11 November 2008

Siapa Pahlawan ?

Posted by iman under: 100 Tahun Kebangkitan Nasional; BERBANGSA .

Masih relevankah arti Taman Makam Pahlawan. Dahulu memang ada pejuang, tentara, tokoh negarawan yang berhak dikuburkan disana. Lalu ketika perubahan jaman, sudah tak ada lagi pejuang tersisa. Siapakah yang berhak dikubur disana ? Sekarang asal memiliki bintang mahaputera, atau bintang bintang jasa dari pemerintah. Keluarga bisa meminta agar jenasah dikuburkan di Taman Makam Pahlawan.

Tak harus pahlawan dalam arti tokoh heroik yang membela hidup dan mati dalam pertempuran membela negara.
Pahlawan juga bisa menurut selera jaman. Koruptor Pertamina jaman, Taher sampai sekarang masih di TMP Kalibata. Karena waktu ia meninggal, belum divonis bersalah. Juga tokoh komunis Nyono, juga masih dikuburkan disana semasa Pemerintahan Soekarno.

Setelah sekian lama namanya dicatat dalam buku buku pelajaran sekolah, sebagai tokoh orator – penggerak revolusi -kemerdekaan di Surabaya. Bung Tomo baru secara resmi dianugrahkan sebagai pahlawan oleh presiden SBY.
Mungkin generasi sekarang juga tak peduli. Pagi ini sambil menunggu klien di Senayan City, saya melihat lalu lalang remaja generasi MTV yang mungkin tak peduli dengan siapa siapa pahlawan itu. Bung Tomo ?

Bahwa dengan mempelajari sejarah kita mengetahui siapa sebenarnya diri kita sendiri. Walau masih banyak kontroversial sisi kepahlawanan yang kita kenal. Sultan Agung menyerang VOC di Batavia bukan untuk semangat kebangsaan, tetapi dianggap sebagai bagian kebijakan imperialisnya menguasai pulau jawa. Atau Kartini yang dianggap tak cocok dengan predikat pahlawan. Hanya dari balik kamar, tidak melakukan sesuatu kecuali menulis surat curhat. Ia sendiri menyerah dipaksa kawin. Imam Bonjol yang ‘ konon ‘ dianggap melakukan pembantaian terhadap suku batak.
Tidak penting juga. Sejarah telah digoreskan sebagai intepretasi semangat kemerdekaaan bangsa ini.

Mungkin Menteri Sri Mulyani lebih bisa dianggap pahlawan. Mati matian, dengan resiko kehilangan jabatan dalam menjaga agar rupiah tidak terpuruk. Menolak intimidasi sebagian yang dekat dengan kekuasaan untuk menyelamatkan asset pribadi kelompok usaha tertentu.
Kita memang tak perlu predikat itu. Komunitas blogger yang peduli dengan masyarakatnya , baik dalam gagasan dan aksi, adalah pahlawan sesungguhnya.
Pahlawan sesungguhnya akhirnya hanya hadir dalam pikiran kita sendiri. Dia adalah hati nurani. Sendiri dan terasing.

63 Comments so far...

Muda Bentara Says:

12 November 2008 at 11:24 pm.

relatif lah pak …

astrid savitri Says:

13 November 2008 at 12:40 am.

di TMP Kusumanegara Jogja, meski makam pak Sudirman (dan patungnya) ada di sana..tp nama beliau enggak tertulis pd dinding prasasti yg memuat nama2 pahlawan yg dimakamkan di sana, ironis gak sih..jendral sehebat dia!

dian Says:

13 November 2008 at 3:16 am.

kucing gue juga pahlawan neh…tiap pagi ngebangunin, gedor2x pintu 😀

Ananto Says:

13 November 2008 at 5:55 am.

andai klo pejabat2 sekarang berjiwa pahlawan seperti terdahulu….
bisa maju Indonesia..hehehe..

bocah_ilang Says:

13 November 2008 at 10:41 pm.

Pahlawan bg gw adlh alm bokap.Dia telah brjuang bnyk bwt anak2nya.Semoga diluaskan kuburnya.Amiin…thanks.

adi Says:

14 November 2008 at 7:09 am.

di buku sejarah anak sekolah juga tidak pernah dicantumkan bahwa Bung Tomo pernah dipenjarakan rezim Orba

wiyan Says:

14 November 2008 at 7:52 am.

pahlawan adalah orang memerangi kezaliman dan menjunjung keadilan

beloed Says:

18 November 2008 at 8:58 pm.

Dukungan buat peserta dari Indonesia untuk kompetisi SEO International mas, terima kasih. salam kenal dan sukses selalu untuk mas Iman.

