24 March 2009

Chairman Pesta Blogger 2009

Posted by iman under: BLOGGERS .

Suatu sore di Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah beberapa tahun lalu. Sambil memandang teluk Tomini yang teduh, seorang teman bercerita tentang sebuah dunia yang tak pernah saya bayangkan sebelumnya. Blogging. Walau saya cukup mengetahui dan kadang membaca tulisan tulisan yang bertebaran di dunia maya ini, Hanya saja saya belum berpikir untuk memiliki sebuah blog personal, sampai rekan ini membukakan mata untuk memulai.
Menulis adalah kegiatan yang tak asing bagi saya. Saya menulis beberapa artikel perjalanan, menyelam atau seputar dunia photography dan film bagi majalah majalah. Jadi Why not ? Jadilah saya memiliki blog.

Ada kegembiraan yang meluap luap karena memang saya juga menyukai sejarah, seni, politik, humanisme, cerita cerita pojokan negeri ini, dan berbagai topik topik yang menarik, Ini yang tak diduga duga bahwa tulisan tanpa pretensi itu bisa menimbulkan sebuah diskusi, komentar dan yang lebih menyenangkan berkenalan dengan teman teman baru.

Sampai dalam Pesta Blogger 1, tiba tiba blog saya nyelonong masuk bersaing dalam lima besar blog untuk topik current issues. Diantara blog blog kondang dan lebih dahulu established seperti ndorokakung, enda nasution, totot dan wimar .
Ini sebuah apresiasi yang tak pernah saya bayangkan sebelumnya. Padahal saya adalah salah satu pengkritik pesta blogger 1 yang paling keras. Mulai dari tempat venue yang saya anggap terlalu elitis sampai penamaan istilah Pesta Blogger. Waktu itu saya sempat mengusulkan sebuah nama. Jamboree Blogger.
Walau akhirnya tidak begitu penting. Apa artinya sebuah nama. Bahkan saya mengakui Pesta Blogger telah menjadi sebuah brand.

Historie le repetie, dan saya mulai terlibat dalam kegiatan Pesta Blogger 2. Disini saya memahami bahwa memang tidak sesimpel itu menyelenggarakan sebuah perhelatan nasional. Disatu pihak karena ini sudah dianggap agenda nasional oleh Pemerintah, maka ada hal hal protokoler dan terkesan birokrat, sementara di pihak lain ada yang menginginkan lebih cair dan isi konten acara ini sendiri.
Belum lagi masalah pendanaan โ€“ yang paling penting โ€“ dan memobilisasi para blogger Indonesia untuk berpartisipasi.

Kini saya mendapat kepercayaan menjadi Chairman Pesta Blogger 2009. Sahabat saya, Wicaksono sudah menulis postingan ini . Sebuah tradisi yang akan dipertahankan bahwa manusia kursi Pesta Blogger sebelumnya akan mengumumkan kandidat untuk Pesta Blogger selanjutnya.

Demokrasi memang tak selalu bulat. Mungkin ada saja yang menolak penunjukan saya. Ada juga yang menganggap saya sebagai pemimpin pecundang atau tidak layak.
Namun saya bersyukur bahwa jauh lebih banyak yang mendukung dan berjanji membantu Pesta Blogger 2009, karena memang saya tidak bisa sendirian memanggul beban itu.

Sebelumnya memang sudah terdengar suara suara ini, ada saja angket โ€˜ tidak resmi โ€˜ di plurk , twitter, atau milis kopdar Jakarta misalnya. Jika banyak teman teman yang mempercayakan amanah ini, tentu saya tidak bisa menolaknya. Sebuah jawaban klise sepertinya. Tapi ada sebuah jawaban jujur dari saya, bahwa perhelatan blogger ini seharusnya lebih baik dari penyelenggaraan Pesta Blogger sebelumnya. Dan saya akan bekerja keras untuk mewujudkan itu.

Perjalanan dunia blogsphere Indonesia terakhir memang mengagumkan dan membuat kita sadar banyak sekali yang bisa kita gali disini. Pertukaran informasi, media ekspresi sampai curhat remah remah.
Ada yang membuat kita sadar bahwa blog tidak sekedar apa yang saya sebut diatas. Blog selain tidak terasing menjadi menara gading bagi masyarakatnya. Ia juga mengajarkan sesuatu kepada komunitasnya. Apapun itu.
Tahun ini kita akan mengalami pesta demokrasi untuk memilih anggota legislatif dan pemimpin nasional. Blog juga bisa menjadi momen solidaritas untuk rekonsiliasi setelah sepanjang tahun dipenuhi dengan hiruk pikuk perpecahan sekaligus mengajarkan keikhlasan dalam demokrasi.

Selanjutnya ever onward never retreat. Saya sudah menerima tanggung jawab ini. Saya akan menuliskan tanggapan serta rencana kedepan bagi penyelenggaraan pesta blogger. Segala masukan , pemikiran, usulan bisa disampaikan untuk melengkapi perwujudan Pesta Blogger 2009. Tentu saja dengan dukungan teman teman blogger, karena mereka sesungguhnya stake holder dari dunia blogsphere Indonesia.

