Antara Mak Erot dan Sensor Film

Saat persidangan Mahkamah Konstitusi mengenai hiruk pikuk Lembaga Sensor Film, beberapa insan perfilman menyatakan, bahwa setelah menghabiskan investasi bermilyar milyar rupiah unuk sebuah film. Mereka tak berdaya begitu filmnya memasuki ruang sensor. Intinya lembaga sensor menjadi pengadilan terakhir bagi filmnya.
Apakah ini benar ?
Selalu ada saja yang menarik ketika ngobrol dengan petinggi BP2N ( Badan Pertimbangan Perfilman Nasional ). Ternyata menurut Undang Undang, jika ada perselisihan dengan Lembaga Sensor maka BP2N akan bertindak sebagai badan arbitrase yang menengahi sengketa tersebut. Bahkan lebih jauh lagi, dalam Rancangan Undang Undang Perfilman yang akan diajukan menggantikan UU Film ( lama ), secara implicit sudah disebutkan sebuah lembaga penilai atau klasifikasi yang akan menggantikan fungsi Lembaga Sensor.
Hanya apakah pemahaman lembaga klasifikasi ini sama dengan apa yang dibenak teman teman Masyarakat Film Indonesia. Itu urusan lain.

Sambil makan sate ayam, lalu mengalirlah obrolan dengan Pak Sekjen BP2N mengenai kasus artbitrase yang baru saja.
Ceritanya si produser film mengadu ke BP2N bahwa poster filmnya β€˜ XL Extra Large, antara Aku , Kau dan Mak Erot β€˜ ditolak oleh lembaga sensor.

BP2N : Kalau boleh dijelaskan kenapa poster ini ditolak
LSF : Ya, ini kata Mak Erot sangat tendensius ke pornografi.
BP2N : maksudnya ?
LSF : Khan Mak Erot konon diasosiasikan pembesar alat kelamin pria
BP2N : Lho sebaliknya kalau ada yang mempersepsikan sebagai pengecil alat kelamin bagaimana ?

LSF terdiam dan BP2N meminta sang produser membawa alternatif poster sebagai jalan tengahnya. Keesokan harinya dia datang membawa poster lain, dimana huruf T dari Erot diganti dengan gambar pisang yang kulitnya terkupas seperti huruf T.

LSF : Nah, saya setuju poster ini, jadi dibacanya bukan EROT…. tapi EROJ
PRODUSER : ( melirik ke BP2N …bingung )
BP2N : ( berbisik ke produser..sst sudah terima saja )

Akhirnya proses arbitrase bisa dijalani dan selalu ada kompromi yang memuaskan keduabelah pihak. Poster itu bisa lolos sensor setelah huruf T diganti dengan ilustrasi buah pisang. Pertanyaan saya, bukankah buah pisang justru semakin memperjelas positioning alat kelamin pria. Tapi ini khan persepsi saya dan si pak Sekjen.
Tentu saja lain persepsi si ibu dari Lembaga Sensor. Pisang dalam konteks ini is just a banana, makanya dibacanya Eroj bukan Erot. Bagaimana persepsi anda ?

You Might Also Like

83 Comments

  • Herman Saksono
    February 25, 2008 at 9:30 am

    Persepsi saya persepsi itu susah diatur πŸ˜€

  • brahmasta
    February 25, 2008 at 9:34 am

    Presepsi saya, sisi pornografinya kok dilihat dari Mak Erotnya doang?

  • fahmi!
    February 25, 2008 at 9:53 am

    lha ngapain juga bikin filem dg topik nyerempet2 gitu, kalo kemudian bakal repot di belakang ya itu mestinya sudah dipertimbangkan sejak awal oleh yg punya ide bikin filem. lagian bikin filem dg topik lain kan alternatifnya masih buanyak toh. kenapa belakangan pada suka bikin filem begituan (dan hantu2an)?

  • leksa
    February 25, 2008 at 9:55 am

    hahahaha….
    maen2 ama persepsi?
    ya sudah, orang2 Film lebih baik pelajari dulu sejauh apa pengetahuan “persepsi” orang2 LSF…

    coba ditambahi terong dan wortel, bisa jadi persepsinya ganti jadi Pasar Sayur

  • ikram
    February 25, 2008 at 11:04 am

    Justru karena persepsi orang beda-beda, kompromi menjadi penting dong πŸ™‚

  • geblek
    February 25, 2008 at 11:05 am

    pilem ndak mutu malah makin ngawur πŸ™‚
    kalau di arahkan/protes katanya itu hasil karya πŸ™‚ ah sudahlah ndak ikut ikut sayah, yg penting dapurku masih bisa ngepul

  • mrbambang
    February 25, 2008 at 11:12 am

    Aku belum nonton film ini… Trus Mak Erot dapat royalti berapa ya? Karena ini merupakan salah satu daya tarik orang untuk menonton itu film

  • loper
    February 25, 2008 at 11:19 am

    kasihan mak erot, abis ini pasti di tangkap polisi karena namanya mengandung PORNOGRAFI dan PORNOAKSI.

