12 February 2008

Senja di Ratu Boko

Posted by iman under: CINTA DAN PERKAWINAN; REFLEKSI .

gerbang-ratu-boko.jpgSyahdan Rara Jonggrang, seorang putri Raja Boko mengajukan syarat kepada Bandung Bondowoso yang hendak meminangnya.
Berikan aku seribu candi dalam semalam, maka kuberikan cintaku padamu “.
Tentu saja Rara Jonggrang tak akan menduga kalau dengan kesaktian dan dibantu prewangan jin jin, Bandung Bondowoso dengan mudah menciptakan candi candi itu. Cemas karena mendekati candi ke seribu, Rara Jonggrang mengatur siasat dengan membuat kegaduhan dan membangunkan hewan hewan piaraan. Kokok ayam membuat Bandung Bondowoso mengira hari telah pagi dan gagal memenuhi tugasnya.
Kelak setelah mengetahui bahwa ia diperdaya oleh sang putri. Bandung Bondowoso melepaskan kemarahannya dengan mengutuk Rara Jonggrang menjadi patung Btari Durga yang kini berdiri tegak di pintu masuk Candi Sewu .

Jangan menganggap remeh dan bermain main dengan cinta. Penyanyi Broery Pesolima melantunkan dalam lagunya yang terkenal – Hati yang Terluka –
………kau membuat cintaku jadi benci .
Sim salabim. Rara Jonggrang menjadi batu.
Cinta yang sepertinya indah sebenarnya berpotensi menjadi letusan magma, sekaligus dendam. Makanya jaman bujangan dahulu ketika hendak syuting di daerah Kalimantan, selalu saja ada wanti wanti. Jangan main main dengan gadis sana kalau tidak serius, nanti kamu tidak bakal pulang ke tanah Jawa.
Urusan cinta kelihatannya sepele, namun jika sudah terperangkap. Makan jadi tidak enak, tidur tidak nyenyak dan hidup seperti disoriented. Tidak heran – ada pepatah – cinta ditolak dukun bertindak.

Ini menjadi tidak masuk akal. Apakah kita harus menyakiti orang yang ( dulu ) kita cintai. Bukankah cinta seharusnya menjadi bagian, apa yang dinamakan keikhlasan. Saya bisa terpukau dengan kata kata ini, “ kebahagianku jika melihat engkau bahagia “ .
Sepertinya klise. Jangan salah ini tidak mudah. Butuh kesadaran tingkat tinggi untuk menjadi sabar dan ikhlas. Butuh pemahaman tingkat sufi untuk menjadi bahagia dengan melihat apapun pilihan orang yang kita cintai. Jadi Syaiful Jamil mestinya juga tidak perlu berkoar koar tentang gaya pakaian Dewi Persik atau masalah moral, begitu keduanya berpisah.

Sore itu, disini di reruntuhan keraton Ratu Boko yang syahdu. Untuk beberapa saat Zam , Anto , Eko dan saya terdiam memandang horizon. Duduk termenung diatas hamparan rumput bukit yang sunyi. Sekejab saya melihat potret potret kilas balik sebuah kehidupan. Bahwa hidup harus terus berjalan apapun konsekuensinya. Cinta memang bisa datang kapan saja dan pergi begitu saja. Ia bisa memberi hidup. Namun kita mesti tahu bahwa hidup tidak harus dibelenggu dengan apa yang namanya cinta. Seandainya saya hidup di jaman candi candi ini. Maka saya coba tawarkan tulisan puisi ini untuk Bandung Bondowoso dan Rara Jonggrang.

Pergi saja bawa dendammu,
jangan ambil mimpi jiwaku
Biarkan rinduku tunjukan arah,
jalan terjal yang kau daki

Bila kau temukan hari indahmu,
bawa serta sedikit cintaku
Dalam bungkus selimut raguku,
untukmu yang setia menunggu

Gemuruh badai semakin kencang. Flash back masa lalu silih berganti dengan cahaya kilat dibalik awan. Udara semakin dingin dan hujan mulai turun dipenghujung senja.

