19 October 2007

MALAYSIA

Posted by iman under: LUAR NEGERI .

Beruntung saya menemukan sebuah kaset jadul yang berisi Pidato Bung Karno pada peringatan Maulud Nabi tahun 1964 di mesjid Istana. Dengan bersusah payah membersihkan jamur di pitanya, akhirnya bisa saya pindahkan ke audio file di hard disk saya. Walau acara keagamaan, tapi Bung Karno masih sempat sempatnya menyelipkan pidato politiknya yang berapi api. Saat itu Bung Karno menyampaikan kemarahan yang luar biasa dalam acara Maulid saat itu, setelah dilaporkan para demonstran di Kuala Lumpur merobek bendera merah putih dan menginjak injak lambang Burung Garuda. Sampai saat ini, beberapa kali Indonesia yang mengklaim sebagai saudara tua harus mengalah kepada adik kecilnya di utara. Sebenarnya sejarah hubungan love and hate kedua negara sudah dimulai lebih dari empat puluh tahun yang lalu.

Ketika menerima kemerdekaan dari Inggris pada tanggal 31 Agustus 1957, negeri itu bahkan tidak mempunyai lagu kebangsaan. Dengan gagah berani dan percaya dirinya, mereka mencomot lagu keroncong Indonesia yang berjudul “ Stamboel Terang Boelan “, sebagai lagu kebangsaan dan mengganti liriknya. Presiden Soekarno dengan kesantunan seorang pemimpin besar negara tetangga, segera mengumumkan lagu idola buaya keroncong itu tidak boleh lagi dinyanyikan sembarangan di seantero Nusantara ( Tempo Edisi 15-21 Oktober 2007 ).



Sebagai pemimpin besar, jangankan sebuah lagu. Pesawat MIG saja dipinjamkan ke Pakistan, atau mengirim senjata satu kapal selam penuh ke Aljasair, untuk membantu kemerdekaan negara negara Asia Afrika. Sejak awal sesuai semangat politik Bung Karno, ia selalu mendukung dekolonisasi negara yang hendak merdeka, sehingga ia tidak menentang gagasan Malaysia. Bahkan dalam Manila Accord antara Tungku Abdul Rahman dari Malaysia, Presiden Macapagal dari Philipina dan Bung Karno, disepakati bahwa status daerah Kalimantan Utara akan dibicarakan lebih lanjut melalui referendum rakyatnya. Namun secara fait accompli pada tanggal 29 Agustus 1964 Tungku Abdul Rahman dan Inggris mengumumkan penggabungan Kalimantan Utara sebagai bagian dari federasi Malaysia . Bung Karno tentu saja marah, dan sejarah selanjutnya mencatat Sejarah mencatat politik konfrontasi terhadap Malaysia telah menimbulkan korban jiwa yang tak sedikit. Ribuan sukarelawan disusupkan lewat laut dan udara melalui Johor, Singapura, Sabah dan Sarawak. Pasukan Marinir, maupun reguler bertempur di hutan hutan Kalimantan dengan pasukan gurkha dan tentara Inggris, sebagai perang yang tak pernah diumumkan antara Inggris dan Indonesia. Perang selama 3 tahun yang karena sifat kerahasiaan dan tidak hadirnya wartawan dalam pertempuran, menyebabkan tidak banyak orang luar memahami, betapa dahsyat pertempuran yang terjadi. ( Thomas Geraghty, Who dares wins, the story SAS 1950 -1980 )


