21 January 2008

Harta Soekarno

Posted by iman under: SOEKARNO .

emas.jpg TD Pardede , tokoh pengusaha asal Medan jaman dulu jika masih hidup tentu akan tercengang membaca berita majalah Tempo minggu ini :
Dari luar ruangan, sejumlah tokoh melihat pertemuan itu berlangsung dingin. Teh dalam cangkir berlogo Istana Presiden yang diangkut dari rumah Soeharto, tak disentuh. Hendarman – Jaksa Agung – kata sumber itu, lalu mengajukan konsep penyelesaian di luar pengadilan. Diantaranya, keluarga Soeharto harus membayar 4 trilyun kepada negara. Ini sepertiga dari tuntutan Pemerintah, yakni US $ 420 juta dan Rp 185 milyar plus ganti rugi immaterial Rp 10 trilyun atas Yayasan Supersemar .
Mbak Tutut dan adik adiknya hanya terdiam mendengar angka yang diajukan Pemerintah “
.

Si ompung yang dekat dengan Bung Karno pasti teringat saat suatu hari dia dipanggil mendadak ke Jakarta. Mengetahui betapa miskinnya sang Presidennya. Setelah ngobrol ngobrol bersama menteri lainnya, Presiden Republik Indonesia itu mengajak TD Pardede ke pojok ruangan.
“ Pardede, bisa kau pinjamkan aku uang ? “
Gelagapan karena langsung ditodong oleh penguasa negeri. TD Pardede merogoh saku saku jasnya dan memberikan seribu dollar dari kantongnya. Namun Bung Karno hanya mengambil secukupnya dan mengembalikan sisanya kepada Pardede.

Lain cerita salah satu ajudan terakhir,Putu Sugianitri seorang bekas Polisi wanita yang juga harus pensiun tanpa kejelasan. Suatu saat setelah tidak menjadi presiden, Bung Karno jalan jalan keliling kota dan tiba tiba ingin buah rambutan. ” Tri , beli rambutan “.
” Uangnya mana ? ” tanya si polwan asal Bali itu.
sing ngelah pis ” kata Bung Karno dalam bahasa Bali yang artinya ” saya tak punya uang “.
Jadilah sang ajudan memakai uang pribadinya untuk mantan presiden yang tidak memiliki uang.

Ada juga cerita dari Bang Ali Sadikin.
Saat ia menjabat Menko Maritim. Ia ditanya oleh Bung karno apakah ia bisa membantu bisnis mertua Bung Karno yang berkaitan dengan perijinan pelabuhan. Setelah dipelajari Ali Sadikin mengatakan tidak bisa. Peraturan mengatakan demikian.
“ Ya sudah , kalau tidak bisa “ kata Bung Karno.
Bang Ali berpikir. Luar biasa ini manusia. Padahal sebagai Presiden ia bisa memaksakan memberi perintah. Yang mengagumkan Bung Karno selanjutnya tidak pernah dendam, bahkan kelak mengangkat May.Jend KKO Ali Sadikin sebagai Gubernur Jakarta.

keluarga-soekarno.jpgDari cerita tersebut diatas, kita tahu Bung Karno tidak pernah peduli dengan uang atau harta. Ketika turun dari kekuasaan kita tak pernah tahu bahwa Bung Karno dan keluarganya meninggalkan kekayaan yang melimpah ruah.
Saat mendapat surat dari Jenderal Soeharto, bahwa Bung Karno harus meninggalkan Istana Merdeka sebelum tanggal 16 Agustus 1967. Maka teman teman Bung Karno yang mengetahui rencana itu segera menawarkan dan menyediakan 6 rumah untuk tempat tinggal dan putera puteri Bung Karno.
Mendengar hal itu Bung Karno seketika marah, bahwa ia tidak menghendaki rumah rumah itu. Ia menginginkan semua anak anaknya pindah ke rumah Ibu Fatmawati.
Semua anak anak kalau meninggalkan Istana tidak boleh membawa apa apa, kecuali buku buku pelajaran, perhiasan sendiri dan pakaian sendiri. Barang barang lain seperti radio , televisi dan lain lain tidak boleh dibawa ! “
Demikian Bung Karno memerintahkan.
Guntur – putera tertua – setelah mendengar penjelasan itu merasa kecewa, karena ia sudah terlanjur menggulung kabel antenna TV yang akhirnya tidak boleh dibawa pergi.

Sementara Ibu Fatmawati mengeluh karena kamar di rumahnya tidak cukup.
Tak berapa lama datang truk dari Polisi yang membawa 4 tempat tidur dari kayu yang bersusun, dengan kasur dan bantalnya tapi tanpa sprei dan sarung bantal. Juga beras 6 karung.
“ Anak anakku semua disuruh tidur di tempat tidur susun dari kayu, tanpa sprei dan sarung bantal “
Konon Ibu Fat, marah marah kepada utusan yang membawa perlengkapan itu.

Bung Karno keluar dari istana dengan mengenakan kaos oblong cap cabe dan celana piyama warna krem. Baju piyamanya disampirkan ke pundak, dan ia memakai sandal bata yang sudah usang. Tangan kanannya memegang kertas Koran yang digulung, berisi bendera pusaka merah putih. Bendera yang dijahit oleh istrinya sendiri, ibu Fatmawati ketika masa proklamasi kemerdekaan dahulu.
Tak ada voor ridjer, pengawalan atau penghormatan seperti ketika Presiden Soeharto – yang diantar Jenderal Wiranto sampai ke mobil Mercedes – meninggalkan Istana Merdeka setelah menyerahkan jabatannya kepada Habibie.

tugu.jpgIa meninggalkan istana dengan mobil vw kodok yang dikendarai seorang supir asal kepolisian. Salah seorang anggota kawal pribadinya membawakan ovaltine, minuman air jeruk, air teh, air putih, kue kue serta obat obatan Bung Karno.
Itulah seluruh harta yang dimiliki Bung Karno ketika meninggalkan Istana.
Selebihnya ditinggalkan.
Kelak harta kekayaan Soekarno yang ditinggal di Istana didata oleh pihak penguasa dengan dibuatkan berita acara. Barang barang itu mulai dari logam emas batangan, lukisan lukisan, buku buku, pakaian, minyak wangi, bolpen, uang dollar yang semuanya bernilai tidak sedikit. Dan semua itu tidak pernah diserahkan kepada Bung Karno atau keluarganya. Tidak jelas siapa yang mewarisi.
Pada akhirnya tidak penting juga mewarisi sebuah kekayaan. Karena dia bukan berhala harta. Hanya sebuah janji yang tersisa yang wajib kita jaga, untuk sebuah Indonesia yang bersatu dan bermartabat. Tidak ada juga deal deal khusus. Hanya sebuah persetujuan dalam segenggam bait puisi Chiril Anwar.
Janji itu terus melintas jaman. Sampai kapanpun.

Bung Karno ! Kau dan aku satu zat satu urat
Di zatmu di zatku kapal-kapal kita berlayar
Di uratmu di uratku kapal-kapal kita bertolak & berlabuh
( Persetujuan dengan Bung Karno – Chairil Anwar )

201 Comments so far...

ardal Says:

22 January 2008 at 12:41 am.

wuih, merinding saya membacanya.
bersih, bersih sekali Pak Karno meninggalkan istana!

“Karena dia bukan berhala harta. Hanya sebuah janji yang tersisa yang wajib kita jaga, untuk sebuah Indonesia yang bersatu dan bermartabat. Tidak ada juga deal deal khusus. Hanya sebuah persetujuan dalam segenggam bait puisi Chiril Anwar. Janji itu terus melintas jaman. Sampai kapanpun.”

Bagian ini sungguh ‘dalem’ banget !

extremusmilitis Says:

22 January 2008 at 1:08 am.

Hidup Bung Karno!!!.
Tidak sia-sia aku dan banyak lain-nya men-jadi-kan-nya sebagai legenda Pejuang dan Pahlawan yang benar-benar berangkat dari rakyat dan untuk rakyat. Betapa naif-nya bangsa ini setelah bangsa yang kata-nya besar ini di-bangun dengan susah payah oleh pemimpin rakyat, harus hancur oleh pemimpin yang kata-nya ber-jiwa besardompet tebal

leksa Says:

22 January 2008 at 1:23 am.

sampai kapan mas posting Sukarno bergema di sini?
walau saya terus menunggu side HIStory lainnya dari blog ini,..
tetapi hati saya tidak kuat menahan gulana di hati.. :(

Semoga bisa mengalahkan suara2 sumbang berita TV…

geblek Says:

22 January 2008 at 1:51 am.

wow sosok inikah yg dicari di negeri tempe ini :)
hai bung karno bangunlah, byk org menunggumu !

Aris Says:

22 January 2008 at 2:31 am.

Mas kalau putra putri Bung KArno mewarisi semangat dan ketauladanan beliau gak ???

Doohan Says:

22 January 2008 at 7:22 am.

indonesia memang masih membutuhkan pemimpin seperti dia.
Coba bayangkan seandainya presiden kita, dan mentri-mentrinya punya pikiran seperti beliau yang tidak memikirkan harta,…
*sambil mikir anggota mpr*

Gandhi Says:

22 January 2008 at 7:25 am.

Berarti gak salah kalo di rumah leluhurku dipajang poto Bapak Soekarno dalam ukuran besar.

eriek Says:

22 January 2008 at 8:07 am.

kalau membaca kisah di atas, saya kagum dengan sosok mantan presiden pertama RI Soekarno ini. jika dibandingkan dengan para mantan presiden RI setelah Soekarno, ehm…saya belum bisa mengaguminya, sekalipun termasuk anak Soekarno (Megawati Soekarno Putri) yang juga pernah menjadi orang nomor satu di negeri ini.

Betapa tidak, saat masih menjadi presiden RI, Soekarno dikagumi banyak orang karena kepemimpinannya dan termasuk berani. kalau saja ada sosok pemimpin seperti dia lagi kelak memimpin negeri ini ya…

parcendol Says:

22 January 2008 at 8:44 am.

kelak, semoga terlahir pemimpin yang bertipikal pemimpin sejati, teladan bagi anak negeri..
bukan tipikal ‘penguasa’ yang terbelit begitu banyak kepentingan sehingga lupa akan betapa beratnya amanat rakyat dipundaknya…
indonesia saja..!!

diyantouchable Says:

22 January 2008 at 9:21 am.

begitu seharusnya pemimpin kita, berangkat tidak membawa apa – apa, pulang juga tidak mengambil apa – apa…

aprikot Says:

22 January 2008 at 9:30 am.

pagi pagi baca ini merinding mas….pemimpin yg seperti itu kekna seribu satu kapan di Indonesia akan terlahir pemimpin yang tak peduli harta? dan hanya benar2 memimpin

Donny Verdian Says:

22 January 2008 at 10:36 am.

Yupe! Membaca tulisan ini seperti terusan bacaan saya di Majalah Tempo edisi terbaru.
Tulisanmu sangat mengharu biru, Mas!
Sewaktu aku membaca interview “si Nitri”, dan berpegang dari tulisanmu yang judulnya “Soekarno – Sejarah yang tak memihak” aku sempat berpikir kau ini anaknya :)

funkshit Says:

22 January 2008 at 10:39 am.

seperti nya mas iman ini bener2 pengagum nya bung karno
sama seperti bapak saya .. .

wieda Says:

22 January 2008 at 10:58 am.

ketika bung Karno jadi presiden, negeri ini masih anyar gress…..blom ada kredit kart ato bangunan2 yg ber tingkat2….trus, bung Karno mbangun hotel Indonesia, Hotel bali beach, hotel Ambarukmo, dan Hotel Pelabuhan ratu….
Tapi semua itu tinggal kenangan, hotel Bali Beach kayanya ngga terawat, Pelabuhan Ratu gelap gulita….Ambarukmo sudah kosong melompong….Hotel Indonesia sudah “game over”

tapi kenangan ttg kharisma bung Karno akan tetap hidup …….semoga ada salah satu keturunannya yg mewarisi kharisma beliau.

the watcher Says:

22 January 2008 at 11:12 am.

andai keluarga pak harto pun memenuhi keinginan negara, angka itupun masih belum seberapa dari harta beliau :p

edo Says:

22 January 2008 at 11:15 am.

““ Pardede, bisa kau pinjamkan aku uang ? “”

*speechless. couldnt stop the tears falling…

la mendol Says:

22 January 2008 at 11:29 am.

ngenes mbacanya. Sampeyan luar biasa, Mas menuangkan fakta sejarah yang banyak orang tidak tahu. Salut.

trian Says:

22 January 2008 at 11:34 am.

hmm, jelas mas iman ini ingin menyuarakan ‘kebersihan’ soekarno.
dan dari tulisan akhir2 ini, mas iman ingin sekali ‘menghidupkan’ semangat bung karno lagi.

tapi sebaiknya fair ma, not only goodness or the behind scene only. :)

budz Says:

22 January 2008 at 11:39 am.

‘Mbak Tutut dan adik adiknya hanya terdiam mendengar angka yang diajukan Pemerintah’

Seharusnya susahnya Pak Tua itu menjelang akhir hidupnya menyadarkan anak-anaknya untuk mengembalikan harta rakyat Indonesia. Siapa tahu ‘jalan’nya di permudah.

