28 March 2009

Mencla Mencle

Posted by iman under: POLITIK .

Ada yang menarik kalau kita melihat politisi parlemen. Bagaimana bersilat lidah dan kerap membuat pernyataan yang bertolak belakang. Mencla mencle namanya. Lihat saja , sebelumnya Rama Pratama dari PKS dan Johny Allen Arbun mati matian menyangkal ikut serta dalam pertemuan kenaikan dana stimulus bersama Abdul Hadi Jamal, juga seorang pegawai direktorat perhubungan laut dan pengusaha Hontjo Kurniawan di Hotel Four Seasson.

Sampai bersumpah demi Allah segala. Bahkan para ketua partai memasang bemper, balik mengancam karena dianggap mencemarkan nama baik anggota partainya. Ini bukan lupa atau tidak ingat. Tapi memang menyangkal. Entah kenapa, setelah didesak terus hari demi hari minggu berganti minggu. Sedikit demi sedikit daya ingatnya mulai meleleh.
Akhirnya mengaku hadir dalam pertemuan itu. Tentu saja hanya meeting biasa tidak ada pembahasan mengenai bagi bagi duit. Entah nanti.

Karena koridornya belum dalam pembuktian apakah keduanya juga bersalah seperti politisi PAN asal Makasar. Bagi saya ini adalah masalah integritas. Jika tidak bersalah, atau merasa bersalah. Kenapa dari awal tidak saja mengaku secara kesatria. Ya, saya hadir dalam pertemuan di hotel itu. Bukan mencle mencle. Tidak hadir dan menjadi hadir.

Terus terang saya merasa kecewa dengan nyangkutnya Rama Pratama. Bekas aktivis mahasiswa yang ikut dalam gemuruh penggulingan orde baru. Ini persis apa yang dikuatirkan Soe Hok Gie dulu, bahwa pada akhirnya integritas akan ikut tergilas dengan sistem. Banyak aktivis yang merintih ketika ditekan dan pada akhirnya ikut menindas ketika berkuasa.
Rama memang belum tentu bersalah. Tapi sikap mencla mencle sudah menunjukan pertanyaan ganjil. Ini juga stempel buruk bagi partainya yang kerap menggadang gadangkan โ€˜ Jujur, Bersih dan Profesional โ€˜.

Besok pagi saya sudah harus berada di Airport Halim Perdana Kusumah jam 5 pagi. Ikut terbang bersama Jusuf Kalla โ€“ dengan pesawat carteran – dalam safari kampanye Golkar menuju NTT, NTB dan Bali.
Saya bukan kader Golkar. Sebagai blogger saya diundang untuk melihat secara langsung kampanye ini. Setelah Enda Nasution ikut ke Kalimantan, kini Mas Wicak sukses menyalurkan saya menuju Indonesia timur.

Ini perjalanan sejarah. Pertama kali blogger dianggap bagian dari media pewartaan yang diakui, menjadi saksi mata dari sebuah janji kampanye. Tentu saja saya berharap akan mendengar dan melihat janji keberpihakan. Res republica, untuk rakyat dan Negara.
Bukan janji mencla mencle.

50 Comments so far...

bintang Says:

28 March 2009 at 7:55 pm.

baru baca setengah “Ikut terbang bersama Jusuf Kalla โ€“ dengan pesawat carteran – dalam safari kampanye Golkar menuju NTT, NTB dan Bali.”

langsung kepikiran kalo mas iman sudah jadi kader Golkar,,, nah lo nah lo
taunya ngga ding

*akibat baca belum tuntas

bayuhebat Says:

28 March 2009 at 8:22 pm.

aku masih berpikir apakah blogger juga berperan serta sebagai media kampanye mereka?

contohnya aku juga bingung kalau mewartakan berita secara aku sendiri buka jurnalis ๐Ÿ˜€

KiMi Says:

28 March 2009 at 9:04 pm.

Wah, Mas Iman…

Aku ingat betul dulu ada temanku pernah bilang bahwa masa kuliah itu adalah masanya idealis, tetapi ketika sudah keluar dari kampus saatnya realistis. ๐Ÿ™‚

Aku nda mau munafik itu salah satu ketakutanku juga sih sebagai mahasiswi.

