CATATAN HARIAN INI ADALAH KEBEBASAN EKSPRESI

Lance, sahabat saya yang juga sutradara film ‘ Cinta Silver ‘ dan kini sedang menyelesaikan film berikutnya, “ Jakarta Under Cover “ yang konon akan di release tahun depan, mengatakan di depan teman teman bahwa sekarang ia harus berhati hati bersikap terhadap saya. Karena ada kemungkinan apa yang saya lihat bisa saja masuk blog pribadi saya. Suatu pernyataaan yang bisa salah tapi juga bisa benar. Sejak catatan harian ini menjelajahi dunia maya, diary ini memang menjadi rumah kaca yang dapat dilihat oleh siapapun. Saya banyak mendapat sms dan telpon baik dari mereka merasa tersinggung, marah marah karena merasa dibicarakan walau saya tidak menulis secara langsung nama nama yang bersangkutan, juga merasa tulisan saya tidak pada tempatnya. Ada juga yang memberi dukungan, mengutip kata Rendra, bahwa kesaksian harus ditegakkan.
Dengan tidak mengurangi rasa hormat terhadap siapapun, bahwa apa yang tertulis di catatan harian saya merupakan kebebasan ekspresi saya mengemukakan pendapat, menyatakan apa yang saya rasakan dan saya lihat. Saya tahu nilai kebenaran dan itu sangat subyektif dari sisi mana kita melihatnya, tapi tidak seorangpun bisa memaksakan kehendak atas isi dari tulisan saya. Apalagi memaksa mencabut tulisan tersebut.

Catatan harian ini juga adalah refleksi pemikiran yang bergejolak dalam benak saya, batin saya dan lepas dari segala macam atribut yang melekat pada diri saya, walau saya menjadi ketua RT, menjadi ketua suatu organisasi, bahkan pasangan jiwa dari orang yang saya cintai. Kadang kala sebuah kejujuran bisa seperti permen lollipop, yang terasa pahit kalau lama disimpan. Kadang juga memang seperti tragedi drama tonil Shakespeare. Mudah mudahan saja tidak ada yang berpikiran seperti Julius Caesar sewaktu ditikam dan dikhianati Brutus…..“ E tu Brute…”

You Might Also Like

2 Comments

  • oca
    October 11, 2006 at 12:31 pm

    hajjjjjjaaaaar!!!
    🙂 pa kabaaaar??? ai link ya blognya..

  • totot
    October 16, 2006 at 9:16 pm

    Asyiknya sih Lance serta semua yang tersinggung dan marah-marah ikut ngeblog juga. Biar kita juga tahu perasaan dan pikiran mereka. Cuma dengan begitu bisa terjadi dialog. Cuma dengan dialog kita bisa saling memahami. Cuma dengan saling memahami dunia akan jadi lebih baik, insya Allah. 🙂

Leave a Reply

*