31 July 2010

Mas Pong

Posted by iman under: INDONESIANA .

Ada yang bilang Mas Pong pasti lulusan STM Penerbangan atau SMA 1 Budi Utomo. Karena kita sering melihat coretan pilox di seantero tembok tembok Jakarta bertuliskan “ Penerbangan “ atau “ Boedoet top “. Tapi mencoret di atap gedung DPR memang tidak mudah. Ini pasti Mas Pong memiliki ilmu gin kang – meringankan tubuh – atau kemampuan merayap seperti Spiderman.
Aksi protes ini fenomenal dengan sekaligus satir. Betapa tidak, Pong Harjatmo yang dalam penggambaran generasi 80an, sebagai tokoh antagonis dalam film film nasional. Kini menjadi pahlawan. Sejak film ‘ Gita Cinta Dari SMA’, peran guru olahraga seakan menjadi hak dia dalam film film berikutnya. Ini bukan karena kebetulan pendidikan Mas Pong adalah SGPD (Sekolah Guru Pendidikan Jasmani). Hampir sama dengan film film Amerika, ketika American football coach memiliki peran dalam sekolahan. Bedanya, Mas Pong naas selalu konyol ditertawakan murid muridnya. Misalnya karena celananya robek sewaktu memimpin senam pagi.

Urusan corat coret sepertinya memang tradisi bangsa negeri. Sedikit banyak juga menyumbangkan pada revolusi perubahan negeri. Tembok gedung – yang sekarang jadi kantor pos – di Jalan Cikini dekat kalipasir, dulu sering dicoret pejuang republiken yang bertuliskan dukungan terhadap kemerdekaan.
Belum masa masa berikutnya. Coretan agitasi PKI ‘ Desa mengepung kota ‘ sampai ‘ setan kabir ‘ sering ditulisi di tembok tembok perbatasan kota. Menjelang kejatuhannya, Bung Karno sempat marah marah karena tembok pagar istana Batutulis, di coreti ‘ rumah lonte agung ‘.
Coretan bisa menjadi simbol identitas. Rumah rumah yang ditulisi besar besar ‘ Milik Pribumi ‘ atau ‘ Islam ‘ diharapkan menjadi mantera penolak aksi aksi penjarahan dalam kerusuhan.

Kekecewaan Mas Pong adalah akumulasi ketidakpuasan rakyat terhadap salah urus manajemen negara di panggung wakil rakyat. Entah apa lagi yang harus dilakukan terhadap mereka. Jika pimpinan faksi sendiri mengakui sudah kehilangan akal untuk mengatur anak buahnya. Apalagi rakyat.
Tulisan itu tak ada yang peduli jika dicoret coret di tembok jembatan layang. Menarik perhatian, karena ditulis di dalam gedung yang menjadi salah satu simbol negara. Lalu apa efektif pesan tulisan itu ? ya belum tentu. Malah mungkin tidak ada yang perduli dari anggota dewan sendiri. Tinggal di hapus atau di tutup dengan cat lagi. Sama seperti pekerjaan dinas kebersihan kota yang berulang kali me’labur’ mengecat tembok tembok yang di coreti anak anak SMA.

Mas Pong sendiri – walau dapat ditangkap karena pasal penghinaan atribut negara atau perusakan milik publik – tidak akan digelandang polisi. Rupanya mereka cukup tanggap, bahwa jutaan orang akan berteriak jika Mas Pong ditangkap. Jangan jangan nanti ada gerakan KOPONG. Koin for Mas Pong. Selain SUPONG, Solidaritas Untuk Mas Pong.

Jadi Mas Pong bisa dianggap sebagai punakawan, Petruk , Gareng yang diam diam juga membawa suara hati nurani, ditengah tengah kekonyolannya. Barang kali menarik, bahwa persoalan bangsa ini tidak harus diselesaian dengan cara serius. Karena memang subyek manusia sumber permasalahan sudah ‘ ndableg ‘ keras kepala. Jadi kita tunggu Mas Pong ‘ the punisher ‘ datang lagi mencoret wajah wajah anggota dewan.
Gebrakan Mas Pong memang seperti makan tahu Pong. Panas panas dan digigit pelan pelan ujungnya dahulu. Sebelum rakyat benar benar menelannya.
Tentu saja saya berharap Mas Pong mengenakan kostum ciri khasnya seperti film filmnya jaman dulu. Kostum training spak olahraga. Dan sejak hari itu orang orang yang mbolos, korup dan sok tahu sok tengil akan ketakutan.

