7 March 2008

Godaan : Caleg

Posted by iman under: DALAMNEGERI; POLITIK .

Selesai sebuah seminar, saat saya menjadi salah satu pembicara beberapa waktu yang lalu, seorang ketua partai ‘ gurem ‘ mendekati saya. Ia menyodorkan kartu namanya.
“ Jika anda tertarik dengan perubahan di negeri ini, mari kita ngobrol ngobrol “
Saya hanya tersenyum dan menerima kartu itu dengan sopan.
Belum lama, seorang petinggi partai besar menelpon saya. Dulu saya pernah membuat film iklan kampanye pilpres buat bossnya. Saat itu calon calon Presiden, mau dan sukarela disuruh diatur oleh seorang sutradara. Kali ini ia meminta saya datang untuk bincang bincang di kantornya.
“ Biasa boss, kita butuh dukungan suara suara pekerja film “
Lain waktu ketika menghadap salah seorang ketua fraksi di DPR sehubungan dengan masalah kebijakan Pemerintah di dunia film iklan. Sang ketua menggoda dengan pertanyaan menggelitik.
“ Nggak tertarik ke politik ? “

Intinya tiba tiba saja muncul eforia dari seluruh partai politik untuk bersiap siap menuju pemilu 2009. Segenap usaha akan dilakoni untuk memenangi jumlah kursi di dewan, termasuk melirik vote getter yang dianggap potensial. Mungkin saja mereka mereka berpikir secara pragmatis karena posisi saya sebagai Ketua Asosiasi Pekerja Film Iklan Indonesia. Jika saya memiliki anggota crew film sebanyak 1000 orang saja dengan masing masing bisa membawa 5 orang anggota keluarganya. Maka asumsi mereka sudah memilliki 50,000 suara. Ditambah jaringan network diantara orang orang film untuk mencapai 300,000 suara yang akan mendapat jatah 1 kursi dewan.
Ini matematik kasarnya.
Tapi tidak sesimpel itu. Pertama, orang film sangat tidak bisa diatur – nyeleneh – apalagi digiring untuk sesuatu tujuan. Apalagi dunia politik di Indonesia merupakan antitesis yang berlawanan dengan dunia film yang cenderung bebas dan demokratis.
Kedua, Saya tidak bisa membayangkan menjadi seorang caleg atau aktivis partai yang justru akan menyekat ruang hidup dan pergaulan saya. Saya takut dunia politik akan menyekap nafas nafas hidup yang dengan mudahnya saya nikmati selama ini.

Soe Hoek Gie pernah menulis, bahwa pada akhirnya seseorang tak akan bisa bertahan jika masuk ke dalam sebuah sistem kekuasaan. Ia akan tergilas dengan sendirinya. Aktivis yang mati muda itu memilih bertahan dalam kesepiannya daripada harus bermuka manis terhadap penguasa. Sebuah pilihan yang membuatnya lebih terasing saat ia mengirim bedak – agar terlihat manis di depan penguasa – kepada teman temannya yang duduk di DPR.
Memang ada yang pernah berkata, jauh lebih mudah menyuarakan perubahan dengan jika kita masuk ke dalam sebuah sistem.
Namun di Indonesia ini hampir tidak pernah terbukti, dan saya percaya hal ini.

Memilih menjadi outsider masih jauh lebih baik untuk saat ini. Mudah mudahan saya tidak tergoda untuk melintasinya. Lebih enak membantu membuat film kampanye saja. Tentu saja secara professional dan dibayar cash. Masa masa kampanye adalah saat uang kartal beredar secara gila gilaan. Para partai menghindari membayar memakai lalu lintas bank, konon untuk menghindari jika ada pemeriksaan di kemudian hari. Wong duitnya juga berasal dari aliran dana tidak jelas.
Lalu bedanya saya dengan politisi DPR apa ? sama sama menikmati uang panas.
Astagafirullah !

69 Comments so far...

bangsari Says:

9 March 2008 at 9:54 pm.

ga iso mbayangke sampeyan dadi caleg. hehehe

Toga Says:

10 March 2008 at 1:36 am.

jangan deh, mas… kalo sampe masuk sana, the ability to see the darker side of life itu bakal ilang, cos u’re already there. 😀

-tikabanget- Says:

10 March 2008 at 5:17 am.

ehem..

gak tertarik bikin pilem bab sayah?
**mengutip**

Lita Uditomo Says:

10 March 2008 at 10:24 am.

nulis blog juga bisa membuat perubahan ya, mas…ngga usah jadi caleg..:)

Effendi Says:

10 March 2008 at 11:43 am.

Modifikasi kalimat saktinya sih Alex Budiyanto, “Semua ada masanya bagiannya.” :mrgreen:

pitik Says:

10 March 2008 at 12:36 pm.

horeee…mbesok cangkrukan di senayan…hehehe

Arwah Gentayangan Says:

12 March 2008 at 3:19 pm.

“Memilih menjadi outsider masih jauh lebih baik untuk saat ini. Mudah mudahan saya tidak tergoda untuk melintasinya.”

