muda ‘ tahun 1932 yang meminta agar rakyat Indonesia serta merta meniru gerakan swadesi di India sebagai cara memerdekakan Indonesia.
“ Tidak bolehlah kita membeo saja kepada semboyan semboyan yang dipakai perjuangan perjuangan rakyat lain negeri. Tidak boleh kita meng-over saja segala leuzen zonder menganlisa sendiri. Pergerakan Indonesia haruslah memikirkan sendiri, mengupas soal soalnya sendiri, mencari semboyan semboyan sendiri, menggembleng senjata senjatanya sendiri “

Jauh jauh hari sebelumnya Bung Karno sudah menulis tentang ancaman imperialisme dalam bentuk baru. Penjajahan tidak lagi harus secara fisik menduduki tanah bangsa lain, tapi melalui budaya.
Hal ini sangat disadari dengan Amerika yang berkepentingan dengan mengekspor film filmnya ke penjuru dunia. Sehingga pada masa orde baru, Amerika harus mengancam untuk menutup ekspor tekstil Indonesia ke Amerika, jika kita tidak membuka keran film film Hollywood. Jika dihitung pemasukan distribusi film Amerika di Indonesia, tidak terlalu besar. Tapi ada agenda lain, melalui film bisa mem- brainwash budaya secara perlahan. Tanpa sadar model rambut pendek ala Demi Moore mewabah di Indonesia begitu film ‘ Ghost ‘ hadir di tengah tengah kita.

Budaya1Kita memang tidak perlu bereaktif anti segala yang berbau asing. Juga tidak perlu memberangus arus informasi ini, karena hampir tak mungkin mencegah digitalisasi informasi. Tapi kita berkepentingan agar negara setidaknya hadir dalam era globalisasi ini. Keberpihakan negara untuk melindungi film film nasionalnya sampai bagaimana mendorong remaja kita agar tidak lupa dengan akar rumputnya disela sela kekaguman mereka pada budaya K Pop Korea misalnya.

Kita bisa mencontoh Korea dalam menjadikan budayanya sebagai penggerak ekonomi kreatif. Dahulu, konten Barat mendominasi jam utama di televisi Korea. Tapi kemudian, 10 tahun kemudian, Korea memproduksi konten sendiri. Mereka justru membeli format dari Barat, tapi membuatnya lokal dengan artis kami dan bahasa Korea.
Kalau Amerika punya Hollywood, Asia punya Korea Selatan. Negeri Ginseng itu bisa disebut negara yang sukses memasarkan industri kreatifnya, dengan andalan drama dan musik K-Pop.

Bukan hanya berisi skenario yang bagus, drama-drama Korea juga punya karakteristik berbeda, terutama jika dibandingkan produk Amerika. Drama Korea, lebih berisi drama keluarga yang bisa ditransformasikan ke negara Asia lainnya, misalnya dengan nilai-nilai kekeluargaan, romantis, model cinta bertepuk sebelah tangan. Dibanding drama Amerika, yang banyak nuansa laga, terlalu banyak nilai hubungan bebas yang dianut. Sementara drama Korea tidak memotret yang negatif seperti itu. Drama Korea mencoba menebarkan “pesan-pesan” dari dalam negerinya yang juga sengaja dibuat sarat budaya lokal.

Bagaimana dengan Indonesia ? Bisakah kita meniru Korea yang menjadikan budaya sebagai komoditi ekspor yang menguntungkan perekonomiannya. Mungkinkah gantian remaja di luar negeri akan tergila-gila musik dan selebriti Indonesia. Kegelisahan Bung Karno ini yang sebenarnya menginspirasi untuk menciptakan kreativitas anak negeri sendiri, sekaligus menjadi pendorong lokomotif perekonomian bangsa. Bukankah film AADC bisa bisa menembus pasar wilayah regional seperti Malaysia, Brunei, Singapore. Ini memang butuh komitmen dan kesadaran untuk mencintai budaya negeri sendiri.
Siapa lagu Hip Hop Jawa ala musisi Jogja Kill The DJ akan menghipnotis dunia.

