12 February 2007

SIDE JOB

Posted by iman under: ANEKARUPA .

Sifat dasar manusia memang selalu tak pernah merasa cukup dengan penghasilan atau gaji yang diperoleh setiap bulan. Kadang kita berpikir meningkatkan penghasilan kita tanpa harus mengganggu pekerjaan utama kita. Montir mobil saya, Dudung bisa menerima panggilan memperbaiki mobil di rumah rumah, jika pekerjaan di bengkelnya sedang sepi atau sore hari setelah jam bengkel selesai. Rasa rasanya untuk memudahkan job sampingan yang kita tekuni, idealnya masih berhubungan dengan pekerjaan sehari hari. Seperti saya, kadang masih menerima side job untuk memotret, menjadi creative director freelance

untuk biro iklan kecil , menulis artikel perjalanan di Majalah atau menjual gambar footage

landscape dan pemandangan alam Indonesia. Jadi seperti saya atau Dudung masih bisa mengkaitkan keahlian yang kita miliki dengan tambahan penghasilan.

Namun saya lebih kagum lagi dengan orang orang yang mempunyai job sampingan yang benar benar berbeda dengan pekerjaan utamanya. Ada teman sejawat yang mempunyai job sampingan menjual apartemen, ada juga yang menjadi peternak ikan hias. Ini membutuhkan keahlian tambahan yang berbeda dengan keahlian utamanya. Seorang pekerja kreatif seperti sutradara , tiba tiba harus memiliki kemampuan pemasaran, atau harus mendalami penyakit ikan hias. Demikian pula pola multilevel marketing ala Amway

atau CNI

, mensyaratkan sejumlah pertemuan dan pelatihan untuk menjaring pembelinya. Bagi yang gagap atau suka gugup kalau berbicara, lupakan saja untuk mencari penghasilan tambahan lewat multilevel marketing ini. Tidak mudah dan jelas membutuhkan passion untuk menggelutinya. Jika tidak mempunyai passion, yang namanya job sampingan ini hanya menghabiskan waktu saja. Sewaktu jaman krismon dahulu, artis dan selebritis mendadak banyak yang memiliki warung tenda yang tidak bertahan lama karena memang passionnya bukan disana, Walau namanya side job, kita tidak boleh memperlakukannya setengah setengah. Tetap professional dan correct. Masalah bagaimana kita menjalani dengan keterbatasan waktu yang kita miliki, adalah problem lain yang harus kita siasati juga.


Sementara orang bisa saja keasyikan dengan side job ini karena ternyata memberi penghasilan yang jauh lebih besar dari penghasilan utamanya. Ini memang menjadi dilema karena membuat tipis batasan antara profesi utama dan sampingan. Kita saja bingung melihat Ruhut Sitompul, pekerjaan aslinya pemain sinetron atau pengacara ? Lihat saja anggota DPR yang terhormat, bisa sekaligus menjadi broker bisnis ke BUMN. Ada wakil presiden yang memiliki side job menjadi ketua partai. Bupati bupati yang memiliki side job menjadi ketua persatuan sepak bola setempat. Mulan Kwok mungkin tidak pernah peduli, kalau dipecat dari Ratu, karena penghasilan dari pekerjaan sampingannya seperti main sinetron, iklan bisa saja lebih besar dari penghasilannya sebagai penyanyi. Banyak produk produk ternama yang dimulai dari usaha sampingan. Tirto Utomo, dahulu hanya seorang seorang pegawai perusahaan minyak, ketika memulai usaha sampingannya dengan memasok air mineral dengan merek Aqua. Tentu saja ia memutuskan pensiun dari kantornya setelah usaha sampingan ini jelas lebih menguntungkan dan membutuhkan perhatian lebih. Demikian juga Mustika Ratu sampai Sido Muncul