  • isma
    February 25, 2008 at 11:43 am

    itu sih bukan kompromi mas, tapi bisa dikibuli hihi…

  • jeng endang
    February 25, 2008 at 11:50 am

    lha…..emang kalo mak Erot bukan berkonotasi pada porno, apaan mas? emang soal alat kelamin kan? ah, kok ngomong ginian sih malahan….
    balik lagi standar nilainya yg dipegang aja…….gak sama utk tiap orang….

  • liemz
    February 25, 2008 at 11:52 am

    “LSF : Nah, saya setuju poster ini, jadi dibacanya bukan EROT…. tapi EROJ
    PRODUSER : ( melirik ke BP2N …bingung )
    BP2N : ( berbisik ke produser..sst sudah terima saja )”

    Si produser pasti bingung karena kejayusan LSF…

  • Rynie
    February 25, 2008 at 11:56 am

    cuma masalah poster aja diributkan, pdhal filmnya bukannya rada menjurus juga ???? sama seperti halnya film “buruan cium gue”, walaupun judulnya diganti isinya tetap “sama” kan??? kalau gitu lain kali bisa donk bikin film yg “hot” tapi judulnya “cabe” hehehehhehe lha wong dilihatnya cuma diluarnya aja koq….
    klo ky gini….kerjanya (LSF) sepertinya kurang maksimal……….

  • didut
    February 25, 2008 at 12:08 pm

    persepsi saya?!? kalau baca mak erot tdk bisa punya persepsi apa-apa jadi memang gak porno, LSFnya aja yg piktor pas baca mak erot

  • iphan
    February 25, 2008 at 12:16 pm

    hahaha… menurut saya, itu formalitas. biar ada kerjaan. lah, huruf T diganti pisang?! *pernah belajar dasar2 komunikasi non verbal belom sih?!*

  • Goenawan Lee
    February 25, 2008 at 12:37 pm

    Saya maunya tomat dan wotel sajah.. 😳

  • iman brotoseno
    February 25, 2008 at 12:37 pm

    isma,
    hi hi betul ujung ujungnya jadi kibul kibulkan dan ngeles ngelesan..ampun deh

  • funkshit
    February 25, 2008 at 12:50 pm

    setuju sama rynie deh.. sepertinya kok sensor filem cuman berdasar judul nya aja ..
    asal judul nya sopan… sepertinya lancar

  • wieda
    February 25, 2008 at 1:04 pm

    untung (jarang banget) nonton film Indonesia

  • RoSa
    February 25, 2008 at 1:26 pm

    sekarang sih, tinggal tunggu beberapa minggu aja, film2 Indo di bioskop udah bisa dtonton di tipi πŸ˜€

  • guntur
    February 25, 2008 at 2:20 pm

    persepsi saya..film indonesia setelah bangkit perlahan2 kembali ke keterpurukannya dengan film setan dan komedi ala taun 90an.

  • yati
    February 25, 2008 at 2:53 pm

    hahaha…kok jadi tergantung persepsi ya. kalo dalam bahasa daerah (di sulsel), tulisan ERO-plus gambar pisang di ujungnya, bisa berarti: “mau pisang”
    jawabnya? mauuuu….. hahaha…

  • Totok Sugianto
    February 25, 2008 at 3:49 pm

    yg pingin saya tahu selain ganti poster, ada gak salam tempel yg diberikan oleh produser agar “Erot” bisa dibaca “Eroj” πŸ˜›

  • nico
    February 25, 2008 at 5:39 pm

    Mak eyot jg keren tuh. Menjual.
    Btw mas, rikues postingan ttg bocornya pilem AAC. Yang kalo ditonton masih ada angka-angkanya:D. Kok bisa bgitu? Meskipun hanung dah posting.
    Gmn tanggapan mas iman?

  • danalingga
    February 25, 2008 at 6:20 pm

    Walah, bukannya pisang asiosiasinya lebih porno tuh? πŸ˜†

  • MnX
    February 25, 2008 at 7:27 pm

    pisang? persepsi yang berkembang di tengah masyarakat emang gitu sih om, hehehe…

    btw, tentang isu pembubaran LSF, om iman ada di barisa pendukung pembubaran ato gak nih?

