31 August 2011

Lebaran tak kan lewat

Posted by iman under: AGAMA; INDONESIANA .

Mantap sudah keputusan yang saya buat. Sholat ied saya lakukan hari selasa pagi kemarin di Masjid Al Azhar bersama anak lanangku. Bukan versi pemerintah yang menetapkan 1 syawal hari Rabu tanggal 31 Agustus. Ini bukan karena saya pengikut Muhamadiyah. Ini masalah kepraktisan saja. Makanan sudah dimasak sejak siang, dan secara spiritual dan emosional saya sudah mempersiapkan kalau Selasa tanggal 30 adalah hari raya.
Terlebih juga, tidak salah merayakan kemarin. Wong Pemerintah memberi kebebasan kepada umat. Jadilah saya sepakat dengan Muhamadiyah. Kalau melihat pada lelucon di twitter. Ini mungkin mashab JK – Jusuf Kalla – dengan jargonnya. Lebih cepat lebih baik.

Saya malas juga membahas sahih tidaknya perbedaan dua kubu tentang 1 syawal. Bukan itu masalahnya. Jauh lebih penting dua duanya juga sepakat inilah hari kemenangan setelah sebulan penuh melawan hawa nafsu. Silahturahmi dan saling memaafkan. Inilah kearifan lokal yang tidak ada di negara negara lain, bahkan di Arab sendiri. Ada ciri kebersamaan, gotong royongnya.
Para pemudik, tetap saja bergembira bertemu handai taulan. Tidak salah, karena Idul Fitri di Indonesia bersifat kultural. Kita memanggilnya hari raya. Bahasa Arabnya Yaumul Haflah, hari pesta.

Urusan mengintip bulan memang bukan sekali ini saja. Dari dulu orang sudah ribut menentukan tanggal jatuhnya lebaran. Namun secara adminstrasi dan tetek bengek duniawi itu bukan urusan Islam. Karena Islam tak akan bergeser sedikitpun dari kebenaran. Islam tak akan berubah satu inci karena salah paham.

Kata Cak Nun – Emha Ainun Nadjib. Laa raiba fiih. Tak ada keraguan padanya. Kalau orang ragu, itu urusan dia. Islam tidak rugi. Islam bebas dari untung rugi. Hanya manusia yang terikat untung rugi.
Jadi jangan ragu. Mau memilih sholat ied. Ya monggo. Asal jangan mengugat mereka yang berbeda. Yang penting, Lebaran tak akan kelewatan.
Satu permintaan dari saya. Jika ada salah kata dan sikap, mohon dibukakan pintu maaf sebesar besarnya.

Selamat Hari Raya Idul Fitri
Taqobbal Allahu minna wa minkum

8 Comments so far...

efahmi Says:

31 August 2011 at 2:05 pm.

selamat lebaran, selamat liburan, mohon maaf lahir dan batin ya mas iman… 🙂

DV Says:

31 August 2011 at 3:32 pm.

Selamat menyambut hari raya Idul Fitri, Mas Iman!

sandalian Says:

3 September 2011 at 9:28 am.

Kalau dipikir, cara pemerintah ini cukup arkaik dalam menentukan tanggal 1 Syawal.

Disebutkan bahwa pemerintah menggunakan perpaduan hisab dan rukyah. Lucunya, jika hasil hisab belum meyakinkan, digabung dengan hasil rukyah. Tapi jika hasil rukyah berbeda dengan hisab, yang digunakan tetap yang rukyah. Lalu di manakah gabungan/perpaduan dua cara tersebut? 😀

Selamat lebaran Mas Iman, maaf lahir dan batin 🙂

boyin Says:

7 September 2011 at 2:29 pm.

saya paling seneng lebarannya diundur tgl 1 karena hotel saya lebih rame tingkat kunjungannya ke depan…heee…

penunggu kios Says:

10 September 2011 at 8:14 pm.

wawwwww,,,,
good, makin ok aja dech…!
mampir2 yaw bos, heeeee
@imam, Nganjuk-Jatim. (blogger nganjuk)

edratna Says:

18 September 2011 at 7:34 am.

Si mbak sudah mulai masak sejak selesai sahur hari Senin….ehh tahu-tahu Lebaran mundur…apa boleh buat, saya seperti mas Iman, hari Selasa Lebaran….tapi karena masjid dekat rumah mengikuti pemerintah, saya sholat Ied baru hari Selasa.

Awalnya suami dan si sulung ikut Lebaran hari Rabu..ehh anak bungsuku telpon dari Jepang, kalau dia sudah sholat Ied…kata ayahnya, bapak belum Lebaran nduk….hehehe.
Si sulung, yang masih puasa penasaran, lihat internet ternyata di Arab sudah Lebaran…jadi dia membatalkan puasa dan ikut makan ketupat opor…..rame deh, tak perlu dipersoalkan.

Mohon maaf lahir batin ya mas Iman…..

edratna Says:

18 September 2011 at 7:35 am.

Ralat…maksudnya sholat Ied hari Rabu….

pinkina Says:

19 September 2011 at 9:38 pm.

maaf lahir batin mas iman

Leave a Reply

*

Mencari Jawaban

Artis tend to be dark, worried and superstitious creatures. This is not bad. It makes me perfectionist, it makes me care. Moreover the ability to see the darker side of life is an asset not just directing dramatic and tragic movies, but also for directing comedy, since comedy often has pain inside it. Do you believe that life and film tragically too close together ? I do ...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Iman Brotoseno. Make your own badge here.


Categories

Archives

Hot Topics

Spice of Life


Why Blog ?

Why the BLOG will change the world ?The explosion of blogs throughout the world has been the biggest phenomenon since the rise of the Internet itself. Today, more people read blogs than newspapers. Blogs are just a tool, of course. It’s the bloggers behind the blogs that will make the difference. Here's Why

Blog lama saya masih dapat dilihat disini

( DISCLAIMER ) Photo dan Gambar Ilustrasi kadang diambil dari berbagai sumber di internet - GETTY IMAGES dan CORBIS selain photo teman dan milik saya sendiri. Kadang kala sulit untuk menemukan pemiliknya. Jika ada yang merasa keberatan bisa menghubungi untuk dicantumkan namanya.

Subscribe this blog

  Subscribe in a reader
Enter your email address:
  
Delivered by FeedBurner
December 2018
M T W T F S S
« Oct    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31