Ajie Says:

22 January 2008 at 11:40 am.

Hebatnya Bung Karno sebagai pemimpin bangsa ini tidak bisa dikubur oleh buku2x PSPB karangan Orde Baru, Hidup Bung Karno ! (dikamar saya dari masa sekolah dasar hingga kini terpajang gagah poster Bung Karno ), thanks mas iman atas storynya :)

rey Says:

22 January 2008 at 11:45 am.

Tenang aja pak, ntar kalo ndak punya uang ta’ pinjemin deh… (halahh…) :D

Biar para pembaca tambah mengharu biru, coba posting juga soal bung Hatta pak, manusia jujur nan sederhana, kesukaanku :) Lha iya ya, padahal dulu pemimpin2 kita akhlaknya oke2 banget, lha kok sekarang pemimpinnya ndak ada yg bs dipercaya, kok iso yo??

iman brotoseno Says:

22 January 2008 at 11:51 am.

pangsit , leksa dan trian,
saya memang sangat personal dalam menuliskan kisah bung Karno. Subyektif ? mungkin. Dan ini tidak ada yang bisa mencegah saya menulis sisi sisi orang yang saya kagumi dalam blog ini.
Saya banyak menerima email baik hujatan maupun dukungan atas tulisan ini.
Walaupun dia juga seorang manusia dengan segala kesalahannya..Mungkin saya akan mencoba menulis sisi mana dia sebagai ‘ diktaktor ‘ dengan segala ego revolusinya …
Tunggu saja he he

edratna Says:

22 January 2008 at 12:28 pm.

Jika kita meninggal , yang dihitung hanya amal baik, bahkan hanya memakai selembar kaffan. Dan kita harus ingat ada pengadilan setelah kita meninggal….ini yang perlu kita renungkan.

Mungkin bung Karno sangat miskin, tapi kaya dalam amalnya…semoga beliau diterima arwahnya dan amal baiknya oleh Allah swt. Amien.

ebeSS Says:

22 January 2008 at 12:44 pm.

keknya sekarang kita gak usah muluk2 nuntut SBY . . . .
cukup jadilah seperti Sukarno . . . ! tapi keknya sampe turun tahta . . SBY tetap SBY . . :P

Rynie Says:

22 January 2008 at 1:13 pm.

Bergetar hati saya….
dan betapa beruntungnya Indonesia memiliki seorang SOEKARNO…
akankah ada lagi pemimpin yang seperti itu di Indonesia??

Sari Says:

22 January 2008 at 1:32 pm.

Saya senang sekali membaca tulisan-tulisan mas iman. Tulisan apapun. Termasuk soal Soekarno. Kalau saya ke jawa ke rumah eyang saya dan ke rumah saudara atau tetangga di Solo pasti diantara foto keluarga ada fotonya Bung Karno termasuk di rumah saya. Tapi kok saya tidak melihat sosok Soekarno ada di anak-anaknya kecuali raut mukanya aja…

titiw Says:

22 January 2008 at 2:21 pm.

Sepertinya mas Iman ini emang penggemar, atau bisa dikatakan admiring Bung Karno so much ya.. hehe.. Anyway ada tulisan2 mas Iman yang beredar di email, apa emang mas Iman pernah nyebar2? karena ada forwardan dari imel temen ke imelku, yang berisi tulisan mas Iman ttg BUng Karno..

iman Says:

22 January 2008 at 2:35 pm.

titiw,
saya nggak pernah nyebar he he…beberapa teman juga memberi tahu tulisan mengenai bung karno ada di milis milis radio, majalah, sma dsb
ya..biarlah mereka menilai kontroversi sejarah bangsa ini

andi bagus Says:

22 January 2008 at 2:49 pm.

harta yang berlimpah bukan lah satu keabadian dunia..namun kebersihan jiwa utk menghindar dari nafsu jiwa adalah pencerahan dunia tuk ke akhirat. Soekarno teladan pemipin yang bijaksana juga kharismatik..two thumbs for Mr Soekarno..

annots Says:

22 January 2008 at 2:54 pm.

mas iman, di jaman pak karno dulu apakah beliau pernah bercerita tentang sosok ratu adil di Indonesia ini? kalau ada saya tunggu tulisan mengenai ratu adil

-may- Says:

22 January 2008 at 3:22 pm.

Kata orang, Mas, jaman sekarang orang gak bisa sukses (bisnis) 7 turunan. Cuma bisa 3 turunan: angkatan pertama sukses karena usaha sendiri, angkatan kedua masih sempat ngerasain ortunya susah jadi masih ada usaha untuk “mempertahankan” kesuksesan (bisnis keluarga), naaah.. angkatan ke-3 sih udah silver spoon, jadi taunya cuma ngabisin harta, nggak bisa usaha.

Kalau di sejarah bernegara, ternyata lebih parah ya? Pengabdian kepada negara cuma tahan 2 turunan. Angkatan pertama, karena ngerasain susah payahnya “memerdekakan” Indonesia, begitu mencintai bangsa sampai nggak mau ngambil sepeser pun. Angkatan ke-2 sudah “kacang lupa kulitnya”.. ngambil harta kekayaan sesukanya, nggak perduli rakyat susah dan terbeban hutang :)

dnk_setiawan Says:

22 January 2008 at 4:10 pm.

kayaknya mas iman sangat mengidolakan bung karno ya
tp kok menurut aku isi postingan mas iman tentang bung karno selalu tentang kebesaran jiwa dan perlakuan orde baru kepadanya
apa mungkin mas iman memiliki bahan lain perihal sisi lain dari bapak proklamator kita ini
kan manusia itu kebanyakan tidak bisa selalu bersikap baik

siska Says:

22 January 2008 at 5:02 pm.

pengagum Soekarno pak? sayang saat itu saya belom lahir. cerita ttg beliau pun tidak banyak saya baca sih.
hmm saya tunggu tulisan ttg Soekarno, yang ‘sedikit berbeda’. sisi lain Soekarno. hehehehe….

Tia Says:

22 January 2008 at 5:29 pm.

mengidolakan bung karno ni….:) ya sah2 aja kok mas….tapi sebenernya kalau ditilik lagi, anggota DPRD zaman sekarang ini ada juga lho beberapa yg bersih, tapi mungkin emang lom bisa dibandingkan dengan kebesaran nama Soekarno…oke, saya tunggu lagi cerita behind scene nya bung Karno….

mila Says:

22 January 2008 at 5:51 pm.

ufh.. tarik nafas.. pengen nangis..

venus Says:

22 January 2008 at 6:51 pm.

waduh…merinding….

triadi Says:

22 January 2008 at 7:16 pm.

dah banyak cerita ttg kebesaran sang putra fajar, bahkan kompas dah pernah bahas habis-habisan…
yang saya tunggu justru yang diktator, ego revolusi itu mas :)

ikram Says:

22 January 2008 at 8:30 pm.

Segala sesuatu punya dua sisi, bahkan lebih :D

icha Says:

22 January 2008 at 8:46 pm.

masya Allah…sebegtu mulianya si Bung ituh..pantas saja papaku sampai koleksi kaset2 berisi pidato2 bung Karno…. ternyata memang dia seorang pemimpin yg beda dr yg lain…
dijaman sekarang ini..mana bisa lah kita mengharapkan pemimpin sperti itu lagih…. tuntunan zaman pun sudah beda dengan zaman dulu

pacul Says:

22 January 2008 at 9:07 pm.

nunggu lanjutan kisahnya mas…………..

nico Says:

22 January 2008 at 9:32 pm.

senada dengan mbak ichaawe, yah beda jamannya kali ya*sambil ngbayangin salah satu dialog di nagabonar jadi 2, yg dedy mizwar dgn wulan dialog di taman yg abis ajeb2 itu*.

Tapi saya masih optimis, masih ada orang yang bener2 bener menganggap jabatan itu sebagai amanah yang tak ringan pertanggungjawabannya.

Totok Sugianto Says:

22 January 2008 at 9:33 pm.

kalau seorang pemimpin bisa menjadi teladan seperti beliau, kira2 bawahannya malu kali ya kalau masih mau korupsi, atau menipu rakyat. duh.. adakah sosok seperti beliau kelak yg bisa memimpin negeri ini, dengan ketegasan dan kesederhanaan seorang pemimpin rakyak??

darma Says:

22 January 2008 at 9:57 pm.

Mas Iman, ini bukannya saya membantah apa yang mas Iman tulis, tapi saya melihat ada kejanggalan pada tulisan anda, anda bilang Presiden Soekarno sederhana tapi anda juga menuliskan sbb: ” Kelak harta kekayaan Soekarno yang ditinggal di Istana didata oleh pihak penguasa dengan dibuatkan berita acara. Barang barang itu mulai dari logam emas batangan, lukisan lukisan, buku buku, pakaian, minyak wangi, bolpen, uang dollar yang semuanya bernilai tidak sedikit.” Berarti Presiden Soekarno bukan orang yang sederhana tapi juga mengumpulkan harta walaupun saya tau itu pemberian sahabat- sahabatnya seperti Pak Teuku Markam, Pak Hasjim Ning dan Pak Dasaad yang merupakan pengusaha pribumi yang sangat sukses pada era Orde Lama. Rumah Bung Karno yang di Jl Sriwijaya juga dibangun dari utang dan bantuan pengusaha.

Belum kalau kita gaya hidup Ratna Sari Dewi yang Jetset diluar negeri ( Bung Karno sendiri sering mengeluh tentang gaya hidup Ibu Dewi), apa tidak mungkin ada uang Bung Karno yang dipakai untuk membiayai gaya hidup borjuasi Ibu Dewi? Terus kalau kita lihat rumah Ibu Hartini di Jl Proklamasi begitu besar dan megah dan setau saya beliau hidup dari menjual warisan Bung Karno ( barang barang antik ). Menurut Mas Iman apa etis seorang Presiden menerima pemberian pengusaha sekalipun bersahabat? Tulisan ini bukan karena didorong kebencian atau sentimen, saya hanya mengajak marilah kita mengkaji sejarah bangsa karena begitu banyak yang tersembunyi dan dapat kita pelajari, saya ingin kita dapat saling bertukar pengetahuan.

BARRY Says:

22 January 2008 at 10:35 pm.

Saya ingat dulu pernah bertemu Kapolri yang sangat sederhana. Namanya saya lupa, yang pasti telah pensiun lebih dari 25 tahun yang lalu (sebelum kapolri Anton Sujarwo). Beliau saat pensiun memberikan seluruh barang-barang yang dipakai saat masih bertugas. Sampai radio komunikasi (CB) yang dipakai juga dikembalikan. Saat bertemu dengan teman sejawat beliau selalu memakai batik yang sedikit berwarna pudar. Namun senyumnya selalu menghiasi wajah yang terlihat sangat menikmati kehidupan.

Jika ingin dibandingkan dengan yang sekarang- wah seperti langit dan bumi.

endik saja Says:

22 January 2008 at 11:21 pm.

saya bukan marhaenis, juga bukan suhartois, saya bukan siapa siapa, saya sekolah di jaman suharto, kalau saya lahir 50 tahun lalu pasti saya sekolah di jaman sukarno. permasalahan siapa meninggalkan istana dengan apa sebenarnya tak jadi soal, yang jadi soal justru bagaimana yang bakal duduk di istana bisa membawa perubahan yang baik. ada seorang aktivis memukul saya 5 tahun lalu. ketika dia berapi api menuntut apa apa di kampus bahkan mencoba membawa idealisme ke politik praktis ala anak mahasiswa. ketika cangkemnya mulai njelehi, saya cuman tanya. bagaimana indonesia kalo anda yang jadi presiden? tak menjawab, lho bukankah semua itu bisa direncanakan? semua bisa tergambar? melalui perencanaan yang baik dan dimulai dari sekarang? tak ada jawaban, cuman pukulan yang melayang ke pelipis saya. jadi massal deh.. tetapi kenapa saya harus menulis surat pernyataan tak bikin onar ya..?? haha..

stey Says:

22 January 2008 at 11:24 pm.

saya paling tidak suka membandingkan sejarah,toh sejarah berdiri sendiri2,membawa dampak sendiri2,tapi apa yg saya baca dari tulisan pak iman ttg bung Karno, bikin saya harus buat perbandingan ttg beliau,dgn presiden2 sesudahnya..well,Bung Karno toh manusia,dia tidak sempurna,tapi sampai dengan hari saya belum menemukan pemimpin sekarismatik dengan paham nasionalisme sedalam beliau,tidak dari putrinya sekalipun..dia orang hebat yg dikelilingi orang2 hebat lainnya dimasa itu. Toh saya sampai sekarang tidak melihat kluarga Bung Karno hidup dengan sejuta kemewahan..

Ray Says:

23 January 2008 at 12:31 am.

Kemarin ketika saya jalan jalan sepintas melihat Bung Karno sedang mengajar beberapa orang tentang nasionalisme dan kepemimpinan, mungkin tak lama lagi mereka akan kembali menggenggam Indonesia ini menjadi negara yg lebih bersatu dan makmur. aminnn.

dian Says:

23 January 2008 at 12:54 am.

kalo gue pikir2x, suharto ngumpulin harta buanyak2x, buat apa sih yak ? toh dia gak menikmati juga.

antobilang Says:

23 January 2008 at 1:55 am.

banyak yang nyangka mas iman anaknya soekarno..
kalo beneran iya, saya bikinin partai deh mas..
(soale kecewa ama partai2 anak soekarno yang ndak menjiwai semangat dan kemampuan bapaknya babar blas)
logo segera disiapken…

Paman Tyo Says:

23 January 2008 at 2:02 am.

perlakuan si jenderal terhadap sukarno, bahkan sampai “pengobatannya”, sangat menyakitkan. teganya orang itu mengaku mikul dhuwur mendhem jero. hmmmhhh

Fadli Reza Says:

23 January 2008 at 3:01 am.

Sayangnya, sifat Bapak Sukarno yang anti KKN itu ngga direrusin ama penerusnya… si you-know-who

“ Semua anak anak kalau meninggalkan Istana tidak boleh membawa apa apa, kecuali buku buku pelajaran, perhiasan sendiri dan pakaian sendiri. Barang barang lain seperti radio , televisi dan lain lain tidak boleh dibawa ! “

evan Says:

23 January 2008 at 3:57 am.

baru ngerti aku mas, nek Ovaltine iku wes ono sejak jaman bung karno. :D

Oh ya..mbahas bung karno pancen ora ono bosene. Lha bahas Pak Harto sakit terus2an aku malah bosen.. hahaha.

didi Says:

23 January 2008 at 7:52 am.

ya sudah seharusnya ditinggal kan? setelah sekian tahun menikmati. kalo mau bersih beneran, diaudit dong. semua diktator kan sama aja. kalo gak gila perempuan ya gila harta. ada juga yang gila wibawa, masih mau maju nyalon lagi. turunan bapaknya?

gempur Says:

23 January 2008 at 8:51 am.

Sejujurnya, saya mendengar ini menjadi miris, ah, soekarno-soekarno baru kapan munculnya? Indonesia butuh pemimpin yang tak mementingkan kenyangnya perut sendiri.. jadi terharu membacanya mas!