Kalau dilihat pada umumnya, usaha manusia memenuhi kebutuhan primer dan sekundernya berbanding terbalik dengan pendapatan tetapnya. Jadi tanpa melihat sisi moral, bagaimanapun juga usaha job sampingan menunjukan manusia memiliki daya juang dan semangat mencapai penghidupan yang lebih baik. Bagaimana kalau sisi moral itu menjadi parameter ? dari sisi mana kita melihatnya ?. Seperti waktu sebuah produk minuman energi melakukan syuting di Bali dengan bintang sepakbola Portugal. Bisik bisik ada seorang artis sexy yang biasa menjadi model iklan obat suplemen pria, ikut menyusul masuk ke kamar hotelnya. Yang jelas dengan jauh jauh terbang ke Bali untuk mencari tambahan pemasukan, sang artis berusaha menunjukan passionnya dengan job sampingannya. Apapun itu yang dijualnya.

33 Comments so far...

fanatiCanz Says:

12 February 2007 at 12:14 pm.

side job..? pekerjaan utama aya ga punya, maklum ijasah smp. Tapi yang saya lakoni saat ini adalah usaha sablon (kaos, kartu nama, undangan, sticker, dll) sama jadi teknisi komputer amatir (ini mungkin bisa disebut side job, yah?)

venus Says:

12 February 2007 at 1:09 pm.

pertanyaan saya, mas iman..siapa nama si artis sinetron yg sneak in ke kamar si ganteng itu? mari kita ngegossip..wakakaka..

Trian H.A Says:

12 February 2007 at 1:18 pm.

mengapa harus ada main/side? jangan bilang hanya untuk “klasifikasi” saja. khawatir ada main/side dalam hal lain jg.. (apa coba?)

*wah..di depan (tampang) serius. belakang2nya koq “gosip”. 😀

kenny Says:

12 February 2007 at 1:22 pm.

hahaah..pertanyaanku udah keduluan tante venus 😀

Kuatirnya klo hasil job side nya ngelebihi yg kerja utama trus jadi semau gue kerjanya…nah ini yg merugikan (halahh sok tahu ki).
Makanya disini(contohnya) para dokter yg kerja di rumah sakit gak boleh buka praktek, mesti milih salah satu. Jadi gak ada kata pasien kelamaan nunggu dokter yg terlambat datang gara2 repot ama prakteknya.

Iman Brotoseno Says:

12 February 2007 at 1:31 pm.

venus dan kenny,..
ke japri aja kalau mau tahu siap artisnya he he

artja Says:

12 February 2007 at 1:40 pm.

eh, side job memang menyenangkan lho. apalagi kalau hasilnya juga lumayan. beneran

NiLA Obsidian Says:

12 February 2007 at 2:25 pm.

awalnya side job….lama2 kerasa kudu diseriusin..eh lama2 jadi main job…..

wong penghasilannya lebih gede kho…

(enakkkk nyaaa…kalo bisa begitu yak…kakakaka)

za Says:

12 February 2007 at 2:55 pm.

sebenernya enak juga tuw punya side job… bisa jadi cadangan-lah kl pas mo dipecat gini… Tp mang gak punya passion yang cukup buat nyari side job itu ndiri…

btw, ada side job gak Om? *lhoh kok malah nanya :P*

muthe Says:

12 February 2007 at 5:19 pm.

tapi jangan pernah mencoba side job kalau Anda termasuk tipe orang yang hanya bisa fokus terhadap satu hal saja. kayak saya! hehehe….

dian mercury Says:

13 February 2007 at 2:03 am.

bintang sepakbolanya sapa? c ronaldo atau luis figo ? ah kalo mereka, gratis juga saya mau kekkekek…husssh

10 menit yg lalu baru aja ngomongin dokter chiropractic disini yg side jobnya ngejual mobil bekas hihihi

arifkurniawan Says:

13 February 2007 at 2:37 am.

Mengenai artis seksi yang menyusul pemain bola ke kamar hotelnya. Astaga… dulu kakanya.. sekarang adiknya… Hahaha.

