Harta Soekarno

emas.jpg TD Pardede , tokoh pengusaha asal Medan jaman dulu jika masih hidup tentu akan tercengang membaca berita majalah Tempo minggu ini :
Dari luar ruangan, sejumlah tokoh melihat pertemuan itu berlangsung dingin. Teh dalam cangkir berlogo Istana Presiden yang diangkut dari rumah Soeharto, tak disentuh. Hendarman – Jaksa Agung – kata sumber itu, lalu mengajukan konsep penyelesaian di luar pengadilan. Diantaranya, keluarga Soeharto harus membayar 4 trilyun kepada negara. Ini sepertiga dari tuntutan Pemerintah, yakni US $ 420 juta dan Rp 185 milyar plus ganti rugi immaterial Rp 10 trilyun atas Yayasan Supersemar .
Mbak Tutut dan adik adiknya hanya terdiam mendengar angka yang diajukan Pemerintah “
.

Si ompung yang dekat dengan Bung Karno pasti teringat saat suatu hari dia dipanggil mendadak ke Jakarta. Mengetahui betapa miskinnya sang Presidennya. Setelah ngobrol ngobrol bersama menteri lainnya, Presiden Republik Indonesia itu mengajak TD Pardede ke pojok ruangan.
“ Pardede, bisa kau pinjamkan aku uang ? “
Gelagapan karena langsung ditodong oleh penguasa negeri. TD Pardede merogoh saku saku jasnya dan memberikan seribu dollar dari kantongnya. Namun Bung Karno hanya mengambil secukupnya dan mengembalikan sisanya kepada Pardede.

Lain cerita salah satu ajudan terakhir,Putu Sugianitri seorang bekas Polisi wanita yang juga harus pensiun tanpa kejelasan. Suatu saat setelah tidak menjadi presiden, Bung Karno jalan jalan keliling kota dan tiba tiba ingin buah rambutan. ” Tri , beli rambutan “.
” Uangnya mana ? ” tanya si polwan asal Bali itu.
sing ngelah pis ” kata Bung Karno dalam bahasa Bali yang artinya ” saya tak punya uang “.
Jadilah sang ajudan memakai uang pribadinya untuk mantan presiden yang tidak memiliki uang.

Ada juga cerita dari Bang Ali Sadikin.
Saat ia menjabat Menko Maritim. Ia ditanya oleh Bung karno apakah ia bisa membantu bisnis mertua Bung Karno yang berkaitan dengan perijinan pelabuhan. Setelah dipelajari Ali Sadikin mengatakan tidak bisa. Peraturan mengatakan demikian.
“ Ya sudah , kalau tidak bisa “ kata Bung Karno.
Bang Ali berpikir. Luar biasa ini manusia. Padahal sebagai Presiden ia bisa memaksakan memberi perintah. Yang mengagumkan Bung Karno selanjutnya tidak pernah dendam, bahkan kelak mengangkat May.Jend KKO Ali Sadikin sebagai Gubernur Jakarta.

keluarga-soekarno.jpgDari cerita tersebut diatas, kita tahu Bung Karno tidak pernah peduli dengan uang atau harta. Ketika turun dari kekuasaan kita tak pernah tahu bahwa Bung Karno dan keluarganya meninggalkan kekayaan yang melimpah ruah.
Saat mendapat surat dari Jenderal Soeharto, bahwa Bung Karno harus meninggalkan Istana Merdeka sebelum tanggal 16 Agustus 1967. Maka teman teman Bung Karno yang mengetahui rencana itu segera menawarkan dan menyediakan 6 rumah untuk tempat tinggal dan putera puteri Bung Karno.
Mendengar hal itu Bung Karno seketika marah, bahwa ia tidak menghendaki rumah rumah itu. Ia menginginkan semua anak anaknya pindah ke rumah Ibu Fatmawati.
Semua anak anak kalau meninggalkan Istana tidak boleh membawa apa apa, kecuali buku buku pelajaran, perhiasan sendiri dan pakaian sendiri. Barang barang lain seperti radio , televisi dan lain lain tidak boleh dibawa ! “
Demikian Bung Karno memerintahkan.
Guntur – putera tertua – setelah mendengar penjelasan itu merasa kecewa, karena ia sudah terlanjur menggulung kabel antenna TV yang akhirnya tidak boleh dibawa pergi.

