19 December 2006

SELEB BLOG

Posted by iman under: ANEKARUPA .

Menarik, ada sisi perilaku dari blogger blogger di sini ternyata membudayakan sebuah komunitas seperti di dunia film. Ini bisa dilihat setelah saya browsing kemana mana menemukan topik tentang Selebritis Blog. Rumah mereka selalu menjadi rujukan dan tempat persinggahan bagi para penjelajah dunia maya. Sehingga ada kebanggaan jika kita mendapat komen atau dimasukan kedalam link mereka, sama dengan kebanggaan yang diperoleh bagi seseorang ( tidak semua ) jika disapa oleh seorang Luna Maya di sebuah restaurant misalnya. Semua orang akan melihat dan menimbulkan sebuah pengakuan eksistensi. Wah bergaulnya dengan artis. Sementara di dunia blog ini. Sebagian blogger akan mendapat nilai tambah untuk eksistensi mereka jika bisa masuk ke dalam β€œ inner circle β€œ para selebriti blog. Sama dengan dunia artis, ada sikap pemujaan dari para fans fans mereka. Bedanya , jika di dunia seleb artis , para fansnya tidak marah marah jika si artis tidak membalas lambaiannya, atau menolak di photo bersama. Sementara para blogger menjadi sensitive jika selama ini sering kali memberi komen atau menyinggahi rumah para seleb blog, tetapi tidak pernah dibalas mengunjungi atau memberi komentar di rumah mereka.


Mungkin saking kesalnya, sehingga memunculkan gerakan perlawanan anti seleb blog yang justru menimbulkan pro dan kontra untuk urusan sepele ini. Ya, saya katakan sepele karena memang tidak penting menghabiskan energi marah marah tidak karuan, hanya karena blognya tidak dikunjungi para seleb blog. Ketika saya membuat blog ini, yang ada dibenak saya hanya sebuah buku catatan harian yang menampung gagasan dan hal hal yang saya lihat ,rasakan dan perlu disuarakan. Masalah ada yang membaca, atau sakit hati karena tulisan saya adalah nomer sekian. Demikian pula ketika saya melongok ke rumah rumah orang ( termasuk mereka yang katanya seleb blog ), saya juga memposisikan sama dengan siapapun yang saya kunjungi. Jika saya membaca, bertukar gagasan atau memberi komen, memang karena saya rasa topik yang ditulis memang menarik bagi saya. Semakin lama saya menekuni dunia blog, semakin jelas bahwa jumlah komen tidak otomatis mencerminkan kualitas isi blognya. Ada topik yang ditulis seorang seleb blog mengenai kemacetan pulang kampung sekeluarga waktu lebaran, bisa mendapat komen ratusan. Padahal topiknya mungkin biasa biasa saja dan tidak penting. Sementara saya menemukan topik dari blogger antah berantah yang jarang dikunjungi tetapi sarat dengan sisi humanisme yang dalam, sebuah topik yang penuh pencerahan.

Juga tidak pada tempatnya membuat gerakan menyerang seleb blog ini. Rasa rasanya seperti jaman orde baru ketika melarang membaca buku buku Pramudya. Kita tidak perlu inferior dengan para seleb blog yang lebih dahulu bereksistensi di dunia ini. Sudah selayaknya mereka menuai hasil yang mereka tanam dahulu. Juga tidak perlu ikutan latah mencantumkan mereka dalam link kita, jika kita memandang tidak perlu. Buat apa kalau kita tidak paham dengan isi gagasan mereka. Kebetulan hanya satu seleb blog yang saya link karena memang topiknya menarik dan isi blognya dekat dengan dunia saya, Itu saja. Masalah dia mau mampir atau memberi komen adalah urusan lain. Di sisi lain, kita mestinya bangga dengan komunitas yang sudah kita miliki, terus terang dunia kecil saya dengan teman teman yang rajin mengunjungi adalah sesuatu yang mesti kita pelihara. Kita mestinya PeDe percaya diri dengan blog kita, bukankah kita juga selebritis diantara keluarga kita, dan juga teman teman dekat kita.

