1 December 2006

TOGEAN

Posted by iman under: PERJALANAN .

( sebuah sisi di teluk Tomini, Sulawesi )

Perjalanan ini memang terasa sangat melelahkan, bayangkan dari kota Gorontalo, saya harus menempuh 4 jam perjalanan darat, melalui gunung gunung serta menyusuri tepi teluk Tomini untuk mencapai desa pelabuhan Marisa. Wajah wajah penduduk desa nelayan itu, kelihatan tak peduli dengan kehadiran manusia manusia seperti kami yang membawa tas ransel, koper kamera besar besar. Beberapa anak anak kecil berteriak teriak dan sambil berenang di sisi sampan kecil yang membawa kami menuju perahu nelayan dengan tenaga mesin truk diesel menunggu di ujung sana. Ya, saat itu air surut sehingga perahu itu tidak bisa merapat di tepi pantai . Dari sini kami masih harus menempuh perjalanan menyeberangi teluk Tomini, menuju kepulauan Toegan selama kurang lebih 6 jam. Jadi total adalah sepuluh jam perjalanan menuju pulau kadiri sebagai salah satu bagian dari kepulauan Togean, Sulwesi Tengah.

Kalau ada yang pernah melihat film โ€˜ The Beach โ€œ yang dibintangi Leonardo di Caprio pasti tak asing dengan landscape serta kontur alam di pulau Kadiri. Ya, film itu dibesut di Thailand. Hanya saja togean merupakan sebuah titik di teluk Tomini, Sulawesi yang jauh dan terabaikan. Pasir putih lembut, batu batu karang mencuat diantara perairan teluk yang tenang, serta sunset yang menyejukan mata dan hati. Luar biasa ! Jadi teringat MAW Brouwer, seorang budayawan dan penulis kelahiran Belanda , saking jatuh cintanya dengan tanah pasundan pernah menulis di awal tahun 70an, โ€œ Tuhan pasti sambil tersenyum ketika ia menciptakan tanah priangan โ€œ. Saya berani bertaruh ia pasti akan menarik kembali kata katanya jika melihat keindahan alam yang ditawarkan di togean. Apalagi kalau ia tahu betapa baunya kota Bandung dengan sampah menumpuk, serta semrawutnya kawasan puncak dengan banner banner spanduk, kaki lima dan kemacetan.

Menarik, persis seperti film The Beach, saya menemukan orang orang bule yang dari antah berantah datang menuju pulau ini. Ada yang menempuh 22 jam perjalanan dari kota kota kecil di Sulawesi Tengah, naik bus antar kota lalu dilanjutkan dengan perahu perahu kecil Mereka tinggal semaunya dan hidup menikmati alam di kepulauan ini. Ada yang berpacaran dengan local guide setempat, ada yang yang tak peduli dengan bangun siang dan bermalas malasan seharian. Nelayan nelayan setempat datang menawarkan ikan segar dan kepiting sebesar butir kelapa dengan harga murah. Tiba tiba saja saya tersadar betapa indahnya alam Indonesia ini. Mata saya tak berani beranjak dari viewfinder kamera, untuk menelanjangi keindahan yang tak bisa saya lihat di tanah jawa . Sebuah sisi dunia lain, yang tak tahu sampai kapan mampu bertahan.

10 Comments so far...

dian mercury Says:

2 December 2006 at 10:12 am.

indah banget picsnya….

itu bule tau aja ada alam indah. nyampe aja

ps : gak ada gosip celeb lg neh ? hihihi

NiLA Obsidian Says:

3 December 2006 at 2:03 am.

woaaaaalaaaahhhhh…..

jadi lama ga nongol..abis jalan2 tho?
whuehehehe…..
kapan2 kalo liling liling ajak2 dong mas….

kali aja ketemu leonardo di caprio beneran…hihihi…

iklan or documentary nie mas?

Iman Brotoseno Says:

4 December 2006 at 8:55 am.

dian : gosipnya disimpen dulu ya…he he
nila : nggak ada yang lebih enak, working sekaligus pleasure..he he

Anonymous Says:

4 December 2006 at 1:22 pm.

wew…. it’s beautiful…

pengeeen kesanaaa…..

Good Nite Sam Says:

4 December 2006 at 2:59 pm.

Wow.. Nice pics..!
Udah lama rencana kesana tapi ketunda terus. Enaknya masuk lewat Palu apa Gorontalo ya?

Iman Brotoseno Says:

4 December 2006 at 3:24 pm.

good niite sam..Enaknya liwat Gorontalo…

anas Says:

11 May 2007 at 1:43 am.

Mata saya tak berani beranjak dari viewfinder kamera, untuk menelanjangi keindahan yang tak bisa saya lihat di tanah jawa . Sebuah sisi dunia lain, yang tak tahu sampai kapan mampu bertahan.

Sampaikapan tergantung kita pak. Salam kenal.

Chic Says:

27 January 2012 at 10:42 am.

jauh, terabaikan dan mahal, Mas ๐Ÿ˜
itu lah kenapa pariwisata di Indonesia yang banyak bagus-bagus itu seperti tidak dilirik.
Ke Thailan lebih murah e ketimbang ke Bali, atau Togean ini.. ๐Ÿ˜

Vicky Laurentina Says:

27 January 2012 at 10:54 am.

Bagus banget, Mas Iman. Tambahin informasi dong, ada pesawat apa aja menuju Tomini? Jadwalnya hari apa aja, jam berapa, dan harga tiket musim liburannya berapa. Minimal dari Jakarta gitu lho, supaya kita ada bayangan dana yang sebaiknya dikeluarkan ๐Ÿ™‚

Iman Brotoseno Says:

27 January 2012 at 11:15 am.

Vicky, Chic…
Sekarang tiket ke Gorontalo naik Lion sekitar 1,5 – 2 juta ( tergantung seassion ). Penerbangan ada setiap hari. Pagi dan sore hari. Bisa juga lewat Palu ( naik Lion atau Garuda ) sebagai alternatif route. Kalau naik kapal, kalau dengan kapal umum bisa murah. Kalau mau ekslusive bisa sewa biat sendiri. Sudah banyak kok travel agen di Palu atau Gorontalo yang menyediakan paket liburan ke Togean. Kalau hotel range dari hotel Melati sampai yang berbintang.

Leave a Reply

*

Mencari Jawaban

Artis tend to be dark, worried and superstitious creatures. This is not bad. It makes me perfectionist, it makes me care. Moreover the ability to see the darker side of life is an asset not just directing dramatic and tragic movies, but also for directing comedy, since comedy often has pain inside it. Do you believe that life and film tragically too close together ? I do ...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Iman Brotoseno. Make your own badge here.


Categories

Archives

Hot Topics

Spice of Life


Why Blog ?

Why the BLOG will change the world ?The explosion of blogs throughout the world has been the biggest phenomenon since the rise of the Internet itself. Today, more people read blogs than newspapers. Blogs are just a tool, of course. Itโ€™s the bloggers behind the blogs that will make the difference. Here's Why

Blog lama saya masih dapat dilihat disini

( DISCLAIMER ) Photo dan Gambar Ilustrasi kadang diambil dari berbagai sumber di internet - GETTY IMAGES dan CORBIS selain photo teman dan milik saya sendiri. Kadang kala sulit untuk menemukan pemiliknya. Jika ada yang merasa keberatan bisa menghubungi untuk dicantumkan namanya.

Subscribe this blog

  Subscribe in a reader
Enter your email address:
  
Delivered by FeedBurner
August 2021
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031