Dari i-teve, Politikana sampai Pesta Blogger

Blog sebagai media ekpresi yang paling terkini justru memperlihatkan semangat kebinekaan dalam mewartakan gagasan, apalagi dengan jurnalisme warga yang dengan antusias melintasi batas batas yang tak pernah dibayangkan sebelumnya. Saat waktu itu media ekspresi warga terhalang lembaga redaksi di media tradisional. Setelah Enda Nasution membidani situs politik – Politikana – yang luar biasa seru.
Budi Putra juga meluncurkan i-teve , sebuah videoblog yang menambah rangkaian gerbong keanekaeagaman blog, setelah sebelumnya blog tulisan dan photoblog yang meramaikan khasanah blog di Indonesia. Situs ini selain memproduksi sendiri juga menerima tayangan dari kontributor.

Saya dengan latar belakang film dan audiovisual, tentu saja melompat lompat gembira melihat pemunculan videoblog ini. Tentu saja semuanya kembali ke konten yang membuat I-teve untuk tetap dikunjungi. Ini memang tantangan untuk pengelola video blogging ini. Bagaimanapun juga sebuah media tayangan visual selain dapat memenuhi informasi informasi juga sekaligus menghibur. Kemasan how to entertain menjadi penting. Ia tidak bisa semata kaku.

Fitur fitur tentang gaya hidup, tradisi budaya, musik klip,film film pendek sampai resep memasak kalau perlu.
Kanal pariwisata tentang Indonesia juga menarik. Siapa tahu Budi Putera berani menampilkan kegilaan berupa ruang infotainment gossip di seputar ranah blogsphere.
Ini butuh kerja keras. Mensyut, mengedit bahkan menambahkan elemen elemen untuk memperindah bentuk tayangan. Proficiat untuk I-teve yang telah melakukannya untuk langkah awal.

Hanya saja berbeda dengan Politikana, dimana kontributor bisa langsung mengupload tulisan. Dalam I – teve, fungsi itu tidak otomatis karena harus mendapat persetujuan dari admin pengelola.

Saya berpikir I-teve dan juga situs Politikana sebagai bentuk keanekaragaman pemikiran warga di Indonesia sekaligus menunjukan trend blog di masa depan. Bentuk jurnalisme bersama sama. Sebuah persatuan – bukan kesatuan – pemikiran yang berbeda beda untuk mengikat Indonesia yang lebih baik di masa depan.

Para founding fathers bangsa kita sejak dulu mempercayai persatuan bukan kesatuan. Itulah sebabnya dipilih Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan, untuk menerima perbedaan, dan kebinekaan ini dipandang sebagai sesuatu yang alamiah dalam kehidupan.

Secara tidak langsung sejalan dengan konsep desentralisasi penyelenggaraan Pesta Blogger 2009. Bahwa komunitas daerah bisa saja menyelenggarakan Pesta Blogger dalam format skala daerah , sekaligus menjadi bagian dari rangkaian Pesta Blogger 2009.

Perbedaan komunitas komunitas daerah justru menjadi pengikat. Satu Semangat Satu Bangsa. Dibalik perbedaan ada arti penting yakni persatuan. Secara filosofis ke – Ika – an merupakan tali persaudaraan yang menjadi pengikat manusia untuk hidup rukun.

Menarik bahwa ngeblog bisa membawa semangat persatuan, atas nama keragaman pemikiran dan perbedaan. Hiruk pikuk perbedaan dalam pemilu juga harus disikapi dengan semangat kebangsaan. Menyitir ucapan Abraham Lincoln, ‘ A nation divided against itself, cannot stand ‘.

You Might Also Like

28 Comments

  • edratna
    April 19, 2009 at 7:02 pm

    Saya udah dengar langsung dari Chika tentang rencana desentralisasi penyelenggaraan pesta blogger. Menarik mas, terutama bagi teman2 yang belum tentu semuanya bisa datang ke Jakarta pada tanggal penyelenggaraan pesta blogger09.

    Tentang i-teve, akan menarik juga bagi orang Indonesia yang berada di LN…..karena bisa mengikuti perkembangan tanah air.

  • taufikasmara
    April 19, 2009 at 7:11 pm

    Wah mestinya berat banget tuh kerjanya admin I-TEVE. Semoga aja tetap bisa eksis dan menjadi media bagi sineas-sineas dan juga para jurnalis amatiran untuk mengekspos hasil karyanya.
    Salam sukses buat Mas Enda dengan politikana-nya, Mas Budi dengan I-teve nya dan Mas Iman dengan PB 09 nya.
    Kita support dari Pekanbaru

  • Lee
    April 19, 2009 at 7:31 pm

    ta tunggu tulisan mas iman lagi di politikana. :mrgreen:

    semoga kesibukannya cepat teratasi. 😀

  • ierone
    April 19, 2009 at 8:16 pm

    wah, butuh space berapa i-teve ya?