Ini pernyataan politik bukan ya Mas Iman? 🙂

nopan Says:

16 March 2008 at 10:55 am.

Jangan dipikir awalan mas.., pikir sesudahnya..,minimum nihh yaaa.., Kalau ngga jadi CalGub yoo paling ngga WaBup .., mosok artis2 bisa sutradarane ndak bisaaa….

didats Says:

16 March 2008 at 7:53 pm.

saya juga termasuk paranoid sama politik.

tapi kalo dipikir ulang, kapan indonesia maju kalau panggung politiknya diisi sama manusia manusia bejat?

Iman Says:

17 March 2008 at 11:12 pm.

didats,..
saya juga parno takut kebawa bawa he he

Silly-Stupid Says:

19 March 2008 at 1:34 pm.

Dari tadi semangat 45 pengen komen, tapi karna mampir2 dulu baca2… nyampe sini dah bingung mo ngomong apa… antara pengen focus… ama pengen iseng…

halah… gak penting… pokoknya politik itu kotor… mending ngeblog ajah… bisa ngomong sebebas2nya sesuai hati nurani.

(engggg… saya ngomong apa sich barusan????… 😀 )

Alpha Says:

17 April 2008 at 4:48 pm.

Mari melihat menteri kesehatan kita…

masih belum percayakah?

agus salim ujung Says:

11 July 2008 at 7:04 pm.

kalau mau memasuki dunia politik, mulailah belajar berbohong ; membohongi rakyat, membohongi anak-istri dan membohongi diri sendiri…..!

Daniel Says:

4 October 2008 at 4:20 pm.

Kami pinboo, khusus membuat pin yang harga murah untuk pin caleg. Kami dapat mengerjakan 2 jt pcs/ bulan. Mudah2an informasi ini bermanfaat buat caleg utk pemenangan kursi di DPR dan DPRD. Kami ada di bandung 022 91147817, kalau mau jelasnya, klik aja http://www.pinboo.org

thx
Daniel

MUHAMMAD SAID - CALEG PMB GRESIK Says:

9 October 2008 at 5:07 pm.

ikut nimbrung donk….
saya M. SAID. S.Ag, Caleg DPR RI Dapil Gresik Lamongan dari PARTAI MATAHARI BANGSA ( PMB )
yang pasti sebelum semua proses berlanjut…..kita sama2 introspeksi untuk memperbaiki mental dan pola pikir kita,
karena bagaimanapun juga Indonesia butuh pemimpin yang bermental MENGABDI UNTUK RAKYAT,
memperjuangkan kepentingan RAKYAT dan benar2 bekerja
menjalankan amanat RAKYAT, bukan untuk kepentingan sekelompok. Kalau kondisinya seperti ini
terus kapan Indonesia akan bisa maju dan disegani oleh Bangsa Lain ???? zaman telah berubah.
tantangan dan Issue global harus dapat kita jawab secara ilmiah. Mari kita bangkit !!!!!
Rakyat butuh pemimpin yang mau peduli jeritan hati rakyat, bukan pemimpin
yang “pinter” tapi minteri

Alyah Says:

22 October 2008 at 7:08 am.

Wah hampir semua kok pernyataannya sinis ya… itu sama dengan saya waktu belum ikutan caleg.Memang ada benarnya tetapi bukan tidak bisa diwarnai lho……. artinya kalau memang orang tersebut mempunyai character yang berbeda dan mempunyai prinsip yang kuat ,justru kita akan mempunyai kelompok yang sama. Dan itu bagus khan sehingga kita bisa menjadikan wakil2 rakyat seperti yang kita inginkan. lihat calon Presiden Amerika bagus khan .Jadi kenapa takut pada tantangan apalagi kalau masih muda, masih banyak waktu untuk memberikan sumbangsihnya pada negara ini…….. coba pikir2 dulu dekh………

Elfizon Anwar Says:

6 November 2008 at 5:10 pm.

Para politisi muda kita tergiur dengan keberhasilan Obama merenggut jabatan Presiden AS ke 44, maka baru saja dia bangun dari tidurnya, belum lagi gosok gigi, ‘menggigau’ ingin pula menjadi ‘calon presiden’ di negerinya, Indonesia. Tetapi, dia lupa bahwa waktu dia di DPR, dia telah berbuat ‘onar’, ketika dia ikut mensahkan UU Parpol, sehingga parpol peserta Pemilu 2009 menjadi sebanyak 44 parpol. Orang-orang jenius saja, bingung untuk menconteng atau mencoblos daftar surat suara pemilihan nanti. Apa lagi rakyat Indonesia, yang telah dirusak pendidikan politiknya oleh rezim Orde Baru. Mau jadi apa negeri ku……….. Indonesia???

