TERNYATA MEMANG HANYA PESTA

Apa yang saya kuatirkan, ternyata benar. Pesta Blogger kemarin memang hanya sebuah ‘ pesta ‘ , kumpul kumpul dan kopi darat secara massal. Plus dengan embel embel dibuka seorang Menteri yang dengan gempita mencanangkan 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional. Mau berharap lebih ? seperti deklarasi blogger Indonesia , nanti dulu. Dalam forum talk show, ketika ditanya strategi tujuan oleh seorang peserta, Chairman Pesta Blogger sendiri tidak mempunyai bayangan arah tujuan Blogger Indonesia. Bahkan moderator Wimar Witoelar sendiri tak bisa merumuskan dari seluruh peserta tentang definisi Suara Baru Indonesia, jawaban yang ada lebih ke tataran utopia. Jadi Memang tidak usah berpikir keras, bahwa Blogger Indonesia akan memberikan kontribusi pada bangsanya. Sabar, belakangan saja. Jika mengutip komentar Maya , “ ..setelah begitu seringnya melihat sesuatu yang cikal bakalnya bagus tergerus menjadi sekadar pop icon, saya takut Pesta Blog akan tertitik beratkan pada ‘ pesta ‘ dan ‘ pergaulan ‘. Jadilah memang kita bersilahturahmi, makan makan dan berkenalan dengan teman teman baru. Tidak ada yang salah , bahkan menyenangkan memang bertemu dengan mereka yang selama ini kita kenal lewat blognya, Tika , Mas Mbilung , Rina mpok Venus , Iqbal dan komunitas BHI , Totok , Rizka , juga tentu saja Enda sang empunya hajatan, yang mengguncang keras tangan saya, “ Oh yang ini namanya pak Iman “ serta lain lain yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu. Yang lebih mengharukan, saya tidak menyadari bahwa begitu banyak orang yang mengenal diri saya melalui blog abal abal saya. Ini bukan main main, selalu ada yang menegur atau mengajak photo bareng ketika melihat name tag tergantung di dada saya.


Banyak harapan teman teman bahwa ajang ini akan menjadi momentum kebangkitan blogger. Jika melihat sponsor yang ada tadinya saya berharap Nokia meluncurkan sebuah platform baru buat kemudahan bloging lewat handphone, atau Microsoft menyatakan bahwa seri tertentu Windowsnya akan dibagikan gratis ke seluruh rakyat Indonesia. Dan yang lebih menggelikan adalah justru Menteri Infokom menantang para blogger untuk menciptakan lagu kebangsaan blogger. Lagu ini harus tercipta tahun 2008 dan ada hadiahnya ! apakah ini ada hubungannya dengan kesukaan Presiden RI yang pandai menciptakan lagu lagu. Mestinya dia menantang blogger Indonesia untuk membuat web hosting asli Indonesia, atau mengajak bekerja sama para pakar IT , blogger untuk menciptakan teknologi tepat guna internet murah. Ketika bubaran acara, Pakde disebelah saya nyeletuk, “ Beginilah kalau Menterinya nggak tahu blog, paling baru tadi pagi dia nanya ke anaknya . “

Terus terang, saya jadi pesimis dengan masa depan komunitas blogger Indonesia dalam pengertian memberikan sumbangsih terhadap bangsanya, jika masih asyik saja terhadap dirinya sendiri. Justru penggalangan dana dari komunitas blogger untuk anak anak yang tak mampu bersekolah di dusun bangsari, Jawa Tengah lebih terasa bermakna. Jelas dan kongkrit. Namun secara keseluruhan saya angkat topi buat panitia yang telah bekerja keras mewujudkan acara ini. Hal hal kecil seperti kurang terkoordinasinya acara break out seassion, seperti Ndoro Kakung dan Ndobos yang harus teriak teriak agar tidak kalah dengan suara speaker di lantai bawah. Joko Anwar yang bengong karena tidak ada peminat yang datang ke acaranya, sehingga saya harus menemani ngobrol ngobrol mengenai dunia film. Semua itu tetap menunjukan Pesta Blogger sukses sebagai acara berskala nasional. Ketika duet MC berteriak..” Sampai jumpa di Pesta Blogger 2008 ! “ . Jangan jangan nanti kita disambut oleh Mars Blogger , karena bloger sudah menjadi bagian birokrat, seperti ABRI atau artis artis SAFARI jaman 80an.
“..Angkatan muda blogger Republik Indonesia,
siap sedia, mempertahankan, menyelamatkan,
Negara Republik Indonesia…”