6 Comments so far...

abangjo sabah Says:

23 September 2016 at 8:47 pm.

PERTAMA SAYA INGIN MENYAPA SEMUA PENGUNJUNG SITUS INI DENGAN KATA ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATU.
SALAM SEJAHTERA SALAM SAUDARA-SAUDARA SEMUA, MAAF SEBELUMYA MAKSUD DAN TUJUAN SAYA HANYA INGIN BERCERITA SEDIKIT MENGENAI ANGKA TOGEL RITUAL
SAYA DARI CIOMAS/BOGOR BESERTA KELUARGA MENGUCAPKAN RIBUAN TERIMA KASIH KEPADA MBAH.
SAYA HANYA MENGINPORMASIKAN BUAT SEMUA PENGUNJUNG SITUS INI YANG MEMBUTUHKAN ANGKA TOGEL
2D/3D/4D/5D/6D JAMINAN 100% TOP/TEMBUS SILAHKAN KONSULTASI ATAU MEMINTA BANTUAN KEPADA MBAH WIRANG..
SAYA SUDAH KEMANA-MANA MENCARI ANGKA YANG TOP SELALU TIDAK ADA HASILNYA.. SAMPAI-SAMPAI HUTANG MALAH MENUMPUK..
TANPA SENGAJAH SAYA LAGI CARI ANGKA TOGEL TOP DI INTERNET KOK KETEMU SITUS MBAH WIRANG YAITU http://prediksinomortogelhariini.blogspot.com SAYA BACA SEMUA ISI SITUS TERSEBUT DAN SAYA LANGSUNG HUBUNGI MBAH WIRANG
SAYA COBA BELI PAKET 2D TERNYATA TEMBUS..DAN AKHIRNYA SAYA BISA MEMBELI PAKET 4D.. BAGAI DISAMBAR PETIR.TERNYATA ANGKA TOGEL RITUAL MBAH WIRANG BENAR2 TEMBUS 4D..
DEMI ALAH BARU KALI INI SAYA MENDAPAT ANGKA RITUAL YANG BENAR2 TERBUKTI TEMBUS…
BAGI ANDA YANG INGIN MERUBAH NASIB DAN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM PERMAINAN ANGKA TOGEL 2D/3D/4D/5D/6D SEPERTI SAYA SILAHKAN HUB/SMS 082 346 667 564 MBAH WIRANG.

MBAH WIRANG TIDAK MENGOBRAL JANJI MANIS…FAKTA & KENYATAAN YANG BERBICARA..MBAH HANYA MELAYANI YANG SERIUS & BERSEDIAH MEMBANTU MAHAR UNTUK BIAYA PEMBELI ALAT RITUAL/SESAJEN UNTUK RITUAL.
SEKIAN DAN TERIMA KASIH JUGA KEPADA YANG PUNYA SITUS INI..

SINTA brunei Says:

17 October 2016 at 11:03 pm.

Kami ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH TARSO dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH TARSO dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH TARSO meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH TARSO kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH TARSO sekali lagi makasih yaa MBAH TARSO dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH TARSO DI 085-225-164-678-insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW
1. Di Lilit Hutang

2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
3. Barang berharga Anda. sudah Habis Buat Judi Togel
4. Anda Sudah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat
5. Keluarga anda.sdh hampir.berantakan gara2 Judi togel

Jangan Anda Putus Asa…Anda sudah…
berada Di blog yang sangat Tepat..
Kami akan membantu anda semua dengan
Angka Ritual Kami.dengan bantuan mahluk Ghoib..
Mulai dari CB, AI, SHIO, 2D,3D,4D & 6D
HUB: MBAH TARSO di:(085-225-164-678 )

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (4.50) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH TARSO _:(085-225-164-678 )terima kasih.?????? ??? ???? ???? ?????????????? ??? ???

6.Pesugihan TUYUL.
7.Uang Balik
8.Ingin Buka Usaha Sendiri.
9.Penghasilan Cukup.
10.Cepat Dapat Pekerjaan Semoga barmanfa’at
ANDA JANGAN RAGU JANGAN TAKUT, SUDAH TERBUKTI BANYAK ORANG YANG SUKSES, HUBUNG: MBAH TARSO
(085-225-164-678 )..Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angkanya Saja…
Jaminan 5x putaran 100% bisa di jamin tembus berturut-turut-ATAU.KLILK:http://pesugihanpesarbumi.blogspot.co.id/

ibu risma Says:

4 November 2016 at 4:45 pm.

Assalamu alaikum…wr.wb… saya ingin berbagi cerita kepada teman-teman yang pecinta togel,bahwa dulunya saya TKI di singapura yang terlantar buat makan aja sangat susah,dan alhamdulillah setelah saya hubungi AKI SUNDOSO saya bisa pulang kampung dan memulai hidup yang baru,ini semua berkat bantuan AKI SUNDOSO.karna angka ritual yang di berikan beliau saya bisa menang togel yang 4D singapura yaitu ( 0136 ) saya menang 297.juta syukur alhamdulillah kini sekarang saya sudah buka usaha sendiri,saya ucapkan banyak terima kasih kepada AKI SUNDOSO..tampah bantua dari AKI saya tidak bisa seperti sekarang,bagi teman-teman di indo maupun yang terlantar di luar negri mau mengubah nasib seperti saya silahkan HUBUNGI AKI SUNDOSO di NO: {-082-347-539-177-} karna AKI SUNDOSO dengan senang hati membantu memperbaiki nasib anda,sebab angka ritual di berikan AKI SUNDOSO di Jamin terbukti 100% akan keluar,atau silahkan buktikan sendiri karna kesempatan tidak akan datang kedua kali…terima kasih banyak AKI WASSALAM

dijamin 100% jebol saya sudah buktikan sendiri

angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/

angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/

angka GHOIB; malaysia

angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/

angka GHOIB; laos

PAK.SABARUDDIN DI PADANG Says:

10 November 2016 at 3:16 pm.

Hal yang tidak pernah terbayankan kini jadi kenyataan kepada keluargaku,,,kusus untuk AKI SANTOJOYO kami ucapkan banyak terimakasih yang sebesar-besarnya kepada aki. karena berkat bantuannya alhamdulillah keluarga kami bisa lepas dari hutang dan masalah, karena nomor “GAIB” untuk pasang togel, hasil ritual AKI SANTOJOYO memang benar-bener merubah nasib kami hanya sekejap,dan disitulah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karena rumah juga sudah disita bank,,warung makan juga sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma ngontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya AKI SANTOJOYO lah yang bisa merubah nasib kami..maka dari itu AKI SANTOJOYO orang paling bersejarah di keluargaku…!!!jadi kepada teman-teman yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib seperti saya silahkan hub AKI SANTOJOYO di nomor: 085211599919 dan dengan penuh harapan yakin dan percaya insya allah apa yang anda ingingkan pasti tercapai.

Seri wahyuni Says:

17 February 2017 at 10:16 am.

Kisah Sukses Saya.Yang berhasil uang gaib.Yang Butuh uang Gaib untuk bayar Hutang.KLIKDISINi.Atua Hub H.Elangga.085298609998.

ayunengsi Says:

17 March 2017 at 8:03 pm.

SEKEDAR INFO BOCORAN TOGEL
JIKA ANDA BUTUH A’NGKA GHOIB/JITU
SGP HK MALAYSIA ARAB SAUDI LAOS
2D_3D_4D-5D-6D-7D DI JAMIN 100% TEMBUS…
SAYA BUKTINYA SUDAH 5X JP
DAN SAYA SUDAH BENER2 YAKIN DENGAN AKI RORO
YANG TELAH MEMBERIKAN ANGKA RITUAL NYA
BAGI ANDA YANG SUKA MAIN TOGEL
& INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN GABUNG DENGAN AKI RORO
SILAHKAN HUB DI NO: ((_082_336_642_456_))

Sekian lama saya bermain togel baru kali ini saya
benar-benar merasakan yang namanya kemenangan 4D
dan alhamdulillah saya dpat Rp 250 juta dan semua ini
berkat bantuan angka dari AKI RORO
karena cuma Beliaulah yang memberikan angka
ritual yg di jamin 100% tembus awal saya
bergabung hanya memasang 100 ribu karna
saya ngak terlalu percaya ternyatah benar-benar
tembus dan kini saya ngak ragu-ragu lagi untuk memasang
angka nya,,,,buat anda yg butuh angka yang di jamin tembus
hubungi AKI RORO DI NO: ((_082_336_642_456_))
insya allah beliu akan siap menbatu kesusahan anda
”kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T dan terima kasih banyak kepada AKI RORO

Leave a Reply

*

Mencari Jawaban

Artis tend to be dark, worried and superstitious creatures. This is not bad. It makes me perfectionist, it makes me care. Moreover the ability to see the darker side of life is an asset not just directing dramatic and tragic movies, but also for directing comedy, since comedy often has pain inside it. Do you believe that life and film tragically too close together ? I do ...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Iman Brotoseno. Make your own badge here.


Categories

Archives

Hot Topics

Spice of Life


Why Blog ?

Why the BLOG will change the world ?The explosion of blogs throughout the world has been the biggest phenomenon since the rise of the Internet itself. Today, more people read blogs than newspapers. Blogs are just a tool, of course. It’s the bloggers behind the blogs that will make the difference. Here's Why

Blog lama saya masih dapat dilihat disini

( DISCLAIMER ) Photo dan Gambar Ilustrasi kadang diambil dari berbagai sumber di internet - GETTY IMAGES dan CORBIS selain photo teman dan milik saya sendiri. Kadang kala sulit untuk menemukan pemiliknya. Jika ada yang merasa keberatan bisa menghubungi untuk dicantumkan namanya.

Subscribe this blog

  Subscribe in a reader
Enter your email address:
  
Delivered by FeedBurner
April 2017
M T W T F S S
« Mar    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930