34 Comments so far...

NiLA Obsidian Says:

20 December 2006 at 12:09 am.

The nice thing about being a celebrity is that when you bore people, they think it’s their fault.

by – Henry Kissinger (1923)

dian mercury Says:

20 December 2006 at 1:17 am.

yg termasuk selebriti di dunia perblog-an, siapa aja sih ? malah gak tau aku

TaTa Handono Says:

20 December 2006 at 5:48 am.

Wah mas kasih tau dunk sapa2 aja jadi selebnya ???

oca Says:

20 December 2006 at 8:54 am.

mas Iman memang termasuk seleb buat saya.. ;p

amethys Says:

20 December 2006 at 9:31 am.

klo ini termasuk seleb blog ga? hihihihi…..boleh dunk saya ikutan komen…..(biar tertular jadi seleb)

landy Says:

20 December 2006 at 9:45 am.

aku setujuh dengan kata – kata mas iman yang ini

” bahwa jumlah komen tidak otomatis mencerminkan kualitas isi blognya. Ada topik yang ditulis seorang seleb blog mengenai kemacetan pulang kampung sekeluarga waktu lebaran, bisa mendapat komen ratusan. Padahal topiknya mungkin biasa biasa saja dan tidak penting. Sementara saya menemukan topik dari blogger antah berantah yang jarang dikunjungi tetapi sarat dengan sisi humanisme yang dalam, sebuah topik yang penuh pencerahan “.

hidup mas iman,…

Tokonya gak di grebek, cuma barang dan spanduk diskonnya sudah di cabut. : ) dan barang – barangnya sudah up2date. akhirnya ada perubahan juga ya, mungkin dia baca blog aku kale : ) wakakaka

Iman Brotoseno Says:

20 December 2006 at 10:24 am.

Wah katanya yang seleb ya itu..ya si anu, si polan, si ucok, si asep…Kalau saya cukup jadi diktator di area syuting saya saja, Bisa marah marah dan ngatur sama ‘ selebritis ‘ beneran he he

joni Says:

20 December 2006 at 11:40 am.

bener kata mas iman…kita tu udah jd seleb minimal dirumah kita sendiri, hihihi…(narsis gw)

nah itu yang seleb ‘beneran’ tu sbnrnya mas iman…
‘selebritis’ asli aja bisa dimarah sama mas iman…(menghayal: kapan ya aku bisa ‘marah2’ sm seleb??)

atau ta’ pecat kamu jadi seleb baru tau rasa!!…
(hehehe pernah gk keluar gaya diktator sprt ini kalo lg diarea syuting??… (nanya serius)

krn yg membesarkan seleb kan orang2 sprt mas iman yg dibelakang layar??

ok, pizz om, salam kenal ya πŸ™‚

Iman Brotoseno Says:

20 December 2006 at 12:37 pm.

mas Joni,
jadi nanya serius pernah ngomong seperti itu ?,,,
Hm ( ini kalau udah kebangetan dan emosi sudah sampai titik didih …yang keluar bahasa sampah semua, ujung ujungnya sih mereka nangis, dan saya ditarik sama produser saya agar chill out dulu ).

amethys Says:

20 December 2006 at 12:53 pm.

thx udah mampir …..whistler itu di mainland…aku di vancouver island, dan butchart garden juga di vancouver island….

Jay Says:

20 December 2006 at 1:11 pm.

Mengisi kolom komentar, apalagi dengan URL identitas blog, mempunyai dua fungsi teknis:
– memberitahukan blog sendiri, pemasaran terselubung yang legal
– menambah keterkaitan antar blog sebagai parameter untuk search engine mengindeks (dalam bahasa robot namanya Search Engine Optimization)

Fungsi lain tentunya lebih banyak, lebih terkait kepada konten dan aspek sosialnya.

ibunyaima Says:

20 December 2006 at 3:05 pm.

Makasih atas kunjungan seorang “seleb blog” *tsah!* ke blog saya yang hina dina itu.. HAHAHAHA..

Mas Iman, beberapa waktu lalu saya sempat iseng mengamati blog2 yg semakin menjamur ini. Menurut saya, blogger dan blog pun bisa dibuat tipologinya. Tentu saja tiap tipologi mempunyai kebutuhan dan keinginan sendiri2.

*rujukan dari sini

Nah.. para blogger yang membuat gerakan JKBS ini tampaknya masuk kategori yang memposisikan blognya sebagai tempat kongkow2. Tipe “Lover” atau “Regular Guy”. Oleh karena itu jumlah komentar dan siapa yang berkomentar menjadi salah satu parameter kesuksesan blog mereka. Tak heran mereka take it personal ketia seleb blog tidak mau menyapa balik.

Padahal, seleb blog sendiri mungkin masuk kategori yang lain. Beberapa mungkin masuk kategori Sage misalnya, yang memang sukanya memberi tak harap kembali.. πŸ˜‰ Atau masuk kategori “Hero” atau “Magician”. Buat orang2 seperti mereka, yang penting adalah memberikan sesuatu yang bermakna dalam bentuk tulisan, bukan sekedar kasih komentar ala kadarnya sana-sini.