  • moerz
    February 25, 2008 at 8:41 pm

    masih kecil nggak boleh nonton…

    hehehe…

    film semakin ngawur aja…

  • sawali tuhusetya
    February 25, 2008 at 8:42 pm

    wew… menarik mas iman, hehehehe πŸ˜† huruf T diganti banana, hiks. bagi mereka yang biasa memahami bahasa pasemon dan sign *halah* kata ero dilengkapi dg pisang yang dikupas kulitnya ndak ada bedanya dengan huruf T. bahkan banana itu lebih simbolik mengarahkan ke perilaku vulgarnya, hehehehe πŸ˜† tapi kompromi kan dah tercapai, ya ndak apa2 toh mas.

  • antobilang
    February 25, 2008 at 9:20 pm

    gimana ya kalo gambar wortel saja? seperti sebutan cowok untuk anak2 CA.. hihihihi…

  • edratna
    February 25, 2008 at 9:45 pm

    Kayaknya komunikasi memang makin penting, karena untuk menyamakan persepsi.
    Apalagi bidang seni, yang jelas ada angka-anagkanya saja, bisa menimbulkan persepsi beda kok.

  • iman brotoseno
    February 25, 2008 at 9:58 pm

    mnx,
    ah saya hanya pengamat saja kok…hehe

  • Mbah Sangkil
    February 25, 2008 at 11:08 pm

    kalo eroj pembacaanya kan jadi eros, nah kalo om eroj marah gimana?

    Mas Iman itu penyelesaiannya pake amplop gak hihihihihihi [persepsi saya lho mas]

  • icha
    February 26, 2008 at 12:28 am

    ssstt…sudah terima aja *Ciri khas orang kita banget*
    persepsi saya juga begitu … pisang itu…kalo dideketin sama nama mak erot ..berarti..******
    kenapa gak gambar payung gituh…ato yg lain

  • Doohan
    February 26, 2008 at 12:50 am

    Saya bingung…
    jadi dari pada saya bingung mending lsf nya di bubarin aja. gak ada manfaat.

  • cK
    February 26, 2008 at 1:15 am

    saya malah janggal ngeliat ada pisang. apa ga takut kepleset tuh yang baca?

  • mitra w
    February 26, 2008 at 2:04 am

    hahahaha… bener sir, pisang malah semakin mendekatkan ke persepsi “itu”…
    tp tergantung juga sih, pisang jenis apa?
    apa pisang susu ato pisang raja??

  • Ersis WA
    February 26, 2008 at 7:18 am

    Ya ya … apa perlu ya diadaka pertemuan khusu antara Mak Erot dengan BSF? Biar persepsinya sama?

  • Abe Poetra
    February 26, 2008 at 8:23 am

    Para anggota LSF itu beragam persepsinya. Makanya produser film juga pandai-pandai mengingat member LSF mana yg “lunak” terhadap film porno, member mana yg bisa (maaf) disuap, dan member mana yang killer alias kolot alias sepersepsi-mau-gue hehehe..

    Saya sih lebih setuju dibentuk lembaga independen daripada LSF yg turunan ORBA itu. πŸ˜€
    (ini pendapat pribadi loh)

  • kenny
    February 26, 2008 at 8:46 am

    mo pake buah apa aja ya tetep wae persepsinya ke itu, wong mak erot udah identik dgn itu πŸ˜€ namanya jg bdan sensor, mesti pinter2 cari alasan buat nyensor

  • dewi
    February 26, 2008 at 8:51 am

    karena makna pesna tergantung si penerima, mas. jadi apapun tulisannya benenrya ga ngaruh. πŸ˜€

  • Mbelgedez
    February 26, 2008 at 9:04 am

    Hwaaaa….ka…kak….

    Jadi, sejarah penciptaan judul pilem itu begetoo, ya boss….

    (mingsih ngakak guling-guling….. ndak abis pikir ada pejabat o’on begetoo jadi Sekjen….)

    πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜†

  • Dew
    February 26, 2008 at 9:27 am

    Hahaha…
    Inget pisang malah inget anak-anakku waktu bayi, Mas.
    Panganan harian mereka dulu kan pisang kerok.

  • Ndoro Seten
    February 26, 2008 at 9:54 am

    Maa….aaaaak Erot!
    Aye naon Ndang?
    Maa….aaaaak Erot!
    Bade naon Ndang?

    Kayak Lagune Mbah Surip ae…..