Setelah orde lama tumbang, kedua negara itu memulai hubungan baru. Awal 70-an Indonesia mengirim dosen, guru untuk membangun infrastruktur pendidikan di Malaysia yang saat itu baru memiliki satu universitas. Karya sastrawan Indonesia menjadi buku bacaan wajib di sekolah sana. UU Penanaman Modal Asing tahun 1967 menjadi blue print pembangunan investasi mereka juga. Mereka belajar industri perminyakan melalui Pertamina, Undang Undang Migas menjadi model yang ditiru plek ketiplek oleh Petronas. Mereka juga mengirim orang untuk belajar kedokteran, teknik di UI, ITB, UGM, Unpad, Airlangga, bahkan juga mengirim ke sekolah film di IKJ, serta menjiplak UU Perfilman Nasional kita. Coba lihat sekarang, gantian mahasiswa kita yang belajar di perguruan tinggi Malaysia. Pertamina sudah ngos ngosan mengejar Petronas menjadi pemain kelas dunia. Mereka juga memasuki perbankan dan industri telekomunikasi kita. Di dunia film, banyak orang film Malaysia yang mencari nafkah di Indonesia dan kita sekarang yang belajar film dengan mereka. Sekarang si saudara muda sudah menuai hasilnya, membuat mereka maju sebagai bangsa yang mandiri sehingga melahirkan perubahan pola pikir. Generasi baru Malaysia sekarang hanya melihat Indonesia sebagi pengekspor pembantu, buruh, TKI serta biang kerok kebakaran hutan saja. Ini membuat secara mental mereka lebih superior dan menjadi dengan gampangnya menyepelekan hubungan ras serumpun antar bangsa ini. Terus terang rasa kebangsaan saya terusik dengan masalah masalah ini. Mulai pencaplokan pulau Sipadan – Ligitan, kasus Ambalat, TKI yang dianiaya dan diperkosa wasit karate kita yang di gebukin, istri diplomat yang ditahan , batik yang dipatenkan oleh mereka, sampai terakhir pemakaian lagu Rasa Sayange hanya menjadi excuse dari sebuah bangsa yang merasa besar dengan huruf b kecil. Aroma emosi terlihat pada komentar masyarakat Malaysia pada sebuah postingan seorang blogger kondang di Kuala lumpur . Ada yang bilang Indonesia tak tahu terima kasih sudah dibantu sewaktu bencana tsunami, ada yang bilang silahkan ambil lagu itu lagi asal 2 juta TKI di Malaysia disuruh pulang lagi. Lihat juga komentar komentar dua bangsa ini , sehingga pemakaian alasan sebagai saudara serumpunpun sudah tidak tepat lagi. Rumpun yang mana ? Masing masing kita adalah entity yang berbeda, dengan budaya yang berbeda pula, hanya sebagian kecil persamaan budaya melayu di Sumatera atau dayak di Kalimantan.


Saya bertaruh pihak Malaysia tidak akan serta merta mencopot lagu itu, walaupun perusahaan rekaman Lokananta, di Solo sudah mengeluarkan bukti bahwa mereka pernah merekam lagu Rasa Sajange tahun 1962 sebagai bagian dari souvenir selama Asian Games 1962 di Jakarta. Ini masalah pride dan kebanggaan yang harus dipertahankan oleh mereka juga. Mana mungkin mereka mau mengakui lagu itu milik bangsa lain. Tentu saja haram bagi bangsa yang merasa superior. Tinggal kepada kita sendiri, bisakah kita merefleksikan diri sebagai bangsa yang besar dengan huruf B besar ? Perang secara fisik sudah memang sudah bukan jamannya , tetapi bukankah ada cara lain. Bisakah dunia blogger menjadi pemicu semangat kebangsaan kita ? mestinya bisa karena sudah ada momentum komunitas blogger Indonesia untuk melahirkan issue issue ini. Jika komunitas blogger di luar sana bisa melahirkan Blog Action Day mengenai issue lingkungan hidup, mengapa kita tidak memulai untuk issue kebangsaan kita sendiri. Ini juga bisa merupakan proses pembelajaran dari kasus ini untuk mulai mendata kekayaan budaya sendiri. Tetapi diam diam saya juga mengimpikan pemimpin kita memiliki sepersepuluh saja semangat dan amarah yang dimiliki Bung Karno.
Sambil membalas email untuk konfirmasi kehadiran ke chairman Pesta Blogger , bulu kuduk saya merinding mendengar suara Bung Karno,..” dilaporkan oleh radio Kuala Lumpur, woh Republik Indonesia,,.. Presiden Soekarno sudah tak di dengar lagi,..apa benar demikian saudara saudara ? Saya baru pulang dari Africa,..saya bisa berkata kepada saudara saudara,..belum pernah ! nama Republik Indonesia begitu tinggi seperti mercu suar bagi negara negara new emerging forces. Indonesia memberikan konsepsi, Panca Sila, berdikari…Justru di Afrika ide berdikari, woodohh dikagumi saudara saudara..Perkataan presiden Soekarno bahwa the crowning of independence is not membership of united nations, but the ability to stand on our own feet, mereka rakyat Africa dan orang mesir berkata..its rang through Africa..artinya menggelegar seperti beledek mangampar ampar..!, saya tantang Kuala Lumpur, mana suaramu !..Kalau boleh saya katakan Malaysia adalah negara tanpa konsepsi ! dalam hal pertahanan berulang kali , Hei Inggris tolonglah kami, Hei Australi tolonglah kami, Hei New Zealand kalau kau betul betul anggota Commonwealth, tolonglah kepada kami..tolong, tolong, mana berdikarinya saudara saudara ? sama sekali tidak !

