27 October 2011

Potret Blogger Indonesia

Posted by iman under: BLOGGERS; REMAH REMAH .

Beberapa waktu lalu saya berbincang dengan seorang teman saya, seorang blogger baru nan jatmika pembawaannya.
Dia bilang ke saya. “ Mas saya ingin ngeblog dan tak berpretensi apa apa, kecuali tulisan saya bisa dibaca dan syukur syukur memberi pencerahan “

“ Setelah itu saya ingin ke level berikut, yakni bisa berkenalan dan sekaligus kopi darat, alias bertemu blogger lain secara offline “. Demikian ia melanjutkan.
Saya mengamini. Bukan salah juga, atau menuduh dia blogger labil. Karena memang blogger – baca orang Indonesia, memang sukanya berkumpul.

Ini mungkin fenomena satu satunya di dunia. Komunitas blogger dibentuk berdasarkan kepentingan wilayah, etnis, profesi, agama atau interest.
Tapi karena memang dasarnya orang Indonesia juga. Budaya nyinyir, ngrasani, bergossip juga dibawa bawa sampai ke dalam komunitas itu. Tak salah, Mohtar Lubis dalam bukunya ‘ Manusia Indonesia – sebuah pertanggungjawaban ‘, menulis salah satu ciri orang Indonesia memang suka bergunjing.

Apakah ini salah ? Tidak juga menurut saya. Bergunjing kadang mengasyikan sepanjang untuk fun dan kita tidak kehilangan penilaian yang obyektif. Problemnya bergunjing bisa berujung pada pertentangan tidak penting.
Awal dari sebuah gunjingan, ada yang mengganggap kelompok blogger anu sebagai antek negeri asing, ada juga melihat kelompok blogger anu sebagai blogger borjuis hura hura, ada juga yang menertawakan kelompok blogger yang gemar mengatakan sebagai blogger independen. Ada kelompok yang dianggap tidak wongke, ‘ tidak memanusiakan bloger lainnya, Macam macam.

“ Wah blogger kok jadi ribet ya. Padahal saya cuma mau ikut acara acara blog yang katanya seru seru itu? “ Dia setengah bertanya.

Repotnya ketika hal hal ini jadi masalah personal. Ketika para kelompok blogger menyuarakan bahwa merekalah yang menjadi suara blogger Indonesia.. Lalu masing masing berkampanye kepada khalayak blog, bahwa kelompok mereka sebagai pewaris wahyu cakraningrat blogsphere Indonesia. Ada yang mottonya tidak mengkotak kotakan – tapi memilih siapa yg akan diundang, Ada yang jargonnya satu bangsa – tapi mengabaikan aspirasi blogger. Pokoknya macam macam. Seperti biasa sangat patriotik dan menggugah.

Maka saya bilang ke teman saya, “ Ya kamu tidak usah mikir siapa dibalik sebuah hajatan blogger. Tidak penting siapa penyelenggaranya, tidak penting siapa sponsornya. Hadir saja, sepanjang hajatan itu memberikan manfaat kepada orang banyak. “

Mempertentangkan sebuah hajatan dengan hajatan lain, atau komunitas satu dengan komunitas lain sungguh tidak elok. Akhirnya kita selalu curiga dan yang paling parah sampai menganggap musuh.
Ada komunitas menolak undangan sebuah hajatan, hanya karena urusan personal para tetua. Bukan demi kemashalatan jamaah blogeriyah. Padahal banyak anggota komunitasnya yang diam diam datang di hajatan itu

Selain itu karena blogger sudah dianggap sebagai media alternative, maka banyak pula pihak luar atau korporasi yang ‘menggarap ‘ . Sehingga timbul pertanyaan, seberapa independen blogger bisa bersikap.
Lucunya pula, teman saya itu berulang kali meyakinkan saya kalau dia ingin menjadi blogger Independen.

Padahal saya sering ngunandika sendiri. Mana ada blogger yang independen sepanjang dia sudah mau menerima uang. Misalnya dari yang paling simpel ketika melakukan posting berbayar. Apalagi kalau sudah buat kegiatan dalam skala besar, pasti ada sponsornya. Memangnya blogger punya uang ? Korporasi besar atau korporasi kecil. Namanya tetap perusahaan.

“ Lha Mas sendiri gimana “ teman saya mendesak .
Saya jawab . “ Ya tidak independen. Wong berapa kali saya melakukan postingan berbayar. Lalu kalau misalnya kedutaan besar Usbekistan mau menyumbang kegiatan blogger, ya saya terima. Tidak mikir aneh aneh ada udang di balik batu. Terus saya juga sering diajak acaranya provider A. Bahkan saya ikut sampai posting. Beberapa hari lalu saya juga diminta bicara untuk sebuah programnya provider B, Yuk mareee.

Ini bukan sekadar omong kosong. Belum lagi kalau diundang seminar. Ya saya pasti tidak menolak disanguni amplop honor. Mak klakep dengan malu malu kucing saya tanda tangani kwitansi honor. Masak seperti begini saya mengaku blogger Independen yang idealis ?