Iman Brotoseno Says:

20 December 2006 at 4:22 pm.

iya sudah baca rujukan dan risetnya,,kalau saya tipikal blog apa ya ..he he..

dodY Says:

21 December 2006 at 1:02 pm.

secara saya bukan seleb blog maka silakan dan diharap serta dinanti komennya di blog saya πŸ˜€ hehehe…

mo komen ngga komen! mo seleb blog atau blogger jelata buat saya mah sama aja..

giu aja kok repot πŸ˜€

alaya Says:

21 December 2006 at 1:52 pm.

yg penting nulis, kalo ada yg ngasi komen itu bonus πŸ˜‰

fiadi Says:

21 December 2006 at 4:18 pm.

waduh malah jadi sepiceles setelah baca tulisan ini …. kapan yah sayah bisa menulis yang seperti ini ? tapi yup se7, sayah juga “sangat bangga” dengan komunitas kecil tempat sayah bisa membaca sesuatu yang sederhana sesuai kemampuan otak kiri sayah. amin. love u prens πŸ˜€

hi hi lam kenal juga mas iman πŸ™‚

Farika Says:

22 December 2006 at 1:55 pm.

Dah pernah mampir ke http://www.perezhilton.com?
INI baru yang namanya seleb blog! πŸ˜€
Use with caution. Adiktif soalnya hehehe

-FM- Says:

23 December 2006 at 8:12 am.

yang penting nulis, kalau buat saya ya. komentar itu biasanya mengarahnya ke arah pertemanan (buat saya, lagi-lagi). saya dapet temen2 maya dan kemudian berencana untuk kopdaran ya dari komentar atau shoutbox pastinya. kalau komentar kemudian dipakai jadi ukuran berkualitas enggaknya sebuah blog, saya nggak terlalu setuju. kalau dijadikan ukuran banyak temen dan banyak pengunjung yang komentar, nahh, itu mungkin baru agak logis.

maya Says:

23 December 2006 at 10:31 am.

yang penting tetep nulis..kalo ada yang kasih komen brarti itu penghargaan buat kita, yang pastinya bikin kita semangat lagi untuk menulis yang lebih baik πŸ™‚

josephina Says:

24 December 2006 at 3:20 pm.

iyah… ngapain c ngabisin tenaga buat marah or bete begituan ya gag ya? πŸ˜€
berarti itu nulisna karna pamrih dunk..

luigi Says:

24 December 2006 at 10:06 pm.

Hm… blog dan komunitas pada bloggers, ibaratnya seperti bertetangga dan berinteraksi di dunia maya. Ada yang kebetulan mereka cukup lama dan /atau sedikit populer dari para blogger lainya.. namuan kalau di tilik lebih lanjur, semua itu bergantung kepada nilai yang dianut oleh masing2 pribadi dan karakter si blogger itu dan awareness akan kepiawaian-nya berinteraksi.

An effective bloggers [seleb or a seleb to-be] should [at all times] appreciate all the given attentions [comments, visits, trackback -you name it!] and try the best to response accordingly, either through reciprocal actions and get personalized in their communications.

In short, be a responsive bloggers. πŸ™‚

elistia Says:

26 December 2006 at 1:22 am.

salam kenal.. makasi udah mampir ke blog saya walopun kepaksa untuk memenuhi rasa keingin tahuan… saya pengen link blog anda di blog saya.. bukan karena saya ikut2an latah tapi karena saya pikir “aya link karena memang topiknya menarik dan isi blognya dekat dengan dunia saya (setelah membaca posting ini)”
bolehkah?

MaIDeN Says:

26 December 2006 at 10:14 am.

akur elistia …
artikel-srtikel diblognya mas Iman bagus. bisa dijadikan rujukan buat gw, n mungkin juga anda.

cuman ntar jangan sombong ya kalau dah ngetop dan dikunjungi orang terus tiap hari …

sekali-sekali nggak ada salahnya koq datang keblog gw, bilang hadir di sb aja sudah senang.

Iman Brotoseno Says:

26 December 2006 at 12:03 pm.

elistia & maiden…
ha ha please do, thanks..dan saya juga nggak merasa ngetop atau bakal ngetop, sehingga mempunyai alasan untuk sombong..sampai sekarang saya masih berusaha setia pada orang orang yang membuka tali silaturahmi dengan saya.

.:nien:. Says:

26 December 2006 at 8:21 pm.

terus terang mas … foto2nya yahud banget.

saya dikasih tau temen mengenai this seleb blog thing, tak pikir opo? ternyata fotone jan apik2 tenan, OOT banget ya komen saya.

