MIMPI BLOGGER

Menurut rujukan ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia, Pesta adalah sebuah acara sosial yang dimaksudkan terutama sebagai perayaan dan rekreasi. “Pesta” dapat bersifat keagamaan atau berkaitan dengan musim, atau, pada tingkat yang lebih terbatas, berkaitan dengan acara-acara pribadi dan keluarga untuk memperingati atau merayakan suatu peristiwa khusus dalam kehidupan yang bersangkutan. Pesta merupakan kesempatan untuk berbagai interaksi sosial, tergantung pada pesertanya dan pemahaman mereka tentang perilaku yang dianggap layak untuk acara tersebut. Akibatnya, pesta cenderung memperkuat standar budaya dan/atau kontra-budaya. Lebih jauh ‘ pesta ‘ sering diartikan sebagai kegiatan hura hura yang berlebihan, sehingga kadang ditambahi kata ‘ pora ‘, menjadi pesta pora. Ini sedikit banyak berhubungan dengan “ Pesta Blogger 2007 “ yang akan di adakan di Jakarta tanggal 27 Oktober 2007 mendatang. Konon ‘ the happy selected few blogger ‘ akan berkumpul dan mendeklarasikan suara blogger Indonesia. Tema Pesta Blogger 2007 tahun ini adalah “Suara Baru Indonesia”—di mana ‘pesta’ ini juga akan menjadi wadah pertemuan dan diskusi bagi para blogger untuk bersama-sama menciptakan iklim nge-blog yang positif di Indonesia; sehingga blog dapat menjadi media ekspresi baru yang mampu menyuarakan pikiran, pendapat, dan perasaan para blogger Indonesia.

Apakah kita harus membandingkan semangat kebangkitan blogger ini, katakanlah dengan semangat Sumpah pemuda tahun 1928 atau dalam skala lebih kecil, sebuah deklarasi yang dapat menyuarakan kesetaraan blog sebagai media gagasan baru atau jurnalistik independen ? Media ini memang tidak melulu bicara tentang teknologi atau alternatif media cyber , tetapi apa yang bisa ditawarkan dan disumbangkan kepada bangsa yang notabene angka melek internetnya masih sangat rendah. Tentu saja tanpa meremehkan mereka yang sudah sedemikian bekerja keras mewujudkan pertemuan akbar ini, saya memiliki impian perhelatan yang jauh melewati batas batas pemikiran itu sendiri.

Pertama, mengganti kalimat Pesta Blogger 2007 dengan Jamboree Nasional Blogger 2007. Ini memang masalah selera, tapi rasa rasanya istilah ‘ pesta ‘ tidak cocok dengan situasi negeri yang penuh dengan kemiskinan dan bencana alam dimana mana. Lalu tentu saja saya tidak memilih sebuah klub elite sebagai tempat perhelatan, tetapi memilih Istora Senayan atau bahkan Gelora Bung Karno. Ini juga selain karena romantisme simbol bangsa yang besar, juga karena bisa menampung ribuan blogger yang datang tanpa harus membayar.


Kedua, saya mengontak Menteri BUMN Sofyan Djalil yang saat beliau menjadi Menkominfo, pernah membantu saya membidani kelahiran peraturan menteri mengenai proteksi tenaga kerja film nasional. Saya berharap kali ini ia bisa meminta perusahaan perusahaan negara menyumbangkan sedikit keuntungan mereka bagi pembiayaan perhelatan nasional ini. Sehingga ribuan blogger dari seluruh Indonesia bisa ditampung di Asrama Haji, Hotel Atlit dan balai balai pendidikan milik BUMN. Disamping itu, saya meminta klien klien yang pernah bekerja dengan saya untuk juga berpartisipasi menyumbang acara ini, tentu saja klien klien yang saya tahu memiliki semangat kebangsaan yang tinggi. Saya mendatangi teman teman di Hotline Advertising yang pernah bersama sama dahulu membuat kampanye pemilu untuk SBY – Kalla,untuk mensosialisasikan gerakan nasional ini. Tentu saja saya akan menggandeng teman, Helmi Yahya yang dengan event organizernya sukses menyelenggarakan PON di Sumatera Selatan tahun lalu. Tentunya kita tidak boleh setengah setengah dalam menyelenggarakan hajatan nasional sepenting ini. Tak lupa saya membuatkan gratis film iklan layanan masyarakat untuk acara ini dan melakukan pendekatan dengan Asosiasi Televisi Indonesia untuk membantu pemasangan spot spot iklan secara gratis pula, tanpa harus pada acara acara ‘ prime time ‘.