Kami semua saling berpandang sebelum memutuskan untuk bergegas turun ke bawah bukit.
Saya menoleh untuk terakhir kalinya ke belakang karena hari semakin gelap.
Wahai gadis bercahaya bulan. Masih ingatkah saat dulu kau curi hatiku.
Dan sisa cinta dikelopakku.

Selamat hari kasih sayang bagi yang mempercayainya !

83 Comments so far...

fatah Says:

12 February 2008 at 7:45 pm.

duhhh kapan ya bisa kesana ??

pacul Says:

12 February 2008 at 7:49 pm.

weh…..potonya bagus2 mas…….

Goenawan Lee Says:

12 February 2008 at 7:50 pm.

Wah, kalo hujannya kala itu ibarat apa mas? :D

*menyambut palentin inih*

siska Says:

12 February 2008 at 7:54 pm.

hmm, kebanyakan sih orang-orang yang mencinta cenderung untuk mengikat pasangannya. hasrat ingin memiliki itu besar. dan begitu dikhianati malah murka, hehehehe. untuk jadi ikhlas itu, sulit….

kw Says:

12 February 2008 at 7:59 pm.

oh hari ini ya valentine day :) …. selamat berbagi kasih…..

Herman Saksono Says:

12 February 2008 at 7:59 pm.

Saya rasa hasrat dan cinta itu kekuatan gaib yang bisa membuat sangat sayang dan sangat benci.

leksa Says:

12 February 2008 at 8:23 pm.

sebuah jeng jeng yang menjadi renungan valentin yang dalam :(
Ruginya saya tidak turut serta hari itu… :(

*mendadak teringat seseorang di sana yang telah meretas bahagia…

Mbah Sangkil Says:

12 February 2008 at 8:24 pm.

walah masih tgl 12.. cepet amat mas imam huehueuhuehuheuheuhue

* jgn mencoba merasakan cinta kalo belum siap merasakan sakit*

didut Says:

12 February 2008 at 8:24 pm.

memang beda kala sang pujangga kata-kata yg menulis syahdu di rumah dunia mayanya
berusaha komen puitis

yus aja Says:

12 February 2008 at 8:57 pm.

Saya ini masih punya tanda-tanya besar soal dongeng bandung bondowoso-lara jonggrang,mas.
lah kok bisa ada satria sakti mandra(pelawak)guna bernama bandung bondowoso? padahal bandung itu di jawa barat, bukan di bondowoso. Dan kenapa pula candinya harus di magelang? kok bukan di bondowosa jawa timur atau di desa saya di lumajang sana?

yus aja Says:

12 February 2008 at 9:00 pm.

atau di madura sekalian? kenapa mas? kenapa?

fahmi! Says:

12 February 2008 at 9:31 pm.

hahaaa… mas iman ngobrol soal cincha juga toh? dihasut supaya ngeblog pisan lah cincha itu :D

btw foto yg ada zam-nya itu asik. pake lensa apa? bagian kanan dicrop yah?

Anang Says:

12 February 2008 at 9:35 pm.

cinta yg tak berawal dan tak berakhir adalah cintaNya pada kita semua, itulah cinta sejati yg harus kita balas dg selalu mencintaiNya setiap hela nafas kita…

Ina Says:

12 February 2008 at 10:11 pm.

Duh…yg abis jalan2….refresing…!
Fotonya keren Mas. :D

kenny Says:

12 February 2008 at 10:32 pm.

foto yg 2 orang duduk itu cakep banget, gunungnya yg kliatan cakep kamsudnya :D

BARRY Says:

12 February 2008 at 10:43 pm.

Cinta adalah emosi yang dapat membangun atau menghancurkan. Diberikan sehingga kita mempunyai keinginan untuk melihat hari esok. Banyak orang yang berprasangka jika cinta dapat dibeli, namun mereka lupa kalau harganya hanya dapat diketahui saat cinta telah pergi.