79 Comments so far...

Adhini Amaliafitri Says:

26 March 2009 at 1:25 pm.

selamat mas iman ๐Ÿ™‚
semoga bisa menjalankan amanah dengan penuh semangat!
jelas dirimu sangat layak menjadi Chairman Pesta Blogger 2009.
sukses yahh mas!

meong Says:

27 March 2009 at 3:15 am.

need personal assistant / secretary? ๐Ÿ˜‰

serius lho :mrgreen:

sofwan.kalipaksi Says:

27 March 2009 at 3:57 pm.

Mas, jika mungkin, usul buat kumpulan artikel blog terpilih, terus dijadikan buku.
seperti yang sdh dilakukan anak-anak blogger multiply.com

Ismawan Says:

27 March 2009 at 8:23 pm.

Salam kenal Mas Iman, sekaligus selamat atas amanah yg dipercayakan… ๐Ÿ™‚

sinar903621 Says:

28 March 2009 at 7:17 am.

Aku mendapatkan banyak manfaat dari membaca blog Mas Brotoseno (dengan introduksi link-linknya juga) dengan deskripsi pikiran yang indah tentang ‘INDONESIA’ ,segalanya.Dan selamat atas terpilihnya Mas Brotoseno sebagai Chairman Pesta Blogger 2009.Dalam tulisan…’Demokrasi memang tak selalu bulat. Mungkin ada saja yang menolak penunjukan saya. Ada juga yang menganggap saya sebagai pemimpin pecundang atau tidak layak.
Namun saya bersyukur bahwa jauh lebih banyak yang mendukung dan berjanji membantu Pesta Blogger 2009, karena memang saya tidak bisa sendirian memanggul beban itu’…sebaiknya tak perlu menuliskan kata-kata …’Ada juga yang menganggap saya sebagai pemimpin pecundang atau tidak layak.’..karena ini hanya akan memberikan bekas/kesan negatif bagi yang lain dan tentu belum tentu demikian.Maaf aku hanyalah seorang fan-mu ,yang aku sendiri bangga berstatus blogger pemalas dan karbitan…..

modus kejahatan Says:

28 March 2009 at 9:32 am.

salam kenal,cuma mau bilang CONGRATULATION PAK
Semoga PB09 bisa lebih sukse lg. ikut ikut ikut

ea Says:

28 March 2009 at 9:36 am.

wuih.. selamat mas, selamat ulang tahun juga. di tunggu postingan ulangtahunnya
jadi bakal ada blog khusus buat PB09 ga niy???

rangga Says:

28 March 2009 at 10:41 am.

selamat mas semoga sukses

dafhy Says:

28 March 2009 at 2:02 pm.

selamat ya mas semoga PB 09 sukses dan lebih maju dari PB 08 Amin

Epat Says:

28 March 2009 at 3:26 pm.

All HaiL Mr Chairman!

fosmadepok Says:

28 March 2009 at 6:03 pm.

selamat menjalankan tuga mam Iman. Semoga sukses

Wongbagoes Says:

28 March 2009 at 7:28 pm.

Selamat mas Iman…

Semoga sukses PB 2009

dHarto..!! Says:

28 March 2009 at 8:04 pm.

selamat ya mas imam..

semoga PB’09 sukses, dan Insya Allah aku ikut lagi..

di Jogja ya.. ๐Ÿ˜€

Dony Alfan Says:

29 March 2009 at 6:13 am.

Semoga roadshow PB bisa terealisasi di PB 2009
Oya, akankah di Jakarta lagi?

parta Says:

30 March 2009 at 10:59 am.

selamat mas iman, semoga di pesta blogger 2009 nanti lebih mantaaab dan meriah dari sebelumnya dan yang terpenting sekali semakin berisi acaranya nanti

NB: kalo bisa tetap di jakarta ya mas.. ๐Ÿ™‚

kyai slamet Says:

30 March 2009 at 12:47 pm.

pas pb09 kelak, siapa ya presiden kita?

Billy Koesoemadinata Says:

30 March 2009 at 2:43 pm.

mas iman,, tema dari pestablogger 2009, koq sepertinya bagus tuh kalo nyomot dari @kyaislamet..

berkaitan dengan presiden dan harapan baru.. gituh.. tapi jauh2 dari politik yaa.. ๐Ÿ˜‰

bangsari Says:

30 March 2009 at 4:18 pm.

selamat menjadi pembesar para seleb mas… ๐Ÿ˜›

taufik asmara Says:

30 March 2009 at 6:23 pm.

Selamat ya Mas… Salam dari blogger Pekanbaru (BERTUAH). InsyaAllah kami akan berpartisipasi.

agaz Says:

31 March 2009 at 2:19 am.

mudah2an mas iman bisa mengemban misi yang lumayan ribet ini.. mas boleh usul ga? undang musisi luar buat ngisi acaranya.. klu bs Metallica.. (ky yg tau aja lagunya…)…

taufikasmara Says:

1 April 2009 at 4:30 pm.

Mas Iman ulang tahun to? Wahhh selamat ultah ya… Oya, imel kemarin aku posting di bloggerbertuah. Sekedar sosialisasi dengan teman-teman di Pekanbaru. Mampir ya Mas.. Makasih

Embun Says:

4 April 2009 at 2:57 am.

Keberhasilan sebuah PB2009 tak pernah jatuh dari langit. Keberhasilan dan kemegahan PB2009 adalah selalu merupakan kristalisasi keringat dari semua blogger dan tentu saja chairmannya.