122 Comments so far...

batu_nisan Says:

27 November 2009 at 10:03 am.

Blimbingsari, bantuan Padang? Berangkat dari niat baik maka dapat satu pahala. Memberikan bantuan makanan yang kadaluarsa? Dapat 1 dosa. Menyembunyikan tanda kadaluarsa? Dapat 1 Dosa lagi. Mengaku-aku sudah memberi bantuan dengan ikhlas? Dapat 1 Dosa lagi. Menolak kebenaran ini? Tambah 1 Dosa lagi.

Karena nila setitik, maka rusaklah susu sebelanga.

Blimbingsari Says:

5 December 2009 at 2:14 pm.

Ditolong salah,tak tolong salah,jadi semua sereba salah.

Positif – Alhamdulillah,syukur,terima kasih,
Negatif – tak cukup,tak bernilai,sudah lupus tarikh,

Manusia2!

Blimbingsari Says:

17 December 2009 at 6:56 pm.

Entahlah,mana satu yang betul,hanya tuhan yang tahu.Tapi kalau memang benar ia disengajakan,memang perbuatan ini tidak berperikemanusiaan.
Maafkan saya kiranya anda betul.

INDON BANGSA KULI Says:

5 February 2010 at 8:55 am.

INDON dari dulu hingga kini dipimpin oleh PRESIDEN YANG BODOH. PRESIDEN terbaru INDON adalah S.B.Y. = Si BU Ya ,kerbau gemok yang BODOH..!!..INDON MENGGUNAKAN GARUDA untuk menujudkan GEMOA DAN SHUNAMI di INDON.tiap kali GARUDA INDON TERBANG….MAKA INDON AKAN DITIMPA BENCANA ALAM…GEMPA BUMI..BANJIR..SHUNAMI…..TANAH LONGSOR…..70% rrakyat INDON hidup dibawah USD1 perhari..!!..INDON ADALAH NEGARA MISKIN YANG PENUH KORUPSI..!!

setiap penjara di dunia PASTI akan ada narapidana dari INDON,kerana kerjanya MALING di negara orang..MALING adalah satu pekerjaan HALAL DI INDON,sama juga P.S.K ,PEKERJA SEKS KOMERSIL ADALAH PEKERJAAN HALAL DI INDON..!!!.hahaha…makanya BUNG KARNO adalah anak HARAMNYA BELANDA…..saMA JUGA SEPERTI S.B.Y yang merupakan anak GAMPANG dari perselingkuhan ibunya ama tentera BELANDA..!!

orbaSHIT Says:

8 February 2010 at 10:42 am.

once MALINGSHIT is ALWAYS MALINGSHIT ’nuff said…untuk si MALAYTURD yang koar2x di blog ini TERUKKK KAU LAAH PA’ CIIIK…..oh ya gw baca di “forum sebelah” ada mesin pesawat sukhoi ama f-5 nye MALINGSHIT dicolong dan dijual di pasar gelap…wadoooh katanye udah makmur pa’ ciik??…LMFAO…kaga ade kata SERUMPUN ama MALINGSHIT daahhh…elo boleh nyablak disini ngejelek-jelekin BK (gw kagak peduli elo ngehina presiden setelahnye tapi elo ngehina BK nanti dulu cuuyy) tapi dunia tetep ngakuain BK sebagai pemimpin besar bangsa2 terjajah ampe SEKARANG ! daripade elo hipokrit !!! mahatir koar2 anti barat tapi jelas2 MALINGSHIT itu protektorat INGGRIS ampe 100 taon kedepan kagak punya “johny” ape loe hah?? MALINGSHIT gaye loe katro abiss mannn ….trus bahasa loe tuh “bahasa org CACAD MENTAL”…