Ketiga, saya juga mempertajam isi acara, tidak sekadar diskusi blogging secara ‘ an sich ‘ atau pemilihan blogger selebritis. Tetapi juga bagaimana acara ini bisa menghasilkan pemikiran atau sebuah gerakan aksi bagi negara dan masyarakat, misalnya apa yang bisa dilakukan oleh komunitas ini terhadap bencana gempa di Sumatera baru baru ini. Lihat saja apa dilakukan para volunter IT ketika membangun infrastruktur jaringan internet dan komunikasi yang rusak akibat bencana tsunami di Aceh. Bahkan kalau perlu saya akan mengadakan Jamboree Blogger ini bulan Desember 2007, dimana saat itu Indonesia menjadi tuan rumah dari puncak acara ‘ Global Warming ‘ yang akan dihadiri seluruh pimpinan dan kepala negara di dunia. Ini penting untuk mengaitkan kontribusi media blogging terhadap issue issue sosial di sekitar kita. Saya juga menganjurkan melakukan road show ke seluruh negeri, untuk mengadakan workshop serta pemahaman mengenai dunia blog dan teknologi internet terhadap pelajar dan mahasiswa.
Keempat, dan yang paling penting adalah bagaimana media blog bisa duduk sejajar sebagai penyampaian gagasan yang kebebasan berekspresinya harus dihormati dan dilindungi sebagaimana media jurnalistik lainnya. Sehingga dalam acara ini juga mengundang ahli hukum, kepolisian, pakar jurnalistik atau dewan pers. Ini memang tidak mudah karena masalah cyber crime sendiri masih menjadi merupakan wilayah abu abu dalam delik kejahatan di negara ini.


Tiba tiba saja mimpi ini menjadi buyar, karena mbok Jumiasih mengetuk pintu kamar saya untuk membangunkan saat sahur. Gelagapan, dan sambil terkantuk kantuk saya melihat di televisi yang masih menyala, banyolan Komeng, Adul dan Olga memberikan kuis ramadhan yang isinya sama sekali tidak ada hubungan dengan bulan suci ini. Ini memang bukan masalah kebangsaan semata, tapi Jika kita tidak bisa merumuskan hal ini, apa yang saya kuatirkan bahwa ‘ pesta ‘ di Hard Rock Café hanya seperti acara acara TV menjelang sahur, berbumbu Ramadhan namun terasa kering. Lalu apa bedanya dengan pesta pesta seremonial seperti Indonesia Idol, atau pesta penggemar musik Queen yang kadang kala juga diadakan di Hard Rock Café. Pada akhirnya blogging harus bisa memberikan kontribusi pada bangsa dan rakyatnya, sedikit apapun. Jika tidak ia akan menjadi menara gading di tengah masyarakatnya sendiri. Walhasil silahkan memilih, dunia besar interaktif blogging dengan aneka ragam gagasan, yang dihargai serta menjadi sumber pencerahan bagi peradaban sekitarnya, atau sebuah dunia kecil mirip gurun pasir, terasing, kering dan monoton. Ah, saya tak bisa berandai andai lagi, jangan jangan Komeng nanti yang akan menjadi MC di perhelatan ini. Semoga saja tidak.

