25 January 2008

Cerita Indonesia

Posted by iman under: BLOGGERS; SEJARAH .

Ternyata banyak sekali reaksi yang datang atas tulisan tulisan saya mengenai Bung Karno. Ada saja email masuk yang mendukung maupun mempertanyakan motivasi tulisan saya. Tak ada yang salah, sebagaimana juga saya tidak merasa bersalah untuk begitu personal menuliskan ini. Saya hanya merangkum dari ceceran ceceran sejarah yang lupa diangkat. Terpinggir dan terbuang.
Namun yang paling mengesankan adalah, saya menerima email dari Nenny Hartono. Dia mungkin bukan siapa siapa dan saya juga tidak mengenal dia. Dia adalah puteri Letnan Jendral KKO ( Marinir ) Hartono yang sempat saya singgung dalam tulisan saya sebelumnya .

Jangan salah sangka, dia tidak marah marah. Dia justru berterima kasih saya telah menulis sosok ayahnya, sesuatu yang menjadi kebanggaan keluarganya. Menjadi loyalis Bung Karno. Tentu saja saya membalas dengan meminta maaf sekiranya tulisan saya membuat luka sejarah yang mungkin dia ingin lupakan. Terutama kontroversi mengenai kematian ayahnya. Sebenarnya saya ingin berbincang bincang , bertukar cerita. Namun sosok wanita ini memilih diam dan membiarkan angin mengubur masa lalu yang kelam. Dan saya menghargai pilihannya. Seperih apapun.
Saya hanya menduga mbak Nenny seorang pencinta alam, karena menanyakan apakah saya pernah mendaki Gunung Slamet.
Ya. Saya pernah mendaki gunung itu. Dahulu dan hutannya memang indah.
Buat Mbak Nenny dimanapun anda berada, saya percaya sejarah tidak akan bisa menjadi komoditi pesanan. Selalu saja ada orang orang yang berani untuk mewartakan kebenaran.

Penggalan cerita diatas, secara tidak langsung membuat saya tertarik untuk mendokumentasikan perjalanan sejarah Bangsa ini. Melalui photo photo apa saja, yang mungkin sebagian pernah kita lihat dimana saja. Buku Sejarah, otobiografi, koran, majalah atau internet. Saat ini memang belum banyak. Mudah mudahan kelak suatu saat bisa berguna dan menjadi catatan sejarah, terutama anak anak dan generasi penerus kita. Agar mereka bisa mengenal dan belajar sesuatu tentang negerinya.
Terus terang blog Cerita Indonesia saya buat karena saya gemas dan kesal dengan sang keponakan. Bagaimana dia tidak mengenal para pahlawan bangsanya. Generasi yang lebih mengenal budaya pop.
Suatu hari saya tunjukan gambar RA Kartini . Saya tanya ke dia.
“ Siapakah dia ? “
Tak lama berpikir, dan ia menjawab lantang.
“ Nyonya Meener ! “

60 Comments so far...

;) Says:

27 January 2008 at 1:38 pm.

OOT

ditunggu posting ttg meninggalnya Pak Harto…………..

max Says:

27 January 2008 at 5:36 pm.

Selalu saja ada orang orang yang berani untuk mewartakan kebenaran.

Sampeyan salah satunya Mas. Semoga usaha yang dirintis ini membuka cakrawala baru tentang berbangsa dan bernegara.

mei Says:

28 January 2008 at 9:03 am.

Suatu hari saya tunjukan gambar RA Kartini . Saya tanya ke dia.
“ Siapakah dia ? “
Tak lama berpikir, dan ia menjawab lantang.
“ Nyonya Meener ! “

*******
asli yang ini lucu banget…haha, ngekek langsung aku mas..haha

mitra w Says:

28 January 2008 at 7:16 pm.

ehm ehm, sekalian aja bikin film ttg “cerita indonesia”, bs dalam bentuk ftv :). Bagus tuh pak, ketimbang sinetron2 mabok yg melanda negeri ini 😛

wah, sapa tau ntar saya dapat peran (sbg pembantu, hahahaha… )

Rystiono Says:

28 January 2008 at 7:43 pm.

Suatu hari saya tunjukan gambar RA Kartini . Saya tanya ke dia.
“ Siapakah dia ? “
Tak lama berpikir, dan ia menjawab lantang.
“ Nyonya Meener ! “

Ternyata ada yang lebih parah dari ponakan sayah….hihihihi…

kombor Says:

28 January 2008 at 9:47 pm.

Keponakan Sampeyan itu tentu lebih mengenal Naruto daripada Pangeran Diponegoro. Sesuatu yang sebenarnya juga saya khawatirkan terhadap anak perempuan saya. Oleh karena itu, saya mendukung inisiatif Mas Iman. Mudah-mudahan bisa menjadi tempat bagi siapa pun untuk mendapatkan cerita yang benar tentang Indonesia.

nYam Says:

29 January 2008 at 1:14 pm.

ponakan Mas masih mending ketimbang Gajah Mada Plaza yang logonya gajah warna pink

stey Says:

29 January 2008 at 10:44 pm.

wakaka..nyonya meneer..tergoda buat nanya ke ponakan juga..hehe..

Abang Becak Says:

3 February 2008 at 1:34 pm.

Beneran mas, sejarah gombal yg berracunkan opium made by Nugroho Notosusanto mesti dicongkel sampai ke-akar2nya dan disentor di W.C., harus diganti . Kasihan anak2 jaman orba ditipu begitu.

koprilia Says:

16 February 2008 at 3:14 pm.

mas nyonya menneer nya ga pake lipstik seh…makanya tuh ponakan ga kenal klo namanya RA.Kartini.
heheheheh

Leave a Reply

*

Mencari Jawaban

Artis tend to be dark, worried and superstitious creatures. This is not bad. It makes me perfectionist, it makes me care. Moreover the ability to see the darker side of life is an asset not just directing dramatic and tragic movies, but also for directing comedy, since comedy often has pain inside it. Do you believe that life and film tragically too close together ? I do ...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Iman Brotoseno. Make your own badge here.


Categories

Archives

Hot Topics

Spice of Life


Why Blog ?

Why the BLOG will change the world ?The explosion of blogs throughout the world has been the biggest phenomenon since the rise of the Internet itself. Today, more people read blogs than newspapers. Blogs are just a tool, of course. It’s the bloggers behind the blogs that will make the difference. Here's Why

Blog lama saya masih dapat dilihat disini

( DISCLAIMER ) Photo dan Gambar Ilustrasi kadang diambil dari berbagai sumber di internet - GETTY IMAGES dan CORBIS selain photo teman dan milik saya sendiri. Kadang kala sulit untuk menemukan pemiliknya. Jika ada yang merasa keberatan bisa menghubungi untuk dicantumkan namanya.

Subscribe this blog

  Subscribe in a reader
Enter your email address:
  
Delivered by FeedBurner
September 2021
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930