B 49 US Says:

28 March 2009 at 9:43 pm.

oh satu pesawat… trus tulisan ttg JK, kemudian lay out kuning….? walau mungkin bukan kader mungkinkah mas iman udah jatuh hati ?

racheedus Says:

29 March 2009 at 12:10 am.

Saya dulu pernah sekantor dengan teman yang baru saja diterima PNS. Dulunya ia aktifis kampus. Wow, orangnya kritis, berani, bicaranya berapi-api. Menjadi korlap dalam demonstrasi adalah makanannya. Pimpinan kantor pun ia kritik habis. Keuangan dikuliti. Harus transparan, dan bla-bla-bla. Tapi, setelah ia menduduki jabatan, ternyata ia tidak lebih bersih dari orang-orang yang pernah ia kritik, bahkan mungkin lebih parah. Ia terlena dengan jabatan.
Jadi, Mas Iman ikut mengiringi kampanye Golkar bersama Jusuf Kalla, to? Saya berharap, Mas Iman tidak tergoda dan mencla-mencle. Oh, saya barusan menulis di blog saya tentang kekejaman Golkar di kampung saya dulu, pada Pemilu 1982.

arya Says:

29 March 2009 at 2:16 am.

mas, kapan ikut kampanye Gerindra? hehehehe

gagahput3ra Says:

29 March 2009 at 4:44 am.

Oh jadi blogger kedua (atau ketiga ya?) yang diajak ikut JK itu mas Iman ya. Selamat ya mas ๐Ÿ˜€

Kalo soal DPR, gimana gak mencla-mencle…klo kita bisa bersembunyi ditengah banyaknya penjahat bermental sama, mo baik mo jahat liat kesempatan juga pasti…satu2nya cara cuma peningkatan transparansi kelembagaan. Ah….seandainya… ๐Ÿ™

pipinpramudia Says:

29 March 2009 at 6:52 am.

mmmmhhh, bahwa mencla-mencle, berarti ada sedikit banyak ketidakberesan dalam hatinya. percaya itu

btw, selamat jalan mas, ditunggu postingan berikutnya….

Dian Maya Kirana Says:

29 March 2009 at 9:11 am.

Pernah meet personally dengan oom Rama Pratama,, kesan pertama: Cakep,, hehe,,
Tapi jangan sampai deh nyangkut yang beginian,, jadi makin males nyoblos, eh nyontreng,,

edwar Says:

29 March 2009 at 11:06 am.

Selamat bertugas mas,

Semoga 1 ; rama jujur mengakui bahwa ia menclak menclek untuk memperbaiki dan membuktikan partainya “Jujur, Bersih dan Profesional ”

Semoga 2; Mas Iman tetap dapat memposisikan diri dalam integritas, sehingga tidak ikut meringis di tengah-tengah YK & the Gank seperti apa kata Gie ….. dan saya duduk manis, tersenyum, menanti, tulisan misi anda dengan YK ….

LuxsMan Says:

29 March 2009 at 11:14 am.

bar BB nya PAK jusuf KALLA gimana???? DIJUAL????

aminhers Says:

29 March 2009 at 11:25 am.

Loh Rama Aipama ngeluarin album “Mencla Mencle” ?

@ bintang : Pak Jusuf Kalla, milih blogger yang theme blognya berwarna kuning kok!

Wahyu Hidayat Says:

29 March 2009 at 1:20 pm.

masih ga percaya bang Rama bisa kesangkut kasus ini

sinar903621 Says:

29 March 2009 at 3:00 pm.

Aku yakin semua orang Indonesia akan punya sifat ‘Mencla-mencle’…Jujur,perkasa,ksatria saat mendobrak suatau sistem yang dianggapnya tidak benar/layak,namun setelah berada dan menempati kursi di sistem itu akan berkecilhati dan bersifat ‘nglokro’ tidak mau lagi menggemborkan kebenaran .KARENA memang tidak tahan dengan lingkungan sekitar yang pada korup dan berbuat kotor…(Nggak mungkin ada seorang polisi berjiwa ksatria karena saat sebelum jadi polisi telah mendukung kebobrokan dengan pakai uang 50 juta,maka setelah jadi polisi dia pasti akan merampok rakyat demi uangnya kembali bahkan menginginkan lebih…dan pasti ketagihan dalam memalak…

DV Says:

29 March 2009 at 5:20 pm.

Perjuangan melawan korupsi sepertinya menjadi perjuangan berlari ya… cepat atau lambat pasti akan berhenti dan menyerah…