You Might Also Like

55 Comments

  • rievees
    October 28, 2007 at 12:03 pm

    Koq sy ga bgt kaget ya dgr cerita ini.. Wong judulnya aja ‘pesta’, koq kurang gimanaaa gitu ya..
    Ya diambil positifnya aja mas..
    Mas Iman jadi tau kan kalo ternyata banyak fansnya :DD
    Btw, utk mars blogger hadiahnya apa ya?

  • peyek
    October 28, 2007 at 1:06 pm

    Ah..ternyata disini adalah tempat penilaian yang netral dan dari sudut yang lebih objektif.

    Sebelumnya saya mengucapkan Selamat atas terselenggaranya Pesta Blogger dengan sukses.

    Saya menunggu pendapat anda tentang hasil pesta blogger 2007 itu dan saya bener-bener salut setelah membaca ini.

    Ribuan jumlah calon blogger aktif diluar sana yang belum mempunyai media untuk meneriakkan suara mereka, kemarin, adalah momen tepat untuk memperjuangkan, agar semua terapresiasi untuk mendapat media yang sama, kalo biaya koneksi tetep mahal, tetaplah blog adalah milik kalangan tertentu saja.

    Karena ini yang pertama, semoga ini tidak terjadi untuk tahun depan.

    Salut untuk komunitas Bangsari.

    *maaf, jika ada yang tidak nyaman, ini hanyalah pendapat pribadi*

  • leksa
    October 28, 2007 at 1:37 pm

    Diakui atau tidak, diacara kemarin terbukti Mas Iman adalah “Seleb Blog” … bkn kata saya lho, Mas..

    seketika saya bingung mau post komentar apa, padahal blog komentar blogspot ini udah kebuka ..

    terima kasih saja buat tulisan ini kalo gitu.

  • venus
    October 28, 2007 at 1:49 pm

    hahaha…iya sih, justru nuansa kopdar ala blogger-nya yg lebih kerasa. saya juga bete pas acara ‘omong2an’, makanya pilh ngabur bareng hedi dan mbilung ke smoking lounge :))

    tapi apa pun, salut untuk panitia yg udah jungkir balik nyiapin acara ini. ga bisa terlalu berharap banyak, tapi menurut saya, kalo kita pengen melakukan sesuatu, ya kita2 inilah yg sebaiknya bikin sesuatu seperti si bangsari dan komunitas BHI itu, misalnya. yang ‘kecil-kecil’ dalam skala kecil, tapi kalo kita semua melakukan hal serupa di komunitas masing2, bayangkan apa yg bisa kita sumbangkan…

  • Nahria Medina Marzuki
    October 28, 2007 at 2:42 pm

    Justru aku bingung nyari diskusi yg ada joko anwarnya tuh sebelah mana lho mas…abis tempatnya jauh2 antara diskusi yg 1 dngn yg lain 🙁

    Capek jalannya sambil nenteng tas goody bagsnya..

  • Nona Nieke,,
    October 28, 2007 at 2:43 pm

    Saya juga gak kaget lagi membaca judul postingannya om Iman..
    maaf, tp dari ‘title’ “Pesta” itu saya udah kurang respect..
    kalo tahun depan acara ini diadain lagi dengan tema sosial atau amal, tentu nama “Pesta” udah gak tepat penggunaannya..

    Mungkin alangkah lebih baik kalo membuat nama dan konsep acara yg lebih fleksibel apalagi kalau seandainya masih mungkin diadakan tahunan..

    Overall, saya tidak bisa komen soal acara, karena saya bukan orang yg berada di pesta itu..