You Might Also Like

53 Comments

  • Hedi
    September 29, 2007 at 4:25 am

    Mudah-mudahan sih enggak akan menguap gitu aja. Caranya? Ya kita-kita sebagai blogger yang bisa mengusahakan agar itu tak terjadi.

  • venus
    September 29, 2007 at 8:05 am

    jamboree ya, mas? hm, kedengerannya menarik. mudah2an bisa dijadiin agenda di taun2 berikutnya. tapi yg bulan depan, mas iman dateng, kan?

    saya mau minta tanda tangan. halah 😀

  • andi bagus
    September 29, 2007 at 9:53 am

    jambore blogger..wah seru juga tuh jika terelisasi..

  • triadi
    September 29, 2007 at 10:42 am

    nah ini dia!!

    ketika sebuah kekuatan yang sebenernya besar dan bisa sangat efektif untuk menyuarakan sesuatu yang positif, kenapa harus dikurung dan dibatasi dalam sebuah tempat minum? yang bahkan seperti aneh ketika “suara2 sosial” kaum blogger dibicarakan di tempat adem, mewah dan …

    seperti dibuat elitis…

    ini lebih membumi…kalo mas iman mau buat yang seperti ini, saya siap deh jadi volunteer nya!

  • RoSa
    September 29, 2007 at 11:22 am

    wah, by that time saya sudah harus balik lagi ke Seram nih,

    nitip suara aja sama Mas Iman deh ya =)

  • TaTa
    September 29, 2007 at 3:01 pm

    Mas klo jamborenya jadi jangan lupa loh saya di undang

  • Bangsari
    September 29, 2007 at 4:00 pm

    mau pesta, jambore atau muktamar, saya ikut mendukung saja. soale saya ndak pinter.

  • Nico Wijaya
    September 29, 2007 at 4:28 pm

    Sempet kpikiran mo bikin postingan ttg pesta blogger 2007. Tp blm hehe..
    Btw,kmrn sempet kepikiran mo ikut ni acara. Tapi, kl kebagian 200 tiket gratisnya. Rencana brangkat dri jogja. Naek kereta ekonomi ato apa. Trus nyampe sana, nyari masjid utk tempat nginep. Ngemper2 diterasnya gpp. Yg penting bisa menghadiri acara para elite blogger dan rakyat blogger biasa sperti sy. Hehe..
    Mo bli tiketnya, 200rb. Berat.
    Brangkat pake pesawat dr jgj ke jkt. Berat.
    Mbayar penginapan djkt, biar ga ngemper2. Banyak yg harus dipertimbangkan.
    Ya itu td, kterbatasan dana. Tadi tak kira mas iman panitianya jg. Dah seneng tuh dgn impian2nya. Tapi, rupanya impian. Ya semoga tercapai. Amin. Biar ntar dari jl kaliurang, sy meluncur k jkt mas. 😀

  • Totok Sugianto
    September 29, 2007 at 7:35 pm

    apapun bungkus dari acara silahturahmi rakyat blogger indonesia tetap saya dukung asalkan membawa angin segar yang positif bagi kehidupan rakyat blogger utamanya bangsa yang besar ini…. Merdeka…

  • rievees
    September 29, 2007 at 7:44 pm

    Mas Iman EO nya toh? Limited Invitation ya mas?

  • kenny
    September 29, 2007 at 8:14 pm

    klo bener terjadi, jambore besar-besaran. Coba dilanjutin tidurnya lagi ada kelanjutannya nggak? 😀

  • enda
    September 29, 2007 at 10:02 pm

    mudah-mudahan tentu ga mubazir, kalo ada kekurangan dan ketidaksempurnaan untuk acara pertama ini saya secara pribadi mohon maaf.

    tentang nama, ah apalah artinya sebuah nama hehe yang penting kan kita sama-sama ngerjainnya dan sama-sama tahu artinya yang lebih dalam. 🙂

    mohon dukungannya, saran, dan kritik, selalu mas.