Sementara Ibu Fatmawati mengeluh karena kamar di rumahnya tidak cukup.
Tak berapa lama datang truk dari Polisi yang membawa 4 tempat tidur dari kayu yang bersusun, dengan kasur dan bantalnya tapi tanpa sprei dan sarung bantal. Juga beras 6 karung.
“ Anak anakku semua disuruh tidur di tempat tidur susun dari kayu, tanpa sprei dan sarung bantal “
Konon Ibu Fat, marah marah kepada utusan yang membawa perlengkapan itu.

Bung Karno keluar dari istana dengan mengenakan kaos oblong cap cabe dan celana piyama warna krem. Baju piyamanya disampirkan ke pundak, dan ia memakai sandal bata yang sudah usang. Tangan kanannya memegang kertas Koran yang digulung, berisi bendera pusaka merah putih. Bendera yang dijahit oleh istrinya sendiri, ibu Fatmawati ketika masa proklamasi kemerdekaan dahulu.
Tak ada voor ridjer, pengawalan atau penghormatan seperti ketika Presiden Soeharto – yang diantar Jenderal Wiranto sampai ke mobil Mercedes – meninggalkan Istana Merdeka setelah menyerahkan jabatannya kepada Habibie.

tugu.jpgIa meninggalkan istana dengan mobil vw kodok yang dikendarai seorang supir asal kepolisian. Salah seorang anggota kawal pribadinya membawakan ovaltine, minuman air jeruk, air teh, air putih, kue kue serta obat obatan Bung Karno.
Itulah seluruh harta yang dimiliki Bung Karno ketika meninggalkan Istana.
Selebihnya ditinggalkan.
Kelak harta kekayaan Soekarno yang ditinggal di Istana didata oleh pihak penguasa dengan dibuatkan berita acara. Barang barang itu mulai dari logam emas batangan, lukisan lukisan, buku buku, pakaian, minyak wangi, bolpen, uang dollar yang semuanya bernilai tidak sedikit. Dan semua itu tidak pernah diserahkan kepada Bung Karno atau keluarganya. Tidak jelas siapa yang mewarisi.
Pada akhirnya tidak penting juga mewarisi sebuah kekayaan. Karena dia bukan berhala harta. Hanya sebuah janji yang tersisa yang wajib kita jaga, untuk sebuah Indonesia yang bersatu dan bermartabat. Tidak ada juga deal deal khusus. Hanya sebuah persetujuan dalam segenggam bait puisi Chiril Anwar.
Janji itu terus melintas jaman. Sampai kapanpun.

Bung Karno ! Kau dan aku satu zat satu urat
Di zatmu di zatku kapal-kapal kita berlayar
Di uratmu di uratku kapal-kapal kita bertolak & berlabuh
( Persetujuan dengan Bung Karno – Chairil Anwar )

You Might Also Like

211 Comments

  • cholil
    October 27, 2009 at 12:38 pm

    apa ada pejabat sekarang yang mencari uang sekedar untuk hidup keluaganya dan sebanyak2nya unyuk kemakmuran rakyatmya ? …. heeh ,,, embel … cucu2 pahlawanpun tidak dapat ikuti bapakkakekmoyangnya yang hanya berjuang untu rakyat, sekarang mah cari uang hanya untuk diri sendiri bahkan harus membunuh rakyat …. semoga sadar dengan banyak gempa yang akan membuat tidak tenang bagi orang2 berharta berlimpah

  • gordi
    November 2, 2009 at 7:16 pm

    to tunggal:apakah anda salah satu pemegang dokumen tersebut?semoga siapa saja yang menjadi pemegang dokumen tersebut bisa menggunakannya demi kebaikan bangsa indonesia.