    Btw om Iman, siapa pemenang Awardnya kategori Current Issues?

    Is that u..?

  • Nico Wijaya
    October 28, 2007 at 3:30 pm

    Uhui…kalo saya dateng juga pasti nyariin mana yang mas Iman.

    Oiyya ngomongin teknologi blogging via hape, pengalaman saya selama ini, mungkin sekadar sharing saja, saya biasa ngeblog dengan Opera Mini v 3 yang di instal di Nokia N70, operatornya menggunakan mentari indosat*GPRS, Rp. 1 per Kb*.

    Nah, apakah ini sudah tergolong mudah dan murah dalam bloging lewat handphone?

  • Syiddat
    October 28, 2007 at 4:52 pm

    Oalah…gituh toh ceritanya…:p

  • siska
    October 28, 2007 at 5:28 pm

    iya iya…Award nya gimana nih? Sapa yg dapet? hihihipenasaran.

  • Totok Sugianto
    October 28, 2007 at 6:00 pm

    Akhirnya saya ketemu juga dengan Mas Iman kemarin. Acara kemarin memang lebih ke silahturahmi Blogger saja. Tidak ada kesimpulan ataupun pimbicaraan yang mampu mengangkat tema Suara Baru Indonesia kecuali ditetapkannya hari itu sebagai hari Blogger Nasional.

  • triadi
    October 28, 2007 at 7:02 pm

    hehehe…mas iman grup oposan “blogger major label” 🙂

  • Jiewa
    October 28, 2007 at 7:51 pm

    “Beginilah kalau Menterinya nggak tahu blog, paling baru tadi pagi dia nanya ke anaknya.”

    Udah gitu sama anaknya cuma dijawab : “Ya cuma diari curhat gitu lah pak”

    *joke2 pak Mentri*

    Walaupun format & agendanya sendiri masih kabur, setidaknya ini adalah awalnya yg menyegarkan buat iklim blog Indonesia 🙂

  • antobilang
    October 28, 2007 at 8:22 pm

    Diakui atau tidak, acara penggalanagan dana kambing “bloggers for bangsari” adalah penyelamat “muka” pesta blogger.

    satu hal yang saya sesalkan, saya ngga bisa ketemu pak Iman, hiks hiks
    *lha wong saya pesta sendiri di jogja je!*

  • Mbilung
    October 28, 2007 at 9:15 pm

    Terima kasih Mas Iman. Saya girang sekali bisa bertemu Mas Iman. One of the highlight buat saya.

  • Aris Heru Utomo
    October 28, 2007 at 10:28 pm

    Ya namanya juga pesta mas Iman, kumpul2, makan/minum, kenalan dan ngobrol sana sini. Cuma karena pesta ini dikasih tema “Suara Baru Indonesia” makanya banyak muncul harapan2 besar diluar tujuan pesta itu sendiri.

    Ke depan, setelah pesta usai dan bloggers kembali kedepan pc dan laptop masing2, para bloggers dapat menuangkan ide2 dan gagasan yg lebih baik dan memaksimalkan pertemanan yang didapat dari pesta tsb utk memberikan kontribusi yg lebih nyata bagi masa depan bangsa. Merdeka !!!

    *nulis komen sambil mendengarkan mars blogger Indonesia gubahan mas Iman: Angkatan Blogger Republik Indonesia … *

  • NiLA Obsidian
    October 28, 2007 at 11:19 pm

    seperti sudah saya duga…..
    eniwei….salut buat panitia buat kerja keras nya….

    jadi mas iman…..apa rencana selanjutnya?….menyambut tawaran pak menteri buat lagu mars blogger?

    …..:-)

  • Dony Alfan
    October 29, 2007 at 1:07 am

    Semoga tahun depan jadi pake nama “Jambore”. Ternyata seleb blog dan seleb tv nggak beda, sama2 diajak foto bareng. Atau dimintai tanda tangan segala?
    Dan semoga tahun depan saya bisa ikutan, dan bertemu sampeyan.
    Hidup blogger Indonesia!