  • Iman Brotoseno
    September 29, 2007 at 11:42 pm

    Enda,
    Tentu saja saya selalu mendukung apapun yang membuat komunitas ini diakui menjadi bagian dari media ekspresi yang sejajar dengan lainnya , dan memang concern yang ada adalah ketakutan bahwa komunitas ini menjadi elitis, dan terasing dari masyarakat dan bangsa sendiri..mudah mudahan ini salah..wah kepanjangan nih, ntar saya email deh,,
    Salam buat Ong dari Maverick, he is good friend of me.

  • Unspun
    September 29, 2007 at 11:51 pm

    Iman: Thanks for the input and your comment on my blog. I’ve answered to it.

    Merely to say that we are trying to make a start with this event and the last intention is to be elitist.

    Sampai ketemu diving lagi ya Prof BiJi! 🙂

  • Innuendo
    September 30, 2007 at 3:10 am

    udah cook tuh mas namanya. pesta. apalagi ngadainnya di hard rock cafe hikhik….

    ngacir ah sebelum ditimpuk enda

  • Nico Wijaya
    September 30, 2007 at 3:17 am

    gara2 ini saya (jika), diwawancarai mas..hehe

  • -Fitri Mohan-
    September 30, 2007 at 3:31 am

    baru mimpi aja udah sekomprehensif itu rencananya. apalagi kalau bener diajakin rapat untuk pesta bloggernya ya mas. pasti keren tuh.

    saya setuju banget sama tempat di Istora. asal ya itu tadi, si menkominfo ditowel2 dulu ya. heheheh.

  • Sandy Eggi
    September 30, 2007 at 4:58 am

    wah persiapan nya keren sekali … jadi di Gelora Bung Karno ?

    wah hebat kalo komunitas blogger bisa jadi sebesar ini 🙂

  • Endang
    September 30, 2007 at 5:43 am

    tanpa mengurangi rasa hormat pada panitia Pesta di HRC, gak tau kenapa saya lebih merasa klik dgn mimpi/ ide jambore ini. Dan entah kenapa juga yg ide jambore ini membuat saya tidak lebih merasa minder untuk datang, karena saya memang minder bgt tuh ikut di HRC meski juga tidak jelek acaranya..

  • trian h.a
    September 30, 2007 at 6:13 am

    ikut menyumbang do’a saja.
    saya tidak sepakat dengan pertemuan yang di Hard Rock,benar..terkesan elitis. atau mungkin internet yang memang masih elit di tengah masyarakat kita ya?

    lalu, apa beda secara moral antara blogger dengan para metrosexual yang berhotspot di cafe??

    padahal, isu yang mau dibawa peran blogger untuk indonesia terutama opini ‘alternatif’ dibanding media mainstream yang katanya ‘sarat moral’

  • DenaDena
    September 30, 2007 at 1:31 pm

    waaahhh mimpinya oke bangeeeedddd, mudah2an terwujud deeeehh. kalo gratis dan akomodasinya ditanggung panitia saya pasti daftar duluan 😛

  • komeng
    September 30, 2007 at 1:47 pm

    wah gak jadi dapet job dong saya mas 🙁

  • antobilang
    September 30, 2007 at 4:06 pm

    Saya setuju pak iman dengan usul jamboree ini, lebih luas kesempatannya.
    Kalau yang saya dengar sih, awalnya panitia pesta juga mau membuatnya di stadion. Tapi mungkin karena keterbatasan lain, saya tidak mengerti kenapa hal itu urung dilakukan.
    Mungkin untuk awal ini, biarkan pesta blogger tetap berjalan, dan buat teman2 di daerah diberikan kesempatan mengadakan acara seadanya, sederhana saja, berbarengan dengan pesta blogger. jadi semua bisa berpesta. Nanti kalau bisa, di sela acara diadakan telekonferens dengan jakarta. Saya kira itu bisa menarik.