  • mbah sawo
    December 5, 2009 at 12:07 pm

    UNTUK SAUDARA-SAUDARAKU YG PAHAM DANA AMANAH ,BESOK TGL 18 DES 2009 ,AKAN DIADAKAN DEKLARASI DI LINGGARJATI KUNINGAN UNTUK MEMBAHAS DANA AMPERA,AMANAH MILIK PEWARIS NUSWANTARA ANAK CUCU KITA SEMUA,DIMOHON HADIR UNTUK UMUM, HUB. PANITIA :EYANG NURJAYADI EDI MASKARA 101. HP.081383551001

  • cho
    December 23, 2009 at 10:26 am

    to : tunggal
    anda yakin sekali dg hal tsb? sy tidak tau apakah anda listener, follower, or ativier?
    sebaiknya beberapa hal ada yg bisa di ungkap namun ada yg harus disimpan utk kebaikan umum dan kebijakan dalam diri anda sendiri.

  • cho
    December 23, 2009 at 10:34 am

    INDONESIA JADI MERCUSUAR DUNIA. rakyatnya siap? (BELUM), penguasanya siap?(BELUM). Jangan ngimpi membangun Gomorah dalam semalam, apalagi mengandalkan harta tersembunyi. Si Bung cuma tertawa melihat kekonyolan anda. JADILAH DULU MANUSIA YG TANGGUH, Berbuat tanpa meminta imbalan, beramal tanpa berbalas, berkarya tanpa berharap penghargaan. Uang adalah Alat..Bukan Tujuan karena manusia kaya tidak butuh UANG, hanya Manusia MISKIN yang butuh UANG. semoga disadari..amien

  • cho
    December 23, 2009 at 11:18 am

    Buat anda yang mengetahui sejauh mana perkembangan dana semesta. sebaiknya anda simpan dan bukan dijadikan konsumsi umum. saya melihat mereka yg memperjuangkannya sangat berat di masyarakat. bagi anda yg masih cinta dunia, saya pastikan anda hanya akan gigit jari saja saat hari itu tiba. karena saat itu tiba, kejujuran akan dibangkitkan, kemiskinan akan dinaikkan, kearifan akan menghancurkan kezaliman dan keserakahan. sebaiknya kita perbaiki diri kita dan sekitar kita agar menjadi manusia yg lebih baik baik bangsa, nusa dan dimata Ilahi. Merdeka rakyat Indonesia..!!

  • hendra
    December 29, 2009 at 6:28 pm

    wahai bapakku semoga amanah ini yang kau berikan pada bangsa ini,dan kau yang cita-citakan sebagai bangsa yang besar dapat kami wujudkan karena saat ini kami sedang bekerja untuk menyambungkan yang putus bagaikan jarum dalam jerami, dalam waktu dekat insyaallah ini mohon doanya paduka…merdeka…merdeka

  • hendra
    December 29, 2009 at 6:59 pm

    hati-hati banyak yang mengaku penyelesai (odong-odong) padahal mereka cari uang receh (nipu) sesungguhnya apapun itu harta soekarno , ubs,gudang 77 (gudang cakra),pewaris, apakah kita tahu pemegang amanah induk itu siapa2,ingat amanah(harta soekarno) tidak dapat dibisniskan itu adalah amanah dari gusti Alloh dengan berbagai perjanjian dan sumpah pada jaman bapa yang intinya untuk kesejahteraan,kejayaan dan kemakmuran negeri ibu pertiwi ini, artinya seperti istri dan anak kita apakah mau dijual belikan ?. karena sekarang ini banyak yang mengaku-ngaku eyang turunan ini turunan itu padahal sungguh bapa sendiri(paduka soekarno) yang akan menyelesaikan dana amanah ini amien…

  • Sherryl Blauman
    December 29, 2009 at 8:26 pm

    Considerably, the post is really the best on this worthy topic. I agree with your conclusions and will eagerly look forward to your coming updates. Just saying thanks will not just be sufficient, for the fantasti c clarity in your writing. I will directly grab your rss feed to stay privy of any updates. Good work and much success in your business dealings!

  • Alderina
    January 27, 2010 at 1:15 pm

    Kok saya otomatis nangis ya bacanya?