  • Hedi
    October 29, 2007 at 2:39 am

    Kalo yang saya liat, ini baru tahap gimana ngeblog yang enak, berikutnya mungkin baru mikirin bikin konten yang nendang sebagai perwakilan suara baru itu sendiri.

    Ya, saya pikir emang tugas semua bloggers. Mudah2an aja bisa terlaksana, ga cuma slogan.

    Btw, saya seneng bisa ketemu sampeyan, mas.

  • NN
    October 29, 2007 at 4:42 am

    Gak tahu harus komen apa karena saya tidak berada disana, tapi kalau baca dari tulisan mas iman, kayanya lebih seruan waktu kita-kita diajak bakti sosial dengan membantu anak-anak kurang mampu di lapangan monas, walau baru sekedar menemani mereka melihat-lihat monas dan buat acara kecil2an aja.

    ya walau bagaimanapun ya selamat ya, atas terselenggaranya acara tersebut, karena biar bagaimanapun, ini kan yang pertama semoga ada perbaikan untuk selanjutnya. Amien.

  • kenny
    October 29, 2007 at 5:18 am

    selamat pestanya udah berjalan dgn lancar.
    karna baru pertama kli diadakan jadi masih jauh dari tujuan utamanya kali ya, smoga th2 mendatang lebih baek lagi.

  • de
    October 29, 2007 at 6:41 am

    kalo di film mas ada di belakang layar, kalo disini jadi star hehehe
    marsnya sip kekekekek

  • Innuendo
    October 29, 2007 at 7:20 am

    mungkin baru pertama kali, jadi masih meraba raba. mudah2x-an yg berikutnya lebih bermakna..halah..*meski geli juga bakal ada lagu blogger

    ajak pak menteri ngeblog donk

  • TaTa
    October 29, 2007 at 7:22 am

    Mungkin harusnya bukan “pesta blogger 2007” yah …tapi “kopdaran blogger 2007” xixixix….
    ani wei selamat deh buat para panitia yang udah sukarela ngelakuin semua….

  • just Endang
    October 29, 2007 at 7:56 am

    spt sdh saya duga dan bincangkan dgn nila sebelumnya mas…..tapi ya maklum, mgkn utk pertama, panitia msh pengen ngeliat gimana sih suasana kalo para blogger ngumpul bareng dlm skala lbh besar dari kopdar yg biasa. Tp, keburu mencanangkan tema yg ‘berat’ untuk bisa kita lakukan sekarang….pasti bisa lbh baik nanti deh….optimis !!

  • mumu
    October 29, 2007 at 10:47 am

    saya tidak berharap banyak, tidak membayangkan banyak dan sudah menduga kira2 akan seperti apa, jd ya udah pulang dgn ringan aja….hihihi

  • kw
    October 29, 2007 at 10:51 am

    sepakat mas. oh ya kemarin kok saya tidak mengenali sampean ya 🙂

  • andi bagus
    October 29, 2007 at 11:20 am

    selamat atas sukses nya acara pestablogger..hmmm..hari blogger nasional yah tanggal 27 okt 07..pokoke didukung aja lah..

  • amethys
    October 29, 2007 at 11:50 am

    wow…selamat …walau bagaimana pesta bloger nya sukses kan? dengan membludaknya peserta?
    semoga dengan ide pakar2 blogger Indonesia, blogger Indonesia akan memberikan arti dan menfaat bagi semuanya…(sudah ada contohnya kan? tuh bangsari???)

  • Wazeen
    October 29, 2007 at 2:43 pm

    nggak tega ah ngritik Pesta Blogger 2007 panitia-nya cakep-cakep 😀 ,
    *joke*
    setuju banget bikin web hosting aseli bikinan putra republik ini

  • Joell de Franco
    October 29, 2007 at 2:47 pm

    Pesta Blogger..!!!!hahaha sayang saya kemarin tidak bisa datang, padahal ada jatah tiket buat saya…berhubung saya masih mahasiswa yang masih ikut orang tua, jadi ya gak bakalan saya bisa datang ke jakarta…gak punya duit Jek!!! tapi tiket saya kemarin saya wakilkan ke salah satu anggota BHI, semoga masnya itu gak malu2in saya..lha wong katanya mau datang nelat trus pake sendal jepit dan pakaian compang-camping e…gak ada yang begitu kan Mas Iman??hehehe…salam hangat mas, makasih udah mampir ke blog saya…hidup Blogger!!!!