Jadi inget konser Metallica dulu. Ternyata Lars Ulrich diumpankan VJ MTV indonesia. Hahaha.

Loh, kok saya jadi ngegosip gini!

mengenai nyambi… hmmh… jadi pengen nanya Mas Iman, sejauh mana kepuasan didapat dari nyambi?

Barry Says:

13 February 2007 at 2:58 am.

side job itu kan perlu sebagai training ground untuk mengganti full time job yang dirasakan perlu diganti. kalau ternyata uang itu lebih banyak dihasilkan secara sampingan, belum tentu itu merupakan passionnya dia juga. siapa tahu kebetulan ada yang mau kasih tender besar 🙂

endangwithnadina Says:

13 February 2007 at 6:13 am.

ibu rumah tangga, side jobnya ngeblog…haahhahha, hasilnya ya nambah temen ama hilang suntuk…duit? teteeep…minta suami…payah deh ah !

Giel Says:

13 February 2007 at 8:31 am.

Pengennya punya side job, cuman problem kemaren gak bisa bagi waktu, maklum posisi yang masih kroco kudu ngekor maunya bos.. sabtu minggu ya nyangkul juga kalo pas lagi kudu! 🙁 hemmm kapan ya punya side job?? *day dreaming mode on*.
btw, foto di stream flickr nya keren2! salut… ajarin gil foto dong…
btw ke dua: salam kenal balik namun kunjungannya di pagi hari…

pyuriko Says:

13 February 2007 at 12:01 pm.

Enak kali yaa punya side Job, bisa nambah penghasilan… pingin deh.

Tapi yg tdk ganggu pekerjaan utama,.. hhhm… apa yaaa??

mei Says:

13 February 2007 at 1:13 pm.

Bisik bisik ada seorang artis sexy yang biasa menjadi model iklan obat suplemen pria, ikut menyusul masuk ke kamar hotelnya

wahahah, mas iman gosipnya teteup ya!!hihi..keknya tau nih sapa*plirik sana sini dulu nih*..hihi

side job kalau d tekuni emang hasilnya malah lbh gedhe dari main job mas, hanya kadang kita kebentur sama waktu, apalagi bagi yang sudah berkeluarga..haduhh anak malah ga kpegangn nanti..jadi ya, saya memilih menekuni main job sajalah

kawula alit Says:

13 February 2007 at 2:55 pm.

ck ck ck ck
jan pertanda jaman tenanan

Bangsari Says:

13 February 2007 at 4:53 pm.

saya pengin side jobnya yang berhubungan dengan hobi, ngeblog misalnya. bisa ngga ya? he..he,..

ibunyaima Says:

13 February 2007 at 5:28 pm.

Kalimat ini “Bisik bisik ada seorang artis sexy yang biasa menjadi model iklan obat suplemen pria” tendensius banget ya.. hehehe… Soalnya bisa dihitung dgn jari tuh ;).

Uhm.. jawabannya inisial “S” dari keluarga “A” ya 😉 HUAHAHAHAHA..

Anton Says:

13 February 2007 at 10:03 pm.

Side Job? Boro2.. Masih mahasiswa ini :p. Paling “proyekan” aja sih… 😀

Meli-in-the-Bong Says:

13 February 2007 at 10:54 pm.

side job seh halal2 sajah,sejauh yang bersangkutan seneng aja 😀

bebek Says:

13 February 2007 at 11:09 pm.

wahhh kalo bisa punya side jobs sih enak… lah ini main job aja lagi nyari2 … gimana coba pak? 🙁

kw Says:

14 February 2007 at 10:04 am.

aku juga lagi pengen nih mas cai sj: nulis novel. tapi belum mulai2 juga hehehhe

Fany Says:

14 February 2007 at 1:35 pm.

Biasanya side job itu dijalani di waktu2 yg gak tentu. Kalo main job kan udah pasti (biasanya).
Kayak kerja kantiran, side job nya MLM, misal.