Ada yang bisa melawan takdir untuk “Semua orang harus korupsi” ini?

hedi Says:

29 March 2009 at 5:35 pm.

JK disuruh ngeblog, mas…tapi harus dia sendiri, jgn ajudannya ๐Ÿ˜€

pitik Says:

29 March 2009 at 7:31 pm.

biaya ditanggung golkar ya mas?hmmm…

Epat Says:

29 March 2009 at 9:58 pm.

semua politikus itu pandai berbohong, hanya satu-satunya alesan untuk menutupinya adalah demi kemaslahatan bangsa ๐Ÿ˜€

mr.bambang Says:

30 March 2009 at 1:54 am.

Kalau partai kuning itu, kira kira bagaimana ya? (thinking)

Bocoran Says:

30 March 2009 at 3:33 am.

Bocoran sedikit tentang ‘gong’ besar yang akan ditabuh, unpublished survey sebuah lembaga survey terkemuka pertanggal tengah maret2009, dengan salah satu item pertanyaan sbb;

– Apabila caleg pria dari partai yang bapak/ibu/saudara dukung diketahui melakukan poligami apa yang akan bapak/ibu/saudara lakukan :
a. Tetap mendukung caleg pria dari partai tersebut.
b. Mengalihkan dukungan kepada caleg lain dari partai yang sama.
c. Manarik dukungan terhadap caleg pria tersebut dengan tetap mendukung partai yang sama.
d. Mengalihkan dukungan kepada caleg lain dari partai lain.
e. Tidak dapat memutuskan.

Hasilnya… eng ing eng… Demografi terhadap jenis kelamin wanita memilih poin d. sebanyak hampir 72%, jenis kelamin pria memilih poin d. sebanyak hampir 31%.

bonek kesasar Says:

30 March 2009 at 4:20 am.

Ditunggu aja, apakah yg nulis postingan ini nantinya juga nggak tergerus integritasnya. Yang diliput nggak yang apik apik thok, tapi kebobrokannya dibalik kampanye. Berani nggak ya. Apakah mereka akan bagi bagi duit lagi? Apakah mereka menyebar janji janji gombal lagi? Apakah mereka bagi bagi kaos lagi? Huh….nggak kreatif. Kepinterannya ternyata buat minteri sing bodo.
Masyarakat di luar sana kan juga perlu realitasnya, nggak cuma hura huranya kampanye doang. Sudah muak dan bosen dengan berita kampanye yang isinya lip service thok. Para politikus bagi saya dan mungkin juga sebagian besar rakyat adalah nggak lebih dari sekumpulan tukang dagelan yang dagelannya nggak lebih lucu dari tukang dagelan yang asli.

amey Says:

30 March 2009 at 6:42 am.

Pak JK itu unik loh mas..

waktu itu ditanya sama salah satu mahasiswa di Den Haag, kenapa janji-janji waktu kampanye bareng pak SBY kok banyak yg ndak terealisasi..

jawabannya cukup nyesek: “Yah, itu kan janji-janji waktu kampanye, namanya juga politik..”

hehehe..

evi Says:

30 March 2009 at 7:21 am.

ah, sepertinya udah biasa tuh rapat2 lobby, nego dsb bagi2 duit, jangankan skala besar yang kecil aja pasti dapat walau kategorinya ratusan ribu.
tapi kata salah satu departemen, ini sudah dianggarkan loh….dan harus tandatangan pula.
mungkin maksudnya kalo diaudit gampang ketahuan siapa aja yang trima duit hehehe… ๐Ÿ™‚

hanny Says:

30 March 2009 at 9:17 am.

tolong tanyain program nyata GOLKAR mau ngapain ya, mas iman, soalnya mas enda yang sudah ikut ke makassar dan palembang pun berkata program Golkar-nya belum terkomunikasikan ๐Ÿ˜€ hehehe ๐Ÿ™‚

dony Says:

30 March 2009 at 10:34 am.

saya kok senang yah melihat blogger bisa dilibatkan dalam kampanye
apapun maksudnya ๐Ÿ™‚

saya hanya kurang sreg saja ketika kita mulai menghakimi, siapapun blogger itu mau bang Enda dan sekarang mas Iman, terkesan kita skeptis dan meragukan integritasnya

apa karena kita tidak punya kesempatan yang sama dengan mereka ? kemudian kita menjadi terkesan tidak mendukung apa yang dilakukan

buat saya ini pembelajaran yang menarik … blogger sendiri harus mulai bisa menerima perbedaan, tidak hanya dengan tertulis dan bermain dengan kata … tetapi lebih ke tindakan yang kita lakukan

ayo mas ๐Ÿ™‚ saya tunggu liputannya

Iman Brotoseno Says:

30 March 2009 at 11:09 am.

Bayu Hebat, Edwar,
Bagi saya tidak masalah seorang blogger mewartakan sebuah kampanye secara perspektif dari penulis blog. Bukankah blog juga menjadi media alternative jurnalisme
B 49 US,
Ha ha kebetulan saja warna blog saya kuning. Ini juga digoda goda oleh para orang Golkar selama di atas pesawat,..” wah cocok nih mas Iman, Blognya udah warna kuning “. Padahal justru saya sering menulis pedas ttg Golkar di blog saya.
Wahyu Hidayat,
Memang belum terbukti bersalah, karena nanti biar penyidikan KPK yang membuktikan saja. Saya hanya melihatnya sikapnya yang tidak jujur sejak pertama. Kenapa juga harus tidak mengaku kalau hadir ( toh hadir juga tidak membuktikan bersalah ), walau kahirnya mengaku hadir.

parta Says:

30 March 2009 at 11:22 am.

baiknya kita tunggu finally report dari kasus ini benarkah Rama terlibat ?

didut Says:

30 March 2009 at 11:26 am.

keknya org indonesia tuh pada dasarnya mudah tergoda kalau sdh msk sistem ๐Ÿ˜›

Indah Sitepu Says:

30 March 2009 at 11:45 am.

Jk udah punya blog belum yahh??

matapena Says:

30 March 2009 at 11:56 am.

Kami tunggu reportnya aja mas, tapi terus terang sudah apriori lebih dulu.
Golkar kaya ya Mas, nyarter pesawat segala hehehe…

* Makasih untuk ucapannya, tentu kami sangat ingin dikujungi Mas Iman. Jika ada waktu ke Jogja mampirlah ke Rumah Kreatif Matapena…

rangga primadasa Says:

30 March 2009 at 5:04 pm.

“integritas akan ikut tergilas dengan sistem”

pertanyaan selanjutnya adalah: apakah kita harus pergi dari sistem?

taufik asmara Says:

30 March 2009 at 6:29 pm.

Wahhh… Kalo mengenai aktivis yang kehilangan integritas tuh udah terjadi dimana-mana, Mas. Bahkan banyak juga yang pas lagi Demon paling depan, tapi tetep aja nerima sogokan dari yang di demon.
Aku udah gak percaya lagi sama aktivis mahasiswa

ndoro kakung Says:

30 March 2009 at 8:11 pm.

aku menyalurkan? hahahaha … terdengar seperti biro jasa bu gito, penyalur pembantu ๐Ÿ˜€

zam Says:

30 March 2009 at 8:56 pm.

pak JK ngeblog loh, di: http://jusufkalla.kompasiana.com/ pak JK bilang bukan dia yg entry, tapi ajudannya. tapi pemikiran dan konten tetep dari dia. yah, ada semacam petugas “entry data” gitu deh.. ๐Ÿ˜€

achoey Says:

31 March 2009 at 12:54 pm.

Kalo saya masih percaya Rama Pratama mas
Praduga tak bersalah
Kita lihat nanti ๐Ÿ™‚

akhdian Says:

31 March 2009 at 1:49 pm.

Sumpah Rama Pratama disampaikan ketika tuduhan pertemuan di Hotel Ritz Carlton. Ketika lokasi itu di ralat jadi Hotel Four Season, memeag Rama mengakuinya. Saya kira itu bukan mencla-mencle. Tapi berani jujur….
Baca: http://inilah.com/berita/politik/2009/03/24/93118/rama-batal-somasi-abdul-hadi/

gunawan raharjo Says:

31 March 2009 at 1:50 pm.

mas, kalo mau integritasnya nggak minger, mudanya jadi aktivis tuanya jadi kru film ! pasti lurus rus rus, nek perlu nabrak tembok yo dilakoni ! siapapun munggah ke parlemen pasti jadinya sontoloyo !

avartara Says:

31 March 2009 at 4:11 pm.

Kita tunggu ulasannya Mas iman,… sepulang dari Timur,…. Semoga menyuarakan yang benar dengan kaca mata yang idealis

bodrox Says:

31 March 2009 at 5:13 pm.

he.. he.., kita tunggu bagaimana pemberitaan versi blogger itu ๐Ÿ™‚

nicowijaya Says:

31 March 2009 at 6:46 pm.

ketemu siapa jadinya mas di palu?