    *cari tissue*

  • andrew
    February 19, 2010 at 11:21 am

    Aku berulang-ulang kali membaca biografi Bung Karno, membaca tulisan2 beliau, mencari tahu tentang sosok beliau. Karena penasaran mengapa begitu hebatnya pengaruhnya dimata rakyat Indonesia generasi dahulu. Ternyata beliau memang pribadi yang luar biasa. Hampir seluruh hidupnya hanya untuk memikirkan bangsa ini. Sangat sedikit waktu buat memikirkan pribadinya. Dia baru menyadari membutuhkan keturunan saat usianya 42 tahun karena Ibu Inggit jelas tidak mungkin bisa memberikan anak yang usianya 20 tahun lebih tua. Tidak ada manusia yg sempurna, tapi beliau berusaha menjadi sempurna untuk mewujudkan Bangsa ini Merdeka.
    ANDA BOLEH PERCAYA BOLEH TIDAK
    Bahkan sampai saat ini Bung Karno masih memikirkan Bangsa ini (secara tidak langsung)
    Saat saat akan jatuhnya, beliau menitipkan dokumen2 kekayaan Indonesia pada seseorang termasuk suarat 11 Maret. Sebetulnya beberapa tokoh dijaman Orba tahu tapi mereka tidak pernah memberitahukan pada penguasa. Harta itu sebetulnya bukan milik Indonesia sendiri tapi juga milik Negara2 Asia Afrika yang sampai sekarang masih tersimpan di Swiss. Sumber itu bilang Indonesia sebenrnya sangat kaya. Bahklan orang yg menyimpan dokumen itu sempet bercanda ” Kekayaan Indonesia umtuk membeli Amerika masih ada kembaliannya”
    Maaf saya belum bisa memberi tahu orang tersebut…pada akhirnya nanti juga akan muncul kepermukaan jika kondisi negara ini aman.

  • andrew
    February 19, 2010 at 4:19 pm

    ah saya kasih saja link orang tersebut…banyak kisah dibalik itu semua.
    http://www.youtube.com/watch?v=TwttqBipesE

  • Anton BahuHartono
    February 26, 2010 at 12:10 am

    Orang Tua ku mau membantu mengatasi KRISIS MONETER/KRISI GLOBAL dan mau MENSEJAHTERAKAN RAKYAT/PEMBANGUNAN MERATA dengan dasar “Amanat, Amanah dan Kewajiban”. Orang Tua ku sangat tau dan sangat mengerti untuk menyalakan/menghidupkan RAHASIA 48 MATA UANG (No. INDUK MURNI/STAMBUK AWAL). Orang Tua ku berkata untuk mengerjakan dan mencairkan HARTA AMANAH ini (48 Mata Uang) tdk menggunakan uang dan tdk memelukan waktu berjam-jam, tetapi Orang Tua ku memerlukan kerjasama yg baik dgn Pejabat-pejabat Negara terkait/Pejabat Perbankan baik dari Nasional maupun Internasional DGN PENUH RASA TANGGUNGJAWAB untuk kepentingan RAKYAT. Berita baik dari Orang Tua ku ini sudah aku sebar berkali-kali melalui FACEBOOK, tetapi kenapa sampai sekarang tdk ada Pejabat-pejabat Negara terkait/ Pejabat Perbankan yg tanggap dan menemui Orang Tua ku… Ada apa ini???… Padahal RAKYAT sudah lama menderita/susah… Siapapun Orangnya… Mantan… Khususnya Pejabat-pejabat Negara terkait/Pejabat Perbankan segera menghubungi aku. Aku sendiri yg akan mengantarkan kepada Orang Tua ku. Anton BahuHartono 0817882353 – 081384567869.

  • sony
    March 8, 2010 at 11:50 pm

    Cerita ini sangat bertolak belakang dengan kenyataan dilapangan yg mengatakan dan mengaku punya uang amanat atau harta amanat dari Bung Karno yang nilainya Trilyun ???????

  • sony
    March 9, 2010 at 12:12 am

    Adakah yang tahu tentang mmak di Ciwidey ? tentang uang amanah yang beliau miliki ? Benarkah ? siapa yag telah dapat membuktikannya ???