Tapi kalo penghasilan side job lebih gedhe dari main job memang cenderung jd males kerja di tempat utama ya..

Atniga Tayadih Says:

14 February 2007 at 7:13 pm.

Atau menjadi anggota DPR yang terhormat dan pemain video cabul sebagai side job-nya. Eh, Bung, nggak bikin film dengan setting banjir? Kayaknya bakal dahsyat tuh.

joni Says:

16 February 2007 at 5:52 am.

hmmm.. memang aku juga lagi mikir apa yang bisa dilakukan untuk side job ku. 🙂

santo Says:

15 February 2008 at 5:26 pm.

Mas Iman, saya mau tanya side job creative director nya untuk TVC atau utk konsep kreatif yang intergrated. terima kasih atas perhatiannya.

sugi Says:

22 March 2008 at 12:48 pm.

bro, sekarang ini gampang cari usaha sampingan, tapi yang susah cari modalnya, tul gak???
gue baru aja nemuin program yang buat lo pade supaya bisa “dream come true”.
programnya gampang and gak muluk2 dah. penasaran buka aja di http://www.asiabersama.com/wiro
maap kalau kayak tukang obat. tapi udah terbukti bro.. baca sendiri dan jgn banyak menghayal.

Febry Says:

13 September 2008 at 8:59 pm.

Halo mas Iman pa kabar? salam kenal dri Febry. Saya setuju pendapat mas Iman kalo manusia itu gak pernah puas dg apa yg sudah didapat (dlm hal ini gaji) tapi memang itulah sifat dasar dari manusia. Bahkan saya sendiri juga melakukan hal yg sama dg mas Iman untuk mencari tambahan lain disamping penghasilan utama saya. Bahkan cita2 saya adalah memiliki usaha sendiri agar tidak tergantung dr orang lain (tapi baru sebatas cita2 lho! :D) Ok bravo mas, sukses terussss yaaa

Goendoel patjoel Says:

28 February 2009 at 11:42 pm.

Lam kenal buat smuanya.
Kalo side job-nya nerjemahin buku orang trus dijual ?, halal ga ya?, gimana dimata hukum ?.

wennie Says:

10 April 2010 at 1:35 am.

Nice post . keep up the good work

Larita Munstermann Says:

5 September 2010 at 7:17 pm.

You will find that power elites have their own preferred method.

Davidtek Says:

12 February 2017 at 10:37 am.

Самое выгодное вложение средств на начало 2017 года

Leave a Reply

*

Mencari Jawaban

Artis tend to be dark, worried and superstitious creatures. This is not bad. It makes me perfectionist, it makes me care. Moreover the ability to see the darker side of life is an asset not just directing dramatic and tragic movies, but also for directing comedy, since comedy often has pain inside it. Do you believe that life and film tragically too close together ? I do ...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Iman Brotoseno. Make your own badge here.


Categories

Archives

Hot Topics

Spice of Life


Why Blog ?

Why the BLOG will change the world ?The explosion of blogs throughout the world has been the biggest phenomenon since the rise of the Internet itself. Today, more people read blogs than newspapers. Blogs are just a tool, of course. It’s the bloggers behind the blogs that will make the difference. Here's Why

Blog lama saya masih dapat dilihat disini

( DISCLAIMER ) Photo dan Gambar Ilustrasi kadang diambil dari berbagai sumber di internet - GETTY IMAGES dan CORBIS selain photo teman dan milik saya sendiri. Kadang kala sulit untuk menemukan pemiliknya. Jika ada yang merasa keberatan bisa menghubungi untuk dicantumkan namanya.

Subscribe this blog

  Subscribe in a reader
Enter your email address:
  
Delivered by FeedBurner
June 2018
M T W T F S S
« Mar    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930