Sexual Health Supplements Says:

4 March 2010 at 6:16 pm.

Very few studies have been done so far on whether acupuncture has the ability to help with the fertility of men. Of course, there is some evidence that has come up that suggest that acupuncture and fertility of men can be linked together. The best part about it is that acupuncture could actually increase the amount of fertility in a man without causing them to have any kind of behavioral side affects or causing increased sexual desire. Doctors do think that acupuncture does lead to an increase in the number of sperm count found in the body. They also said that this could even help improve very slight structural defects. So why doesn’t everyone jump on board this acupuncture band wagon? Why aren’t all lower sperm count men out there looking into this? This has something to do with the other methods that are out there.

Hertfordshire Wedding Photographer Says:

10 July 2010 at 4:59 pm.

Aw, this was a really quality post. In theory I’d like to write like this too – taking time and real effort to make a good article… but what can I say… I procrastinate alot and never seem to get something done. London,UK

bocah getas Says:

13 April 2011 at 1:17 pm.

mampir nich…
menarik sekali blog anda dan saya menyukainya..
salam….
oh ya ada sedikit info nich tentang bibit jabon dan kayu jabon semoga bermanfaat… 🙂

Mr.Nunusaku Says:

4 May 2012 at 7:05 pm.

Indonesia gak bisa makmur dan kuat karena banyak maling teriak maling dari islam,
kalau Indonesia mau makmur dan kuat; ‘HARUS MENGIKUTI SUNNAH NABI MUHAMMAD’
ANTARA LAIN; HARUS BERANI MERAMPOK HARTA KAFIR AGAR INDONESIA MENJADI KUTA DAN MAKNUR.

Ikuti sejarah biografie Muhammad bin Abdulah hal perampokan di Medinah dan Khaybar….
baru islam dapta bernafas dan bercahaya dari hasil rampasan harta bangsa kafir…..(ini Sunnah nabi perampokan Muhammad).

iharidh Says:

10 June 2013 at 7:23 am.

mas..izin share ya..

pakyudha Says:

8 July 2014 at 8:23 am.

kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T
dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
berikan 4 angkah 0228 alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
.
yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI SOLEH,,di
0823 1333 6747,, insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 175
juta, wassalam.

randi medan Says:

7 March 2015 at 8:57 pm.

Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085—>”218—>”379—>”259′

PAK.KARTA RUSDIANTO Says:

24 June 2015 at 9:23 pm.

KISAH NYATA DARI SAYA BPK.KARTA BUKAN REKAYASA INI BETUL2 NYATA DIKELUARGA KAMI.
Assalamualaikum wr.wb,saya BPK.KARTA seorang buruh tani di madium jawa timur ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada KI WARSA atas bantuan AKI. kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan KI WARSA pula yang telah memberikan angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah telah berhasil memenangkan 5x berturut turut tembus.sekali lagi makasih yaa AKI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 ribu dan akhirnya saya menang.Berkat angka gaib hasil ritual AKI WARSA saya sudah buka usaha matreal di jakarta dan istri saya juga buka butyk baju dimall mangga dua. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan HUB/SMS AKI WARSA di nomor hpnya di: 0852 4968 9269 dan ramalan AKI WARSA memang memiliki ramalan GAIB” yang dijamin 100% tembus.
KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA MAKANYA NAMA BELIAU SAYA CANTUNKAN DI INTERNET…

pak sugianto Says:

14 March 2016 at 6:41 pm.

assalamualaikum wr, wb.MBAH saya:PAK.LUKMAN dan SEKELUARGA mengucapkan banyak2
terimakasih kepada KI RUSMAN atas angka togel yang di
berikan “4D” alhamdulillah ternyata itu benar2 jebol dan berkat
bantuan KI RUSMAN saya bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya yang
ada di BANK dan bukan hanya itu MBAH alhamdulillah sekarang saya
sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya
sehari2. itu semua berkat bantuan KI RUSMAN sekali lagi makasih banyak
yah MBAH… yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi KI RUSMAN di
nomor:(((_08 23 34 22 26 76_)))

dijamin 100% jebol saya sudah buktikan…sendiri

pak sugianto Says:

22 March 2016 at 7:21 pm.

assalamualaikum wr, wb.MBAH sayarazzAK.LUKMAN dan SEKELUARGA mengucapkan banyak2
terimakasih kepada KI RUSMAN atas angka togel yang di
berikan “4D” alhamdulillah ternyata itu benar2 jebol dan berkat
bantuan KI RUSMAN saya bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya yang
ada di BANK dan bukan hanya itu MBAH alhamdulillah sekarang saya
sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya
sehari2. itu semua berkat bantuan KI RUSMAN sekali lagi makasih banyak
yah MBAH… yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi KI RUSMAN di
nomorsad((_08 23 34 22 26 76_)))

dijamin 100% jebol saya sudah buktikan…sendiri

assalamualaikum wr, wb.MBAH sayarazzAK.LUKMAN dan SEKELUARGA mengucapkan banyak2
terimakasih kepada KI RUSMAN atas angka togel yang di
berikan “4D” alhamdulillah ternyata itu benar2 jebol dan berkat
bantuan KI RUSMAN saya bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya yang
ada di BANK dan bukan hanya itu MBAH alhamdulillah sekarang saya
sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya
sehari2. itu semua berkat bantuan KI RUSMAN sekali lagi makasih banyak
yah MBAH… yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi KI RUSMAN di
nomorsad((_08 23 34 22 26 76_)))

dijamin 100% jebol saya sudah buktikan…sendiri

fitri Says:

21 August 2016 at 7:00 am.

Assalamu alaikum,Saya Indri seorang TKW dari Malaysia,memohon maaf yang ada di fb ini bila kata2 saya ada yang salah,namun tujuan saya di sini hanya ingin berbagi cerita kepada para rekan2 saya yang jadi tkw di negeri orang,hidup di negeri orang memang amatlah susah,gaji pas2an,makanpun ala kadarnya,namun apa boleh buat demi mencukupi kebutuhan keluarga yg ada di kampung,mau tidak mau saya harus menjalani semua penderitaan itu,namun syukur alhamdulillah berkat kerja keras dan doa saya slama ini alhamdulilah allah sudah memberi jalan kesuksesan sama saya,meskipun jalan ini di larang oleh agama tp mungkin inilah satu2nya jalan untuk merubah nasib hidup saya,secara kbetulan saya lihat di internet tentang seseorang yg bisa mengubah nasib jadi lebih baik dengan jalan pemasangan angka togel,saya beranikn diri menempuh jalan itu dan ternyata angka yg di berikan oleh NYI SUGENG tembus dan saya menang 577jt,saya sangat bersyukur atas rezeki yg sy daptkan itu,ini bukan hanya sekedar cerita tp ini kenyataan.Jadi bagi saudara2 saya yg masih jd tkw ataupun yg lagi dalam kesulitan jangan ragu untuk menhubungi NYI SUGENG di 085 256 212 007 krna sy sudah membuktikannya,wassalam

Sahra in dubai Says:

3 March 2018 at 9:16 pm.

perkenalkan nama saya Sahra. saya berasal dari kota Reog Ponorogo saya pernah bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu restaurant di dubai. dimana saya sudah hampir kurang lebih 5 tahun lamanya saya bekerja di restaurant tersebut.

Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha sendiri di kampung, namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

saya coba” buka internet dan saya lihat postingan teman di https://pesugihanputihislamia.blogspot.com. Saya buka di google dan disitulah awal kesuksesan saya sampai sekarang alhamdulillah ya allah…

jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk mendapat kesuksesan seperti saya anda tak perlu ragu. atau malu dikejar hutang lagi, Tergantung keyakinan dan kepercayaan saja. Banyak pilihan di berikan yaitu Dana Hibah, penglaris usaha dagan, dana gaib, anka gaib togel, jampi pelet, dll