  • dreamy
    March 22, 2010 at 7:31 pm

    saya selalu bermimpi ada Sukarno berikutnya untuk Indonesia

  • Fi Halim Yu
    March 30, 2010 at 10:01 am

    Gue punya US $100.000 ’34 1 baby box…ada Buyer g?…ni no gue 088802423462

  • urip sunandar
    May 1, 2010 at 10:37 pm

    saya punya mata uang dolar 1934 , ubcn serta sertifikat emas . bagai mana cara menggunakan nya untuk negara kita

  • urip sunandar
    May 10, 2010 at 1:38 am

    sy cuma kurir , saya bukan pejabat orang tua saya pun supir bajai. Tapi saya punya gambar PANGERAN ANTASARI . ANTON BAHU HARTONO hub saya di 081383938090 .

  • dwiagustiono
    July 25, 2010 at 8:41 am

    buat siapa aja yg pegang dolar 34 atau 1934 itu sama yg bisa menyelesaikan org yg punya legalitas yg bener, itu hrs lht asli tidaknya, saya bangga perjuangan bung karno dan beliu melihat kondisi terpuruknya negara ini yg makin melambung kebutuhan pokok saya dengar berita di tv td di malaisya ternyata hrg beras lbh murah dr indonesia sedangkan penyuplainyadr indonesia kenapa bisa begitu siapa yg salah…………….

  • Putie Nanggolan
    October 22, 2010 at 11:57 am

    Cantik nih blognya, posting nya menarik-menarik, temanya juga unik, dua jempol deh …

  • adrian
    December 18, 2010 at 3:04 am

    saya punya mas batangan peninggalan presiden sukarno, tapi setelah diangkat dari dalam tanah dibawa kerumah,mas tsb berubah menjadi kuningan…di tes di tukang mas 100% bukan mas…tapi kuningan tembaga…
    adakah yang bisa mengembalikan batangan mas itu kembali menjadi mas murni,kalau ada silahkan hubung saya di 082157558466 ada 20 kg masnya,system bagi hasil jika bisa menjadi mas murni. saya di SAMARINDA KALTIM

  • adrian
    December 18, 2010 at 3:05 am

    saya punya mas batangan peninggalan presiden sukarno, tapi setelah diangkat dari dalam tanah dibawa kerumah,mas tsb berubah menjadi kuningan…di tes di tukang mas 100% bukan mas…tapi kuningan tembaga…
    adakah yang bisa mengembalikan batangan mas itu kembali menjadi mas murni,kalau ada silahkan hubung saya di 082157558466 ada 20 kg masnya,system bagi hasil jika bisa menjadi mas murni. saya di SAMARINDA KALTIM

  • Arnaldo
    January 15, 2011 at 4:49 pm

    Bung Karno memang tokoh yang penuh demensi, saya termasuk orang yang mengaguminya. Saya tidak heran jika karakter beliau seperti yang anda gambarkan karena bagi BK yang terpenting bukan materi tetapi cinta dan seluruh hidupnya untuk Indonesia. Kita bisa belajar dari keteladanan beliau.

    Banyak orang yang mengharapkan lahirnya pemimpin sekaliber Sukarno di jaman ini dan berharap pada anak-anak Sukarno, saya sangat tidak percaya hal semacam itu, sebab BK berbeda dengan anak2 BK yang tidak pernah mengalami pengalaman yang dapat membentuk diri mereka jadi pemimpin suatu bangsa sebesar Indonesia. Anak2 Sukarno hanya mengandalkan nama besar sang ayah.

    Suatu saat negara ini akan memiliki pemimpin yang jauh lebih besar dari Sukarno, saya percaya itu!

    Salam

  • mohamad burhan
    May 7, 2011 at 12:15 pm

    Siapapun anda tolong bantu saya yang betul betul butuh dana buat hidupku ini yang sekian lama sudah menganggur karna saya gak bisa diam diri tanpa kerja dan penghasilan padahal saya mantan kerja di laut atau perairan amerika padahal saya cinta pada pendiri negeri ini seperti Bapak angkatku Sukarno yang kini gak pernah ada berkunjung pada saya lagi. padahal saya anak angkat Bunda Ratu laut kidul juga tapi kenapa saya gak bisa gerak apa apa di bidang usaha bahkan ada milik sedikitpun sering di tipu orang kaya si jono asal jombang pecatan kopasus yang ngaku2 orang atau utusan Bunda dan Sukarno . Kalau toh surat ini ada yang baca tolong bantu saya untuk memecahkan masalah saya ini dan tolong cari bukti apa betul saya masih di tunggu Bunda ratu atau bunda lagi gak ada waktu untuk mengurus anak angkatnya ini dan buktikan juga kalau suara saya ini di buat buat atau memeng sebenarnya.