Saya terus menunggu setia tulisan anda tentang pak karno..!

isma Says:

23 January 2008 at 9:23 am.

mas, saya berani jamin para anggota dewan yang kemarin baru merenovasi rumah dan mendapat fasilitas tv layar datar di setiap sudut gedung kantornya tidak akan bisa menulis tentang semangat Soekarno sebagus ini…

och4mil4n Says:

23 January 2008 at 9:47 am.

Hi mas lam kenal. kenapa yah tiap hari pasti deh maen ke blog mas.
Postingannya buagus2.
Miris banget baca postingan ini. Benar-benar bapak bangsa.
Di tunggu tulisan tentang Bung Karno lainnya.
Kapan yah ada pemimpin bangsa yang berkharisma seperti beliau.

Regards

Anang Says:

23 January 2008 at 10:48 am.

semua orang memiliki dua sisi.. sisi positif dan negatif…. dua orang pemimpin bangsa kita terdahulu pun punya kedua sisi tersebut…. mungkin cuma berbeda dari segi timbangannya saja…. tapi yang jelas pak karno adalah perjuang sejati demi tegaknya harga diri Indonesia dengan menanggalkan tujuan perut saja… tapi pak Harto adalah pejuang sejati demi tegaknya perut-perut Indonesia dengan menanggalkan harga diri…. sebuah hal yang sangat bertolak belakang……. hanya untaian harapan dan doa yang ingin saya panjatkan dengan tulus ikhlas kepada-Nya agar bangsa ini tetap mendapat rahmat dan hidayahNya untuk terus melangkah memperbaiki semua yang sedang sekarat agar lekas sembuh dan mampu berlari mengejar ketertinggalan yang ada……. amin……..

cK Says:

23 January 2008 at 11:03 am.

wew….saya tercenung baca postingan ini. membandingkan penguasa pertama RI dengan penguasa kedua yang amat berbeda. :(

saya jadi makin kagum dengan bung karno…

Goenawan Lee Says:

23 January 2008 at 11:05 am.

Betapa sikap Soekarno yang cenderung menjauhi kapitalisme diterapkan dalam dirinya pribadi, yaitu dari tidak membawa apa-apa, menjadi pulang tanpa apa-apa. :D

Memang itulah hakikat manusia, apa yang akan dibawa mati nanti…?

(wuih, seperti yang lain saya juga merinding)

Saya tunggu edisi Soekarno lainnya~

Iman Brotoseno Says:

23 January 2008 at 11:33 am.

anto,
mendingan buat partai bloger he he
dharma,
no worries ! Soekarno bukan nabi yang seratus persen suci. Mungkin dia juga terlalu naive untuk dipergunakan oleh orang orang sekitarnya. Dewi Soekarno memang menjadi broker sejumlah proyek bantuan pampasan perang Jepang ke Indonesia. Dia memang istri yang paling materialistis. Tetapi paling bisa mengambil hati Bung Karno ( dan Bung Karno paling tidak berdaya di hadapan dia..saya punya dokumentasi film Bung Karno sedang diwawancarai oleh TV asing, dan Dewi dengan santainya duduk di pinggir kursi Bung karno..mengelus ngelus pundaknya, cengar cengir ). Wah kalau bicara tentang Dewi bisa satu postingan sendiri,..anda tahu ‘ affair’ dia dengan salah satu putera Soeharto ? Rumahnya yang di London pemberian si anak Soeharto. Dari situ kita tahu mentalitas Dewi Soekarno. Jangan samakan dengan istri istri Bung Karno lainnya.
Mengenai Hartini ( konon istri yang paling disayang Bung Karno karena paling charming, pintar bergaul dengan kepala negara asing, intelektual, bisa berbahasa asing juga ). Setahu saya rumah yang di dekat jalan Proklamasi adalah sumbangan teman teman Bung karno. Sebagaimana anak anak Bung kaeno yang diberi pom bensin jaman bang Ali menjabat Gubernur.
Hadiah untuk Bung karno …? yang Bung karno mungkin tidak pernah menolak hadiah hadiah itu , lukisan, uang, parfum, emas..Tapi dia juga tidak pernah memakai, dan tidak peduli. Berbeda dengan Bapak Pembangunan kita yang dulu menerima hadiah dengan saham bank BCA 25 % ( buat keluarganya ), atau jatah preman dari kontrak karya penambangan, PMA dsb.
Intinya Soekarno memang tidak sempurna, Namun dalam ketidaksempurnaannya itu saya merasa sesuatu yang jauh berbeda dengan penerus penerusnya.

Anang Says:

23 January 2008 at 1:31 pm.

intinya kesempurnaan itu hanya milik Allah ya mas iman… hehehehehe

*pinjem kata2nya dorce gamalama

ayi Says:

23 January 2008 at 1:46 pm.

hmmm mau komentar apa yahh…
sepertinya semua sudah terwakili…, hallahhh…!!
ada yang suka, ada yang setengah suka, ada juga yang biasa-biasa aja.
Bagaimanapun jaman sekarang memang sepertinya belum ada lagi orang yang sekelas soekarno…, atau memang ga bakal ada lagi pimpinan yang seperti beliau…? Hikss…, tapi kita ga bole kehilangan harapan khannn…? (tanya ma siapa ya…., silakan dijawab di hati masing2…)

Hedwig™ Says:

23 January 2008 at 2:09 pm.

mungkin kita butuh diktaktor untuk memimpin negara ini…. mungkin

aryo Says:

23 January 2008 at 4:38 pm.

memang setelah dia belum ada pemimpin negeri ini yg benar-benar berjuang untuk rakyatnya, yang membawa harum nama bangsanya dan dicintai seluruh negeri bahkan sampai ke anak cucu.
Apa ada yang ingin membuatkan film untuk beliau ya? sudah lama sekali sy menunggu,.apa harus saya sendiri yang membuatnya,.hahaha (mustahillll)

meitymutiara Says:

23 January 2008 at 5:45 pm.

para pemimpin negeri ini, masih ada yang seperti bung karno ga ya? maaf, bukannya ikut-ikutan tapi aku salut dengan kejujurannya. lepas dari his personal life yang semua juga tau mengenai keluarganya, tapi itu masalah yang berbeda.

yaaa … bung karno kan juga manusia.

wigati Says:

23 January 2008 at 6:33 pm.

never doubt him … even just a second.

kyknya mas Iman punya banyak koleksi mengenai BK ya? Saya jadi penasaran pengen liat dokumentasi2 mengenai beliau, apalagi yang Ratna Sari Dewi colek-colek BK (wondering what was her thought at that time!).

susah dicompare memang BK, cinta tanah air nya udah mendarah daging dan willing to do anything for the sake of the country, apa karena memang beliau adalah founding father dari negara ini. belum lagi kecintaan nya yang mendalam pada kesenian asli indonesia, sehingga saya sempet denger bhw anak2 belio harus bisa nari atau kesenian asli apapun.

saya pernah denger lagi dari ipar saya (bpknya adalah salah satu petinggi jaman BK), katanya istana jaman dulu itu penuh dengan lukisan2 indah dll gitu … gatau deh kalo sekarang ya?

sluman slumun slamet Says:

23 January 2008 at 9:27 pm.

sepakat. bagi kita yang penting
“api perjuangan telah berkobar, warisilah semangatnya! bukan abunya”
MERDEKA!

btw: saya penggemar bung karno tapi gak milih “mbok berek” dan partainya!

elly.s Says:

23 January 2008 at 9:54 pm.

hmhmh..dua cermin yang berguna buat kita……

kenny Says:

24 January 2008 at 12:20 am.

makanya bung karno dipanggil bapak proklamator, sedang pak harto bapak pembangunan (mbangun KKN) :D

max Says:

24 January 2008 at 6:44 pm.

Saya benar-benar kagum dengan prinsip Bung Karno ini. Ah, andai saja semua (mantan) presiden kita seperti beliau, saya yakin takkan ada korupsi yang beranak-pinak hingga pemerintahan terendah….

fauzan sigma Says:

25 January 2008 at 12:09 am.

kapankah ada bung karno2 baru yg lahir utk menyelamatka bangsa ini?
akhlak yg luar biasa…

ridhocyber Says:

25 January 2008 at 12:47 am.

sangat sangat patut di teladani bung karno itu…

de Says:

25 January 2008 at 9:46 am.

merinding aku mocone mas. btw aku baru tau kalo voor ridjer itu boso londo dan nulisnya gitu hehehe

yoki Says:

26 January 2008 at 2:37 am.

“berhala harta tidak akan dibawa mati!”…mungkin itu yang ada dalam benak Bung Karno….

dewi Says:

26 January 2008 at 2:27 pm.

Sayang lagi di warnet, kalo di rumah saya dah bersimbah air mata

ndaru Says:

27 January 2008 at 2:37 pm.

Miris, jika dibandingkan dengan siaran di tv dan kehebohan paska meninggal nya Soeharto

Lamsijan Says:

27 January 2008 at 4:56 pm.

aku ora iso komentar, nik ndelok berita TV sekarang,
aku paling kehilangan Soeharto, wong pengadilane durung rampung kesusu mati . . .

terusane kira-kira piye ?

wening Says:

27 January 2008 at 5:09 pm.

sedih,marah,..mm kaya tersulut api stlh mbaca ne’

Firman Says:

28 January 2008 at 12:26 pm.

Siapa pun Presiden Indonesia… di hati saya hanya ada satu Presiden RI yaitu Bung Karno & Wakil nya Bung Hatta

segala kelebihan & kekurangan beliau tetap harus kita akui bahwa dia adalah The Founding Father Indonesia, Proklamator Kemerdekaan Indonesia . . .

adi Says:

29 January 2008 at 8:10 am.

trus anak anak soekarno kok pada diem2 aja sekarang?

Wied Says:

29 January 2008 at 5:51 pm.

Wualah Mas,
lha Bung Karno kok mau dibandingkan dg Asoeharto…kaya bumi dg langit Mas!
mungkin yg kasat mata cuma soal harta kekayaan-nya saja yg bisa melebihi Bung Karno, soal lain-lainnya (pendidikan, karir, pengorbanan, kesan negara lain/luar negeri dll) kok mau dibandingin…?
hanya yg gak waras saja yg bilang harto lebih baik!

marhen Says:

30 January 2008 at 12:47 pm.

dari cerita diatas, pendapatku:

Bung Karno, gagah badannya serta gagah budi pekertinya. Ksatria sejati ditunjukkan saat dia berbincang dengan Ali Sadikin, saat dia meminta anak2nya tidak membawa harta di istana. WOW!!!

Robby A. Sirait Says:

30 January 2008 at 6:54 pm.

mas iman, tulisan yang ini aku copy ke blogku yak ama tulisan sukarno sejarah yang tidak memihak…..ndak papa kan mas???trims

Neng Keke Says:

31 January 2008 at 1:48 pm.

Kalo cerita tentang beli rambutan, gue juga pernah baca di kompas. Kalo engga salah yang cerita ya si asisten itu, polisi apa apaaa gitu. Salut.

Cuma kepikiran aja ya… 20 atau 50 taun lagi… Ada ga’ ya yang tiba-tiba cerita tentang Soeharto yang ternyata miskin, sederhana, bebas korup, dll??? :p

lady Says:

1 February 2008 at 10:43 am.

suer, saya mulai tau ttg sisi soekarno (yang amat diidolakan ayah saya) itu dr sini. selama ini saya hampir tdk tau kisah beliau. hmmm… pantesan aja ayah… (mmg saya ga pernah tanya2 ttg idolanya itu ke beliau )

Bang Samiun Says:

1 February 2008 at 12:53 pm.

Yeeeh, kalo orang maunya cuma muja uang dan harta tentu aje idolanya Suharto…..namanye aje Su = besar, banyak dan harto = ya harta….
Kalo orang yg punya kepribadian tinggi dan menjunjung jati diri dan keadilan ya tentu aje idolanya
Bung Karno….yg dari namanya ajae udah ketahuan, apalagi sifat2nye…..
Su = besar,banyak dan karno = yg bersifat kesatrya, gentleman.

Jelas kan brothers and sisters ?

yuk Says:

5 February 2008 at 1:37 pm.

masaallah,,merinding bngt ak baca artikel ini,,semoga kelak qt mendapatkan pemimpin yg baek&bersih amin,,

bahtiar Says:

6 February 2008 at 1:27 pm.

cerita sejarah yang tidak didapat waktu saya sekolah …. :(

kere mlarat Says:

6 February 2008 at 3:35 pm.

Waah,Bung Iman kenapa baru posting sekarang,kenapa tidak lebih awal sebelum negara tercinta ini carut marut walaupun sudah beberapa kali ganti presiden.
Tetapi tulisan ini sangat menyentuh rasa kemanusiaanku yang paling dalam,sangat mengharukan.Sebelumnya tidak terbayangkan seorang Soekarno sampai harus”ngemis”keanak buah karena miskin akibat kejujurannya.

Saya menyarankan agar tulisan ini di sebar-luaskan,supaya pesan moral yang terkandung di dalamnya lebih banyak rakyat dan pemimpin di negeri ini yang tersentuh. Lepas dari pro dan kontra atas seorang Soekarno,moral yang baik seperti dalam tulisan ini patut kita teladani baik sebagai rakyat apalagi sebagai pemimpin,sehingga Indonesia cepat lepas dari keterpurukan.Semoga

McYuen Says:

6 February 2008 at 10:37 pm.

Mas Iman,
bravo ada tulisan mu… ini mulai menjawab banyak fakta2 yang selama ini coba dihilangkan dari benak para generasi muda seperti saya ini.