Acip Says:

31 March 2009 at 8:39 pm.

wew….sodara-sodara semua..90% politkus kita tu BUSUK SEMUA!!!!!!mo dari partai apapun..mo PKS,GOLKAR,Demokrat…semuanya,all of them!!!!semua berusaha mengenakn dirinya,temannya,kroninya,…bahkan pelacurnya…mereka dah lupa apa yang pernah mereka teriakan waktu masih muda…
buat mas Imm..keep it sharp!!!!

biro jasa Says:

1 April 2009 at 9:33 am.

om..rama memang mengakui pertemuan four season..tapi pertemuan itu kan ga ada hubunganya tertangkapnya KORUPTOR dari PAN itu
kalo mencla mencle bukan pas tuh buat si merah..kemaren teriak tolak BLT eh tau-tau bikin iklan klaim BLT..cappe dehhh
smoga para Blogger yang di undang kampanye/pertemuan teten independent..

imoe Says:

1 April 2009 at 2:36 pm.

wahhh selamat…bapak akan bisa menyaksikan langsung geliat politik indonesia

parlan Says:

1 April 2009 at 9:34 pm.

Mas Iman, saya pikir, dalam kasus suap Abdul Hadi Djamal (PAN) hingga kini [termasuk mangkirnya Jhony Allen (Partai Demokrat) dari panggilan KPK], Rama tidak mencla-mencle, PKS tidak mencla-mencle. Rama Pratama dan Partai Keadilan Sejahtera tidak mencla-mencle. Kalau didudukkan secara apa-adanya, secara faktual, tanpa utak-atik retorika opini tersimpangkan, Rama dan PKS memang tidak mencla-mencle. Konteks sumpah pun bisa terpahami dengan mudah. Sebab yang “dinyanyikan” oleh Abdul Hadi Djamal (PAN) ialah “pertemuan (suap?) Ritz-Carlton”. Sedangkan yang di Four Seasons, baru ter-ralat belakangan, dan langsung diiyakan oleh Rama. Lagipula, pertemuan terakhir tadi, katanya resmi, melibatkan semua fraksi bersama pemerintah (dalam kasus ini, yang ditumbalkan oleh AHD PAN ialah Anggito Abimanyu), dan tetap legal ternotulenkan.

Kronologis dan detail penjelasannya dapat dibaca di situs PKS. Sebenarnya lebih baik lagi jika ada update-an langsung dalam tulisan di atas. Soalnya saya kurang yakin, apakah para pembaca yang terpuaskan dan kegirangan dengan opini di tulisan ini, akan mampu memberanikan diri membaca klarifikasi dari situs partai.

Tentu terlalu jauh bagi saya, jika sampai menengarai telah ada fitnah di sini. Hanya saja, sebagai pesohor blog tanah air, tanggungjawab akurasi juga sewajarnya diperhatikan lebih teliti lagi. Mohon maaf kalau dirasa menilai kurang dan meminta lebih. Adapun penjelasan yang saya maksud, bisa diklik melalui link ini.

Sedikit kutipannya adalah sbb:

Pemberitaan-pemberitaan tersebut di atas dapat menimbulkan persepsi bahwa Rama atau PKS ikut serta / terlibat dalam pertemuan-pertemuan informal yang mematangkan Rencana Haram Hontjo atau setidaknya ikut serta dalam pelaksanaan penggunaan anggaran Dana Stimulus diluar kapasitasnya sebagai anggota DPR. RAMA SELALU HADIR DALAM RAPAT-RAPAT PEMBAHASAN DANA STIMULUS SECARA KOLEKTIF BERSAMA-SAMA DENGAN ANGGOTA DARI SEMUA FRAKSI dan tidak pernah secara parsial membahas permufakatan-permufakatan untuk mencari keuntungan dari pelaksanaan penggunanan Dana Stimulus untuk kepentingan pribadi/partai. Sehingga tidak ada hubungannya sama sekali antara Rama atau PKS dengan pelaksanaan Dana Stimulus.