  • mohamad burhan
    May 7, 2011 at 12:16 pm

    ada pun nomor tlp 0263 322300 cianjur hp 081236210922 / 087820376082

  • mohamad burhan
    May 7, 2011 at 12:16 pm

    ada pun nomor tlp 0263 322300 cianjur hp 081236210922 / 087820376082

  • mohamad burhan
    May 7, 2011 at 12:24 pm

    Salam dan Hormat Saya pada Bunda dan Bapak Bangsa dan tak lupa para syeh seantero jagat

    cc : Syeh Abdul Qodir Kaelani al zaelani
    Syeh Abdul Muhyi Safar wadi pamijahan
    Guru guru
    Mama Syarif Hidayatulloh Cirebon dan Para wali
    Kangjeng Prabu Siliwangi
    juga eyang (nabi) Hidir
    leluhur Saya semua

    Wassalam

    Mohamad Burhan

  • kramz
    July 18, 2011 at 3:29 pm

    mr. Danarasa mulai mencairkan dana tersebut pada awal Agustus 2011 ini, proyek yang beliau biayai adalah proyek Jalan tol samarinda – balikpapan, semoga sukses dan lancar… InsyaAllah…

  • M RIFAI
    August 15, 2011 at 1:16 am

    SURAT KUASA

    Saya yang bertanda tangan dibawah ini nama Iksan putra alamarhum Moh Said dan cucu almarhum Suwarno pemegang amanah Uang Dollar JP Morgant & Company 1934 dengan nilai nominal 100.000 $ USD yang ber jumlah 4.200.000.000 $ USD (EMPAT MILYAR DUA RATUS JUTA DOLLAR UNITED STATED OF AMERICA ) ) memberikan kuasa sepenuhnya kepada sepupu kami yang bernana Prof.DR.Nanang Hariadi SE.MSc. ( Gus Har) untuk mengurus segala administrasinya sekaligus tersosialisasinya pencairan dana amanah tersebut diatas, dengan ketentuan
    1 SEGALA YANG BERHUBUNGAN DENGAN HUKUM DAN ADMINISTRASI NEGARA YANG BERADA DI DALAM NEGERI MAUPUN DI LUAR NEGERI DILAKUHKAN DAN DILAKSANAKAN OLEH SEPUPU KAMI PROF.DR.NANANG HARIADI SE.MSc. (GUS HAR)
    2 SEGALA YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENCAIRAN DANA DAN PEMBAGIAN DANA TERSEBUT AKAN DIPERCAYAKAN PADA PROF.DR.NANANG HARIADI SE.MSc.( GUS HAR)
    3 HAL-HAL YANG BELUM DIATUR DALAM SURAT KUASA INI AKAN DIADAKAN PERBAIKAN DAN PEMBENAHAN KEMBALI.
    Demikian surat kuasa saya keluarkan dan kami buat tampa ada paksaan dari siapapun juga , dan apabila dibelakang hari ada kekeliruan akan di tinjau kembali .

    BANGKALAN 15 JUNI 2011
    PEMBERI KUASA

    IKSAN PUTRA ALMARHUM MOH SAID
    PENERIMA KUASA

    PROF.DR.NANANG HARIADI SE.MSc. GUS HAR

    SAKSI SAKSI AHLI WARIS

    1)Drs.NARDI HAMID 2) MOAD 3) M.RIFAI 4) MUHAMMAD ARIS

    5)H. MUZAKI KHOLIL 6) H. MOH KUSNADI 7) H. SOLEH 8) HJ. MURAH

  • Sukarno dan harta « Mutiara Zuhud – Letakkan dunia pada tanganmu dan akhirat pada hatimu
    October 9, 2011 at 2:59 pm

    […] http://blog.imanbrotoseno.com/?p=164 Share this:FacebookLike this:SukaBe the first to like this […]

  • Yandi
    February 21, 2012 at 12:17 pm

    Aku ingin tuker pikiran aku di kasih teka teki dan tolong artikan…

    Berlambang segitiga di telapak tangan kanan
    Berlambang segi empat di telapak kaki
    Bersandi peci mahketu

    apa arti itu….???