Mengenai cuplikan adegan BK keluar dari Istana Merdeka, saya pernah dengar, bahwa BK sempat membuka kembali koper dan membagikan koleksi dasinya kepada semua pembantu2nya di Istana, karena itulah sisa harta yang beliau miliki.

bila masih ada diantara pembantu2 tersebut yang masih hidup sampai hari ini, kesaksiannya akan menjadi stori yang luar biasa…

*salam dari pengagum BK di Pontianak

-andrew yuen-

nopan Says:

10 February 2008 at 11:34 pm.

[quote]Wah kalau bicara tentang Dewi bisa satu postingan sendiri,..anda tahu ‘ affair’ dia dengan salah satu putera Soeharto ? Rumahnya yang di London pemberian si anak Soeharto. Dari situ kita tahu mentalitas Dewi Soekarno.[/quote]

bok segera diterbitkan yang ini…., lhaa anak Soeharto yang mana ini yg doyan TG …?? BT opo TM ?? opo malah SGT ?? ditunggu lhooo sekalin pesan tiket pertamax..

eko Says:

21 February 2008 at 3:44 pm.

di dada ini masih melekat sekelumit ajaran bapak, kerakyatan

Prie Says:

9 March 2008 at 1:48 pm.

Cerita ini kudapat dari Mamahku,bahwa dulu uyut saya bersahabat dan seperjuangan dengan Bung Karno.Waktu berguru Bung Karno ,Abah Kadma dan Abah Ukar (uyut saya).Mereka Bertapa dengan cara dikubur seperti mayat selama 40 hari.Mereka hanya makan pisang dan untuk memastikan mereka hidup dengan menggunakan tali,jadi kalau tali ditarik2x keatas dan ada respon maka masih hidup,kalau tidak ada respon berarti meninggal jadi gak perlu repot mengubur hehe,dari hasil pertapaan tersebut Bung Karno mendapat keris,Uyut saya dapat kitab jayabaya dan buku bertulis Arab gundul,Abah Kadma Gak tau.Namun tiga sahabat ini terpisah ketika Bung Karno dibuang Ke Digoel,sedangkan Uyut saya dan Abah Kadma lari ke selatan.Sampai melahirkan keturunan saya dikampung bau lisung ,dikota bau sampah hehe. suprie78@yahoo.co.id

Prie Says:

9 March 2008 at 2:04 pm.

Bung Karno memang tokoh kharismatik,berilmu tinggi,sayang rakyat. namun siapakah diantara anak keturunan Bung Karno yang mempunyai sifat seperti itu.

grandika Says:

10 March 2008 at 1:16 am.

yah sayangnya bung karno agak playboy c

http://aoofle.com.forum
tempat sharing dan diskusi semua hal yang berhubungan dengan spiritual, magic, love, pelet, herbal dan internet

matho Says:

16 March 2008 at 1:16 pm.

jadi merinding aku bacanya, hebat…. ga ada yg seperti bung karno….. walaupun pak harto..
bung karno ga ada tandingannya…

alexandra viranica Says:

15 April 2008 at 6:47 am.

Semakin banyak referensi yang sy baca tentang presiden ku ini… semakin hati ini rasanya tidak rela… hati ini teriris… sedih skali.

Koq bisa bangsa ini meperlakukan beliau sepert itu di akhir masa hidupnya? dan sampai sekarang ini pun masi belum banyak yang bisa kita lakukan untuk menghargai pengabdiannya.

Bukankah bangsa ini hutang budi kepada beliau… bukankah bangsa ini hutang nyawa kepada beliau? Beliau berikan hidupnya… kebahagiaannya.. demi memerdekaan bangsa ini? smua orang tau itu.. tapi tidak smuanya tau cara berterimakasih atas pengorbanan beliau..

Aku ini hanya orang biasa.. dari keluarga yang bukan siapa2. aku sadari, sekarang aku tidak lain dari orang orang yang tidak tau cara bertrimakasih kepada beliau.. sbab yg bisa aku lakukan baru menangis saat baca biography beliau.. melakukan hal2 yang kecil untuk menjanga kebudayaan indonesia… smuanya yang belum seberapa dibandingkan apa yang sudah beliau lakukan untuk bangsa ini…

aku ini memang bodoh. Banyak niat, tapi tidak tau apa yang perlu aku lakukan.. andai beliau ini masih ada.. disuruh stiap hari cuci bajunya sekeluarga pun aku rela. aku mau… Apapun akan aku lakukan jika memang ada cara untuk sekedar berterimakasih kepada beliau.

andai ada orang yang bisa memberitahuku.. apa yang bisa aku lakukan… sekdar bantu bantu meng-arrange acara… atau apapunlah.. tidak akan mungkin aku sanggup menolak. sbab aku memandang beliau.

Yah.. skarang aku kuliah saja baik2… kerja baik2.. memohon pada tuhan semoga kelak ada masa dimana aku berkesempatan jadi orang besar (org yg sgt berguna-aku tidak tertarik jadi politisi).. supaya bukan hal kecil saja yang bisa aku lakukan.
Dari lubuk hati ini, aku sungguh ingin jadi orang besar supaya ada hal besar yang bisa aku berikan kepada bangsa ini… sekedar untuk berterimaskih kepada beliau…

alexandra viranica Says:

15 April 2008 at 6:56 am.

kalau diantara kalian ada yang tau cara melakukan sesuatu untuk beliau.. silahkan beritau aku.. aku sgt berterimakasih. (cupppz@yahoo.com)

Kardjo Says:

20 April 2008 at 12:47 pm.

mas iman, saya cukup khawatir dengan berita ini . Tempat dimana masa kecil saya waktu di Blitar sering main dhelikan atau sekedar numpang berteduh ketika pelajaran Pendidikan Djasmani mengharuskan saya lari-lari dari ‘bon rodjo’ kembali ke sekolah melewati jalan di depan rumah ini.
Tempat dimana ‘Putra Sang Fajar’ tumbuh dan berkembang.

Ah., seandainya saya memiliki uang ….. (yang semakin langka di negeri sendiri)

Kardjo Says:

20 April 2008 at 1:38 pm.

Kalau seingat saya, dari semua isteri BK, mulai dari bu Inggit sampai Dewi, di mata saya yg paling smart ya bu Hartini, tetapi yang paling bisa ngeladeni ya bu Fatma (my personal sight).
Kalau sama yu Dewi itu sih ‘dengar-dengar’ memang strategi bapak untuk bisa mendapatkan dana dari Jepang.
Indonesia butuh membangun bung. Jepang punya teknologi dan duit. Tahu dimana tambang minyak dan sebagainya.
Ah, bapak terlalu cepat meninggalkan negeri ini. Ibarat balita masih mbrangkang sudah ditinggal. Balita itu belum dewasa, cuman menjadi Repelita saja. ssssghh!

dito Says:

30 April 2008 at 7:18 pm.

mungkin akan menarik bila suatu ketika ada yang memfilmkan kisah hidup bung karno

erfan Says:

3 May 2008 at 9:46 pm.

Semoga benar adanya kekayaan indonesia berupa emas dan tabungan di negara swis.pada pemerintahan Buang karno, semoga Indonesia menjadi negara yang makmur dan rakyat bisa menikmati kesejahteraan.Indonesia menjadi negara adi kuasa yang jaya abadi sampai kiamat.

erfan Says:

3 May 2008 at 9:50 pm.

semoga pemimpin Indonesia masa datang para kaum muda dan kaum tua agar mundur.

Harie fadli Says:

15 May 2008 at 10:24 am.

Hidup, Bung Karno……………………..

Aku adalah penggemar beratmu…………….setelah baca Artikel diatas aku tambah nge-fans sama dikau, belum ada presiden sepertimu yang tidak lagi memikirkan harta dikepala melainkan hanya berjuang untuk Rakyat………………………………

1000000000000000000000000000000000000000000 SALUT untukmu Sang PROKLAMATOR

piwem Says:

21 May 2008 at 9:16 am.

Revolusi belum selesai….!!!
Saatnya bangsa ini bangkit dari ketergantungan pihak manapun terutama pihak Barat. Indonesia butuh orang2 seperti Bung Karno…sayangnya 100 tahun kedepan pun mungkin belum ada lagi orang spt Bung Karno.

yudosyaf Says:

21 May 2008 at 10:01 am.

“ Pardede, bisa kau pinjamkan aku uang ? “

” sing ngelah pis ”

Bung Karno yang baik,
kalau Bung butuh uang, saya mau untuk meminjami atau memberi semampu saya… asal jangan banyak-banyak ya, gaji saya bahkan belum cukup untuk perbaiki genteng rumah yg bocor :)
kalau rambutan saja, biar saya kirim dari surabaya untuk Bung….

buat mas iman,
terimakasih banyak artikelnya….

DR. Abdul Aziz, SE, MM Says:

22 May 2008 at 2:00 pm.

Saya gak pernah percaya ajakan dan iming2 dari mediator kacangan sekelas tongkrongan di Sarinah, Gelael Pancoran, Bidakara Food court dan lain2 terutama yang urus masalah harta Soekarno, Logam Mulia Lantakan, Uang merah, UBCN, uang Peru, Dollar Tahun 1934, Pendanaan Project (Founder), Batu Giok, Barang2 gaib dll semua itu hanya bohong2han para mafia penipu, pengangguran dan orang2 bodoh. semuanya hal2 seperti itu penipuan lebih baik tinggalkan saja karena barang itu gak pernah ada dan hanya penipuan cari uang recehan, kasian yah mediator barang2 begituan mengharap kaya tapi akhirnya semua mediator tersebut hidup dengan kemelaratan. pemberitahuan oleh Ketua UMUM,DR. Abdul Aziz, SE,MM. BADAN MEDIATOR PEDULI UANG (BMPU) Jakarta. Kamilah AHLINYA PEMBERANTAS MEDIATOR KACANGAN DAN MEDIATOR PENIPUAN.

iwan Says:

25 May 2008 at 5:10 pm.

Saya hanya ingin mengomentari yang ditulis oleh Darma, 22 Januari 2008.

Asal Darma dan kawan-kawan setanah air tahu, namanya pejabat dimana-mana (terutama di Asia) sering dapat hadiah dan pemberian. Begitu juga BK, tetapi itu semua hanya dia kumpulkan dan tidak dipergunakannya. Pada saat itu hingga kini belum ada peraturan yang mengatur sampai nilai berada hadiah boleh diterima sebagai milik pribadi. Contoh di Amerika Serikat hadiah yang diterima pejabat pemerintah (kalau tidak salah) dengan nilai diatas US 30, harus dilaporkan dan diserahkan ke pemerintah.

Ayah saya pernah naksir sebuah jam tangan Rolex, BK meluluskannya tapi….baca baik-baik, arloji Rolex yang dihadiahkan kepada ayah saya dibeli BK di Amerika Serikat dengan ngutang kepada pengusaha Bram Tambunan (uangnya dicicil 6 x). Jadi bukan lantas BK memberikan salah satu dari arloji Rolex yang dihadiahkan kepadanya. Alhasil ayah saya sangat malu dan tidak pernah naksir lagi barangnya BK. BK mengoleksi lukisan dengan cara yang unik, ayah saya membayari 2 atau 3 buah lukisan Basuki Abdulah karena BK sudah kebelet tapi tidak punya uang. Begitu juga orang-orang lain turut membantu BK menambah koleksi-koleksi lukisannya. Kalaupun dibeli pasti dicicil, ada yang dicicil sampai 20 x.

Soal sederhananya BK dan keluarganya bisa dengar atau baca dari banyak orang, begitu juga istri-istrinya :

Kita pernah dengar Ibu Fatmawati rela tinggal di rumah bergang becek dengan lampu petromax sementara rumahnya di Jl Sriwijaya dikontrakan supaya beliau bisa memberi makan anak-anaknya dan menyekolahkan Guruh ke Belanda.

Soal Ibu Hartini, berapa banyak yang tahu kalau Ibu Hartini berdagang pakaian bahkan batik-batik ke luar negeri ? menantunya cerita kepada saya : rumah di Jl A Yani dijual beserta isinya karena Ibu tidak punya uang. (itupun dengan janji suatu hari beliau akan menebusnya kembali). Dari modal sedikit itu, beliau berdagang kecil-kecilan dengan halal, menjual barang peninggalan BK lainnya ? tidak ada dalam pikiran Ibu Hartini.

Kita juga tidak boleh lupa ada beberapa orang (hanya sedikit dan sangat sedikit) yang berani mengulurkan bantuan bagi mereka, diantaranya Almarhum Ali Sadikin.

Kalau Ratna Sari Dewi, itu lain cerita, dia wanita yang extra-ordinary, dia menyadari kecantikannya, kepandaiannya bergaul. Semasa masih jadi istri BK dia sudah punya banyak pengagum. Dia hidup dari pemberian para pengagumnya, juga dari konglomerat Jepang. Selebihnya dia usaha sendiri, jadi marketing beberapa perusahaan konstruksi manca negara. Tapi dia satu-satunya istri BK yang berani bersuara dan mencari kebenaran. Mana ada orang Indonesia berani berbuat seperti dia, diantaranya menulis surat kepada para presiden Amerika Serikat. Membela nama baik suaminya dan pejuang-pejuang bangsa Indonesia. Banyak orang tidak suka kepada Dewi karena hidupnya yang gemerlap, apa salahnya, kalau memang tempatnya di situ dan dia sanggup membiayanya tanpa membebani siapapun ? Boleh orang berkomentar tapi kalau memang tahu latar belakangnya.

Ini salah satu surat yang dia kirimkan kepada Presiden Nixon :

His Excellency President Gerald Ford
The White House Washington, D.C.

Dear Mr. President, |

As the widow of the late President Sukarno and being the only
member of the family living overseas, I address myself to you,
being deeply alarmed and disturbed by numerous and persistent
reports in the international press. For instance, the CIA is
said to have spied on my husband : manufactured a fake film in
order to slander the good name and honor of Sukarno: prepared
an assassination attempt against him and conspired to oust him
from power to estrange him from the Indonesian people by
accusing him of collaborating with international communism in
betrayal of Indonesian independence, which of course was totally absurd.

