22 March 2008

Tulisan saya dijiplak dan dibuat Buku !

Posted by iman under: HUKUM & ETIKA .

Akhirnya puncak copy paste dari tulisan saya terjadi lagi. Ceritanya kemarin saat menemani anak lanangku ke toko buku Gramedia, saya menemukan sebuah buku baru setebal 120 halaman yang berjudul “ Soekarno Uncencored – Benarkah Soeharto lebih baik dari Soekarno ? “.
Tentu saja sebagai pemerhati dan sekaligus ( mungkin ) Soekarnois, saya selalu mengumpulkan segala literature dan buku buku tentang sang proklamator.
Sungguh mengagetkan ternyata dalam Bab AKHIR YANG TRAGIS halaman 99 – 102 buku itu jelas jelas menjiplak tulisan ‘ Soekarno – Sejarah yang tak berpihak ‘ yang diterbitkan dalam blog pribadi saya pada tanggal 13 Januari 2008. Sementara itu buku ini terbitan edisi 1 bulan Maret 2008.

Buku ini secara terbuka melakukan penjipkakan tanpa meminta izin dari saya, atau mencantumkan sumber penulisan. Jika diperbandingkkan dengan tulisan asli, ia hanya menghapus paragraf awal dan akhir, serta menghapus kalimat atau kata kata yang menyebutkan keterlibatan orangtua saya. Seperti ketika orangtua saya sungkem jenasah atau kata kata ‘ kembali ke penuturan ibu saya ‘. Karena dalam tulisan di blog, saya menceritakan apa yang dituturkan oleh ibu saya. Selebihnya benar persis plek ketiplek.
Dari kutipan bahasa asing, titik koma, huruf miring dan kalimat. Silahkan anda bandingkan isi postingan saya diblog dengan halaman 99 , halaman 100 – 101 , dan halaman 102 dari buku tersebut.

Saya sudah mengirimkan surat kepada yang bersangkutan, dan mempersiapkan langkah legal action sekiranya perlu terhadap
Penulis : Wang Xian Jun
Penerbit Radja – Jl. Malioboro 167 Yogjakarta
Telp/Fax 0274-562280
Email : cuncun_ygy@yahoo.com
cuncun@excite.com

Kalau dilihat dari profile si penulis , penuh dengan background pendidikan beragam. Ia pemilik gelar MBA dari Taiwan, S1 – S 2 Teknik, S 2 Teologi, Magister Hukum sekaligus Doktor dalam bidang manajemen teknologi, sehingga mengherankan dengan daya intelektualitas yang tinggi masih mencomot mentah mentah tulisan saya. Sama sekali tidak ada usaha meramu berbagai sumber penulisan serta menuangkan dalam tulisan sendiri.
Sepertinya si penulis juga banyak menerbitkan karya karya tulisnya . Mulai novel Djogja Pintu Gerbang Nereka, Buku Siasat Sukses Kredit Bank, Isteri Isteri Soeharto sampai Feng Shui Jawa dan Mantera Sukses Muhammad Yesus bagi para Usahawan. Dan bisa jadi ia seorang Soekarnois juga.
Saya menghargai tujuannya untuk menyampaikan sebuah warta kebenaran tentang sejarah seorang Soekarno. Hanya cara yang diambilnya salah.
Terus terang saya tersinggung dengan cara tersebut.

269 Comments so far...

tempat berlibur Says:

30 July 2011 at 9:04 pm.

Wah, malu dan ngerasa gak yaa yg jipak buku kalo ngebaca postingan ini yah ??

kopi Says:

4 October 2011 at 7:57 am.

Baiknya sih diambil jalan damai, misalnya menghubungi Pak Wang Xian Jun dulu sebelum melapor kepada yang berwajib. Jika bisa diselesaika secara damai kan tidak menghabiskan banyak energi utk kedua belah pihak.

Lagipula jika diusulkan berbagi royalti berapa persen saja, atau menyisipkan sumber, atau menghapus halaman tersebut dengan menggantinya (dengan disisipkan permohonan maaf) tentu akan lebih baik.

