Tahun yang baru

Mama Lauren belum belum sudah membuat prediksi di tahun 2009. Ada seorang politikus tenar yang mati terbunuh karena urusan pemilu kelak. Entah dari Partai apa. Namun sudah cukup membuat bertanya tanya, apa yang sesungguhnya terjadi pada tahun 2009.
Pergantian tahun selalu diliputi prediksi. Bisa optimisme, kegalauan atau untuk sebuah pencapaian yang belum berhasil . Padahal apa bedanya pergantian bulan, minggu atau hari. Bahkan Jam. Sang waktu yang terus berjalan. Nasib bisa berubah dalam hitungan detik.
Tapi manusia memang butuh simbol. Harapan masa depan dan kenangan yang telah berlalu. Manusia membuatnya sebagai turning point. Pergerakan angka angka numeric sebagai titik awal. The clock is ticking. Time is changing.

Saya akhirnya kebingungan ketika ditanya seorang teman, dimana akan menghabiskan pergantian tahun. Lebih dari 20 tahun – usia dewasa – saya mengalami semua pergantian tahun. Di gunung, di laut, diskotik, hutan, barbeque bersama keluarga, trowulan, pantai, jombang, monas, anyer, Bangkok, London, bioskop, Ancol dan berbagai macam tempat. Lalu mendem, bermesraan, merenung, kerja, berdoa dan banyak kegiatan lainnya.
Been done, been there.

“ ya sudah barbeque di rumah gue saja “ Teman itu menawarkan. Belum adik yang mengabarkan bahwa semua keluarga besar akan berkumpul di Solo.. Ya siklus itu akan selalu berulang.
“ Kita sudah charter satu gerbong khusus, tinggal naik saja “. Pesannya. Dan saya belum juga memutuskan untuk ikut.

Akhirnya memang semua tak ada berubah. Semuanya hanya permainan di benak kita. John Lennon menyanyikannya, So keep on playing those mind games together. Faith in the future, outta the now. Gelak tawa, suara terompet dan gelas wine menstimulasi pikiran kita tentang harapan yang sebenarnya kita sudah tahu sebelumnya.
Kadeiloskop tahun ini mencatat rekam potret buram negeri ini. Keadilan, korupsi, kesewenang wenangan. Dari sekian ratus bupati, ada 61 yang menjadi terpidana korupsi. Belum lagi izin pemeriksaan dari Menteri Dalam Negeri terhadap 67 kasus lainnya. Ke depan, Lapindo yang terus berlarut larut dan juga krisis Global yang mungkin terus berlanjut. Pembuat film harus sport jantung karena siapa saja berhak menyetop syuting dengan alasan apa saja. Padahal bentuk filmnya belum jadi.
Sementara momen akbar negeri ini – pemilu – berpretensi menjadi politik dagang sapi.

Menyenangkan bahwa selalu ada bonus tentang orang orang yang optimis hari esok akan lebih baik, dan itu melecut nurani kita untuk mempertanyakan apa yang telah kita berikan untuk dunia ini. Saya percaya pertanyaan itu mungkin akan susah dijawab oleh Mama Lauren.

Bagaimanapun tahun yang baru – suka atau tidak suka – membawa harapan baru. Saya juga tidak tahu ukuran keberhasilan yang telah dilalui. Walau kantor saya mengukurnya dengan tingkat revenue pemasukan, sehingga saya berhak bonus Mac Book Pro baru.
Kahlil Gibran mengukur waktu yang bergerak dalam pergantian musim. Teramat romantis malah. Dan bukanlah sang waktu sebagaimana cinta, tiada terbagi dan tiada kenal ruang? Tapi jika di dalam pikiranmu haru mengukur waktu ke dalam musim, biarkanlah tiap musim merangkum semua musim yang lain,Dan biarkanlah hari ini memeluk masa silam dengan kenangan dan masa depan dengan kerinduan.

Akhirnya tetap menjadi klise. Semoga tahun depan menjadi lebih baik. Semuanya tentu saja. Walau penjual terompet banyak yang cemas dagangannya tidak begitu laku tahun ini.
Selamat datang 2009.

foto : Brian Hendrata

You Might Also Like

66 Comments

  • hanny
    January 1, 2009 at 11:54 am

    mas iman, selamat tahun baru 2009. sukses selalu ya, mas! and thanks for being ‘you’ during 2008, saya banyak mendapatkan inspirasi dari mas iman 🙂 *hugs*

  • septian
    January 1, 2009 at 3:37 pm

    met taun baru, mas Iman 🙂
    have a blessed year ahead !

  • Hanum
    January 1, 2009 at 5:05 pm

    Selamat Pergantian Tahun…

  • mbakDos
    January 1, 2009 at 7:17 pm

    ngg.. bonus macbook pro-nya ada satu lagi gak mas? :mrgreen:

    slamat taun baruuu..

  • aRuL
    January 1, 2009 at 8:05 pm

    mac booknya yg lama dikemanakan? dikasihkan ke kita aja ..hehehe
    btw…met tahun baru.
    banyak keprihatinan memasukin tahun baru ini..
    semoga bisa berakhir happy ending *halah sinetron banget*

  • kucluk is dead
    January 1, 2009 at 8:34 pm

    selamat tahun baru….

    tahun baru semangat baru

  • kenny
    January 2, 2009 at 6:31 am

    met taun baru mas

  • pyek
    January 2, 2009 at 8:16 am

    pokoke selamat tahun baru mas

  • annosmile
    January 2, 2009 at 8:44 am

    wah, fotonya keren mas.
    hasil bidikan saya maih kalah jauh..
    tahun baru di jakarta ya..
    terima kasih kemarin makan – makannya

  • genthokelir
    January 2, 2009 at 9:11 am

    selamat tahun baru
    resolusi
    salam

  • serdadu95
    January 2, 2009 at 10:34 am

    Selamat tawun baru Kang. Smga semuwa harapan nJenengan di tawun depan tercapai.

  • sawali tuhusetya
    January 2, 2009 at 7:52 pm

    sensasi tahun baru memang selalu terjadi, mas iman, konon kalau ndak ada sensasi, jadi ndak ramai, hiks. yang penting saya mengucapkan selamat tahun baru 1430 H dan 2009 M utk mas iman dan keluarga, semoga sukses selalu.

  • Sharon
    January 2, 2009 at 9:03 pm

    Mas iman, selamat tahun baru 🙂

    jangan2 mama lauren itu memberikan gosip kalau akan terjadi pembunuhan politikus supaya ga terlalu banyak orang yang nyalonkan diri jadi ini dan itu… Hohoho… Mama laurennya yang pengen jadi ini dan itu kale… atau.. titipan pesan dari politikus lain? hihihi… seru yak..

    Mari mari kita jalani tahun dengan pikiran lebih positif

  • vika
    January 4, 2009 at 12:17 pm

    wah bwanyak bwanget donk pengalaman tahun barunya. met tahun baru juga ya. n lam kenal

  • hasan
    January 4, 2009 at 6:42 pm

    tahun baru bisa dijadikan simbol pembaruan bagi kita untuk meraih apa yang dicita-citakan. dikala terompet di bunyikan dan kembang api banyak orang yang make a wish pada tuhan bahwa cita2nya tahun ini bakalan tercapai.

  • zuwiQue
    January 8, 2009 at 12:36 am

    hApPy nEw YeAr’s
    lam knal

1 2

Leave a Reply

*