My husband has repeatedly informed me that he was fully aware of
these immoral, illegal, subversive, anti-Indonesian activities
against his beloved Indonesia, his people, and against him
personally.

I would like to request from you, as well as from the responsible Congressional Committees in the United States a full explanation
about these reports and reprehensible practices as carried out by
an official United States Government Agency in the name of several American Presidents and Governments.

Both in 1948 and in 1965, the CIA directly interfered in
the internal affairs of Indonesia. In 1948, this monstrous action
led to civil war. In 1965, it led to the ultimate takeover by a
pro-American military regime, while hundreds of thousands of
innocent peasants and loyal citizens were massacred in the name of
this insane crusade against international communism.
Still today, ten years later, many tens of thousands of true patriots and Sukarnoists are locked up in jails and concentration camps being denied the simplest and most elementary human rights. American companies and aggressive foreign interests are indiscriminately plundering the natural riches of Indonesia to the advantage of the
few and the disadvantage of the millions of unemployed and
impoverished masses.

I must now ask you, Mr. President, in the name of freedom and
justice, in the name of decency in relations between states and statesmen, between powerful nations and developing lands, in the
name of the Indonesian people and the Sukarno family:
did the United States of America commit these hideous crimes against Indonesia and against the founder of the nation?
Will your Government be prepared to accept responsibility for these evil practices? Over one hundred million Indonesians have been brainwashed, as was the rest of the world by the present regime’s propaganda to believe that the communists carried out the
insurrection.

My countrymen, as well as everyone else, have the right to know the truth of the historic facts. It will be the painful duty for
America now to reveal the CIA involvement in Indonesia and release
all information and documents relevant to who really initiated the terrifying bloodbath that led to the overthrow of the legal
Government and to the inhuman treatment in house arrest lasting
three years until my husband’s death.

In closing, I would like to strongly appeal to you, Mr. President,
to use your influence with the military regime in Jakarta, to immediately free those many thousands of political prisoners,
men and women, former cabinet ministers, writers and journalists,
who I know are entirely innocent of the crime of reason they have
been accused of. If the United States were to be instrumental in helping to improve the fate of so many thousands of courageous compatriots, I think the entire Indonesian nation would be grateful
and Indonesians would regain their confidence in America’s
intentions towards the Third World.

Respectfully,

R. S. Dewi Sukarno
July 24, 1975

Djuliandra Atmo Says:

29 May 2008 at 1:45 pm.

Ada kedamaian yang terlintas dari kesederhanaan seorang pemimpin negara yang besar, di situ pula tercemin dia tetap sebagai manusia yang apa adanya, dia berbuat hanya untuk yg sepatutnya dia lakukan untuk bangsa dan negara ini, dia tidak menuntut apa-apa kepada negara ini, dan dia bukan siapa-siapa di negara ini dia merasa semua punya hak yang sama, bahkan untuk dihargai atau pun untuk tidak dihargai. Dialah manusia indonesia yang sebenar-benarnya, tidak pernah memaksakan kehendak klu itu memang bukan haknya.

Mudah-mudahan dari sejarah-sejarah yang sama-sama kita baca dapat menjadikan kita bagian dari bangsa yang besar, biarkan mereka yang masih ingin berebut kekuasaan yang akan tertimbun dari apa yang sudah dia kumpulkan jika itu kebaikan mungkin akan menjadi gunung yang menopang langit dan bumi pertiwi tapi jika keserakahan mungkin akan menjadi lahar yang siap meratakan dan membakar semua kesombongan dan keserakahaan.

UNTUK NEGARAKU INDONESIA

ED Says:

30 May 2008 at 11:40 pm.

masalah keberadaan harta soekarno itu memang ada yang diperkuat atas adanya orang yang pernah melihat sertifikat deposito harta bung karno yang total senilai Rp. 9000 triliun atas nama soekarno dan mr. dana rasa, tetapi orang itu lupa mengatakan entah di mana sekarang sertifikat deposito yang asli tsb???

apabila ditemukan maka bangsa indonesia akan menjadi negara adidaya, dan misalnya berhasil ditemukan sertifikatnya akan dicairkan kemana, bagaimana, dan dimana?

ED Says:

30 May 2008 at 11:41 pm.

masalah keberadaan harta soekarno itu memang ada yang diperkuat atas adanya orang yang pernah melihat sertifikat deposito harta bung karno yang total senilai Rp. 9000 triliun atas nama soekarno dan mr. dana rasa, tetapi orang itu lupa mengatakan entah di mana sekarang sertifikat deposito yang asli tsb?

apabila ditemukan maka bangsa indonesia akan menjadi negara adidaya, dan misalnya berhasil ditemukan sertifikatnya akan dicairkan kemana, bagaimana, dan dimana?

ED Says:

30 May 2008 at 11:41 pm.

masalah keberadaan harta soekarno itu memang ada yang diperkuat atas adanya orang yang pernah melihat sertifikat deposito harta bung karno yang total senilai Rp. 9000 triliun atas nama soekarno dan mr. dana rasa, tetapi orang itu lupa mengatakan entah di mana sekarang sertifikat deposito yang asli tsb?

apabila ditemukan maka bangsa indonesia akan menjadi negara adidaya, dan misalnya berhasil ditemukan sertifikatnya akan dicairkan kemana, bagaimana, dan dimana???

Pilate Says:

8 June 2008 at 1:45 pm.

Saya punya koleksi buku tentang Soekarno dan buku yang akan saya lelang adalah (1). Biografi Seokarno, cetakkan I; (2). Judul: Di Bawah Bendera Revolusi (Jilid I dan II), cetakkan pertama.

Yang berminat, hubungi telp.: 085223104405 atau email ke

Penawaran terbatas.

willdhanne Says:

30 June 2008 at 5:12 pm.

sudah cukuplah bangsa ini bereuforia, memang bung karno luar biasa, bung karno adalah pemimpin yang murni terlahir dari rakyat, alangkah baiknya kita sebagai bangsa tidak terus tenggelam dlam kejayaan masa lalu, ambil hikmah dari sejarah kemudian formulasikan untuk masa depan, satu pusaka bung karno yang kita tinggalkan adalah pancasila, bung karno luarbiasa karena berpegang pd pancasila, saya yakin kalau ada pemimpin Indonesia yang berpegang pada pancasila maka dia pasti akan sehebat Bung karno bahkan lebih hebat..

kusno herucokro Says:

16 August 2008 at 12:35 pm.

SOEKARNO bukan megawati,SOEKARNO bukan sukmawati,rahmawati,guntur,guruh……
dan mereka pun bukan SOEKARNO…..MERDEKA…!!!!!!

RONNNNNNN...... Says:

26 August 2008 at 8:58 pm.

dikamar bapakku, diruang tamu rumahku, dikamarku…ada gambar Pak Karno…
dikepalaku yang isinya macem-macem juga ada bayang-bayang Pak Karno…
dinegaraku dulu ada Pak Karno, pemimpin yang luar biasa…
dinegaraku sekarang gak ada apa-apa, isinya cuman para pemimpin yang saling cakar, saling hujat, saling jilat, saling embat…gak punya itikad baik buat kemajuan Indonesia.
yang dipikirkan cuman mesum, korupsi dan berpesta diatas luka rakyat…
semoga Tuhan menolong kita semua….amien.

nail.of.java Says:

5 September 2008 at 1:43 am.

Who is Sukarno to you is up to you. For me he is a man who know his exact position in his time and space. The role that he play so well will be remembered long after the play called Babad Indonesia is long forgotten. One simple question that he left for us and remain unanswered today is: Who Is Rakyat Indonesia? Only those who can answer this question can take his position, because only those who can see the invisible can do the impossible (such as to bring millions of oppressed people inhibits the Nusantara Archipelago to the gate of their independence). While Nusantara is not the Republic of Indonesia, it can never be simplified nor to be put within any kind of Bingkai. Viva Sukarno.

Juragantembako Says:

10 September 2008 at 9:16 pm.

Terharu….Menangis…..Pilu Hati ini !!!

Bang, Artikel (the real story) yang satu ini membuat saya geram dan benar-benar geram. Menyaksikan (membaca sejarah,red) perlakuan Pengkhianat² Kemerdekaan kepada Sang Proklamator.
(Kelanjutan hati yang terpilukan) Apalagi saat ini, dengan kedua mata saya melihat sebuah Program yang merumuskan Penanggulangan Kemiskinan di nagara yang kita cintai ini. Memang bagus sekali rumusannya “memberantas orang miskin”, ironisnya dana dari program tersebut berasal dari kantong Penjajah kita terdahulu (Jepang,red). Saya yakin sekali, secara implisit pastinya sang penjajah masih haus akan keringat ibu pertiwi (Sumber Daya Alam,red).

Semoga Tuhan memberkati Ibu Pertiwi !!

Sukarno Mania Says:

19 September 2008 at 4:21 pm.

Membaca artikel nya mas imam, makin membakar ke kaguman saya pada sosok Soekarno, n sekalian artikelnya saya kutip di sukarno mania.

haddy Ratony Says:

23 September 2008 at 4:53 am.

Aku punya buku catatan harian istri Bung Karno Tahun 1964, aku mau maharkan buku tersebut. dengan harga 45.000US$. bisa kontak aku di 08172320015 atau via e mail ke guejordan_hr@yahoo.com, thanks before

ihsan Says:

26 September 2008 at 12:49 pm.

soekarno memang OK, great!! tapi ada sisi kehidupan yg bikin laki-laki iri, yup, leboy’nya itu, sekali tunjuk jari ke arah wanita saat pidato, ya dia itulah the next.. itu yg saya dengar dari cerita ortu.. anyway, perbedaan soekarno vs soeharto lebih banyak baiknya soekarno, setidaknya selama kepemimpinan soekarno kita betul2 merdeka, Indonesia dipandang tidak sebelah mata, keberadaannya disegani, presidennya dihormati, dan dihargai tinggi oleh sesama pemimpin negara lainnya, walau dari segi ekonomi masih morat-marit tapi hampir semua negara periode saat itu mengalami hal yg sama yaitu resesi. Sedangkan Soeharto sudah jelas sebagai agen/makelar/preman/ USA utk mengeduk harta Indonesia selama ini.. dia jual kemerdekaan negeri ini sebagian besar utk kepentingannya sendiri beserta kerabat & kroninya. Korupsi menjadi warisan yg tidak terkira, tentara nyambi jadi preman(beking) pengusaha, polisi urus perkara pake duit, birokrasi akan lancar pake duit, gak ada yg bener, SBY tidak bisa berbuat banyak, karena???? USA terlanjur basah menjadi bagian dari Indonesia dgn freeport’nya, caltex, yang kontraknya puluhan tahun.. So, saya rindu pemimpin berani dan disegani, andai saja bisa cabut tuh kontrak dgn USA, minyak utk kebutuhan DN saja tdk perlu dijual keluar, tentunya dgn harga terjangkau, kalo ada yg menyelundupkan minyak keluar utk raup untung langsung dihukum mati karena dianggap pengkhianat, simpel memang, tapi butuh keberanian dan perhitungan yg cermat agar tidak tambah merugi bangsa kita.. Wah jadi ngelantur, yg penting saya senang membaca di blog ini, tq mas brotoseno..

Highlander Says:

1 October 2008 at 10:47 pm.

sdr ED diatas, mr.danarasa masih hidup, memang tdk terkenal spt BK tapi beliau dikenal. Orang memahami harta karun bung karno, itu adalah upaya bung karno untuk melindungi sahabat/kakaknya yaitu mr. Danarasa, ibarat bemper rajanya. Memang kontradiktif pada masa akhir pemerintahan BK yaitu pernah ngasih makan rakyatnya gaplek, krn beras menghilang (entah gagal panen atau apalah), sementara BK punya rekening yg orang menyebut harta BK, kaya kok melarat he..he.he. Sdr ED, baiknya ditunggu aja, mungkin rontoknya ekonomi AS terkait dengan akan munculnya Mr. Danarasa secara terang2an dimasyarakat. Mr.Danarasa memang misterius, tp yg lebih penting harta bisa membawa celaka atau bisa menghindarkan dari kekufuran. Yg lebih penting lagi kemandirian diri lebih utama, begitu pesan mr.danarasa dalam mimpinya temanku. Terakhir, Bung Karno memang hebat, lhaaa istrinya uaaakeh he..he..he

demit purwo Says:

26 October 2008 at 3:37 am.

yang namanya harta sukarno itu ya semangat BK itu..gak ada dana yang di sebut DEVINISI 10
itu kan isu yang di sebarkan oleh orang2 orba bahwa sukarno punya duit byk masih di simpan di alam ghoib.. salah satunya di alas purwo banyuwangi,,,ya harta sukarno yang ada saat dia mjd president itu ya ambil sono di cendana
ato ada yg mau berguru ama pemikiran sukarno? atospiritual ala sukarno?
silahkan dtg ke alas purwo…cari demit purwo alias bocah edan tanpo waras yo iku imam brekele..huahahahahahahahahahhh…….!!!!!!
salam revolusi jilid 2

guntur Says:

28 October 2008 at 8:07 am.

PAK KARNO..
orang yang paling saya segani..
sewaktu beliau menunggu ajal nya apakah beliau diperlakukan seperti president lainya yg sudah meninggal?
dan lebih parah lagi apa beliau diperlakukan seperti manusia?
tau kah anda perkataan beliau “GO TO THE HELL WITH YOUR AID” ke pd AMERICA yg menawarkan bantuan kepada indonesia.

HIDUP BUNG KARNO..!!
NAMAMU TIDAK AKAN HILANG DR INDONESIA SAMPAI KAPANPUN..!!
MERDEKAA..

