16 January 2008

Ciuman

Posted by iman under: GAYA HIDUP .

What is a kiss ? Why this, as some approve;
The sure sweet cement, glue and lime of love
( Robert Herrick – From A Kiss )

Lukisan

Ciuman memang memabukan. Reaksi kimia yang dihasilkan bisa menstimulasi syaraf otak dan memacu detak jantung. Disatu sisi sebuah ciuman juga bisa menjadi kontroversi karena untuk sebagian orang dianggap satu tangga menuju pornografi. Sejarah film mencatat film Indonesia yang pertama kali memutar adegan ciuman, adalah “ Rahasia Boroboedoer “ tahun 1926, telah menuai kontoversial karena dianggap tidak pantas. Walau yang berciuman adalah bintang film Belanda.
Saya selalu penasaran dengan sejarah ciuman dalam perjalanan peradaban manusia, terutama dari jaman kuno dahulu. Dalam reruntuhan Pompeii di Italy sudah ada relief mengenai aktivitas ciuman, demikian juga relief Karmawibangga di kaki dasar Candi Borobudur. Umumnya memang diasosiasikan untuk membangkitkan rangsangan seksual.

Apapun itu ciuman. Pipi, leher, bibir atau apa saja menggambarkan secara eksplisit daya afeksi kita sebagai manusia terhadap pasangannya. Tapi ternyata tidak sesimpel itu, jika justru karena peradaban juga. Manusia kini mengganggap sebuah cium merupakan bagian dari kehidupan sosial atau budaya pergaulan. Tidak hanya ke pasangannya.
“ Hai apa kabar, kemana aja “
Cium pipi kiri kanan. Atau cheek to cheek, pipi ke pipi.
Begitu juga, kadang syuting selesai para pemain saling berciuman – pipi ke pipi atau mulut ke pipi – mengucapkan selamat tinggal. Tak kecuali sutradara mendapat jatah. Cup cup. Lumayan dapat setoran ciuman dari Asmirandah ( Lirik ke Antongiri )

Padahal dahulu kita mengganggap ciuman adalah sesuatu yang sakral. Budaya jaman dulu mungkin. Kitab paraton atau serat mantili memberikan ritual ritual sebelum proses ciuman. Entah itu memijit dahulu atau nembang. Tidak asal terkam, hajar bleh. Sewaktu pacaran jaman dulu, tak mudah bisa mendapatkan sebuah ciuman. Kekasih saya harus yakin bahwa saya adalah orang pilihan dan itu bisa memakan waktu. Terbalik dengan jaman sekarang. Cium dulu baru pacaran.
Roman roman Marga T selalu menggambarkan ciuman yang lembut dan syahdu. Lirik lirik lagu Bimbo, Koes Plus selalu berkisah sebuah ciuman dengan background alam di tepi danau, lereng gunung atau malam sejuta bintang. Indah dan menyentuh.
Bayangan itu buyar karena budaya pop dan film film modern mengajarkan ciuman berguling guling. Pelajaran jalan pintas yang membuang sakralnya sebuah ciuman. Menjadi barang fast food yang mudah didapat dimana mana. Jangan salahkan kalau ciuman hanya berbeda tipis dengan apa yang dinamakan pornografi. Mesum.
Sesuatu yang dilihat dan dipelajari oleh generasi sekarang. Lidah bertaut lidah. Menjalar ke leher. Tangan meremas remas.
Ini baru satu pembahasan. Bagaimana kita membayangkan pergeseran nilai yang lain.
But please don’t expect too much . Just a sweet kiss, gently and soflty.

64 Comments so far...

The Sandalian Says:

18 January 2008 at 8:38 pm.

Jadi teringat bahwa manusia mempunyai rasa yang selalu ada, rasa untuk dicium dan mencium 😀

dian Says:

19 January 2008 at 7:52 am.

kalo saya sih sedang kesal ama pilem indonesia yg isinya selalu pake ciuman. kayaknya lg ngetrend deh. jijay liatnya apalagi kalo yg ciuman ABG

kw Says:

19 January 2008 at 2:30 pm.

ciuman… mmmm……apa ya…

chiw Says:

19 January 2008 at 9:00 pm.

yang pasti, ciuman memang bikin nyaman, tenang dan ketagihan
tapi saya sendiri sampai saat ini masih berfikiran bahwa ciuman itu bukan aktivitas yang boleh asal dilakukan. semua ada prosedurnya…

😀

biasa2ajadey Says:

28 January 2008 at 1:21 pm.

Iya nih, aku juga bingung ama filem indonesia sekarang ini kayaknya hampir semuanya ada kissingnya, apa niat mereka ngebubarin LSI biar bisa bikin adegan ciuman yg lebih hot lagi ?

sayna Says:

4 February 2008 at 4:42 pm.

kalo ngomong soal ciuman…
film indonesia tuh sekarang kok jadi ke-barat-baratan yah?

YAYA Says:

16 April 2008 at 7:36 pm.

nikah dulu masss baru ciuman…….!!!!!! itu lebih ngindarin fitnah
ok….

fitra Says:

20 April 2008 at 8:17 pm.

kalo saya sih cuma mau cupika cupiki milih2 sama yang ganteng aja….hahahha…

bowie Says:

6 May 2008 at 9:47 am.

beda nafsu dan cinta itu sangat tipis ….. jadi beda ciuman nafsu ama ciuman cinta itu mungkin sangat tipis sekali

erna Says:

27 December 2008 at 12:19 pm.

mangnya ciuman tu perlu ya????
kayaknya gak deh…………
aku ja gak pernah tu nyium cowokQ
ntar jadi nglunjak lagi

eko Says:

26 February 2009 at 11:51 am.

waa itu maa luar biasa, unik, gerrrmm and do haii

eko Says:

26 February 2009 at 11:55 am.

too attention my friend call back email ee..from arek suroboyo

Agung prastyo wibowo Says:

10 April 2010 at 11:08 pm.

Kpn2 w ciuman ma loe donk ntar w pegang toket loe dah

Kailey Says:

20 April 2010 at 7:28 am.

Do you have a spam problem on this blog; I also use Blog Engine, and I was wondering about your situation; we have developed some excellent practices and we would like to exchange thoughts with others, please Email me if interested.

Leave a Reply

*

Mencari Jawaban

Artis tend to be dark, worried and superstitious creatures. This is not bad. It makes me perfectionist, it makes me care. Moreover the ability to see the darker side of life is an asset not just directing dramatic and tragic movies, but also for directing comedy, since comedy often has pain inside it. Do you believe that life and film tragically too close together ? I do ...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Iman Brotoseno. Make your own badge here.


Categories

Archives

Hot Topics

Spice of Life


Why Blog ?

Why the BLOG will change the world ?The explosion of blogs throughout the world has been the biggest phenomenon since the rise of the Internet itself. Today, more people read blogs than newspapers. Blogs are just a tool, of course. It’s the bloggers behind the blogs that will make the difference. Here's Why

Blog lama saya masih dapat dilihat disini

( DISCLAIMER ) Photo dan Gambar Ilustrasi kadang diambil dari berbagai sumber di internet - GETTY IMAGES dan CORBIS selain photo teman dan milik saya sendiri. Kadang kala sulit untuk menemukan pemiliknya. Jika ada yang merasa keberatan bisa menghubungi untuk dicantumkan namanya.

Subscribe this blog

  Subscribe in a reader
Enter your email address:
  
Delivered by FeedBurner
August 2021
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031