Hariyadi Says:

18 November 2008 at 10:42 pm.

“Pahlawan sesungguhnya. Hati Nurani. Sendiri dan terasing.”

Menurut yg saya alami selama ini, Hati nurani ini bisa kalah oleh keinginan dianggap baik.
Kalah oleh takut dianggap tidak baik. Kalah oleh takut dianggap tidak kompak.

Apa hati nurani itu selalu sama tiap orang?

budi sutomo Says:

20 November 2008 at 5:42 pm.

akulah si pahlawan masak, ha..ha..ha..ha…

salam

zaskia Says:

10 July 2014 at 2:53 pm.

thanks sob untuk postingannya…
article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
maju terus dan sukses selalu…
salam kenal yach…
kunjungi blog saya ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
http://chaniaj.blogspot.com/

businessnewsandviews.blogspot.com Says:

16 October 2014 at 1:24 am.

Greeting card templates which come with licenses often limit the changes to be made, thereby
making customization difficult. It can be played during the celebrant’s party and even after some
days or years after. If you are creative in planning to surprise your husband, he, more
than likely, will be quite pleased with the specialness of your effort regardless of the
size of your gift.

IBU TUTIY Says:

11 January 2015 at 7:31 pm.

Pengakuan tulus dari IBU.TUTIY TKI bekerja di malaysia. Saya mau mengucapkan terima ksih yang tidak terhingga, serta penghargaan dan rasa kagum yg setinggi-tingginya kepada MBAH SABAR, saya sudah bekerja sebagai TKI selama 7 tahun di malaysia,dengan gaji lebih kurang 2.5jt/bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirimkan ke orang tua di jawa, sudah lama saya mengetahui roomnya om ini, juga sudah lama mendengar nama besar MBAH,tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu percaya dengan hal ghoib, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng yg mau menipu. tetapi kemarin waktu pengeluaran 9290, saya benar-benar tidak percaya dan hampir pingsang,angka yang diberi MBAH SABAR 9290 ternyata tembus, awalnya saya coba-coba menelpon, saya bilang saya terlantar di malaysia, tidak ada ongkos pulang,terus beliau bantu kasih angka 9290. mulanya saya tidak percaya,mana mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan november, ternyata meledak….!!! dapat BLT 250jt, sekali lagi terima kasih banyak MBAH SABAR, saya sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang aja ke sukabumi.buat MBAH, saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik MBAH. yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hub MBAH SABAR di nomor. 085256637789{.Demikian kisah nyata dari saya.

Leave a Reply

*

Mencari Jawaban

Artis tend to be dark, worried and superstitious creatures. This is not bad. It makes me perfectionist, it makes me care. Moreover the ability to see the darker side of life is an asset not just directing dramatic and tragic movies, but also for directing comedy, since comedy often has pain inside it. Do you believe that life and film tragically too close together ? I do ...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Iman Brotoseno. Make your own badge here.


Categories

Archives

Hot Topics

Spice of Life


Why Blog ?

Why the BLOG will change the world ?The explosion of blogs throughout the world has been the biggest phenomenon since the rise of the Internet itself. Today, more people read blogs than newspapers. Blogs are just a tool, of course. It’s the bloggers behind the blogs that will make the difference. Here's Why

Blog lama saya masih dapat dilihat disini

( DISCLAIMER ) Photo dan Gambar Ilustrasi kadang diambil dari berbagai sumber di internet - GETTY IMAGES dan CORBIS selain photo teman dan milik saya sendiri. Kadang kala sulit untuk menemukan pemiliknya. Jika ada yang merasa keberatan bisa menghubungi untuk dicantumkan namanya.

Subscribe this blog

  Subscribe in a reader
Enter your email address:
  
Delivered by FeedBurner
January 2018
M T W T F S S
« Dec    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031