  • aminhers
    April 19, 2009 at 9:39 pm

    Saluete tuk : politikana dan i-teve, mudah2an pesta blogger 2009, bisa ditayangkan di i-teve

  • cK
    April 19, 2009 at 10:19 pm

    semoga semua berjalan dengan lancar… 😀

  • haris
    April 19, 2009 at 10:24 pm

    sukses utk pesta bloggernya mas iman. blog itu kan menolak sentralisasi, pemusatan. kaopun ada pemusatan, itu hanya sementara karena akan muncul pusat-pusat baru yang mendekonstruksi pusat lama. bagus juga jika pesta blogger diusung ke kota lain, tergantung kawan2 lain juga mau ato tidak. bebas saja kan. he2.

  • podelz
    April 19, 2009 at 11:07 pm

    wah nice concept untuk PB dalam format daerah, moga aja makin manteb dah tahon ini 😉

  • racheedus
    April 19, 2009 at 11:54 pm

    Videoblog atau situs tivi masih terlalu mewah bagi orang-orang di daerah yang koneksi internetnya lelet. Tapi, sebagai sebuah terobosan teknologis, tentu saja hal itu perlu didukung.
    Jadi tempat pesta blogger tidak di Jakarta lagi, Mas Iman?

  • Budi Putra
    April 20, 2009 at 4:38 am

    Mas Iman, terimakasih atas posting yang menggugah ini, paling tidak buat i-teve yang baru memulai langkahnya. Jelas kami di i-teve menunggu masukan-masukan dan ide-ide dari teman2 semua.

    Sekali lagi, terimakasih.

  • Anang
    April 20, 2009 at 5:34 am

    Keren idenya. Brilian.

  • DV
    April 20, 2009 at 5:45 am

    Salut untuk teman-teman semua.
    Saya sangat menikmati Politikana dan beberapa waktu yang lalu menengok i-teve.. hmmm terobosan yang luar biasa.

    Hanya saja, semoga tidak tumpang tindh dengan youtube saja… dan saya yakin bisa 🙂

  • Epat
    April 20, 2009 at 5:46 am

    apa sieh yang enggak demi indonesia? 😀

  • wahyu hidayat
    April 20, 2009 at 7:18 am

    dan kita sekarang bisa bilang “blog bulan hanya trend sesaat” !!!!

  • Silly
    April 20, 2009 at 7:26 am

    Astaga, dari semalam saya stay in this article without saying anything. Belum menemukan kata yang paling KEREN dan paling PAS untuk mengungkapkan kekaguman saya untuk semua yang disebutin di atas. Mas Budi Putra untuk i-teve nya, Mas Enda untuk Politikananya dan Mas Iman dan PB 2009. Rencana desentralisasinya keren, semoga sukses aja deh (asli gak nemu kata yang sama kerennya dengan kalian bertiga, hehehe)

    Four Thumbs Up. !!!

  • dony
    April 20, 2009 at 8:39 am

    saya ikutan menjadi keren aja dah … menjadi member dan pengunjung setia untuk keberagaman yang di tawarkan dalam arena blog ini 🙂
    keep up the good work !

  • dana
    April 20, 2009 at 10:20 am

    ditunggu di politikana.

  • Omiyan
    April 20, 2009 at 12:26 pm

    ya saya berharap duni per blogan adalah pemersatu dari perbedaan yang ada dan yang penting setiap isi dari blog itu selalu menjaga SARA itu penting artinya kebebasan yang ada tetep ada batasannya

  • gagahput3ra
    April 20, 2009 at 12:43 pm

    Selamat menjalani tugas sebagai manusia kursi 2009! 😛

    Btw, i-teve keren, sayang blip.tv loadingnya lambat di sini. Yah, paling gak bersyukur dulu, keragaman Indonesia di dunia nyata perlahan memasuki ranah maya….setelah politikana…semoga aja ada lagi democratically managed blog tp utk topik yg lain 😀

  • mursid
    April 20, 2009 at 3:19 pm

    makin asyik aja nih ngeblog…
    tambah semangadd..

  • zam
    April 21, 2009 at 2:55 am

    saya siap castng, mas..

    *salto ke Pulau We*

  • boyin
    April 21, 2009 at 8:54 am

    i-teve sangat membantu untuk blogger yang tinggal di LN. suatu bentuk perkembangan blogger tanah air.

  • Balisugar
    April 21, 2009 at 2:02 pm

    Wah saya ketinggalan berita nih

  • Lidya
    April 21, 2009 at 3:28 pm

    apapun namanya, semoga bermanfaat bagi semua.

  • aLe
    April 21, 2009 at 4:06 pm

    kreatip pisan euy

  • Jauhari
    April 24, 2009 at 8:22 pm

    Sepertinya inilah waktunya…. 🙂

  • Asyiro
    May 29, 2009 at 5:44 pm

    Para blogger, bersatulah, dalam kebinekaan maupun kreatifitas. Demi negeri tercinta ini. Meski terlambat ga da salahnya kan saya ikut mengucapkan: Proficiat…!

  • Christopher Taylor
    October 6, 2010 at 11:48 pm

    i own at least 3 video blogs and i love to video blog myself and do some crazy stuffs,”

Leave a Reply

*