  • diditjogja
    September 30, 2007 at 7:53 pm

    weh…tenang pakde iman…
    yang monggo mau dateng aja..
    gandeng gak due duit..saya gak ikut dua2 nya pakde 🙁 gak ikut yang hard rock apa yang usule cak kyai…sampeyan dateng to yang hard rock? salam buat sir mbilung…kita conference sama anak2 jogja ntar… 🙂

  • kw
    October 1, 2007 at 7:46 am

    ayo ayo diwujudkan mas… biar rame…. setelah sebelumnya ada pesta blogger, muktamar blogger dan kini jambore nasional blogger….

    top! salut

  • balibul
    October 1, 2007 at 1:40 pm

    dari ujung stadion ada suara bergema..iman..iman..iman…iman.

  • ndoro kakung
    October 1, 2007 at 5:21 pm

    ayo mas, mimpinya diwujudkan. saya yakin sampean bisa. toh teman2 yang lain pasti bantu juga. ayo, ayo, ayo … 😀

  • elistia
    October 2, 2007 at 3:29 am

    Hmm… kalo blog kaya punya aku bisa nyumbang apa yah buat bangsa indonesia tercinta?.. lieur ah!
    Btw.. kok ‘nyaris’ kuliah di Leuven si? wat heppen mas?

  • maya
    October 2, 2007 at 11:33 am

    peradaban sekarang berawal dari mimpi. jadi semoga mimpinya bisa membuat peradaban yg lebih baik untuk masa yg akan datang 🙂

  • Anang
    October 2, 2007 at 1:11 pm

    jambore itu identik dengan cibubur… hehe

  • mr.bambang
    October 2, 2007 at 1:13 pm

    Wahh..ini nih yang kelihatannya lebih pas…PESTA terkadang memang identik dengna sekadar hura-hura…adalagi MUKTAMAR Blogger..juga terkesan sebagai acara tandinngan PESTA blogger yang menggunakan nama sok gaya pesantren.. JAMBORE memang kelihatannya lebih pas. Aku Ikut Mendukung mas!!!!

  • mr.bambang
    October 2, 2007 at 1:17 pm

    Ohya…kalau diadakan di Senayan..mungkin suasananya akan seperti Konferensi Khilafah Internasional yang diselenggarakan oleh HTI. Diikuti oleh ratusan ribu orang yang dengan semangat mengucapkan ALLAHU AKBAR berkali-kali… :D.

    Kalau di Jambore, pekikan yang pas apa ya???

  • Tukang Nongkrong
    October 2, 2007 at 1:48 pm

    makin hebring wae …. 🙂

  • Ale
    October 2, 2007 at 2:41 pm

    Yang jelas dimanapun acara bagi kaum blogger berlangsung, harus bisa memberikan aura baru!
    bukan hanya sekedar kumpul-kumpul tapi juga bisa melahirkan ide-ide yang segar dan menjadi tempat bertukar wawasan.

    Well.. keep writing ya mas Iman!!

  • shige
    October 2, 2007 at 4:13 pm

    sepertinya menarik ..
    semoga ini gak cuma dalem mimpi ya … ^^

  • sutrisno mahardika
    October 2, 2007 at 8:00 pm

    menunggu terealisasi..:)

  • SiMungiL
    October 2, 2007 at 8:56 pm

    Hehehe…mimpi yang luarbiasa! Semoga bisa terealisasi, jika tidak tahun ini mungkin tahun berikutnya? 🙂

    Seru loh, baca blognya!
    Btw, Ong dari Maverick?
    You know the Boss! Cool!

    heheh..