Selamat capek, mas!! AKu ikut bae…

angki Says:

9 April 2009 at 9:46 pm.

Aku telat tahuu…
Aku punya ide untuk acara ini. Besok kita rapatkan bung Iman.
*halah*

lilliperry Says:

20 April 2009 at 5:06 pm.

selamat mas..

moga tahun ini lebih sip…

salam dari newbie… hehe

Dian Purnama Putra Says:

14 July 2009 at 3:04 pm.

Selamat mas. Banyak salam nih dari ikan-ikan kecil blogger baru. Semoga sukses mas di PB2009

anaksemeru Says:

19 July 2009 at 12:37 pm.

selamat ya kpd mz iman…
sy mgkin adlh slah 1 org idealis yang mmpunyai pemikirn sm dg mz iman. g sk dg hal2 yg birokrasi ribet, g sk menggantugkn kpd org lain dan sk pd yg lvel biasa2 aja. sy nydar PESTA BLOGGER vs JAMBOREE BLOGGER adalh sbuh nm yg klasik, nmun diliat dr sisi mkn kata sgguh berbeda…nmun bgitulah kenyataan…PESTA BLOGGER mang lebih mendominasi meski konotasinya elite, namun pd cttn mz kembali lg ke “apalah arti sbuah nama…” dg sndirinya mz iman menerima istilah PESTA BLOGGER yang gaungnya lbih dl dan skrg jd chairman PB09 (salut mz…) menepiskan ideailis u/ kepentingan umum (para blogger)…
smoga sy dpt brtemu para blogger yg punya 1 mimpi u/ indonesia..trutama mz iman…
tp catatan pribadi sy: adkh relawan yg sudi menampung blogger musafir ini klo kJKT? (hehehe..nggarep. hiks!)
sukses u/ mz iman…sukses u/ PB09!

soulharmony Says:

2 August 2009 at 12:41 pm.

selamat boz….salam dari KalSel

dudukBERSILA » Blog Archive » Road to PB2009: Tiny Research (2) Says:

27 September 2009 at 3:28 am.

[…] Chairman Pesta Blogger 2009 ditulis pada 24 Maret 2009. Seperti yang sudah diketahui khalayak blogsphere, pada tahun 2009 ini Mas Iman-lah yang menduduki jabatan manusia kursi (baca: chairman). Setelah Pesta Blogger pertama jabatan itu dipegang oleh Bang Enda Nasution, lalu berikutnya oleh Ndoro Kakung, pada tahun ini Mas Iman-lah yang mendapat giliran. Bukan kejutan sebenarnya, karena toh tidak sedikit teman-teman blogger yang mengusulkan Mas Iman untuk menjadi manusia kursi itu. Lalu tanggapan Mas Iman..? Ini yang menarik. Mungkin tidak sedikit kritik yang dilontarkan oleh Mas Iman terhadap event Pesta Blogger sebelum-sebelumnya. Banyak hal yang harus diperbaiki, begitu katanya. Dan sekarang, Mas Iman sadar betul kalau dirinyalah yang mendapat kehormatan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang pernah dikritiknya dulu itu. […]

yans'dalamjeda' Says:

25 October 2009 at 5:25 pm.

Sukses! Pesta Blogger 2009 pun telah usai digelar. Semoga event seperti ini mampu meningkatkan segenap daya kreatif yang dimiliki para blogger di Indonesia.

Leave a Reply

*

Mencari Jawaban

Artis tend to be dark, worried and superstitious creatures. This is not bad. It makes me perfectionist, it makes me care. Moreover the ability to see the darker side of life is an asset not just directing dramatic and tragic movies, but also for directing comedy, since comedy often has pain inside it. Do you believe that life and film tragically too close together ? I do ...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Iman Brotoseno. Make your own badge here.


Categories

Archives

Hot Topics

Spice of Life


Why Blog ?

Why the BLOG will change the world ?The explosion of blogs throughout the world has been the biggest phenomenon since the rise of the Internet itself. Today, more people read blogs than newspapers. Blogs are just a tool, of course. Itโ€™s the bloggers behind the blogs that will make the difference. Here's Why

Blog lama saya masih dapat dilihat disini

( DISCLAIMER ) Photo dan Gambar Ilustrasi kadang diambil dari berbagai sumber di internet - GETTY IMAGES dan CORBIS selain photo teman dan milik saya sendiri. Kadang kala sulit untuk menemukan pemiliknya. Jika ada yang merasa keberatan bisa menghubungi untuk dicantumkan namanya.

Subscribe this blog

  Subscribe in a reader
Enter your email address:
  
Delivered by FeedBurner
May 2021
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31