5 August 2008

Gerakan Seribu Buku

Posted by iman under: BLOGGERS .

Ada sebuah kebiasaan yang tak boleh dilupakan, ketika kami pergi menjelajah untuk menyelam. Yakni membawa buku buku apa saja untuk dibagikan kepada warga daerah tempat kita menyelam. Ada yang membawa majalah, atau membawa buku pelajaran. Saat menikmati alam bawah laut Raja ampat, Papua, ada teman yang membawa alkitab. Demikian juga ketika menuju Selayar, ada yang membawa buku buku agama Islam. Tidak banyak, dan yang lebih menggembirakan sebenarnya saat melihat mereka menerima dengan suka cita oleh oleh kami dari Jakarta. Buku yang mungkin menjadi barang langka bagi sebagian orang di pelosok pelosok negeri ini.
Saat surface interfal di kepulauan Padaido bawah, Biak – Papua. Keriangan jam makan siang kami di pantai bertambah dengan hiruk pikuk anak anak pulau yang berebutan membaca Donal Bebek sampai buku cerita lainnya. Luar biasa.

Ini memang masalah sepele. Daripada buku buku atau majalah menumpuk di jual kiloan ke tukang loak keliling. Lebih baik kami bawa sedikit demi sedikit kepada mereka mereka yang mungkin membutuhkan. Terus terang buku sebenarnya masih menjadi barang mahal di negeri ini. Berbeda dengan India yang entah bagaimana Pemerintahnya bisa memenuhi kebutuhan buku warganya dengan harga yang sangat murah.

Ide besar dari komunitas BHI dan Cahandong menyalurkan buku buku kepada perpustakaan daerah atau warga di pelosok desa menjadi oase yang menyejukan dari komunitas blogger. Ini sekaligus membuktikan bahwa suara blogger tidak hanya berputar putar di komunitasnya. Bloger tidak menjadi menara gading yang terpisah dengan masyarakat. Gerakan Seribu Buku ini memang tidak besar, tetapi semestinya menjadi pioneer untuk perbaikan kualitas hidup bangsa. Sekecil apapun.

Jika anda anda ingin berpartisipasi untuk mewujudkan solidaritas ini, sangat diharapkan untuk menyumbangkan buku buku layak baca kepada mereka yang akan menyalurkannya. Buku di kirim ke Muhammad Saifullah, d/a Jl Kebon Kacang II no 70 Tanah Abang Jakarta 10240 atau setiap Jum’at malam melalui Komunitas Bunderan Hotel Indonesia.
Harapan saya, ada pemetaan target sasaran penerima buku sehingga tidak ada buku yang mubazir tidak terbaca. Daerah Gunung Kidul mungkin lebih memerlukan buku buku pertanian, teknologi pengairan – disamping buku agama, pelajaran, fiksi – daripada buku buku Perikanan misalnya. Tak ada salahnya bekerja sama dengan mereka yang lebih dulu pernah membangun perpustakaan atau terbiasa dengan pekerjaan mulia ini sebelumnya.
Sekali lagi, tak ada yang lebih menyenangkan bisa berbagi dengan sesama. Berbagi ilmu dan wawasan. Siapa tahu kelak ada pemimpin bangsa ini datang dari anak anak laut kepulauan Padaido. Berkat buku yang urung kita buang.

35 Comments so far...

Anang Says:

5 August 2008 at 2:49 am.

setubuh, ak suka sekali penekanan kata pada kata berbagi, hehe

merahitam Says:

5 August 2008 at 2:51 am.

Sip Mas Iman. Kapan lagi kita berbagi? 🙂

Hedi Says:

5 August 2008 at 4:07 am.

saatnya kita membuktikan bahwa blogger bukan tong kosong 😀

edratna Says:

5 August 2008 at 6:11 am.

Wahh ada satu tempat lagi jika buku sudah menumpuk. Saat anak saya bakti sosial bersama teman-temannya ke sebuah Panti Asuhan (dan berdesak2an menginap di rumah saya di Bandung), buku Donald Bebek, juga komik yang lain, ternyata sangat disukai anak-anak.