Gege Panditho Says:

17 November 2008 at 3:20 am.

Pasti, pasti dan pasti negeri ini akan mempunyai pemimpin yang minimal sekelas dengan bung.. yah dengan bung karno. Harta-harta itu ada, dan memang bukan milik bung karno, dan memang bukan miliknya. Bung karno hanya menjalankan tugas dan belum sempat menggunakannya, belum sempat digunakan karena satu dan lain hal. Ada regenerasi, pasti ada.. bahkan akan lebih baik, karena pemimpin yang diramalkan memang yang terbaik. Track recordnya jelas, dan tidak teridentifikasi oleh para pakar politik dan politikus.. sangat berbahaya, kalo saat ini muncul dan diketahui bisa-bisa ditenggelamkan.. ciri-cirinya adalah yang mampu meneruskan pekerjaan yang belum sempat dilakukan oleh bung karno, yaitu menjadikan NKRI negeri yang gemah ripah loh jinawi. kita tunggu saja dan silakan teman2 membuktikan analisa kami. Yang pasti akan jauh meleset dari ramalan paranormal dan mbah-mbah yang mengaku orang-orang pintar. Hanya sedikit orang yang tahu, mungkin tidak lebih dari sembilan orang yang benar-benar sudah mengetahuinya, mengetahui keberadaannya.. mari kita doakan dan kita sambut beliau.. Dan bung karno sudah tahu akan sosok ini, bahkan saat ini.. waallahu alam bil sahwab, alif lam mim.

PUTRY Says:

17 November 2008 at 9:43 pm.

mas , tadi koq ada bacaan pembasmi mediator kacangan, itu gimana ci jelasin dong?
saya punya informasi tentang mediator kacangan ubcn, peru, intis !

nn Says:

23 November 2008 at 9:44 pm.

tidak lama lagi Indonesia akan “Merdeka”. Seribu Danarasa diapalsukan, hanya 1 yang memiliki pincode. Hanya karena kebodohan dan keserakahan orang2 sebangsanya sendiri, sampai kini pekerjaan untuk membawa kemakmuran bagi bangsa ini tertunda.

sendox Says:

25 November 2008 at 3:49 pm.

jadi pengen ketemu bung karno…

sedih sy…

bgaimanapun,,
walaupun beliau punya kekurangan,lazimnya seorang manusia,,,
tapi terlalu banyak kebaikan yang tidak bisa d lupakan,,,
bukan hanya d lupakan namun untuk sekedar ditiru saja pun kita tidak mampu…

kita semua perlu berkaca dari sejarah…

pantas aja bapak saya tergila-gila abis…

::SOEKARNO::

CS Says:

26 November 2008 at 12:18 pm.

Saya enggak percaya…Saya banyak membaca tentang sukarno dari sisi lain. Meski saya bangsa Indonesia saya tidak pernah mengidolakannya. Bagi saya Sukarno musuh Islam…..Diktator, komunis dll

david saeful arifin Says:

30 November 2008 at 7:30 am.

saya sangat terharu dengan kasucian hati sang pemimpin ku tercinta yang telah membawa negara Indonesia menuju dunia yang bertahtakan kajayaan
Namamu kan terkenang selalu di jiwa bangsamu wahai sang pahlawan ku “Ir. SOEKARNO”

frida Says:

9 December 2008 at 1:05 pm.

sedih baca-nya..
gw br tau..

soekarno is d best

fajar Says:

12 December 2008 at 6:57 pm.

best is the best person..Q prcya suatu saat km akn bangkit
kmbli untk mnlng BANGSA INI

jeni Says:

19 December 2008 at 8:26 pm.

SUBHANALLOH………….inilah sosok pemimpin yg benar, tidak seperti yg terjadi saat ini. tidak percuma gw, ortu dan kakek mengidolakan BUNG KARNO. Begitulah sifat “Anak” Raja yg dekat dengan rakyatnya. Soeharto anak petani yg tidak tahu diri.

Leo Satria Says:

25 January 2009 at 10:12 am.

waduuh…. ini baru namanya Manusia setengah dewa. udah Ga mau mementingin uang. Salut deh ama Pak karno,ga kaya pak harto yang hanya mementingkan harta.Soekarno=dekat dengan rakyat,Soeharto=Tidak Peduli Rakyat.

goeltom Says:

31 January 2009 at 11:04 pm.

Soekarno sosok yg aku kagumi…

AP Says:

23 March 2009 at 1:15 pm.

ya tuhan yang maha memiliki, tolong berikan manusia yang memiliki sosok sepertinya untuk memimpin bangsa ini!
ya tuhan yang maha sempurna, aku sangat-sangat mencintai bangsa ini! tolong jangan kau biarkan ada tangan-tangan yang mau menghancurkan bangsa ini!

AMIN

Senopati Timur PN Says:

24 March 2009 at 3:42 pm.

Alhamdulillah…..memang beliau bukan orang sembarangan, beliau dibimbing oleh para Leluhur Nuswantoro, terutama Eyang Lawu/Bendoro Lawu,beliaulah yang menggelar kepada Bung Karno supaya mensejahterakan Nuswantoro, beliaulah yang ndulang bung Karno, makanya Bung Karno Bisa Menjadi Sosok yang berwibawa dan disegani Dunia, Bung Karno Ketitipan Dana Ampera yang diamanatkan PB atas nma Raja-raja Nusantara,tapi dinyatakan Gagal, tidak mengurangi rasa hormat dan terima kasih kepada Beliau.Beliau tergolong Suhada, yang sejatinya tidak meninggal di sisiNya, beliau masih mengawal perjalanan bangsa ini bersama para Eyang Pemangku Nuswantoro yang lainnya, membimbing Pemimpin yang ditetapkan Allah untuk menyelesaikan Masalah Jayanya Nuswantoro ini, alhhamdulillah…..sedikit lagi kemunculannya akan diketahui khalayak….mohon bantuan doanya…..hakkul yakin 1000% Nuswantoro akan Menjadi Mercusuar Dunia (Monetary Nassenger/Mona)

salam Nafas Perjuangan….Senopati Timur PN

sanjaya Says:

2 April 2009 at 4:56 pm.

Negri ini membutuhkan pemimpin yg mendahulukan rakyatnya makan, yg peka hatinya,yg lebih awal masuk mesjidnya, yg bisa memimpin dirinya sendiri, yg selalu mendoakan tiap malam agar rakyatnya sejahtera, yg bisa menjalankan sunah Rosul, yg faham tentang tasawuf dan tarekat dan pemimipin negri ini harus figur yg menjauhi sifat keduniawian,,, Bravo SOEKARNO

Sutrisno Says:

3 April 2009 at 3:12 pm.

Merdekaa!!! Bung, bung, bung, kapan kembali ke Indonesia?????????????????????????????
Negeri ini membutuhkan mu…., Negeri ini kebingungan, mau di bawa kemana Negeri ini.
Bung……, Bantu rakyat mu ini, rakyat kecil ini…., yang sulit untuk menyambung hidup.
Merdekaaa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

laras Says:

6 April 2009 at 8:44 pm.

Ya…Setiap kita adalah sejarah
Hitam dan Putih
Adalah pilihan
Pilihan yang tidak bisa kita pilih
Tak seoang pengemispun yang ingin menjadi pengemis dan
Merekapun telah berjuang atas nama sejarah
Tak seorang pelacurpun yang ingin lahir sebagai pelacur dan
Merekapun telah berjuang atas nama sejarah
Dan sejarah adalah sejarah
Kita perlu memahaminya
Kadang perlu merubahnya

laras Says:

6 April 2009 at 8:48 pm.

Ya…Setiap kita adalah sejarah
Hitam dan Putih
Adalah pilihan
Pilihan yang tidak bisa kita pilih
Tak seoang pengemispun yang ingin menjadi pengemis dan
Merekapun telah berjuang atas nama sejarah
Tak seorang pelacurpun yang ingin lahir sebagai pelacur dan
Merekapun telah berjuang atas nama sejarah
Namun sejarah tetaplah sejarah
Kita perlu memahaminya
Dan kadang kita perlu merubahnya

Andri Says:

3 June 2009 at 2:41 am.

Saya berharap siapa presiden terpilih pemilu 2009 nanti bisa meawarisi pribadi mantan proklamator kita walapun tidak 100% tapi berjiwa besar saat lengser perlu jiwa besar dan dukungan dari keluarga. Bukan babat harta sampai habis menjelang kekuasaan berakhir seperti yang jadi kebiasaan pejabat sekarang.

Redy. Ready Says:

3 June 2009 at 4:32 pm.

Presiden Soekarno Idola Para pemimpin, Semoga BUng karno Mendapat kedudukan yang layak disisi Allh yang maha kuasa. yaiu surga Firdaus………. amin……

Anton BahuHartono Says:

7 June 2009 at 6:45 pm.

KUTITIPKAN BANGSA DAN NEGARA KEPADA MU…. INDONESIA KAYARAYA…. KEKAYAAN DUNIA BERASAL DARI INDONESIA…. 48 MATA UANG DUNIA JUGA BERASAL DARI INDONESIA…. UANGKU BARANGKU…. BARANGKU UANGKU…. AKU TUNGGU…. DIKERJAKAN DENGAN ORANG-ORANGKU…. ITUPUN DENGAN CARAKU…. BUKAN DENGAN CARA ORANG-ORANGKU…. SEMOGA MASIH ADA YG INGAT DENGAN PESAN INI…. SEHINGGA MASIH ADA RASA TANGGUNGJAWAB UNTUK KEPENTINGAN “N K R I”…. SEGERA HUBUNGI (k 7…. / k7=7)…. 0817882353 – 081384567869 – 085881526526….

Anton BahuHartono Says:

7 June 2009 at 8:00 pm.

1). DULU PERNAH BERKATA….NANTI AKAN ADA KRISIS MONETER BESAR-BESARAN DIDUNIA INI, YG BISA MENGATASI KRISIS INI ADALAH “S I S T E M”. CARI YG PERTAMA KALI MEMBUAT “S I S T E M” TERSEBUT….. 2). DULU PERNAH BERKATA…. DIKERJAKAN DENGAN ORANG-ORANGKU…. ITUPUN DENGAN CARAKU…. BUKAN DENGAN CARA ORANG-ORANGKU…. 3). DULU PERNAH BERKATA…. SELURUH CATATAN…. HATURKAN KPD KIYAI HAJI JAWAHIR…. BERHUBUNG JAWAHIR JUGA MASIH MERAGUKAN, MAKA SEMUA DISERAHKAN KPD KE 2 ORANGTUAKU…. YG DISIMPAN DI SWIS OLEH SUKARNO…. YG BISA MENGAMBIL…. ISTRIKU…. ATAU IBUKU…. (K 7…. / K 7=7….). (INI ADALAH PESAN DARI “O R A N G T U A…..” KITA. AKU PRIBADI MENDAPAT TUGAS DARI “O R A N G T U A….” KITA, UNTUK MENYAMPAIKAN PESAN INI….” AMAT,AMANAH DAN KEWAJIBAN”. SIAPAPUN ORANGNYA DIMANAPUN KEBERADAANNYA… YG MASIH MERASA MEMILIKI TANGGUNGJAWAB, AKU SIAP MENGANTARKAN KPD “O R A N G T U A….” KITA. DENGAN CATATAN BUKAN UNTUK KEPENTINGAN PRIBADI DAN GOLONGAN, TETAPI UNTUK KEPENTINGAN N K R I / UMAT DIMUKA BUMI INI…. HAL PENCAIRAN TANGGUNGJAWAB “O R A N G T U A….” KITA, LAHIR BATIN / NASIONAL DAN INTERNASIONAL…. LEBIH CEPAT LEBIH BAGUS…. KARNA SUDAH KELEWAT WAKTUNYA…. SEGERA MENGHUBUNGI ….0817882353 – 081384567869 – 085881526526….

arif supriatna Says:

25 August 2009 at 4:31 pm.

Subhanalloh… meriding bulu kuduk saya membaca tulisan di atas. Tepatlah kalau dikatakan bahwa Soekarno adalah Indonesia dan Indonesia adalah Soekarno. Tidak ada sedikitpun keinginan mengambil keuntungan dari Negara untuk dirinya dan keluarganya. Rasanya tidak ada lagi pemimpin seperti ini yg dimiliki Indonesia, apalagi saat ini. Hampir semua pemimpin kita SDM “selamatkan Diri Masing-masing”. Kapan muncul lagi “Soekarno-soekarno” lain yg sanggup mengembalikan kejayaan negeri ini, membentuk rejim yang bener-bener pro rakyat dan menyatu dengan rakyat ?

fathul Says:

9 September 2009 at 10:38 am.

Soekarno!!!!!!!!!!!!!!! tidak cukup banyak kata untuk dapat melukisakan betapa basar cintanya pada Bangsa ini, tidak cukup kata yang bisa melukiskan betapa Soekarno adalah cermin Bangsa Indonesia, Semoga Bangsa ini akan menciptakan ribuan Soekarno baru yang akan mengubah wajah Bangsa ini jauh lebih baik.

DORA Says:

27 September 2009 at 10:01 pm.

Kenapa ya kita selalu mengelu2kan Soekarno itu hebat,dan patriottis dan dll, Apakah jendral sudirman tidak hebat?dan pemimpin kita yg dulu2nya tidak patriottis?Kenapa?kalau lah DIA seorang presiden yg bijaksana mestikah PKI hidup di Indonesia?SOEKARNO tinggal printah bubarkankan PKI.

tunggal Says:

28 September 2009 at 11:12 am.

to Dora yth. kenapa teman2 diatas mengeluh2kan sukarno, karena kita berada di topik pembicaraan sukarno, yang diceritakan diatas tentang sukarno, klw anda membuka topik jend sudirman dll mungkin yang terfokus adalah beliau. Saya salut sengan Bung karno, baik pribadinya ataupun kenegarawan dia yang benar2 cinta NKRI dari keluarga dan golongan. Sukarno memberikan pelimpahan atas aset di Swiszerland kepada SUWARNO, SARINAH DAN KARRELFATULLAH, yang memegang dokumen + fisik di Indonesia itu banyak, sekitar 45 pemegang dokumenm, 17 subsitusi dokumen dan fisik, dan 8 orang pemegang documen + fisik. 3 orang memegang Documen Induk + Fisik, tetapi ada yang memegang documen Dinasty kerajaan yang berjumlah 7 lembar n 1 documen induk mewakili 13 documen, terbuat dari kulit lengkap disertai Master Key 2 batang emas th 97 dan pemutihan 2007, 1 buah PIN terbuat dari emas yang berlugo suwarno. (milik suwarno), milik sarinah juga sama, milik sarina dijadikan collateral percetakan 97 oleh pemerintahan suharto. mudah-mudahan 2010 aset tersebut sudah dapat dinikmati bangsa indonesia, PERINGATAN : JIKA ASET TERSEBUT SAMPAI CAIR MAKA INDONESIA AKAN MENJADI MERCUSUAR DUNIA, 1 RUPIAH = 1 USD, AMERIKA DAN NEGARA EROPA AKAN BANGKRUT, KARENA 165 NEGARA AMERIKA DAN EROPA MEMBENGUN NEGARA MEREKA MEMAKAI ASET NUSANTARA. MERDEKA….MERDEKA….MERDEKA….!!!

