BF – Bicara Film

Dalam waktu dekat sebuah komunitas baru akan diluncurkan. Komunitas BF. Jangan berpikir ngeres. Ini tentang dunia film dan seluk beluknya. BF atau Bicara Film menjadi simpul baru bagi mereka yang menggandrungi film tapi tidak secanggih pemahaman pekerja film atau anggota kine klub. Namun mereka terbiasa menjadi hakim tentang sebuah film diantara teman temannya.
Mereka yang terbiasa menonton nomad, kagum dengan special effect ketika Neo menghindar peluru dalam film Matrix, ingin tahu bagaimana film animasi dibuat, penasaran bagaimana film iklan rokok bisa menghabiskan budget milyaran rupiah. Juga ingin tahu behind the scene sebuah film layar lebar.

Sebagaimana dikutip dari situsnya , yang masih belum selesai dibangun.
” Siapa bilang film itu ekslusif, sulit dan jauh di awang awang. Film itu menyenangkan dan siapapun bisa bicara, masuk kedalam dunia ini. Bicara Film adalah sebuah wadah diskusi dan tukar info yang cenderung informal, menampung peminat film dari dari kalangan biasa. Basis komunitas BF adalah blogger dan pengguna layanan media social serta jejaring sosial.
Mereka itulah yang akan menyebarluaskan kegiatan, dan terutama opininya tentang film. Mulai dari film layar lebar, film iklan, film indie, film pendek, musik video, film TV/ sinetron, film animasi/ kartun , company profile sampai dokumenter “


” Ini adalah situs yang baru kami luncurkan. Tidak sekadar situs karena selain kegiatan online, ada juga kegiatan offline yang tak kalah menarik, yakni diskusi, bincang dan tukar pengalaman tentang dunia film.
Semua bisa bicara. Tak cukup hanya nonton. Begitu motto kami “.


Jadilah tanggal 19 Juni nanti. Jam 7 sampai 10 malam. BF akan melakukan perkenalan perdana. Yang diawali dengan bicara Tentang Film Iklan. Saya dan Paquita Widjaya akan bicara apa saja tetang seluk beluk kerepotan pembuatan film iklan. Lalu Arief Budiman , seorang creative director akan berbicara tentang konsep sebuah iklan sekaligus strategi marketingnya.
Sebagai penutup pamungkas. Budayawan Goenawan Mohamad akan memberikan orasi budaya tentang film iklan sebagai bagian dari budaya modern.

Ini baru permulaan, untuk berikutnya kami akan membuat secara regular, entah sebulan sekali atau 2 bulan sekali, dengan topik menarik. Layar lebar, menulis skenario, Video klip, dokumenter atau apa saja. Mira Lesmana, Garin Nugroho, Andy Yusuf Bachtiar, Riri Reza, Dimas Djayadiningrat, Joko Anwar tentu tak segan memberi cerita cerita serunya. Juga pengalaman para pekerja film lainnya seperti penulis skenario, editor, animator sampai tukang katering. Siapa tahu.

Bicara Film. Saya tahu diluar sana begitu banyak orang tertarik ingin bicara tentang film. Siapapun bisa bicara. Terima kasih atas dukungan dagdigdug serta Komunitas Salihara.
Mari mulai bicara.

You Might Also Like

41 Comments

  • nicowijaya
    June 11, 2009 at 12:32 pm

    hader!
    moga2 ada workshopnya suatu ketika!

  • suprie
    June 11, 2009 at 12:40 pm

    hadeeeerr!

  • DV
    June 11, 2009 at 1:44 pm

    Suit-suit…… semakin meluas… Two thumbs up!

  • aad
    June 11, 2009 at 1:55 pm

    sukses !!

  • antyo rentjoko
    June 11, 2009 at 1:56 pm

    inilah yang namanya tempat belajar, terbuka untuk siapa saja yang berminat, bahkan yang masih blank seperti saya.

  • pilot garuda
    June 11, 2009 at 2:13 pm

    Saya sangat ingin hadir

  • meong
    June 11, 2009 at 2:27 pm

    oke! oke!
    saya siap jd EOnya di jogja.
    :mrgreen:

  • kunderemp
    June 11, 2009 at 5:08 pm

    Tanda2 mesti didatangi neh..

  • belum jadi suami
    June 11, 2009 at 5:36 pm

    wooh, asik nih

  • Dana Telco
    June 12, 2009 at 10:36 am

    Ditunggu nonton bersamanya. 😀

  • ea
    June 12, 2009 at 11:19 am

    semoga kelak bisa mampir ke palembang ya mas..

  • lady
    June 12, 2009 at 4:04 pm

    wah… diadain di solo juga oke tuh mas 🙂

  • kw
    June 12, 2009 at 5:32 pm

    wow menarik, sayang tak bisa datang…

  • Lance
    June 12, 2009 at 5:55 pm

    good move …

  • bintang iklan
    June 12, 2009 at 5:56 pm

    nggak ada seassion tentang talent ya ..?