Dulu, suami suka membundel majalah seperti Femina, Donal Bebek, juga bacaan lainnya….memang kalau udah dibundel bacanya susah…dan anak-anak tak terlalu suka.

mantan kyai Says:

5 August 2008 at 7:00 am.

buku bisa disumbangkan ke saya pak iman 😀 fakir ilmu neh 😀

leksa Says:

5 August 2008 at 7:17 am.

Duta sudah sampai di Jogja,…
*halah…

pertemuannya udah di atur Anto semalam 😀

Dilla Says:

5 August 2008 at 7:32 am.

Jd pengen ikutan.. *beberes bukubuku di rak*

kw Says:

5 August 2008 at 7:52 am.

yuk yuk yuk…. berbagi dengan banyak orang itu lebih indah daripada orgasme yang hanya berdua atau sendirian saja 🙂

bangsari Says:

5 August 2008 at 7:56 am.

gudang kebon kacang sudah disiapkan kumendan…

Donny Verdian Says:

5 August 2008 at 8:37 am.

Salut! Maju terus blogger Indonesia *sambil mikir-mikir buku apa yang saya relakan untuk dibagi ya.. wah lha kok masih bagus-bagus dan masih sering kubaca ulang ya… ikut dukung lewat kata-kata dulu aja deh!*

supermom Says:

5 August 2008 at 8:49 am.

aku mau berpartisipasi mas,
aku kirim ke alamat mana mas?
ASAP aku kirim ya..

1000buku Says:

5 August 2008 at 9:44 am.

Terima kasih telah membantu mempublikasikan 🙂

pitik Says:

5 August 2008 at 10:06 am.

matur tengyu mas iman…semoga harapan2 dari mas iman bisa kami laksanakan..lapan anem, ndan!

edo Says:

5 August 2008 at 12:18 pm.

mas..
pengen ikut dikit. kalo boleh sekalian berkenalan dengan teman2 BHI
tiap jumat malem kan yah?
jumat ini mas iman disana?
maklum, rada grogi. abis ngga ada yang saya kenal 🙂

MaNongAn Says:

5 August 2008 at 12:21 pm.

delapan anam ndan, siap dikondisikan.

@Donny Verdian, supermom, all : monggo itu di klik yg 1000buku.

.::he509x™::.

Epat Says:

5 August 2008 at 12:36 pm.

menjura pada temen-temen semua BHI dan cahandong…..

Tukang Nggunem Says:

5 August 2008 at 1:12 pm.

Ide yang menarik, mulia dan sangat bermanfaat, saya cuma bisa mendukung dengan doa saja…disamping koleksi buku saya juga cuma sedikit dan masih saya pakai, hehehe…

nonadita nonadita » Gila Buku, Kutu Buku dan Berbagi Says:

5 August 2008 at 4:38 pm.

[…] kata Mas Iman Brotoseno, tak ada yang lebih menyenangkan bisa berbagi dengan sesama. Berbagi ilmu dan wawasan. Siapa tahu […]

Ikatan Alumni SMK Telekomunikasi Malang » Blog Archive » Gerakan 1000 Buku Says:

5 August 2008 at 6:27 pm.

[…] di :Official Blog 1000 BukuBlognya Pak Ketua (termasuk FAQ di dalamnya)Blog teman, teman, pacar eh teman juga, teman, teman, teman, teman, teman, teman,teman, teman (yang gak ada linknya nyusul , ntar diupdate […]

meity Says:

5 August 2008 at 7:03 pm.

pak iman, ada batasan waktunya ga kalau mau sumbang buku2 yang udah ga kita butuhin lagi?

aminhers Says:

5 August 2008 at 7:55 pm.

Smoga budi baik kawan2 pendonor buku , dibalas dg kebaikan dari Yang Maha Esa;
Saluete Mas Iman.

Iman Says:

5 August 2008 at 9:38 pm.

supermom,
boleh dikirim ke alamat diatas saja
Edo,
silahkan ..kemungkinan saya ada kok disana
Meity,
mungkin tidak ada batasan waktu,cuma sebaiknya dalam bulan bulan ini sampai oktober agar momentumnya masih anget

Goen Says:

5 August 2008 at 9:57 pm.

Para “bloger Yogya yang murah hati ituh” (uhuk-uhuk) siap berkolaborasi dengan manis….