M.SAID. CALEG PMB DPR RI Says:

18 November 2008 at 12:04 am.

# MUHAMMAD SAID. S.Ag
# CALEG DPR RI PARTAI MATAHARI BANGSA (PMB) DAPIL GRESIK – LAMONGAN
# Sebelum semua terjadi, mari kita sama2 introspeksi akan kekurangan dan keterbatasan kita masing2. Jangan pernah merasa paling pinter apalagi merasa paling benar sendiri. Segala sesuatu butuh penyelesaian yang arif dan memberikan solusi jitu dan “kepuasan” bagi semua. kita sama2 introspeksi untuk memperbaiki mental dan pola pikir kita, karena bagaimanapun juga Indonesia butuh pemimpin yang bermental MENGABDI UNTUK RAKYAT, memperjuangkan kepentingan RAKYAT dan benar2 bekerja
menjalankan amanat RAKYAT, bukan untuk kepentingan sekelompok. Kalau kondisinya seperti ini terus kapan Indonesia akan bisa maju dan disegani oleh Bangsa Lain ???? zaman telah berubah. tantangan dan Issue global harus dapat kita jawab secara ilmiah. Mari kita bangkit !!!!!
Rakyat butuh pemimpin yang mau peduli jeritan hati rakyat, bukan pemimpin
yang “pinter” tapi minteri. Percayalah !!! masih ada jalan, jangan pernah menyerah sebelum bertarung dan jangan pernah skeptis banget dengan orang yang masih mau peduli dan punya niatan baik untuk berjuang ditengah2 morat-maritnya mental dan moralitas. Kalau semua ogah dan tidak peduli….justru ini akan menjadi kesempatan empuk bagi mereka yang memanfaatkan kesempatan.

MOCH. SAID - GRESIK - CALEG DPR RI - PMB Says:

5 February 2009 at 4:13 pm.

perjuangan butuh keyakinan, keberanian dan kesabaran

# MUHAMMAD SAID. S.Ag
# CALEG DPR RI PARTAI MATAHARI BANGSA (PMB) DAPIL GRESIK – LAMONGAN
# Sebelum semua terjadi, mari kita sama2 introspeksi akan kekurangan dan keterbatasan kita masing2. Jangan pernah merasa paling pinter apalagi merasa paling benar sendiri. Segala sesuatu butuh penyelesaian yang arif dan memberikan solusi jitu dan “kepuasan” bagi semua. kita sama2 introspeksi untuk memperbaiki mental dan pola pikir kita, karena bagaimanapun juga Indonesia butuh pemimpin yang bermental MENGABDI UNTUK RAKYAT, memperjuangkan kepentingan RAKYAT dan benar2 bekerja
menjalankan amanat RAKYAT, bukan untuk kepentingan sekelompok. Kalau kondisinya seperti ini terus kapan Indonesia akan bisa maju dan disegani oleh Bangsa Lain ???? zaman telah berubah. tantangan dan Issue global harus dapat kita jawab secara ilmiah. Mari kita bangkit !!!!!
Rakyat butuh pemimpin yang mau peduli jeritan hati rakyat, bukan pemimpin
yang “pinter” tapi minteri. Percayalah !!! masih ada jalan, jangan pernah menyerah sebelum bertarung dan jangan pernah skeptis banget dengan orang yang masih mau peduli dan punya niatan baik untuk berjuang ditengah2 morat-maritnya mental dan moralitas. Kalau semua ogah dan tidak peduli….justru ini akan menjadi kesempatan empuk bagi mereka yang memanfaatkan kesempatan.

Leave a Reply

*

Mencari Jawaban

Artis tend to be dark, worried and superstitious creatures. This is not bad. It makes me perfectionist, it makes me care. Moreover the ability to see the darker side of life is an asset not just directing dramatic and tragic movies, but also for directing comedy, since comedy often has pain inside it. Do you believe that life and film tragically too close together ? I do ...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Iman Brotoseno. Make your own badge here.


Categories

Archives

Hot Topics

Spice of Life


Why Blog ?

Why the BLOG will change the world ?The explosion of blogs throughout the world has been the biggest phenomenon since the rise of the Internet itself. Today, more people read blogs than newspapers. Blogs are just a tool, of course. It’s the bloggers behind the blogs that will make the difference. Here's Why

Blog lama saya masih dapat dilihat disini

( DISCLAIMER ) Photo dan Gambar Ilustrasi kadang diambil dari berbagai sumber di internet - GETTY IMAGES dan CORBIS selain photo teman dan milik saya sendiri. Kadang kala sulit untuk menemukan pemiliknya. Jika ada yang merasa keberatan bisa menghubungi untuk dicantumkan namanya.

Subscribe this blog

  Subscribe in a reader
Enter your email address:
  
Delivered by FeedBurner
June 2021
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930