  • snydez
    October 29, 2007 at 3:33 pm

    hwhww..
    *cuma bisa nyengir..

  • Bangsari
    October 29, 2007 at 4:44 pm

    waktu kenalam kemarin terus terang saya ndak ngeh kalo sampeyan itu mas iman. setelah berlalu saya baru mikir, “oh, tadi mas iman brotoseno. kok saya diem aja ya?”. hahaha.

    soal pesta blogger, wong kami ini ndak pinter pinter amat, jadi ya ngurusi kambing aja yang lebih gampang.

    btw, terima kasih atas dukungannya terhadap program wedus ini mas iman.

  • .:nien:.
    October 29, 2007 at 7:15 pm

    owh …. ada toh?
    ngertinya ada yg invite YM kalo ada pestablogger.
    *maklum blogger kuper*

  • anton
    October 29, 2007 at 10:03 pm

    hmm, setelah pesta usai lalu apa?

  • -tikabanget-
    October 29, 2007 at 10:45 pm

    ah, akhirnya sayah ketemu mas iman ituh… ^^
    hhahaha..
    intinya pesta blogger ini kan sebenernya nurut sayah ya kopdar raksasa.. acara laen laennya ituh sampingan menurut sayah..
    kopdar raksasa yang dibungkus dengan berat.. efeknya ekspektasi peserta jadi ketinggian.. 😀

  • annots
    October 30, 2007 at 2:20 am

    Fyyyuhhh…, jadi saya tidak begitu menyesal untuk tidak datang di acara akbar tersebut, untung saya ikut merapat dengan sesama rakyat kalangan bawah Jogjakarta.

  • teguh
    October 30, 2007 at 4:08 am

    Terima kasih telah menuliskan cerita ini. Berguna buat saya yang tidak bisa hadir.

    Mungkin karena baru yang pertama, Mas, jadi semuanya masih sedikit meraba-raba. Semoga, pada kali berikutnya bisa lebih menggigit.

    Ah, sebagai pemula saya tidak bisa komentar banyak…

    Btw, klip “Tanah Airku” itu bagus sekali. Bisa dipinjam gak…?

  • escoret
    October 30, 2007 at 9:53 am

    ambil positipnya aja kaleee…Bisa ktm blogger2…

    Bukan begitu.???

  • iway
    October 30, 2007 at 1:33 pm

    lha emang hasrat terdalam dari pelaku dunia maya (menurut saya) adalah bertemu muka dengan pelaku dunia maya lain yang disenanginya 😀
    next time will be better lah mas

  • Iman Brotoseno
    October 30, 2007 at 3:23 pm

    Bung Teguh,
    Silahkan…

  • elistia
    October 30, 2007 at 4:07 pm

    lagu kebangsaan blogger?? hari blogger nasional?? what the… 😛
    menggelikan sekaligus menyedihkan…

  • mer
    October 30, 2007 at 4:19 pm

    Mas Iman, terimakasih banyak untuk laporan-nya yang terasa sangat jujur, kritis, dan apa adanya. Terasa sangat segar — setelah saya membaca banyak sekali laporan yang terasa “mengambang”.

    salam kenal,
    mer

  • meitymutiara
    October 30, 2007 at 4:30 pm

    mungkin untuk 2008 harus dipersiapkan dengan lebih baik lagi, dan berbeda dari yang 2007, biar lebih banyak manfaatnya. seperti breaking out session itu, waktunya sedikit jadi ga terlalu banyak waktu untuk dapet banyak hal, terus signnya juga ga jelas.

