19 April 2009

Dari i-teve, Politikana sampai Pesta Blogger

Posted by iman under: BERBANGSA; BLOGGERS .

Blog sebagai media ekpresi yang paling terkini justru memperlihatkan semangat kebinekaan dalam mewartakan gagasan, apalagi dengan jurnalisme warga yang dengan antusias melintasi batas batas yang tak pernah dibayangkan sebelumnya. Saat waktu itu media ekspresi warga terhalang lembaga redaksi di media tradisional. Setelah Enda Nasution membidani situs politik – Politikana – yang luar biasa seru.
Budi Putra juga meluncurkan i-teve , sebuah videoblog yang menambah rangkaian gerbong keanekaeagaman blog, setelah sebelumnya blog tulisan dan photoblog yang meramaikan khasanah blog di Indonesia. Situs ini selain memproduksi sendiri juga menerima tayangan dari kontributor.

Saya dengan latar belakang film dan audiovisual, tentu saja melompat lompat gembira melihat pemunculan videoblog ini. Tentu saja semuanya kembali ke konten yang membuat I-teve untuk tetap dikunjungi. Ini memang tantangan untuk pengelola video blogging ini. Bagaimanapun juga sebuah media tayangan visual selain dapat memenuhi informasi informasi juga sekaligus menghibur. Kemasan how to entertain menjadi penting. Ia tidak bisa semata kaku.

Fitur fitur tentang gaya hidup, tradisi budaya, musik klip,film film pendek sampai resep memasak kalau perlu.
Kanal pariwisata tentang Indonesia juga menarik. Siapa tahu Budi Putera berani menampilkan kegilaan berupa ruang infotainment gossip di seputar ranah blogsphere.
Ini butuh kerja keras. Mensyut, mengedit bahkan menambahkan elemen elemen untuk memperindah bentuk tayangan. Proficiat untuk I-teve yang telah melakukannya untuk langkah awal.

Hanya saja berbeda dengan Politikana, dimana kontributor bisa langsung mengupload tulisan. Dalam I – teve, fungsi itu tidak otomatis karena harus mendapat persetujuan dari admin pengelola.

Saya berpikir I-teve dan juga situs Politikana sebagai bentuk keanekaragaman pemikiran warga di Indonesia sekaligus menunjukan trend blog di masa depan. Bentuk jurnalisme bersama sama. Sebuah persatuan – bukan kesatuan – pemikiran yang berbeda beda untuk mengikat Indonesia yang lebih baik di masa depan.

Para founding fathers bangsa kita sejak dulu mempercayai persatuan bukan kesatuan. Itulah sebabnya dipilih Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan, untuk menerima perbedaan, dan kebinekaan ini dipandang sebagai sesuatu yang alamiah dalam kehidupan.

Secara tidak langsung sejalan dengan konsep desentralisasi penyelenggaraan Pesta Blogger 2009. Bahwa komunitas daerah bisa saja menyelenggarakan Pesta Blogger dalam format skala daerah , sekaligus menjadi bagian dari rangkaian Pesta Blogger 2009.

Perbedaan komunitas komunitas daerah justru menjadi pengikat. Satu Semangat Satu Bangsa. Dibalik perbedaan ada arti penting yakni persatuan. Secara filosofis ke – Ika – an merupakan tali persaudaraan yang menjadi pengikat manusia untuk hidup rukun.

Menarik bahwa ngeblog bisa membawa semangat persatuan, atas nama keragaman pemikiran dan perbedaan. Hiruk pikuk perbedaan dalam pemilu juga harus disikapi dengan semangat kebangsaan. Menyitir ucapan Abraham Lincoln, ‘ A nation divided against itself, cannot stand ‘.

28 Comments so far...

edratna Says:

19 April 2009 at 7:02 pm.

Saya udah dengar langsung dari Chika tentang rencana desentralisasi penyelenggaraan pesta blogger. Menarik mas, terutama bagi teman2 yang belum tentu semuanya bisa datang ke Jakarta pada tanggal penyelenggaraan pesta blogger09.

Tentang i-teve, akan menarik juga bagi orang Indonesia yang berada di LN…..karena bisa mengikuti perkembangan tanah air.

taufikasmara Says:

19 April 2009 at 7:11 pm.

Wah mestinya berat banget tuh kerjanya admin I-TEVE. Semoga aja tetap bisa eksis dan menjadi media bagi sineas-sineas dan juga para jurnalis amatiran untuk mengekspos hasil karyanya.
Salam sukses buat Mas Enda dengan politikana-nya, Mas Budi dengan I-teve nya dan Mas Iman dengan PB 09 nya.
Kita support dari Pekanbaru

Lee Says:

19 April 2009 at 7:31 pm.

ta tunggu tulisan mas iman lagi di politikana. :mrgreen:

semoga kesibukannya cepat teratasi. 😀

ierone Says:

19 April 2009 at 8:16 pm.

wah, butuh space berapa i-teve ya?

aminhers Says:

19 April 2009 at 9:39 pm.

Saluete tuk : politikana dan i-teve, mudah2an pesta blogger 2009, bisa ditayangkan di i-teve

cK Says:

19 April 2009 at 10:19 pm.

semoga semua berjalan dengan lancar… 😀

haris Says:

19 April 2009 at 10:24 pm.

sukses utk pesta bloggernya mas iman. blog itu kan menolak sentralisasi, pemusatan. kaopun ada pemusatan, itu hanya sementara karena akan muncul pusat-pusat baru yang mendekonstruksi pusat lama. bagus juga jika pesta blogger diusung ke kota lain, tergantung kawan2 lain juga mau ato tidak. bebas saja kan. he2.

podelz Says:

19 April 2009 at 11:07 pm.

wah nice concept untuk PB dalam format daerah, moga aja makin manteb dah tahon ini 😉

racheedus Says:

19 April 2009 at 11:54 pm.

Videoblog atau situs tivi masih terlalu mewah bagi orang-orang di daerah yang koneksi internetnya lelet. Tapi, sebagai sebuah terobosan teknologis, tentu saja hal itu perlu didukung.
Jadi tempat pesta blogger tidak di Jakarta lagi, Mas Iman?