17 Comments so far...

nicowijaya Says:

31 July 2010 at 6:15 pm.

mbayangin mas iman, iph**n, fikr***i pada make training *eh 😀

mawi wijna Says:

31 July 2010 at 7:29 pm.

makin hari bangsa kita makin nekat

edratna Says:

31 July 2010 at 7:37 pm.

Makin pusing aja tiap hari, baca koran juga makin bingung….

dewi Says:

1 August 2010 at 7:01 am.

Hahaha..baca tulisan ini kayak makan kripik tahu pong. Renyah dan gurih! 😀

lance Says:

1 August 2010 at 11:16 am.

SUPONG ?….he he

meong Says:

1 August 2010 at 11:27 am.

mas pong menginspirasi yg muda2 utk melakukan hal serupa. Saya juga jd pengen sedikit radikal kek mas pong gt, kl udah judeg ngadepin yg ndableg2.

zammy Says:

1 August 2010 at 12:46 pm.

jadi pengen nyep… eh.. makan tahu pong! 😀

iman brotoseno Says:

1 August 2010 at 4:40 pm.

tunggu aksi Mas Pong di Markas FPI..eh

geblek Says:

2 August 2010 at 4:36 pm.

menunggu markas fpi di didatangi maspong

dewa Says:

3 August 2010 at 4:19 pm.

mari kita tunggu mas Pong berikutnya 🙂

hedi Says:

3 August 2010 at 4:36 pm.

sampeyan milox2 juga ga mas jaman sma? 😀

idham biro jasa SIM-STNK-PASPOR Says:

4 August 2010 at 7:30 am.

aku liat di infotaiment…kok pong seperti sudah melakukan hal besar yang heroik yah…

boyin Says:

5 August 2010 at 11:56 am.

saya kenal salah seorang orang tua yang tidur siang aja mikirin negara dan terus2an gak habis pikir dengannya padahal dia cuman rakyat sipil. Ternyata banyak juga orang biasa yang samapi mau gila karena mikirin itu ya..

inung gunarba Says:

9 August 2010 at 6:19 pm.

kelar aksinya kemarin itu, Mas Pong laris ditanggap di beberapa talkshow. Nggak selalu terkait coret-mencoret Gedung Kura-kura tapi juga soal publik service di TV swasta qe3 mantaps

nDaru Says:

10 August 2010 at 7:07 am.

Kalok kata Pramono Anung, Gedungnya itu ndak salah, yang salah kan oknum yang ngantor…jadi mbok jangan dicorat coret gedungnya…lalu saya nangkepnya kok..SILAKAN CORET2 DI JIDAT OKNUM2 ITU..betul to?

Ipul dg. Gassing Says:

18 August 2010 at 2:33 pm.

ikut nyoret di sini ah…:)
mas Pong pintar nyari timing. hebatnya lagi beliau sama sekali tidak gembar-gembor sewaktu mulai merencanakan dan waktu melakukan. bisa dibilang wartawan kecolongan..
apa yang dilakukan mas Pong menurut saya lumayan..lumayan menampar mereka-mereka yang kena sindir coretan itu..

DV Says:

24 August 2010 at 1:01 pm.

Yang miris dari kasus Pong ini adalah kenapa kita sampai harus menerima aksi vandalisme untuk menjewer telinga para anggota DPR ya..

Logika saya, pasti ada kejahatan yang jauh jauh jauh lebih busuk ketimbang kebusukan vandalisme dan pelakunya.

Jadi, dengan berat hati, tapi tetap sepakat aku harus berteriak, “Hidup Pong!” 🙂

Leave a Reply

*

Mencari Jawaban

Artis tend to be dark, worried and superstitious creatures. This is not bad. It makes me perfectionist, it makes me care. Moreover the ability to see the darker side of life is an asset not just directing dramatic and tragic movies, but also for directing comedy, since comedy often has pain inside it. Do you believe that life and film tragically too close together ? I do ...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Iman Brotoseno. Make your own badge here.


Categories

Archives

Hot Topics

Spice of Life


Why Blog ?

Why the BLOG will change the world ?The explosion of blogs throughout the world has been the biggest phenomenon since the rise of the Internet itself. Today, more people read blogs than newspapers. Blogs are just a tool, of course. It’s the bloggers behind the blogs that will make the difference. Here's Why

Blog lama saya masih dapat dilihat disini

( DISCLAIMER ) Photo dan Gambar Ilustrasi kadang diambil dari berbagai sumber di internet - GETTY IMAGES dan CORBIS selain photo teman dan milik saya sendiri. Kadang kala sulit untuk menemukan pemiliknya. Jika ada yang merasa keberatan bisa menghubungi untuk dicantumkan namanya.

Subscribe this blog

  Subscribe in a reader
Enter your email address:
  
Delivered by FeedBurner
September 2021
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930