  • Khairudin
    February 21, 2012 at 12:37 pm

    Dasar Negara rukun Bernegara merupakan Landasan Hukum yang dilaksanakan oleh Wakil Rakyat / Pemimpin untuk melaksanakan tugas bernegara.
    Mungkin kita belum menyadari bahwa dalam kehidupan berbangsa nenek moyang kita telah menyimpulkan Landasan Kehidupan Berbangsa yaitu “Demi Kasih Sayang” atau disebut juga “Syahadat Sayang” pada Zaman Kerajaan Pajajaran (Prabu Sliwangi; Ratu Kumbang) Prasasti dari Panghaur, Jasinga yang terdiri dari 6 Perkara a.l. : 1. Bismillah 2. Kesadaran 3.Kerukunan 4.Keselamatan 5.Kebahagiaan 6. Ketuhanan Y.M.E. silahkan dikaji insya Allah Indonesia Jaya …Amin Ya Robbal Alamin.

  • donny
    April 12, 2012 at 11:35 pm

    alhamdulillah saya sudah dapat nomor kode password rekening bung Karno di Bank Swiss, tapi saya akan berikan kepada pemimpin Bangsa yg bergelar Ratu Adil dan itu merupakan amanat dari bung Karno

  • yusuf
    May 10, 2012 at 6:41 pm

    saya tangan kanan penyelesai, sandi GPI Blokosuto. dana jawa barat sudah dibuka dan akan ditutup 18 Mei 2012, mohon segera hubungi saya di 085290276054.

  • Anton BahuHartono
    June 11, 2012 at 3:58 pm

    ASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH..
    SALAM SEJAHTERA ..

    “SEKALI BERLAYAR TETAP BERLAYAR JANGAN TAKUT TENGGELAM YAKIN ADANYA RASULULLAH SAW”

    SAHABAT ..
    – KUTITIPKAN BANGSA DAN NEGARA KEPADA MU…. (IR. SOEKARNO).
    – INDONESIA KAYARAYA…. KEKAYAAN DUNIA BERASAL DARI INDONESIA….
    – 37 COLLATERAL MATA UANG (ANGGUNAN / JAMINAN) UNTUK KE 37 MATA UANG DUNIA BERASAL (ADA) DI INDONESIA….

    01. SEMOGA MASIH ADA YG INGAT DENGAN PESAN INI:
    “AMANAH, AMANAT DAN KEWAJIBAN”..
    @ UANGKU BARANGKU…. BARANGKU UANGKU…. AKU TUNGGU.
    @ DIKERJAKAN DENGAN ORANG-ORANGKU…. ITUPUN DENGAN CARAKU…. BUKAN DENGAN CARA ORANG-ORANGKU.

    02). IR. SOEKARNO TAHUN 1960 DI PBB DAN TAHUN 1962 DI INDONESIA BERKATA:
    @NANTI DIDUNIA INI AKAN TERJADI KRISIS MONETER BESAR-BESARAN (KRISIS GLOBAL), YG BISA MENGATASINYA ADALAH HANYA “S I S T E M”..
    CARI PEMEGANG “S I S T E M” (PENANGGUNGJAWAB SISTEM) ..
    @DIKERJAKAN DENGAN TEKHNOLOGI MUTAKHIR (TEKHNOLOGI CANGGIH) ..

    SIAPAPUN ORANGNYA DAN DIMANAPUN KEBERADAANNYA, YG MASIH MERASA MEMILIKI RASA TANGGUNGJAWAB UNTUK KEPENTINGAN KESEJAHTERAAN RAKYAT, SEGERA MENGHUBUNGI “O R A N G T U A” (ORANGTUA KITA SEMUA)..
    DENGAN CATATAN BUKAN UNTUK KEPENTINGAN PRIBADI / GOLONGAN, TETAPI UNTUK KEPENTINGAN KESEJAHTERAAN RAKYAT / UMAT ..