  • suprie
    February 26, 2008 at 10:32 am

    hahahaha, bingung film kaya ginian malah lulus sensor…

  • ika
    February 26, 2008 at 12:23 pm

    persepsi saya? wah ya itu tetep seputar alat kelamin cowo,,lah semua orang juga dah tau khan yah kalo mak erot itu kaitannya ma ‘itu’ hehe πŸ˜€

  • rey
    February 26, 2008 at 1:35 pm

    sebenernya saya kesian ngeliat bangsa ini, disatu sisi ada pihak2 yg memerangi pornografi, tapi disisi lain para pembuat film malah mbikin film yg nyerempet2, malah pake ngakalin LSF segala supaya filmnya bisa lolos ck ck ck… Kayak jeng sutradara Nia Dinata, waktu filmnya “perempuan punya cerita” kena sensor, dia ndak trima tho, katanya (kira2): pornografi itu kan sengaja dibikin ada adegan itu utk tujuan komersial, sementara hasil karya dia adalah karya seni yg tdk ditonjolkan dari adegan itu saja, dia minta hsl karya seninya dihargai, lagipula adegan yg disensor itu adalah realitas yg ada di masyarakat kita memang spt itu adanya. Pertanyaanku, udah tau realita ngapain diperlihatkan lagi ya? toh itu adalah realita buruk yg tdk shrsnya ditunjukkan, kalo ditunjukkan malah bukannya ngomporin bhw hal spt itu lumrah dilakukan?? Mungkin bener ya bentar lagi kiamat, hal2 buruk dan berbau pornografi malah diperlihatkan dan diperjuangkan spy bs lolos, malah hal2 positip ndak diungkit2.

    Mumpung ini blognya sutradara, aku mo menyampaikan uneg2, hehehe. Emangnya kalo mo bikin film gak dipikir dulu yaa apa efeknya bagi masyarakat?? aku kan kebetulan br blajar fotojurnalis ya, disitu kami diajarkan utk melihat efek dr foto yg akan kami publish, bgmn kr2 efeknya bagi si subjek dan masyarakat. Nahh apakah dulu waktu blajar jadi sutradara ada pesan2 moral spt itu?? padahal kan justru efek hasil kerjanya pekerja film tu gede bgt, ditonton semua org yg jalan pikirannya beda2, anak2 jg bisa aja nonton… Paling seneng deh aku kalo pekerja seni udah ngeles “beda dong, ini kan hsl karya seni, bukan pornografi” hahaha… enak ya jadi pekerja seni, bisa ngeles terus tanpa hrs mikirin efeknya bagi yang laen gimana.

    Eh emang gak bs ya bikin film yg lempeng2 aja?? gak laku kali yee…?? Abis XL gue rasa bakalan muncul film2 laen sejenis deh, biasalah… niru2. Btw maap nulis cerpen disini πŸ˜€

  • Ray
    February 26, 2008 at 1:51 pm

    Bagaimana kalo di film itu ternyata Mak Erot juga menjadi pemain, dan tidak memerankan seorang yg berprofesi sebagai “tukang permak burung” apakah ya tetep di larang? atau bahkan mak Erot tidakboleh ikutan main film?

    Seharusnya LSF harus jeli bukan berfikir pendek dengan Men’Judge’ sebuah film dari judulnya, apalah arti sebuah judul. kaya VCD anak anak saja, judul dan sampul boleh beda, isi tetap saja porno. Lalu apa peran sebenernya dari LSF kalo kebanyakan kerjanya seperti ini? mending di serahkan kepada Dirjen Pendidikan dan kebuidayaan saja untuk mewajibkan penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar ha ha ha ha ha…

    Apik mas postingan njenengan πŸ˜‰

  • kw
    February 26, 2008 at 2:12 pm

    ha ha… lsf hmm… begitu ya.

  • [H]Yudee
    February 26, 2008 at 3:11 pm

    LSF ??? gak kaget lah …. harusnya kalo mo menyensor jangan berdasar perspektif sepihak, melainkan dari isi film itu sendiri… LSF yg aneh .. πŸ˜€

  • calonorangtenarsedunia
    February 26, 2008 at 4:46 pm

    Persepsi saya, semua ini cuma pinter2nya ngomong sama akal2an aja, Mas.

  • jonijontor
    February 26, 2008 at 4:57 pm

    wah, ramai sekali diskusinya kayak pesta duren. Btw kalo pisangnya diganti dengan duren aja gimana? sepertinya badan sensor juga harus belajar bahasa tanda nih.

1 2

Leave a Reply

*