Cuma usul saja sih hehehe…saya minta maaf 🙂

kikils Says:

16 October 2011 at 3:42 am.

parah banget copas tanpa izin

dion Says:

10 November 2011 at 2:39 am.

Waduh makin parah aja neh !!
Klo mo bikin buku yah dari karya sendiri lah masa tulisan orang lain main copy paste aja.
Bikin malu para penulis Indonesia aja. Jangan membuat nama bangsa hancur donk karena kebiasaan menyontek waktu sekolah dibawa bawa sampe sekarang.

pulsa elektrik Says:

17 November 2011 at 11:52 am.

wah sayang sekali yach g tau malu tuh orang .semoga mas y yg dapat pahala dech

teknisi listrik Says:

17 November 2011 at 11:53 am.

sabar saja mas .. semoga di limpah rizki aja si mas nya

Firdauus Says:

24 November 2011 at 3:44 pm.

terima kasih atas penulisan artikel/informasi ini, semoga bermamfaat bagi kita semua,,, sukses milik semua orang, jadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini, salam….

Mochammad Kurniawan v2.0 » Blog Archive » Lagi-lagi copy paste Says:

11 March 2012 at 7:59 pm.

[…] saat yang lalu Iman Brotoseno sempat menulis kekesalannya di blognya karena hasil tulisannya di copy paste dengan semena-mena […]

Raynia Says:

23 April 2012 at 6:46 pm.

Mendukung mas Iman sepenuhnya, seleb dilawan..cih….Go Go mas Iman

Ivan Prakasa Says:

11 January 2013 at 4:35 pm.

Wah ini kelanjutannya gimana mas iman?
apakah ada itikad baik dari penulis yg menjiplak?

Pantai Carita Says:

25 February 2013 at 9:44 am.

gimana Mas Iman ? sukses gak legal actionnya ? kok gak ada berita perkembangannya ?

emofoxs Says:

30 July 2013 at 9:00 pm.

huaaaiiiiiyyuuuuhhh,..
#COPI luweh mantap tambah #CAPUCINO..:D
,.
gak relevan buangettt,..
pejamkan mata sejenak,.menyebut ASMA_NYA,.
bisikkan dalam hati,..”#LEMAH_TELES”… 😉

Someone Says:

10 November 2013 at 1:52 am.

jelas ga ada berita perkembangannya lha wong si penulis buku sudah mencantumkan di daftar pustaka kok, tapi di berita blog ini ditulis “tidak mencantumkan sumber”… paling si blogger ujung-ujungnya minta duit ama si penulis

Guntur Says:

18 May 2014 at 1:29 pm.

Just Opinion : Mungkin selama mengalami pendidikan,,, penjiplak tidak pernah diajari originalitas dalam setiap penulisan karya ilmiah entah skripsi tesis atau bahkan disertasinya…

Who knows? Tuhan Lebih tahu dari kita 🙂

Isabela Says:

7 July 2014 at 7:07 pm.

Mas , bagaimana dg proses tindakan hukum ? hukum harus ditegakkan dan orang harus speak up , berani karena benar ……Penjiplak yang bodoh ……siapa tahu nama itu juga palsu, hanya penerbit yang tahu ………

Bobby Says:

26 March 2015 at 3:42 pm.

bagaimana update kasusnya?

Rome161 Says:

30 March 2015 at 5:46 pm.

Wang Xian Jun dari Yogyakarta … sounds familiar. itu yang nerbitin Naburo bukan ya?

odhye Says:

1 July 2015 at 8:27 pm.

sudah jelas-jelas dia memiliki gelar sarjana palsu semua 😀

sagarichan Says:

9 March 2017 at 10:56 am.

punya gelar banyak kok masih jiplak
mungkin palsu kali yak..

Leave a Reply

*

Mencari Jawaban

Artis tend to be dark, worried and superstitious creatures. This is not bad. It makes me perfectionist, it makes me care. Moreover the ability to see the darker side of life is an asset not just directing dramatic and tragic movies, but also for directing comedy, since comedy often has pain inside it. Do you believe that life and film tragically too close together ? I do ...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Iman Brotoseno. Make your own badge here.


Categories

Archives

Hot Topics

Spice of Life


Why Blog ?

Why the BLOG will change the world ?The explosion of blogs throughout the world has been the biggest phenomenon since the rise of the Internet itself. Today, more people read blogs than newspapers. Blogs are just a tool, of course. It’s the bloggers behind the blogs that will make the difference. Here's Why

Blog lama saya masih dapat dilihat disini

( DISCLAIMER ) Photo dan Gambar Ilustrasi kadang diambil dari berbagai sumber di internet - GETTY IMAGES dan CORBIS selain photo teman dan milik saya sendiri. Kadang kala sulit untuk menemukan pemiliknya. Jika ada yang merasa keberatan bisa menghubungi untuk dicantumkan namanya.

Subscribe this blog

  Subscribe in a reader
Enter your email address:
  
Delivered by FeedBurner
September 2017
M T W T F S S
« Aug    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930