  • Rey
    October 30, 2007 at 4:58 pm

    jadi sbnrnya kopdar akbar para blogger yaa… 🙂

    pas baca disalah satu blog soal pak mentri nantang blogger bikin lagu kebangsaan, gue juga bingung “kok lagu?? apa hubungannya? gak guna kalee…”. Knp juga gak nantang bikin blog dengan tema apa lah.

    “banyak orang yang mengenal diri saya melalui blog abal abal saya”. Duuhhh kalo blog macam ini abal2, gimana blog gue ya? ancur lebur dong? wakakakakkk 😀

  • mr.bambang
    October 31, 2007 at 4:04 pm

    Actually, kemarin aku juga datang ke pestablogger…hanya saja aku gak bisa masuk ke auditoriumnya, cuman diluarnya saja. kesanku memang pesta blogger kemarin hanya sekedar pesta, tapi masih kurang mak nyus kalau disebut pesta. seharusnya kalau namanya pesta pake musik disko jedug jedug jedug :D.

    Acaranya beda banget dengan muktamar blogger, ahhh nuansa persaudaraannya lebih erat, lebih bebas, kesan jawa nya sangat kental walaupun memang cuman sekedar nongkrong di bundaran HI. Kapan-kapan mas Iman main kesana dunk,,,kemarin belum liat orangnya sih 🙂

    btw, gimana nih Jambore Blogger nya, jadi gak????? aku siap bantu seadanya dehhh 😀

  • rizka
    October 31, 2007 at 5:53 pm

    Acara pb2007 cuma main-main, tapi acara pb selanjutnya tidak main-main. Percaya???

  • nadia febina
    October 31, 2007 at 7:56 pm

    mas iman, saya dari sini cuma bisa ngiri karena ga bisa gabung, biarpun cuma kopdar akbar kan seru juga yah! 🙂

    Semoga pesta blogger next year lebih membawa suara blogger2 nusantara

  • Arham
    November 1, 2007 at 1:54 pm

    Hebat pak Imam, tapi memang kalo masalah agenda sebaiknya dilaksanakan
    tanpa paksaan dgn kata lain tak ada agenda tapi tetap jalan , sesuai yang terlintas, yang ingin dilakukan seperti halnya ngeblog.
    dimana kita ngeposting dan typing tanpa ada paksaan, tanpa ada agenda. jadi seperti Entrepreneur. kalo mw secara ekstreem seperti Om Bob Sadino, mungkin semua dah taw siapa dia. walau dia bukan blogger tapi sifat dia yang anti-manajeman, anti planning dan tanpa agenda yang membuat kita tertekan itu mencerminkan suara2 yang jujur dimana kita mosting tanpa ada paksaan.

    oh ya saya juga setuju kalo tuh mentri jgn2 baru tw tentang blog tadi pagi, ato jgn2 sebelum dia ngomong dia telp anakny dulu…kan ada baiknya kalo dia bikin aturan dimn kita orang indonesia dapat domain+hosting free seumur hidup dengan konsekuensi satu account satu orang dan kalo ngak mosting ya ditutup domainnya…

    Arham
    http://road-entrepreneur.com

  • mysyam
    November 2, 2007 at 2:03 pm

    wah, pandangan dari sisi lain yang menarik.

    Tapi sepertinya terlalu ekstrim kalau Anda mengatakan bahwa Pak Menteri baru tahu blog, atau bahkan tanya pada anaknya. Menurut saya tidak begitu, Beliau pasti ngerti masalah blog hanya (mungkin) nggak “ngeh” saja dengan blog, karena memang dia bukan blogger. Jika dilihat dari profile beliau, beliau orang cerdas.

  • Andibachtiar Yusuf
    November 5, 2007 at 8:34 am

    yaaah mas….
    mau ngarep apa dari acara kumpul2?
    mending jg diambil positifnya, maen2 ke blitz, liat poster film saya yg keren itu (walau mgkn gak ditonton hehe) dllsb
    mana ada acara kumpul darat bisa menyumbang pada bangsa, kita2 ini org kota suka sok tau dan ngerasa plg berperan sama bangsa ini sih….namanya jg pesta….mending mabuk2an saja, biar pas sama title acaranya :-p

1 2

Leave a Reply

*