Cinta- use it wisely!

mr.bambang Says:

12 February 2008 at 11:34 pm.

Selamat hari kasih sayang. karena memang sebaiknya tiap hari kita selalu memberikan kasih sayang. Seperti kemarin, hari ini,esok, minggu depan, bulan depan, tahun depan dan seterusnya tiap hari.

nico Says:

13 February 2008 at 2:19 am.

Hahaha.. sy bru sadar pas nelpon kmren itu ganggu para ndoyoker merenung. Abis dari jauh ga keliatan tampang2nya blogger sih.

wieda Says:

13 February 2008 at 2:53 am.

itu mbikin pics nya gimana seh??? hihihi…pengen tau oiiii
klo aku percaya hari kasih sayang tuh tiap hari…bukankah kita selalu memberi kasih dan menerima kasih???

hepi palentin yah…..

Fiz Says:

13 February 2008 at 5:06 am.

Dari sekian banyak poto yang bagus-bagus, sy cuma minat sama SLR-nya…….! (lha, opo2an iki???)

yoki Says:

13 February 2008 at 5:18 am.

bagus….

stey Says:

13 February 2008 at 8:14 am.

masih terpesona dengan Jogja..

ntik Says:

13 February 2008 at 8:20 am.

fotonya bagus, jadi pingin ke candi boko lagi…

iway Says:

13 February 2008 at 8:32 am.

mungkin ga sih itu makna perlambang, rara jonggrang dikutuk menjadi patung bisa jadi berarti setelah peristiwa itu rara jonggrang tidak diakui lagi eksistensinya karena dengan semena-mena telah menelan ludahnya sendiri dan menganggap hampa kesungguhan dan ketulusan cinta bandung bondowoso **halah**

Goop Says:

13 February 2008 at 9:31 am.

selain jonggrang, ada pula calon arang…
entah jejak macam apa yang ditinggalkan…
barangkali selain tembakau, dan klobot masih ada lagi…
sebuah perjalanan cinta yang lain…
ciamik bozz

alle Says:

13 February 2008 at 9:46 am.

wahh,.. saya ndak jadi ngikut ke sana kemarin :(

annots Says:

13 February 2008 at 10:21 am.

wah keren mas iman, untung hari valentin cuma pake coklat lha kalo ceweknya minta candi makin banyak cewek yang bakal dijadiken candi keseribu dan jadi patung :D

funkshit Says:

13 February 2008 at 10:33 am.

eh, ndoyok kemarin bisa nyambung ke cinta2an n palentin ya

detnot Says:

13 February 2008 at 10:47 am.

yuhuuuuuuuu skrinsyurnya mantebb2 bos

jeng endang Says:

13 February 2008 at 10:53 am.

fotonya cakep2 mas………

hari kasih sayang? aaah……malah norak kalo menurut saya. tapi cinta dan kasih sayang, maha dahsyat kekuatannya, bahkan tak perlu dibuatkan harinya sebenarnya…

olangbiaca Says:

13 February 2008 at 11:10 am.

Asl…waw…memukau alamnya disana, Subhanallah…………pengen juga deh kesana….., oiya salam kenal mas Imam dari sy.

de Says:

13 February 2008 at 11:38 am.

potonya cakeeep (sok tau)

Hedi Says:

13 February 2008 at 12:47 pm.

scenery di sana emang keren….

mantan kyai Says:

13 February 2008 at 1:08 pm.

hari kasih sayang … kasih aja sayang apa yang kamu punya :D

gempur Says:

13 February 2008 at 1:33 pm.

mas iman selalu membuat sesuatu yang biasa menjadi luar biasa.. tak terpikir logika ketika menatap senja lahirlah cinta, juga tak tercerna legenda berbalas puisi cinta, membawa selaksa angan cerahnya kisah.. engkau memang luar biasa mas!

zam Says:

13 February 2008 at 1:37 pm.

saya PROTES, mas!!

kok sama Anto? bertema cinta pulak??

ntar dikira saya ada apa-apa sama Anto.. saya ndak mau Sarah cemburu..

jadi, kapan kita buka agency foto pre-wedding di candi? :D

@ Fahmi: memang foto yg ada akunya emang keren..
*ditimpuk batu candi*

zam Says:

13 February 2008 at 1:53 pm.

@ Yus aja:

loh, bisa jadi nama daerah tersebut yg mengambil nama si Bandung Bondowoso.. :D Di daerah semarang ada daerah bernama Bandungan, hayo??

lagian, candi-candi di jawa tengah beda dengan candi-candi di jawa timur. ini dikarenakan perbedaan masa pembangunannya.

lagian, cerita Roro Jonggrang itu kan cuma cerita rakyat, legenda, yg ndak bisa dibuktikan dengan bukti ontentik. patung Roro Jonggrang itu, dibilang menjadi patung terakhir di candi Prambanan. Padahal, menurut cerita seharusnya di sekitar prambanan terdapat banyak candi (1000 kalo ndak salah). sedangkan candi sewu yg memang terletak ndak jauh dari prambanan itu berbeda “aliran” sama prambanan. Prambanan candi Hindu, candi sewu adalah candi Budha.

la kalo mo ditelusuri, kenapa tangkuban perahu ada di Bandung? padahal di sekitar Bandung apakah ada laut? :D

oiya, Ratu Boko ada di Sleman, Yogyakarta, bukan di Magelang..

duh duh..

mbajak komen iki..

Nazieb Says:

13 February 2008 at 2:09 pm.

Weh, fotonya mantap!!

Dua cerita, candi yang dibangun dengan cinta, dan hari kasih sayang, diceritakan dalam satu kesatuan..

Mantaf!!

Happy V-Day..

Ndoro Seten Says:

13 February 2008 at 3:51 pm.

Sebuah situs peninggalan nenek moyang sebagai sebuah monumen peradaban yang adiluhung.
Ruaarrr biasa cene!

The Sandalian Says:

13 February 2008 at 3:54 pm.

Saya ndak kebagian senja..
Hanya menerima malam hujan :D

The Sandalian Says:

13 February 2008 at 4:01 pm.

Eh yang foto nomer dua dari bawah itu ternyata Zam ama Antok ya?
Kirain patung ;))

za Says:

13 February 2008 at 4:53 pm.

mas mas…itu awannya keren bangeeeed… asli ato efek oldi??
*lhoh kok malah bahas poto* :))

syeeddath Says:

13 February 2008 at 5:25 pm.

hhmm…kayaknya Bandung Bondowoso + Rara Jonggrang bakal seneng di bikinin puisi oleh Mas Iman.. :)

enade Says:

13 February 2008 at 5:29 pm.

jemari cahaya yang menoreh langit senja di atas candi baka
sering jadi sebuah saksi bisu berbagai kisah cinta
yang mungkin berakhir dengan dendam ataupun bahagia
sejatinya cinta abadi tidak akan berakhir dengan bahagia maupun duka
karena cinta abadi tiada berakhir dan hanya seiring berjalan dengan sang kala

triadi Says:

13 February 2008 at 6:15 pm.

wah saya pernah kesana mas:) dari cerita2, candi2 itu sebenarnya ada di dalam tanah, trus di gali2 hingga keliatan seperti yang sekarang ini. Kalo liat boko yang sekarang, dengan kontur seperti itu, ga kebayang gimana dan berapa lama ya galinya?

Donny Verdian Says:

13 February 2008 at 6:45 pm.

3TU Kak untuk foto-fotonya! Splendid!

calonorangtenarsedunia Says:

13 February 2008 at 6:46 pm.

Puisinya nyampe ke Bandung Bondowoso ga, Mas?

*ditimpuk*

Cinta yang ‘engkau bahagia, aku pun bahagia’ apa benar ada? Setiap manusia memiliki egoisme yang rasanya sulit untuk mencapai tahap itu.