Bahkan sekarang saya banyak runtang runtung dengan birokrat untuk urusan komunitas Blogger di wilayah regional. Alih alih dikeploki, saya malah disindir. Wah jadi perpanjangan tangan Pemerintah. Ciloko tenan.

Tapi begitulah blogger Indonesia. Selalu penuh dengan rasa curiga, pura pura baik tetapi dibelakang menusuk. Pura pura bersahabat tetapi di pojokan menjelek jelekan. Orang dilihat afliasinya, bukan kemampuannya, Persis seperti ibu ibu arisan di komplek. Saling berkelompok dan kalau perlu saling mempergunjingkan suami suami tetangga.

Jadi memang melihat blogger Indonesia kompak, saling bersahabat, dan tulus memang hil yang mustahal, seperti kata almarhum Asmuni. Masih utopia.
Akhirnya saya bilang kepada teman saya yang jatmika itu. Tetap ngeblog saja. Tapi tidak usah ikut ikut komunitas. Tidak usah mimpi offline kopdaran.
“ Nanti kamu dicekoki sama tetua tetua komunitasmu yang sudah jadi polisi internet “.
Kalau sudah begini, teman saya hanya bisa ndelongop.

62 Comments so far...

Universitas Terbaik Says:

10 November 2011 at 3:47 am.

buat saya ngeblog itu sekalian baca2 dan berkenalan antar sesama blogger itu aja..

Info Lomba Blog Kontes berhadiah IPAD 2 disini

Beni Says:

17 November 2011 at 7:15 am.

banyak hal positif yang dapat kita ambil dari ngeblog… 😀

sibair Says:

19 November 2011 at 8:23 pm.

hihihi ngatut senior ya mas. Banyak juga yang seperti itu.. Saya sih pengennya kenalan punya banyak temen saja. Dunia blogger kok malah kliatan ribet banget toh..

choo Says:

19 November 2011 at 9:40 pm.

thank for best share sir

Rusa Says:

7 December 2011 at 7:26 am.

Wahhh baru jalan2 di sini, telat ya aku bacanya.
Ribet ya mikirin blogger, aku sih bagian yg ngeramein aja deh kalo ada kumpul2 blogger 😀

honeylizious Says:

7 December 2011 at 12:11 pm.

hil yang mustahal, hal yang mustahil, keren diksinya :))

cut Ratu Says:

21 January 2012 at 7:19 pm.

Wah.. Saya padahal blogger yg selalu iri kalo baca ada pertemuan para blogger. Pengen banget ikut kopi darat krn pgn kenal dan tukeran ilmu sama sesama blogger *banyak yg mau ditanya 🙂 Baca postingan ini baru ngeh rupanya gak sesimpel itu ya? Hehe… Btw salam kenal ya mas Iman

meltama Says:

25 January 2012 at 1:17 am.

Kunjungi MELTAMASHOP.
Belanja Online muRah,berkualitas dan terpercaya.Dapatkan discount dengan harga murah..hanya di http://meltamashop.com/
barang dapat di kirim ke lokasi anda.

Layar kertas Says:

17 February 2012 at 1:33 pm.

hehehe.. indonesia banget!!!

edy pekalongan Says:

15 March 2012 at 7:53 pm.

tulisanmu tentang blogger ini bagus mas. inspiratif. bagiku nulis di blog itu sarana ekpresi jiwa tanpa di batasi etika jurnalistik dan tata bahasa yang baku. mari terus menyebarkan budaya membaca & menulis di republik ini. terima kasih.

nengratna Says:

23 March 2012 at 9:54 am.

Hihihihihihi…….. 🙂

Sdh lm ndak blowalking k sini. Oom iman ttp keren tulisannya.. 🙂 sama, ngeblog iti krn suka aja kali ya 🙂

arif Says:

22 October 2013 at 6:14 pm.

Kata kata penuh makna…terima kasih mas wejangannya…

Leave a Reply

*

Mencari Jawaban

Artis tend to be dark, worried and superstitious creatures. This is not bad. It makes me perfectionist, it makes me care. Moreover the ability to see the darker side of life is an asset not just directing dramatic and tragic movies, but also for directing comedy, since comedy often has pain inside it. Do you believe that life and film tragically too close together ? I do ...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Iman Brotoseno. Make your own badge here.


Categories

Archives

Hot Topics

Spice of Life


Why Blog ?

Why the BLOG will change the world ?The explosion of blogs throughout the world has been the biggest phenomenon since the rise of the Internet itself. Today, more people read blogs than newspapers. Blogs are just a tool, of course. It’s the bloggers behind the blogs that will make the difference. Here's Why

Blog lama saya masih dapat dilihat disini

( DISCLAIMER ) Photo dan Gambar Ilustrasi kadang diambil dari berbagai sumber di internet - GETTY IMAGES dan CORBIS selain photo teman dan milik saya sendiri. Kadang kala sulit untuk menemukan pemiliknya. Jika ada yang merasa keberatan bisa menghubungi untuk dicantumkan namanya.

Subscribe this blog

  Subscribe in a reader
Enter your email address:
  
Delivered by FeedBurner
October 2018
M T W T F S S
« Sep    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031