  • Bayu Prihantoro
    June 12, 2009 at 7:27 pm

    semoga sukses, mas!
    (workshop saya yang di jogja kemarin nggak ‘berjalan mulus’. lha cuma dikasih waktu sejam sama panitianya. sejam nggak cukup. huhhh…)

  • Indah Sitepu
    June 12, 2009 at 8:46 pm

    maju terus mas iman !!! 😉

  • cc-line
    June 12, 2009 at 9:13 pm

    Congrat !!! Selamat mas Iman dkk !!! satu lagi pendidikan non formal tentang dunia sinematografi… Hehe… Arief “Petakumpet” Budiman makin berkibar di Jakarta.. Semoga. Semaikn banyak kawula muda yg kreatip semakin menumbuhkan Ekonomi Kreatip (Kata Hascarjo atau Mari E Pangestu).. sekali lagi Selamat atas kelahiran BF !!

  • Fenty
    June 12, 2009 at 10:27 pm

    Asyyiik, boleh bebas ngomongin film 😀

  • kombor
    June 12, 2009 at 10:31 pm

    Nampaknya asyik juga nih, lihat BF

  • Aris Heru Utomo
    June 12, 2009 at 11:40 pm

    ke salihara atau reunian sma? jadwalnya pas banget

  • Thomas Arie
    June 13, 2009 at 2:14 am

    Tambahkan ke RSS reader ah! 😀

  • Puspita
    June 13, 2009 at 7:19 am

    Pagi ini saya hanya ingin mengucapkan, “Selamat pagi!”.

  • edratna
    June 14, 2009 at 10:22 am

    Ada! Kayaknya pengin datang deh…semoga tak tubrukan dengan acara lain.
    Apalagi Salihara dekat rumah…..

  • edratna
    June 14, 2009 at 7:06 pm

    Mas, tempat terbatas apa nggak? Atau mesti pesan dulu?
    Tadi sore saya mampir ke Salihara, sepulang nonton Star Trek di Keong Mas, sekaligus ngasih tahu lokasinya …cuma di buku acara kok belum ada ya…

  • iman brotoseno
    June 14, 2009 at 9:43 pm

    Ibu Enny,
    nggak perlu reservasi kok,..
    mengenai buku acara belum terdaftar, mestinya sudah kok..paman tyo dan mas Goenawan Mohamad pasti sudah mengaturnya sebaik baiknya

  • didut
    June 15, 2009 at 5:23 pm

    ycerpen udah politik udah dan rupanya film yg akan muncul kemudian 😀

  • natazya
    June 16, 2009 at 8:50 am

    wow! menarik banget!!!!

    kalau sampai ke bandung diinfokan yah!!! mau ah ikutan 😀 😀 😀

  • Mini
    June 16, 2009 at 11:10 am

    Menarik sekali!! kalo workshop nya di Yogya, sy bisa ikut.. 🙂

  • gunawan raharjo
    June 17, 2009 at 5:48 pm

    cuman nggone aduoooh soko ngomah, mas !

  • Yoga
    June 18, 2009 at 9:42 pm

    Mestinya bisa datang 🙂

  • kunderemp
    June 20, 2009 at 4:27 pm

    Kereeeen!!!

  • Jevuska
    June 22, 2009 at 12:41 am

    Mudah-mudahan BF bisa di gelar di Makassar…Gimana Mas?

  • Investasi
    June 22, 2009 at 10:59 pm

    smoga ada perkumpulan khusus untuk orang2 yang hanya bicara film

  • titiw
    June 23, 2009 at 2:05 pm

    DANG! Waktu ke Salihara hari Sabtu kemaren liat poster ini.. Duh.. nyesel banget gak ikutan nonton.. Berarti di Be eF itu, kita2 (kita? lo aja kaleee) yang bukan siapa2 di dunia perfilman boleh ngirim riviu film mas..? boleh ngasih kritik dan saran ttg film..? boleh minta cium nicholas saputra..? YAY!!!

  • Iman Brotoseno
    June 23, 2009 at 3:48 pm

    Jevuska,
    kenapa tidak ? tinggal temen Makasar siapkan venue,..kami akan datang he he

  • arifr
    June 27, 2009 at 4:49 am

    saya jadi ingat dulu waktu saya masih smp dulu, ada radio fm di semarang juga punya acara yang sama judulnya BF, Bicara Film..

  • dhodie
    July 1, 2009 at 10:48 am

    sudah ikutan menjadi fans di pages Fesbuk, Bicara Film 😀

  • Payton
    April 9, 2010 at 9:37 am

    You gave honest ideas there. I did a search on the issue and got most peoples will agree with your blog.

  • James Kerry
    June 2, 2010 at 3:20 am

    Hai there!
    My band recently recorded our first full song!!!

    Please have a look, we’ve learnt a lot from your blog! 🙂
    xxx

  • El Capitan
    June 11, 2011 at 2:19 am

    Telat niy dapet infonya… sukses selalu buat mas Iman

Leave a Reply

*