“Engkau bahagia, aku pun bahagia. Tapi aku akan jauh lebih bahagia bila kau bersamaku.”

venus Says:

13 February 2008 at 7:28 pm.

blusukan sama si zam ya, mas? ati, saya denger dia itu bayut, wahahaha….

venus Says:

13 February 2008 at 7:29 pm.

ati2. haduh, saya benci typo :(

-tikabanget- Says:

13 February 2008 at 7:39 pm.

wah, mas..
ndak nonton si ndoro sama anto berseteru besok ya..

max Says:

13 February 2008 at 8:17 pm.

Selamat hari bersayang-sayangan :D

Moh Arif Widarto Says:

13 February 2008 at 11:09 pm.

Bapak saya dulu ikutan memugar Kraton Boko itu tetapi saya sampai saat ini belum pernah ke sana. Mudah-mudahan kalau jadi pulang kampung ke Sleman libur panjang Maret nanti saya bisa ke sana.

Selama ini pikiran saya selalu diliputi pertanyaan: Sebesar apa kerajaan Boko itu sehingga petilasan kratonnya saja seperti itu? Tapi entahlah… selain keraton dari batu itu, tidak ada hal lain yang dapat menceritakan kisah kerajaan Boko itu. Sejarah seperti sengaja menyembunyikan banyak catatan, seperti yang biasanya dilakukan oleh sejarawan.

mitra w Says:

13 February 2008 at 11:51 pm.

haduuuh, termehe-mehe bacanya :P

^_^, selamat hari kasih sayang juga

Totok Sugianto Says:

14 February 2008 at 1:58 am.

tentang candi sampeyan betul kalo membawa serta si Zam, beliau memang layak kalo disebut sebagai seorang yang banyak tahu tentang candi. comment candinya di sini aja udah lengkap banget heheh :P

Doohan Says:

14 February 2008 at 2:38 am.

Selamat hari kasih sayang bersama orang-orang tercinta.

kbguy Says:

14 February 2008 at 4:48 am.

o,ini yang di maksudkan rumah baru ? Ingat rumah sebenar.

unai Says:

14 February 2008 at 9:03 am.

what a great pics, Om…

antobilang Says:

14 February 2008 at 9:56 am.

itu foto saya!!!

*komen histeris*

ekowanz Says:

14 February 2008 at 12:39 pm.

lha itu foro pre weddingnya kok udah disebarluaskan sekarang to mas….

bangsari Says:

14 February 2008 at 3:35 pm.

[Jadi Syaiful Jamil mestinya juga tidak...]

weh, kok namaku disebut-sebut. ada apa ini? :D

franya Says:

14 February 2008 at 3:41 pm.

next time ajak2 yach kalau jalan2 ke candi2. mau donk…..

escoret Says:

14 February 2008 at 4:01 pm.

konon…katanya,klo pacaran di area candi..bisa putus..!!!

*jd inget jaman pacaran*

eh…nice poto..!!!

Indahjuli Says:

14 February 2008 at 4:07 pm.

Desember tahun lalu, kami juga berkunjung ke Ratu Boko.
Sayang yah, sekarang ngak bisa masuk ke candi utamanya.
Salam kenal dari kami Mas :)

edratna Says:

14 February 2008 at 4:16 pm.

Cinta memang sepeti sisi mata uang, ada benci dan rasa sayang…kalau tak cinta maka tak akan ada rasa benci.

Fotonya indah banget….jadi pengin kesana….katanya yang pacaran tak boleh kesana ya, ntar nggak jadi jodoh.

meitymutiara Says:

14 February 2008 at 5:12 pm.

ilustrasi yang terakhir itu, aku suka banget

mikow Says:

14 February 2008 at 7:13 pm.

wah jeng-jeng terus nih mas?

@zam : sampeyan sering ke bandungan ya? ngapain hayoo? :P

icha Says:

14 February 2008 at 9:17 pm.

jadi inget mama yg suka nyeritain dongeng roro jongrang…pemandangan ciamik banget…pengen kesana

Lita Says:

15 February 2008 at 10:00 am.

kalau mas Iman bikin buku, saya jadi pembeli pertamanya, mas..
tulisannya indah banget..hiks…

cK Says:

15 February 2008 at 12:53 pm.

gambarnya bagus bangeettt!!