Tony Mardianto Says:

5 October 2009 at 1:31 pm.

Ternyata kita sama-sama pengagum Bung Karno. Namun demikian aku selalu meletakkan Bung Karno dalam posisi yang sewajarnya.
Senang bertemu teman yang sepaham.
Ayo mampir di warungku : http://soekarnofiles.wordpress.com
Aku mengkoleksi foto-foto Soekarno, mudah-mudahan kita bisa saling tukar informasi.

Salam: Tony Mardianto

cholil Says:

27 October 2009 at 12:38 pm.

apa ada pejabat sekarang yang mencari uang sekedar untuk hidup keluaganya dan sebanyak2nya unyuk kemakmuran rakyatmya ? …. heeh ,,, embel … cucu2 pahlawanpun tidak dapat ikuti bapakkakekmoyangnya yang hanya berjuang untu rakyat, sekarang mah cari uang hanya untuk diri sendiri bahkan harus membunuh rakyat …. semoga sadar dengan banyak gempa yang akan membuat tidak tenang bagi orang2 berharta berlimpah

gordi Says:

2 November 2009 at 7:16 pm.

to tunggal:apakah anda salah satu pemegang dokumen tersebut?semoga siapa saja yang menjadi pemegang dokumen tersebut bisa menggunakannya demi kebaikan bangsa indonesia.

mbah sawo Says:

5 December 2009 at 12:07 pm.

UNTUK SAUDARA-SAUDARAKU YG PAHAM DANA AMANAH ,BESOK TGL 18 DES 2009 ,AKAN DIADAKAN DEKLARASI DI LINGGARJATI KUNINGAN UNTUK MEMBAHAS DANA AMPERA,AMANAH MILIK PEWARIS NUSWANTARA ANAK CUCU KITA SEMUA,DIMOHON HADIR UNTUK UMUM, HUB. PANITIA :EYANG NURJAYADI EDI MASKARA 101. HP.081383551001

cho Says:

23 December 2009 at 10:26 am.

to : tunggal
anda yakin sekali dg hal tsb? sy tidak tau apakah anda listener, follower, or ativier?
sebaiknya beberapa hal ada yg bisa di ungkap namun ada yg harus disimpan utk kebaikan umum dan kebijakan dalam diri anda sendiri.

cho Says:

23 December 2009 at 10:34 am.

INDONESIA JADI MERCUSUAR DUNIA. rakyatnya siap? (BELUM), penguasanya siap?(BELUM). Jangan ngimpi membangun Gomorah dalam semalam, apalagi mengandalkan harta tersembunyi. Si Bung cuma tertawa melihat kekonyolan anda. JADILAH DULU MANUSIA YG TANGGUH, Berbuat tanpa meminta imbalan, beramal tanpa berbalas, berkarya tanpa berharap penghargaan. Uang adalah Alat..Bukan Tujuan karena manusia kaya tidak butuh UANG, hanya Manusia MISKIN yang butuh UANG. semoga disadari..amien

cho Says:

23 December 2009 at 11:18 am.

Buat anda yang mengetahui sejauh mana perkembangan dana semesta. sebaiknya anda simpan dan bukan dijadikan konsumsi umum. saya melihat mereka yg memperjuangkannya sangat berat di masyarakat. bagi anda yg masih cinta dunia, saya pastikan anda hanya akan gigit jari saja saat hari itu tiba. karena saat itu tiba, kejujuran akan dibangkitkan, kemiskinan akan dinaikkan, kearifan akan menghancurkan kezaliman dan keserakahan. sebaiknya kita perbaiki diri kita dan sekitar kita agar menjadi manusia yg lebih baik baik bangsa, nusa dan dimata Ilahi. Merdeka rakyat Indonesia..!!

hendra Says:

29 December 2009 at 6:28 pm.

wahai bapakku semoga amanah ini yang kau berikan pada bangsa ini,dan kau yang cita-citakan sebagai bangsa yang besar dapat kami wujudkan karena saat ini kami sedang bekerja untuk menyambungkan yang putus bagaikan jarum dalam jerami, dalam waktu dekat insyaallah ini mohon doanya paduka…merdeka…merdeka

hendra Says:

29 December 2009 at 6:59 pm.

hati-hati banyak yang mengaku penyelesai (odong-odong) padahal mereka cari uang receh (nipu) sesungguhnya apapun itu harta soekarno , ubs,gudang 77 (gudang cakra),pewaris, apakah kita tahu pemegang amanah induk itu siapa2,ingat amanah(harta soekarno) tidak dapat dibisniskan itu adalah amanah dari gusti Alloh dengan berbagai perjanjian dan sumpah pada jaman bapa yang intinya untuk kesejahteraan,kejayaan dan kemakmuran negeri ibu pertiwi ini, artinya seperti istri dan anak kita apakah mau dijual belikan ?. karena sekarang ini banyak yang mengaku-ngaku eyang turunan ini turunan itu padahal sungguh bapa sendiri(paduka soekarno) yang akan menyelesaikan dana amanah ini amien…

Sherryl Blauman Says:

29 December 2009 at 8:26 pm.

Considerably, the post is really the best on this worthy topic. I agree with your conclusions and will eagerly look forward to your coming updates. Just saying thanks will not just be sufficient, for the fantasti c clarity in your writing. I will directly grab your rss feed to stay privy of any updates. Good work and much success in your business dealings!

Alderina Says:

27 January 2010 at 1:15 pm.

Kok saya otomatis nangis ya bacanya?

*cari tissue*

andrew Says:

19 February 2010 at 11:21 am.

Aku berulang-ulang kali membaca biografi Bung Karno, membaca tulisan2 beliau, mencari tahu tentang sosok beliau. Karena penasaran mengapa begitu hebatnya pengaruhnya dimata rakyat Indonesia generasi dahulu. Ternyata beliau memang pribadi yang luar biasa. Hampir seluruh hidupnya hanya untuk memikirkan bangsa ini. Sangat sedikit waktu buat memikirkan pribadinya. Dia baru menyadari membutuhkan keturunan saat usianya 42 tahun karena Ibu Inggit jelas tidak mungkin bisa memberikan anak yang usianya 20 tahun lebih tua. Tidak ada manusia yg sempurna, tapi beliau berusaha menjadi sempurna untuk mewujudkan Bangsa ini Merdeka.
ANDA BOLEH PERCAYA BOLEH TIDAK
Bahkan sampai saat ini Bung Karno masih memikirkan Bangsa ini (secara tidak langsung)
Saat saat akan jatuhnya, beliau menitipkan dokumen2 kekayaan Indonesia pada seseorang termasuk suarat 11 Maret. Sebetulnya beberapa tokoh dijaman Orba tahu tapi mereka tidak pernah memberitahukan pada penguasa. Harta itu sebetulnya bukan milik Indonesia sendiri tapi juga milik Negara2 Asia Afrika yang sampai sekarang masih tersimpan di Swiss. Sumber itu bilang Indonesia sebenrnya sangat kaya. Bahklan orang yg menyimpan dokumen itu sempet bercanda ” Kekayaan Indonesia umtuk membeli Amerika masih ada kembaliannya”
Maaf saya belum bisa memberi tahu orang tersebut…pada akhirnya nanti juga akan muncul kepermukaan jika kondisi negara ini aman.

andrew Says:

19 February 2010 at 4:19 pm.

ah saya kasih saja link orang tersebut…banyak kisah dibalik itu semua.
http://www.youtube.com/watch?v=TwttqBipesE

Anton BahuHartono Says:

26 February 2010 at 12:10 am.

Orang Tua ku mau membantu mengatasi KRISIS MONETER/KRISI GLOBAL dan mau MENSEJAHTERAKAN RAKYAT/PEMBANGUNAN MERATA dengan dasar “Amanat, Amanah dan Kewajiban”. Orang Tua ku sangat tau dan sangat mengerti untuk menyalakan/menghidupkan RAHASIA 48 MATA UANG (No. INDUK MURNI/STAMBUK AWAL). Orang Tua ku berkata untuk mengerjakan dan mencairkan HARTA AMANAH ini (48 Mata Uang) tdk menggunakan uang dan tdk memelukan waktu berjam-jam, tetapi Orang Tua ku memerlukan kerjasama yg baik dgn Pejabat-pejabat Negara terkait/Pejabat Perbankan baik dari Nasional maupun Internasional DGN PENUH RASA TANGGUNGJAWAB untuk kepentingan RAKYAT. Berita baik dari Orang Tua ku ini sudah aku sebar berkali-kali melalui FACEBOOK, tetapi kenapa sampai sekarang tdk ada Pejabat-pejabat Negara terkait/ Pejabat Perbankan yg tanggap dan menemui Orang Tua ku… Ada apa ini???… Padahal RAKYAT sudah lama menderita/susah… Siapapun Orangnya… Mantan… Khususnya Pejabat-pejabat Negara terkait/Pejabat Perbankan segera menghubungi aku. Aku sendiri yg akan mengantarkan kepada Orang Tua ku. Anton BahuHartono 0817882353 – 081384567869.

sony Says:

8 March 2010 at 11:50 pm.

Cerita ini sangat bertolak belakang dengan kenyataan dilapangan yg mengatakan dan mengaku punya uang amanat atau harta amanat dari Bung Karno yang nilainya Trilyun ???????

sony Says:

9 March 2010 at 12:12 am.

Adakah yang tahu tentang mmak di Ciwidey ? tentang uang amanah yang beliau miliki ? Benarkah ? siapa yag telah dapat membuktikannya ???

dreamy Says:

22 March 2010 at 7:31 pm.

saya selalu bermimpi ada Sukarno berikutnya untuk Indonesia

Fi Halim Yu Says:

30 March 2010 at 10:01 am.

Gue punya US $100.000 ’34 1 baby box…ada Buyer g?…ni no gue 088802423462

urip sunandar Says:

1 May 2010 at 10:37 pm.

saya punya mata uang dolar 1934 , ubcn serta sertifikat emas . bagai mana cara menggunakan nya untuk negara kita

urip sunandar Says:

10 May 2010 at 1:38 am.

sy cuma kurir , saya bukan pejabat orang tua saya pun supir bajai. Tapi saya punya gambar PANGERAN ANTASARI . ANTON BAHU HARTONO hub saya di 081383938090 .

dwiagustiono Says:

25 July 2010 at 8:41 am.

buat siapa aja yg pegang dolar 34 atau 1934 itu sama yg bisa menyelesaikan org yg punya legalitas yg bener, itu hrs lht asli tidaknya, saya bangga perjuangan bung karno dan beliu melihat kondisi terpuruknya negara ini yg makin melambung kebutuhan pokok saya dengar berita di tv td di malaisya ternyata hrg beras lbh murah dr indonesia sedangkan penyuplainyadr indonesia kenapa bisa begitu siapa yg salah…………….

Putie Nanggolan Says:

22 October 2010 at 11:57 am.

Cantik nih blognya, posting nya menarik-menarik, temanya juga unik, dua jempol deh …

adrian Says:

18 December 2010 at 3:04 am.

saya punya mas batangan peninggalan presiden sukarno, tapi setelah diangkat dari dalam tanah dibawa kerumah,mas tsb berubah menjadi kuningan…di tes di tukang mas 100% bukan mas…tapi kuningan tembaga…
adakah yang bisa mengembalikan batangan mas itu kembali menjadi mas murni,kalau ada silahkan hubung saya di 082157558466 ada 20 kg masnya,system bagi hasil jika bisa menjadi mas murni. saya di SAMARINDA KALTIM

adrian Says:

18 December 2010 at 3:05 am.

saya punya mas batangan peninggalan presiden sukarno, tapi setelah diangkat dari dalam tanah dibawa kerumah,mas tsb berubah menjadi kuningan…di tes di tukang mas 100% bukan mas…tapi kuningan tembaga…
adakah yang bisa mengembalikan batangan mas itu kembali menjadi mas murni,kalau ada silahkan hubung saya di 082157558466 ada 20 kg masnya,system bagi hasil jika bisa menjadi mas murni. saya di SAMARINDA KALTIM

Arnaldo Says:

15 January 2011 at 4:49 pm.

Bung Karno memang tokoh yang penuh demensi, saya termasuk orang yang mengaguminya. Saya tidak heran jika karakter beliau seperti yang anda gambarkan karena bagi BK yang terpenting bukan materi tetapi cinta dan seluruh hidupnya untuk Indonesia. Kita bisa belajar dari keteladanan beliau.

Banyak orang yang mengharapkan lahirnya pemimpin sekaliber Sukarno di jaman ini dan berharap pada anak-anak Sukarno, saya sangat tidak percaya hal semacam itu, sebab BK berbeda dengan anak2 BK yang tidak pernah mengalami pengalaman yang dapat membentuk diri mereka jadi pemimpin suatu bangsa sebesar Indonesia. Anak2 Sukarno hanya mengandalkan nama besar sang ayah.

Suatu saat negara ini akan memiliki pemimpin yang jauh lebih besar dari Sukarno, saya percaya itu!