*mlayu*

Rita Says:

6 August 2008 at 7:39 am.

Alhamdulillah, insyaAllah manfaat. Rata-rata kalau sudah agak kepelosok daerah, buku menjadi hal yang minim dan mahal karena itu benar mereka butuh tangan2 kita yang mobilitasnya lebih luas. Kebetulan disini tiap tenggang waktu tertentu sudah secara kolektif warga menyerahkan buku(buku pelajaran, buku cerita alinnya) bahkan pakaian (seragam sekolah dan lainnya) kepada tim Volunteer (anggotanya para expatriate dan pribumi, termasuk saya tpi sekarang lagi istirahat).
Benar mas, buku2 di negeri ini begitu mahal, untuk kelas satu SD saja bisa menghabiskan 3-400 ribu rupiah… Bagaimana dengan anak2 tidak mampu???…..
Program buku murah bahkan kalo boleh gratis khusus untuk buku2 pelajaran, Ini harus masuk agenda calon pemimpin terpilih nantinya (ini kampanye ya?)

ibu jilbab Says:

6 August 2008 at 11:57 am.

aku mau ikutan dong mas. boleh buku apa aja ya, yg penting mengandung ilmu pengetahuan, siapa tahu yg bekas ini bisa membawa manfaat untuk yg membutuhkannya. aku sangat mendukung u kegiatan ini, jangan berhenti sampai disini….lakukan yg lebih….yg lebih…. untk saudara2 kita yg jauh disana….

Ndoro Seten Says:

6 August 2008 at 12:52 pm.

Buku memang jendela dunia yang relatif sederhana….
salut dech….untuk tekad teman semua!

Indah Sitepu Says:

6 August 2008 at 5:28 pm.

OOT minta izin nge-link blognya ya mas iman yang baik 🙂

Iman Says:

6 August 2008 at 6:25 pm.

silahkan indah yang baik juga…

silly Says:

7 August 2008 at 5:11 am.

kalo saya yang link di blog baru saya.. saya dibilang baik juga gak mas iman???

sekalian mo minta tolong, tapi ntar lewat email aja deh. thanks

Iman Says:

10 August 2008 at 11:16 pm.

silly,
silahkan silly yang baik juga

Seribu-Buku – sampai dimana kepedulian kita? « summary Says:

12 August 2008 at 2:27 am.

[…] dari para blogger, paling tidak dalam mempublikasikannya. Dan seperti yang diungkapkan oleh mas Iman, sebaiknya ada pemetaan target sasaran penerima buku sehingga tidak ada buku yang mubazir tidak […]

Atmojo Says:

14 August 2008 at 9:27 pm.

Saya senang sekali Anda juga punya koleksi majalah. Siapa tahu kita bisa bertukar koleksi. Aau mungkin saya bisa membeli koleksi Anda yang saya tidak punya. Boleh? Email saya: alamkita@indosat.net.id

gusmus Says:

13 October 2008 at 7:42 am.

kebetulan kita juga forum masyarakat cinta buku, bisa kerjasama?

Nurjanah Bakti Says:

29 September 2009 at 10:55 pm.

Alhamdulillah saya menemukan blog ini, kebetulan saya juga bergerak di bidang yang sama yaitu mengumpulkan buku2 bekas yang tentunya masih layak dibaca, bedanya kalau saya mengumpulkan buku untuk dikirim ke desa saya di Bima Nusa Tenggara Barat.
Kalau ada buku2 yang lebih boleh dikirim ke kami, keterangan lebih lanjut dapat dilihat di “www.bimacenter.com” terima kasih. salam hormat.

Healthblog Says:

12 April 2010 at 7:54 pm.

You got fantastic nice ideas there. I made a research on the topic and got most peoples will agree with your blog.

Leave a Reply

*

Mencari Jawaban

Artis tend to be dark, worried and superstitious creatures. This is not bad. It makes me perfectionist, it makes me care. Moreover the ability to see the darker side of life is an asset not just directing dramatic and tragic movies, but also for directing comedy, since comedy often has pain inside it. Do you believe that life and film tragically too close together ? I do ...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Iman Brotoseno. Make your own badge here.


Categories

Archives

Hot Topics

Spice of Life


Why Blog ?

Why the BLOG will change the world ?The explosion of blogs throughout the world has been the biggest phenomenon since the rise of the Internet itself. Today, more people read blogs than newspapers. Blogs are just a tool, of course. It’s the bloggers behind the blogs that will make the difference. Here's Why

Blog lama saya masih dapat dilihat disini

( DISCLAIMER ) Photo dan Gambar Ilustrasi kadang diambil dari berbagai sumber di internet - GETTY IMAGES dan CORBIS selain photo teman dan milik saya sendiri. Kadang kala sulit untuk menemukan pemiliknya. Jika ada yang merasa keberatan bisa menghubungi untuk dicantumkan namanya.

Subscribe this blog

  Subscribe in a reader
Enter your email address:
  
Delivered by FeedBurner
September 2019
M T W T F S S
« Aug    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30