*terpesona ama gambarnyah*

isnuansa Says:

15 February 2008 at 3:00 pm.

mas, fotone uapik tenan…

aLe Says:

15 February 2008 at 10:21 pm.

syet dah, foto yg bawah keren euy

astrid Says:

16 February 2008 at 7:39 am.

Apart from love, the last time I went to Boko I was thinking that myth maybe something that doesn’t die easly as it’s born from a need (that’s different from the need for history) or even from lost memory, but how can one distiguish myth and history if he’s not used to saying what is right is right and what is wrong is wrong? We probably like trying to put our roots down deep in the past yet right now we don’t know if we’re doing it for memory or legend, to comprehend continuity or to strenghten cults.

rey Says:

17 February 2008 at 10:42 pm.

ngomong2 soal candi Ratu Boko, aku msh penasaran ama sejarahnya gimana, soalnya candi ini bukan tempat pemujaan, tp rumah ato kerajaan gitu, trus gosip yg pernah aku denger katanya si rajanya tu kanibal, benarkah? :)

iman brotoseno Says:

17 February 2008 at 10:52 pm.

rey,
ratu boko memang sebuah istana..bukan candi…
memang sedikit sekali literatur mengenai sejarah kerajaan ini..

hanny Says:

18 February 2008 at 6:18 pm.

hwaaaaah indah sekali … bisa menjadi lokasi valentine yang unik, sebenarnya … semacam napak tilas untuk cinta. ah.

unai Says:

19 February 2008 at 9:03 am.

aku baca tulisan ini berkali kali…indahhhh

Neng Keke Says:

19 February 2008 at 2:46 pm.

Ratu Boko ini beda ya ama Prambanan?

dee Says:

19 February 2008 at 6:52 pm.

wah udah lama ga jalan2 ke sini, malah membaca tulisan jalan2 yg menggugah.. apa web pariwisata indonesiah dipindah ke sini aja mas? Belum pun saya baca tulisan terbaru berjudul “bukittinggi”..

-tikabanget- Says:

2 March 2008 at 11:18 am.

kata seseorang kemaren lalu :
“cinta itu buwat dirasakan. masalah bisa dimiliki atau ndak, itu resiko.”

masni Says:

9 May 2008 at 11:36 am.

mas imam rara jonggrang tu siapa sih? cantik ya?????? bandung b tu cakep nggak sih?

christie Says:

12 July 2008 at 12:40 pm.

mm…very nice, disana banyak banget kenangan, jadi inget. Sedih….

nahdhi Says:

16 November 2009 at 7:03 pm.

Saya baru aja ke BOKO kemaren sabtu. Tapi yang saya nikmati bukan keagungan bangunannya. Saya lebih menikmati keindahan batuan-batuan penyusun bukitnya. Hahaha….

Boy Valentin Says:

15 February 2012 at 10:58 am.

Selamat Hari Kasih Sayang..

Leave a Reply

*

Mencari Jawaban

Artis tend to be dark, worried and superstitious creatures. This is not bad. It makes me perfectionist, it makes me care. Moreover the ability to see the darker side of life is an asset not just directing dramatic and tragic movies, but also for directing comedy, since comedy often has pain inside it. Do you believe that life and film tragically too close together ? I do ...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Iman Brotoseno. Make your own badge here.


Categories

Archives

Hot Topics

Spice of Life



Add to Technorati Favorites
Free PageRank Checker

Subscribe with Bloglines

Why Blog ?

Why the BLOG will change the world ?The explosion of blogs throughout the world has been the biggest phenomenon since the rise of the Internet itself. Today, more people read blogs than newspapers. Blogs are just a tool, of course. It’s the bloggers behind the blogs that will make the difference. Here's Why

Blog lama saya masih dapat dilihat disini

( DISCLAIMER ) Photo dan Gambar Ilustrasi kadang diambil dari berbagai sumber di internet - GETTY IMAGES dan CORBIS selain photo teman dan milik saya sendiri. Kadang kala sulit untuk menemukan pemiliknya. Jika ada yang merasa keberatan bisa menghubungi untuk dicantumkan namanya.

Subscribe this blog

  Subscribe in a reader
Enter your email address:
  
Delivered by FeedBurner
September 2014
M T W T F S S
« Aug    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930