Kalau memang kelak, ada yang masih disembunyikan oleh Rama Pratama. Lalu ia tervonis di hadapan hukum sebagai koruptor, maka keterangan di komen ini hanya sekadar meluruskan (sementara) fakta yang terbengkokkan dalam tulisan ini.

Terus, saya rasa, maksud Mas Iman dg tagline-nya itu, ialah “Bersih, Peduli, dan Profesional”. Khusus buat masa kampanye, se-amatan saya, ada tagline yang lebih fokus lagi, Mas, yaitu: “Pilih PKS untuk DPR/D Bersih”.

Begitu aja. Jadi, terimakasih, Mas Iman, sudah membuka ruang bincang lewat posting ini. Semoga kekuatiran Soe Hok Gie tidak terbukti kali ini. Biarlah Golkar saja yang jadi guru sejarah terbaik untuk perkara-perkara semacam itu. Hehehe.

Jadi bila mengacu fakta, saya pikir (sejauh ini), Rama Pratama dan PKS tidak mencla-mencle. Dan karenanya, insya Allah, tetap bersih. Tambah lagi, Rama pun bersemangat untuk proaktif bekerjasama dengan KPK.

Maaf bila ada kalimat yang tidak berkenan. Mohoon kritik dan masukan, sekiranya ada hal genting yang Mas Iman dapati perlu segera diperbaiki dari cara saya berdiskusi.

Terimakasih. ๐Ÿ™‚

Acip Says:

2 April 2009 at 5:11 pm.

wew…mas/mbak biro jasa…bknnya apa2..sampeyan kmrn2 liat di tipi kan?waktu pertama kali kasus itu diliput media,si mas Rama Pratama mati2an nyangkal ga pernah ketemu ama pak Abdul Hadi,trus rencana mo somasi segala,bahkan sampe bawa2 nama ALLAH…eh ndilallahnya,di desak terus,brubah lagi komennya…persis seperti judul diatas..
mas/mbak biro jasa…saya ga ada maksud apa2 ama sampeyan..kita sama2 pengen liat,ngerasakan negara kita ini jadi lebih baik,nyaman,dan manusiawi bagi rakyatnya…
semoga harapan kita bukan harapan kosong…

Oef Anantasena Says:

3 April 2009 at 1:07 am.

becik ketitik olo ketoro,
ndak usah mancla mencle, nek wis salah…bakale ketahuan.
slm knl mas.

boyin Says:

3 April 2009 at 12:17 pm.

proses demokrasi kita ini makin lama makin bagus ya..

urban2hymns Says:

3 April 2009 at 9:57 pm.

Mas Iman, aku sekarang di Jakarta. Ga nemu2 juga yang aku cari..

Nyante Aza Lae Says:

6 April 2009 at 8:51 am.

upps…
kadang dq bingung ndengerin politikus bicara
yg mana diplomatis, yg mana mencla mencle
yg jelas
tgl 09 nanti, mari kita gunakan hak pilih kita sebaik-baiknya
untuk memilih wakil rakyat yg terbaik!

edratna Says:

8 April 2009 at 11:54 am.

Saya masih bingung juga memilih…ahh masih 24 jam lagi….

Leave a Reply

*

Mencari Jawaban

Artis tend to be dark, worried and superstitious creatures. This is not bad. It makes me perfectionist, it makes me care. Moreover the ability to see the darker side of life is an asset not just directing dramatic and tragic movies, but also for directing comedy, since comedy often has pain inside it. Do you believe that life and film tragically too close together ? I do ...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Iman Brotoseno. Make your own badge here.


Categories

Archives

Hot Topics

Spice of Life


Why Blog ?

Why the BLOG will change the world ?The explosion of blogs throughout the world has been the biggest phenomenon since the rise of the Internet itself. Today, more people read blogs than newspapers. Blogs are just a tool, of course. Itโ€™s the bloggers behind the blogs that will make the difference. Here's Why

Blog lama saya masih dapat dilihat disini

( DISCLAIMER ) Photo dan Gambar Ilustrasi kadang diambil dari berbagai sumber di internet - GETTY IMAGES dan CORBIS selain photo teman dan milik saya sendiri. Kadang kala sulit untuk menemukan pemiliknya. Jika ada yang merasa keberatan bisa menghubungi untuk dicantumkan namanya.

Subscribe this blog

  Subscribe in a reader
Enter your email address:
  
Delivered by FeedBurner
June 2021
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930