Kalo saya sih dibilang blogger sombong, jarang banget promo, banyak yang mampir sukur, alhamdulillah nambah temen, kalo ndak ya … gpp. Gak segitu hausnya akan comment sih.

The most important thing, tujuan awal bikin blog itu apa siy? Curahan dan pengekspresian kita over something or sekedar kosong ning shoutbox e rame huahahhah … wes ahhh … kok lucu banget.

elistia Says:

28 December 2006 at 8:49 am.

damn… i really like this blog..every aspect of it… two thumbs up!!!

Viving Says:

18 January 2007 at 12:41 pm.

hihihihhi meski blog saya gak ada tulisannya apa2, PD aja lagi ^__^
setuju ama mas Iman πŸ˜€

endhoot Says:

25 January 2007 at 9:17 am.

oops… udah ada Jay dan kang Luigi duluan… hihihiih….

hai mas Iman! makasih udah mampir dan beri komen di blog-ku ;p

btw, tentang Jangan Komen di Blog Seleb ini sebenernya cuman becandaan doang. Becandaan internal di milis kampung Gajah aka id-GMail yang iseng2 dipajang dan ternyata malah menimbulkan pro dan kontra… hihihih… Gajah-gajah emang gila kok, mas, jadi ya harap dimaklumin aja…heheheh… bukti kegilaan mereka bisa dibaca di sini

neen Says:

23 August 2007 at 4:14 pm.

Blog ini emang beda. Sudut pandang yang membuka cakrawala. Hari ini di kantor, saya habiskan utk baca tiap postingan dalam blog ini. Ijin kan saya menjadikan blog ini sebagai blog seleb bagi saya (blog seleb yang sebenar-benarnya: komen banyak, postingan tidak kalah bermutu)

Intigmeme Says:

16 January 2008 at 6:32 pm.

Make peace, not war!

rumahkayubekas Says:

18 January 2008 at 6:16 pm.

ya manusiawi juga barangkali,
Tapi nih si tapi,
Kita usahain aja lebih baik lagi dari hari- kehari,
Ngga penting mo yg komennya sedikit( nambah juga nanti2) ato banyak ( semoga barangkali),

Utamanya melakukan sesuatu yang manfaat, minimal untuk diri- sendiri,
Sukur- sukur( semoga) manfaatnya buat orang lain juga kebagi,
kalau bisa informatif, cantik dan sedikit menghibur ya apalagi,
Kurang- lebih ya kaya blog ini,

toyota fj cruiser Says:

30 January 2008 at 6:50 am.

Hi
Inside Line: We test everything from the locking differential to the iPod input on the updated Toyota FJ Cruiser to see how it will fare in the 21st century.
toyota fj cruiser

Bye

cialis levitra viagra Says:

18 February 2008 at 11:21 am.

Hello
http://www.canadianmedsusa.com Viagra is a medication used to treat erectile … Sildenafil … Viagra pills are blue and diamond-shaped with the words “Pfizer” …
cialis levitra viagra

G’night

Shiva Says:

11 April 2008 at 1:17 pm.

Seems different from your previous posts. Did YOU write this post, or someone else did? Anyway, I think your readers really enjoyed reading it.

Leave a Reply

*

Mencari Jawaban

Artis tend to be dark, worried and superstitious creatures. This is not bad. It makes me perfectionist, it makes me care. Moreover the ability to see the darker side of life is an asset not just directing dramatic and tragic movies, but also for directing comedy, since comedy often has pain inside it. Do you believe that life and film tragically too close together ? I do ...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Iman Brotoseno. Make your own badge here.


Categories

Archives

Hot Topics

Spice of Life


Why Blog ?

Why the BLOG will change the world ?The explosion of blogs throughout the world has been the biggest phenomenon since the rise of the Internet itself. Today, more people read blogs than newspapers. Blogs are just a tool, of course. It’s the bloggers behind the blogs that will make the difference. Here's Why

Blog lama saya masih dapat dilihat disini

( DISCLAIMER ) Photo dan Gambar Ilustrasi kadang diambil dari berbagai sumber di internet - GETTY IMAGES dan CORBIS selain photo teman dan milik saya sendiri. Kadang kala sulit untuk menemukan pemiliknya. Jika ada yang merasa keberatan bisa menghubungi untuk dicantumkan namanya.

Subscribe this blog

  Subscribe in a reader
Enter your email address:
  
Delivered by FeedBurner
December 2018
M T W T F S S
« Oct    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31