Budi Putra Says:

20 April 2009 at 4:38 am.

Mas Iman, terimakasih atas posting yang menggugah ini, paling tidak buat i-teve yang baru memulai langkahnya. Jelas kami di i-teve menunggu masukan-masukan dan ide-ide dari teman2 semua.

Sekali lagi, terimakasih.

Anang Says:

20 April 2009 at 5:34 am.

Keren idenya. Brilian.

DV Says:

20 April 2009 at 5:45 am.

Salut untuk teman-teman semua.
Saya sangat menikmati Politikana dan beberapa waktu yang lalu menengok i-teve.. hmmm terobosan yang luar biasa.

Hanya saja, semoga tidak tumpang tindh dengan youtube saja… dan saya yakin bisa 🙂

Epat Says:

20 April 2009 at 5:46 am.

apa sieh yang enggak demi indonesia? 😀

wahyu hidayat Says:

20 April 2009 at 7:18 am.

dan kita sekarang bisa bilang “blog bulan hanya trend sesaat” !!!!

Silly Says:

20 April 2009 at 7:26 am.

Astaga, dari semalam saya stay in this article without saying anything. Belum menemukan kata yang paling KEREN dan paling PAS untuk mengungkapkan kekaguman saya untuk semua yang disebutin di atas. Mas Budi Putra untuk i-teve nya, Mas Enda untuk Politikananya dan Mas Iman dan PB 2009. Rencana desentralisasinya keren, semoga sukses aja deh (asli gak nemu kata yang sama kerennya dengan kalian bertiga, hehehe)

Four Thumbs Up. !!!

dony Says:

20 April 2009 at 8:39 am.

saya ikutan menjadi keren aja dah … menjadi member dan pengunjung setia untuk keberagaman yang di tawarkan dalam arena blog ini 🙂
keep up the good work !

dana Says:

20 April 2009 at 10:20 am.

ditunggu di politikana.

Omiyan Says:

20 April 2009 at 12:26 pm.

ya saya berharap duni per blogan adalah pemersatu dari perbedaan yang ada dan yang penting setiap isi dari blog itu selalu menjaga SARA itu penting artinya kebebasan yang ada tetep ada batasannya

gagahput3ra Says:

20 April 2009 at 12:43 pm.

Selamat menjalani tugas sebagai manusia kursi 2009! 😛

Btw, i-teve keren, sayang blip.tv loadingnya lambat di sini. Yah, paling gak bersyukur dulu, keragaman Indonesia di dunia nyata perlahan memasuki ranah maya….setelah politikana…semoga aja ada lagi democratically managed blog tp utk topik yg lain 😀

mursid Says:

20 April 2009 at 3:19 pm.

makin asyik aja nih ngeblog…
tambah semangadd..

zam Says:

21 April 2009 at 2:55 am.

saya siap castng, mas..

*salto ke Pulau We*

boyin Says:

21 April 2009 at 8:54 am.

i-teve sangat membantu untuk blogger yang tinggal di LN. suatu bentuk perkembangan blogger tanah air.

Balisugar Says:

21 April 2009 at 2:02 pm.

Wah saya ketinggalan berita nih

Lidya Says:

21 April 2009 at 3:28 pm.

apapun namanya, semoga bermanfaat bagi semua.

aLe Says:

21 April 2009 at 4:06 pm.

kreatip pisan euy

Jauhari Says:

24 April 2009 at 8:22 pm.

Sepertinya inilah waktunya…. 🙂

Asyiro Says:

29 May 2009 at 5:44 pm.

Para blogger, bersatulah, dalam kebinekaan maupun kreatifitas. Demi negeri tercinta ini. Meski terlambat ga da salahnya kan saya ikut mengucapkan: Proficiat…!

Christopher Taylor Says:

6 October 2010 at 11:48 pm.

i own at least 3 video blogs and i love to video blog myself and do some crazy stuffs,”

Leave a Reply

*

Mencari Jawaban

Artis tend to be dark, worried and superstitious creatures. This is not bad. It makes me perfectionist, it makes me care. Moreover the ability to see the darker side of life is an asset not just directing dramatic and tragic movies, but also for directing comedy, since comedy often has pain inside it. Do you believe that life and film tragically too close together ? I do ...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Iman Brotoseno. Make your own badge here.


Categories

Archives

Hot Topics

Spice of Life


Why Blog ?

Why the BLOG will change the world ?The explosion of blogs throughout the world has been the biggest phenomenon since the rise of the Internet itself. Today, more people read blogs than newspapers. Blogs are just a tool, of course. It’s the bloggers behind the blogs that will make the difference. Here's Why

Blog lama saya masih dapat dilihat disini

( DISCLAIMER ) Photo dan Gambar Ilustrasi kadang diambil dari berbagai sumber di internet - GETTY IMAGES dan CORBIS selain photo teman dan milik saya sendiri. Kadang kala sulit untuk menemukan pemiliknya. Jika ada yang merasa keberatan bisa menghubungi untuk dicantumkan namanya.

Subscribe this blog

  Subscribe in a reader
Enter your email address:
  
Delivered by FeedBurner
June 2021
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930