Salam

mohamad burhan Says:

7 May 2011 at 12:15 pm.

Siapapun anda tolong bantu saya yang betul betul butuh dana buat hidupku ini yang sekian lama sudah menganggur karna saya gak bisa diam diri tanpa kerja dan penghasilan padahal saya mantan kerja di laut atau perairan amerika padahal saya cinta pada pendiri negeri ini seperti Bapak angkatku Sukarno yang kini gak pernah ada berkunjung pada saya lagi. padahal saya anak angkat Bunda Ratu laut kidul juga tapi kenapa saya gak bisa gerak apa apa di bidang usaha bahkan ada milik sedikitpun sering di tipu orang kaya si jono asal jombang pecatan kopasus yang ngaku2 orang atau utusan Bunda dan Sukarno . Kalau toh surat ini ada yang baca tolong bantu saya untuk memecahkan masalah saya ini dan tolong cari bukti apa betul saya masih di tunggu Bunda ratu atau bunda lagi gak ada waktu untuk mengurus anak angkatnya ini dan buktikan juga kalau suara saya ini di buat buat atau memeng sebenarnya.

mohamad burhan Says:

7 May 2011 at 12:16 pm.

ada pun nomor tlp 0263 322300 cianjur hp 081236210922 / 087820376082

mohamad burhan Says:

7 May 2011 at 12:16 pm.

ada pun nomor tlp 0263 322300 cianjur hp 081236210922 / 087820376082

mohamad burhan Says:

7 May 2011 at 12:24 pm.

Salam dan Hormat Saya pada Bunda dan Bapak Bangsa dan tak lupa para syeh seantero jagat

cc : Syeh Abdul Qodir Kaelani al zaelani
Syeh Abdul Muhyi Safar wadi pamijahan
Guru guru
Mama Syarif Hidayatulloh Cirebon dan Para wali
Kangjeng Prabu Siliwangi
juga eyang (nabi) Hidir
leluhur Saya semua

Wassalam

Mohamad Burhan

kramz Says:

18 July 2011 at 3:29 pm.

mr. Danarasa mulai mencairkan dana tersebut pada awal Agustus 2011 ini, proyek yang beliau biayai adalah proyek Jalan tol samarinda – balikpapan, semoga sukses dan lancar… InsyaAllah…

M RIFAI Says:

15 August 2011 at 1:16 am.

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan dibawah ini nama Iksan putra alamarhum Moh Said dan cucu almarhum Suwarno pemegang amanah Uang Dollar JP Morgant & Company 1934 dengan nilai nominal 100.000 $ USD yang ber jumlah 4.200.000.000 $ USD (EMPAT MILYAR DUA RATUS JUTA DOLLAR UNITED STATED OF AMERICA ) ) memberikan kuasa sepenuhnya kepada sepupu kami yang bernana Prof.DR.Nanang Hariadi SE.MSc. ( Gus Har) untuk mengurus segala administrasinya sekaligus tersosialisasinya pencairan dana amanah tersebut diatas, dengan ketentuan
1 SEGALA YANG BERHUBUNGAN DENGAN HUKUM DAN ADMINISTRASI NEGARA YANG BERADA DI DALAM NEGERI MAUPUN DI LUAR NEGERI DILAKUHKAN DAN DILAKSANAKAN OLEH SEPUPU KAMI PROF.DR.NANANG HARIADI SE.MSc. (GUS HAR)
2 SEGALA YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENCAIRAN DANA DAN PEMBAGIAN DANA TERSEBUT AKAN DIPERCAYAKAN PADA PROF.DR.NANANG HARIADI SE.MSc.( GUS HAR)
3 HAL-HAL YANG BELUM DIATUR DALAM SURAT KUASA INI AKAN DIADAKAN PERBAIKAN DAN PEMBENAHAN KEMBALI.
Demikian surat kuasa saya keluarkan dan kami buat tampa ada paksaan dari siapapun juga , dan apabila dibelakang hari ada kekeliruan akan di tinjau kembali .

BANGKALAN 15 JUNI 2011
PEMBERI KUASA

IKSAN PUTRA ALMARHUM MOH SAID
PENERIMA KUASA

PROF.DR.NANANG HARIADI SE.MSc. GUS HAR

SAKSI SAKSI AHLI WARIS

1)Drs.NARDI HAMID 2) MOAD 3) M.RIFAI 4) MUHAMMAD ARIS

5)H. MUZAKI KHOLIL 6) H. MOH KUSNADI 7) H. SOLEH 8) HJ. MURAH

Sukarno dan harta « Mutiara Zuhud – Letakkan dunia pada tanganmu dan akhirat pada hatimu Says:

9 October 2011 at 2:59 pm.

[…] http://blog.imanbrotoseno.com/?p=164 Share this:FacebookLike this:SukaBe the first to like this […]

Yandi Says:

21 February 2012 at 12:17 pm.

Aku ingin tuker pikiran aku di kasih teka teki dan tolong artikan…

Berlambang segitiga di telapak tangan kanan
Berlambang segi empat di telapak kaki
Bersandi peci mahketu

apa arti itu….???

Khairudin Says:

21 February 2012 at 12:37 pm.

Dasar Negara rukun Bernegara merupakan Landasan Hukum yang dilaksanakan oleh Wakil Rakyat / Pemimpin untuk melaksanakan tugas bernegara.
Mungkin kita belum menyadari bahwa dalam kehidupan berbangsa nenek moyang kita telah menyimpulkan Landasan Kehidupan Berbangsa yaitu “Demi Kasih Sayang” atau disebut juga “Syahadat Sayang” pada Zaman Kerajaan Pajajaran (Prabu Sliwangi; Ratu Kumbang) Prasasti dari Panghaur, Jasinga yang terdiri dari 6 Perkara a.l. : 1. Bismillah 2. Kesadaran 3.Kerukunan 4.Keselamatan 5.Kebahagiaan 6. Ketuhanan Y.M.E. silahkan dikaji insya Allah Indonesia Jaya …Amin Ya Robbal Alamin.

donny Says:

12 April 2012 at 11:35 pm.

alhamdulillah saya sudah dapat nomor kode password rekening bung Karno di Bank Swiss, tapi saya akan berikan kepada pemimpin Bangsa yg bergelar Ratu Adil dan itu merupakan amanat dari bung Karno

yusuf Says:

10 May 2012 at 6:41 pm.

saya tangan kanan penyelesai, sandi GPI Blokosuto. dana jawa barat sudah dibuka dan akan ditutup 18 Mei 2012, mohon segera hubungi saya di 085290276054.

Anton BahuHartono Says:

11 June 2012 at 3:58 pm.

ASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH..
SALAM SEJAHTERA ..

“SEKALI BERLAYAR TETAP BERLAYAR JANGAN TAKUT TENGGELAM YAKIN ADANYA RASULULLAH SAW”

SAHABAT ..
– KUTITIPKAN BANGSA DAN NEGARA KEPADA MU…. (IR. SOEKARNO).
– INDONESIA KAYARAYA…. KEKAYAAN DUNIA BERASAL DARI INDONESIA….
– 37 COLLATERAL MATA UANG (ANGGUNAN / JAMINAN) UNTUK KE 37 MATA UANG DUNIA BERASAL (ADA) DI INDONESIA….

01. SEMOGA MASIH ADA YG INGAT DENGAN PESAN INI:
“AMANAH, AMANAT DAN KEWAJIBAN”..
@ UANGKU BARANGKU…. BARANGKU UANGKU…. AKU TUNGGU.
@ DIKERJAKAN DENGAN ORANG-ORANGKU…. ITUPUN DENGAN CARAKU…. BUKAN DENGAN CARA ORANG-ORANGKU.

02). IR. SOEKARNO TAHUN 1960 DI PBB DAN TAHUN 1962 DI INDONESIA BERKATA:
@NANTI DIDUNIA INI AKAN TERJADI KRISIS MONETER BESAR-BESARAN (KRISIS GLOBAL), YG BISA MENGATASINYA ADALAH HANYA “S I S T E M”..
CARI PEMEGANG “S I S T E M” (PENANGGUNGJAWAB SISTEM) ..
@DIKERJAKAN DENGAN TEKHNOLOGI MUTAKHIR (TEKHNOLOGI CANGGIH) ..

SIAPAPUN ORANGNYA DAN DIMANAPUN KEBERADAANNYA, YG MASIH MERASA MEMILIKI RASA TANGGUNGJAWAB UNTUK KEPENTINGAN KESEJAHTERAAN RAKYAT, SEGERA MENGHUBUNGI “O R A N G T U A” (ORANGTUA KITA SEMUA)..
DENGAN CATATAN BUKAN UNTUK KEPENTINGAN PRIBADI / GOLONGAN, TETAPI UNTUK KEPENTINGAN KESEJAHTERAAN RAKYAT / UMAT ..

HAL CARA UNTUK MENGERJAKAN / MEMBUKA “S I S T E M” SEKALIGUS UNTUK MENGELUARKAN / PENCAIRAN “A S E T” TERSEBUT ADALAH TANGGUNGJAWAB RANGTUAKU LAHIR BATIN / NASIONAL INTERNASIONAL ..
LEBIH CEPAT LEBIH BAGUS ..

SEGERA MENGHUBUNGI HP. 087720944884 – 081210503728

WASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH..
SALAM SEJAHTERA ..

TETAP SEMANGAT IBADAH ..

“TUNGGUL AMETUNG SAPINANJUNGAN” >> “R.7″ (K 7 / KARATON 7) ..

nadir arya Says:

16 September 2012 at 7:02 pm.

hanya kesabaran yang bisa sukseskan perjuangan Eyang sukarno.’Alfatehah………. Aamiin.

agusirawan Says:

22 October 2012 at 4:13 pm.

H.Ir. Soekarno pemimpinku sampai sekarang.

Djajot Says:

1 December 2012 at 9:47 am.

BUNG KARNO,,
[Sudah habis koment untuk ini]
Terlalu luaas…

JASMERAH !!!

Ardika Harnikurniawan Says:

18 February 2013 at 8:57 am.

wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwoooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooowwwoooooooooooooooooooooowwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww

Saryono Says:

28 April 2013 at 5:04 pm.

Salut deh, Indonesia tanpa beliau dan presiden siapapun yang pernah menjabat dinegeri ini terima kasih deh. Mari kita bangkit dari keterpurukan ini.

Bone Says:

2 July 2013 at 8:29 am.

mari kita teruskan cita2 luhur bung Karno …? apa benar UB CN Kod… tahun 1953 bagian dari harta yang dimaksud dan klo benar untuk kesehjateraan seluruh rakyat Indonesia. Prosesnya Bagaimana …..?

kta dbs Says:

4 August 2013 at 8:19 am.

Banyak hal yang membuat saya kagum dengan Presiden 1 RI Soekarno, keteladanan, nasionalis dan semangat membara untuk kepentingan bangsa yang hampir hilang saat ini

Jagad Says:

23 September 2013 at 9:05 pm.

Pak Karno, sederhana sekali, hanya pakek kaos bersandal jepit dan berkopiah… Jangankan KKN, bawa barang aset negarapun tidak dilakukan.. Subhanallah.

orbaSHIT Says:

24 September 2013 at 10:17 am.

he3x laen ama si HARTO yg mampus2xan buat image/pencitraan ampe ditempel di belakang bak2x truk (jumlahnya terbatas dan kesannye maksa banget dech trus ditilis gede2x) “…PIYE KABARE [‘CUK!’]…UENNAKKKK TENAN [KORUPSI] JAMANKU TOOOOOOO….” :P

okeyprofitsrama Says:

7 February 2014 at 7:39 pm.

Association Grant Fund Treasure Indonesia – AGFTI
Click the link here Asset Indonesian Assets
http://okeynotes.com/index.php/blogs/3527/536/gambar-asset

Cisalak Says:

26 March 2014 at 9:33 am.

hebat..hebat ..memang bung karno…dia hebat tak bisa disangkal lagi….adanya KAA di bandung itu salah satu buktinya

Dboo Says:

22 April 2014 at 9:52 pm.

To : Anton Bahu Hartono

Kenapa no tlp yg anda buat tidak satupun yg masih aktiv ????
Tolong beri alamat email anda atau no tlp anda yg terbaru ke email saya di :
danby_ass@yahoo.com …. Tks

Hormat saya,

RDB-N

ethwin Says:

3 May 2014 at 1:14 pm.

hahah,,, lucu”,,,

Melaine Says:

27 July 2014 at 10:39 am.

Great blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere?

A design like yours with a few simple tweeks would really make my blog jump out.
Please let me know where you got your theme. Kudos

My weblog; fitness and weight loss guide (Melaine)

pak reno Says:

15 August 2014 at 6:24 pm.

INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL TLP KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 304X TERBUKTI
TRIM’S ROO,MX SOBAT

INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL TLP KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 304X TERBUKTI
TRIM’S ROO,MX SOBAT

Leave a Reply

*

Mencari Jawaban

Artis tend to be dark, worried and superstitious creatures. This is not bad. It makes me perfectionist, it makes me care. Moreover the ability to see the darker side of life is an asset not just directing dramatic and tragic movies, but also for directing comedy, since comedy often has pain inside it. Do you believe that life and film tragically too close together ? I do ...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Iman Brotoseno. Make your own badge here.


Categories

Archives

Hot Topics

Spice of Life


Why Blog ?

Why the BLOG will change the world ?The explosion of blogs throughout the world has been the biggest phenomenon since the rise of the Internet itself. Today, more people read blogs than newspapers. Blogs are just a tool, of course. It’s the bloggers behind the blogs that will make the difference. Here's Why

Blog lama saya masih dapat dilihat disini

( DISCLAIMER ) Photo dan Gambar Ilustrasi kadang diambil dari berbagai sumber di internet - GETTY IMAGES dan CORBIS selain photo teman dan milik saya sendiri. Kadang kala sulit untuk menemukan pemiliknya. Jika ada yang merasa keberatan bisa menghubungi untuk dicantumkan namanya.

Subscribe this blog

  Subscribe in a reader
Enter your email address:
  
Delivered by FeedBurner
December 2014
M T W T F S S
« Nov    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031