  • golda
    October 2, 2007 at 9:54 pm

    huaaa….
    kapan itu Enda bilang klo bakal ada pesta blogger. Itu sbelum aku ditugaskan ke Bali. Yeah, tugas di bali sudah selesai (sementara) tapi tugas keluarga (pulkam) langsung dilanjutkan.. dan tgl 27 itu kawinan sodaraku di Malang *damn..*

    padahal sudah ada chance menjadi salah satu peserta 200 orang pertama, hahaha.

  • AYAHAKSAN
    October 2, 2007 at 11:40 pm

    Wah mas Iman gila idenya. Sosialisasi ke blog-blog aja dulu, mas. Liat apresiasinya gimana. Kalau memang terwujud, InsyaAllah aku mau datang. Yang penting jelas aja tujuannya. Oya, untuk blogger pemula yang mo ikutan (kayak saya contohnya) mungkin lebih bagus kalau ada diskusi tentang bagaimana mengoptimalkan blog dari sisi materi blog, maupun ‘materi’ yang bisa didapat para blogger. Kan lebih seru tuh, mas. Moga idenya bisa diterima.

  • Yuki Tobing
    October 3, 2007 at 3:12 am

    huhu, sangat ingin dateng saya, cuma apa boleh buat tinggal di sini.. semoga sukses acarnya yah ntr mas iman..

  • Rey
    October 3, 2007 at 1:23 pm

    Gue kok baru tau ya ada pesta blogger tgl 27 nanti? Gak gaul banget sihh… se-gak gaul blog-nya, hehehe 😀

    Sukses aja deh buat acaranya 🙂

  • Nurul
    October 3, 2007 at 4:42 pm

    Idenya menarik. Bagus juga bikin riset awal gimana perkembangan blog di Indonesia, misalnya main issuenya apa, dsb. Jadi bisa keliatan apaan sih yg jadi fokus utama perkembangan blog di kita ini. Atau jangan2 udah ada ya… 😛

  • NiLA Obsidian
    October 4, 2007 at 10:17 am

    VOTE…..!!
    IMAN BROTOSENO jadi Ketua Jambore Blogger!!!!!

    jangan sampe ada oposisi neh….(huehehehe)
    ayo idenya collaborate aja….

    (ini mah bukan mimpi mas….kudu direalisasikan….)

  • ichal
    October 4, 2007 at 3:28 pm

    jambore!!! kayaknya lebih merakyat deh!!,

    di setting kayak WOODSTOCK getoo kale yakkkk!!!!

  • wku
    October 5, 2007 at 9:13 am

    saya juga ngeblog, tapi gak pernah ke cafe, jika mesti ke cafe saya pasti bingung kostumnya seperti apa, pake batik, kaos ato kemeja berdasi, trus pake sendal jepit atu sepatu pantopel, saya juga mesti gelagapan n salah tingkah jika udah masuk ke cafe.

    trus saya juga pasti bingung yang diomongin apaan, sekedar teknis blog, etika ngeblog, cara nambah penggemar atau cuma makan-makan doank…

    eniwei, saya juga turut senang blogger indonesia bisa ber’pesta’ dan makin maju… semoga…

  • gaussac
    October 5, 2007 at 4:58 pm

    mas, ide Jamboree Blogger adalah yang amat sangat cemerlang.
    didukung mas.

  • Barry
    October 5, 2007 at 11:16 pm

    Jambore mengingatkan saya sewaktu masih di SMA Kanisius dulu 🙂 Ternyata mas ini senior saya. Salam kenal.

  • dezz
    October 6, 2007 at 11:27 pm

    wiih.. gokill mimpinya keren hehe..
    tapi kalo beneran jadi aku mau ikut kok mas hehe…

    kabarnya pesta pindah tuh di blitz megaplex

  • eugene
    October 8, 2007 at 12:10 pm

    ini dia..maju terus bung dengan mimpinya..

  • Bintang
    October 8, 2007 at 7:33 pm

    mudah2an mimpinya jadi kenyataan..trus mudah2an juga gw di undang dan dikasih tiket pp gratis…

1 2

Leave a Reply

*