    HAL CARA UNTUK MENGERJAKAN / MEMBUKA “S I S T E M” SEKALIGUS UNTUK MENGELUARKAN / PENCAIRAN “A S E T” TERSEBUT ADALAH TANGGUNGJAWAB RANGTUAKU LAHIR BATIN / NASIONAL INTERNASIONAL ..
    LEBIH CEPAT LEBIH BAGUS ..

    SEGERA MENGHUBUNGI HP. 087720944884 – 081210503728

    WASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH..
    SALAM SEJAHTERA ..

    TETAP SEMANGAT IBADAH ..

    “TUNGGUL AMETUNG SAPINANJUNGAN” >> “R.7” (K 7 / KARATON 7) ..

  • nadir arya
    September 16, 2012 at 7:02 pm

    hanya kesabaran yang bisa sukseskan perjuangan Eyang sukarno.’Alfatehah………. Aamiin.

  • agusirawan
    October 22, 2012 at 4:13 pm

    H.Ir. Soekarno pemimpinku sampai sekarang.

  • Djajot
    December 1, 2012 at 9:47 am

    BUNG KARNO,,
    [Sudah habis koment untuk ini]
    Terlalu luaas…

    JASMERAH !!!

  • Ardika Harnikurniawan
    February 18, 2013 at 8:57 am

    wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwoooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooowwwoooooooooooooooooooooowwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww

  • Saryono
    April 28, 2013 at 5:04 pm

    Salut deh, Indonesia tanpa beliau dan presiden siapapun yang pernah menjabat dinegeri ini terima kasih deh. Mari kita bangkit dari keterpurukan ini.

  • Bone
    July 2, 2013 at 8:29 am

    mari kita teruskan cita2 luhur bung Karno …? apa benar UB CN Kod… tahun 1953 bagian dari harta yang dimaksud dan klo benar untuk kesehjateraan seluruh rakyat Indonesia. Prosesnya Bagaimana …..?

  • kta dbs
    August 4, 2013 at 8:19 am

    Banyak hal yang membuat saya kagum dengan Presiden 1 RI Soekarno, keteladanan, nasionalis dan semangat membara untuk kepentingan bangsa yang hampir hilang saat ini

  • Jagad
    September 23, 2013 at 9:05 pm

    Pak Karno, sederhana sekali, hanya pakek kaos bersandal jepit dan berkopiah… Jangankan KKN, bawa barang aset negarapun tidak dilakukan.. Subhanallah.

  • orbaSHIT
    September 24, 2013 at 10:17 am

    he3x laen ama si HARTO yg mampus2xan buat image/pencitraan ampe ditempel di belakang bak2x truk (jumlahnya terbatas dan kesannye maksa banget dech trus ditilis gede2x) “…PIYE KABARE [‘CUK!’]…UENNAKKKK TENAN [KORUPSI] JAMANKU TOOOOOOO….” 😛

  • okeyprofitsrama
    February 7, 2014 at 7:39 pm

    Association Grant Fund Treasure Indonesia – AGFTI
    Click the link here Asset Indonesian Assets
    http://okeynotes.com/index.php/blogs/3527/536/gambar-asset

  • Cisalak
    March 26, 2014 at 9:33 am

    hebat..hebat ..memang bung karno…dia hebat tak bisa disangkal lagi….adanya KAA di bandung itu salah satu buktinya

  • Dboo
    April 22, 2014 at 9:52 pm

    To : Anton Bahu Hartono

    Kenapa no tlp yg anda buat tidak satupun yg masih aktiv ????
    Tolong beri alamat email anda atau no tlp anda yg terbaru ke email saya di :
    danby_ass@yahoo.com …. Tks

    Hormat saya,

    RDB-N

  • ethwin
    May 3, 2014 at 1:14 pm

    hahah,,, lucu”,,,

  • Melaine
    July 27, 2014 at 10:39 am

    Great blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere?

    A design like yours with a few simple tweeks would really make my blog jump out.
    Please let me know where you got your theme. Kudos

    My weblog; fitness and weight loss guide (Melaine)

1 2 3 4 5

Leave a Reply

*