Kini saya berbagi pengalaman saja sudah saya rasakan dan buktikan. Atau mungkin ada teman mau hubungi langsung beliau ini nomer WhatsApp nya 0822 9127 7145 Semoga bermanfaat. aminn…

Samuel Kusuma Says:

11 March 2018 at 8:51 pm.

Ass.. Wr.. Wb..!!!
Mohon maaf bilah kedatangan saya mengganggu. Perkenalkan nama saya samuel kusuma asal surabaya seorang mantan TKI dulu kerja di johor bahru malaysia selama kurang lebih 7 tahun lamanya. Singkat cerita.. Saya sangat berterima kasih kpd Mbah Balapati atas bantuan beliau melalui pemasangan nombor togel 6D Nya alhamdulillah saya menang RM,350.000 saya tidak menyangka kalau saya bisa seperti ini dan ini semua berkat bantuan Mbah Balapati, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang alhamdulillah kini sekarang saya sudah punya rumah dan usaha sendiri itu semua atas bantuan beliau. Saya tidak tau harus berbuat apa untuk membalas kebaikan beliau karna banyakNya orang yg perna saya pon dari google untuk minta bantuanNya tidak ada satu pun yg berhasil malah hutang saya tambah banyak. Beliau juga bisa bantu melalui pesugihan uang gaib tanpa tumbal, Pelet, Pelaris, Nomer togel 3D/4D/6D.. Bagi anda yg diluar negri maupun dalam negri butuh bantuan beliau jangan takut atau maluh segerah pon Mbah Balapati di nombor +6282190534451 / WhatsApp 082190534451 muda2han beliau bisa membantu anda seperti saya. Demi alloh inilah kisah Nyata sye.. Sekian dan terima kasih atas tumpangannya semoga dengan adaNya pesan singkat ini bisa bermanfaat…

Ibu nur intan Says:

2 April 2018 at 2:27 pm.

Ass.wr.wt.saya IBU NUR INTAN  tki singapore sangat berterima kasih kepada AKI SOLEH, berkat bantuan angka jitu yang di berikan AKI SOLEH, saya bisah menang togel 4D yaitu (3589)? dan alhamdulillah saya menang (359,juta)sekarang saya sudah bisah melunasi hutang-hutang saya dan menyekolahkan anak-anak saya. sekarang saya sudah bisah hidup tenang berkat bantuan AKI SOLEH. bagi anda yang termasuk dalam kategori di bawah ini;
1.di lilit hutang
2.selalu kalah dalam bermain togel
3.barang-barang berharga sudah habis buat judi togel
4.hidup sehari-hari anda serba kekurangan
5.anda sudah kemana-mana tapi belum dapat solusi yang tepat
6.pesugihan tuyul
7.pesugihan bank gaib
8.pesugihan uang balik
9.pesugihan dana gaib, dan dll
dan anda ingin mengubah nasib melalui jalan togel seperti saya hub AKI SOLEH di no; 082-313-336-747.

Atau Chat/Tlpn di WhatsApp (WA) 
No WA Aki : 082313336747

UNTUK JENIS PUTARAN; SGP, HK, MACAU, MALAYSIA, SYDNEY, TOTO MAGNUM, TAIPE, THAILAND, LAOS, CHINA, KOREA, KAMBODIA, KUDA LARI, ARAB SAUDI,

AKI SOLEH dengan senang hati membantu anda memperbaiki nasib anda melalui jalan togel karna angka gaib/jitu yang di berikan AKI SOLEH tidak perlu di ragukan lagi.sudah terbukti 100% akan tembus. karna saya sudah membuktikan sendiri.buat anda yang masih ragu, silahkan anda membuktikan nya sendiri.
SALAM KOMPAK SELALU.DAN SELAMAT BUAT YANG JUPE HARI INI

..( `’•.¸( `‘•. ¸* ¸.•’´ )¸.•’´ ).. 
«082-313-336-747»
..( ¸. •’´( ¸.•’´ * `’•.¸ )`’•.¸ )..

Ibu marina Says:

4 April 2018 at 6:19 am.

Saya ingin menyampaikan kepada seluruh TKI dan TKW yang bekerja di negeri orang saya atas nama IBU MARINA saya seorang TKI DI MALAYSIA pengen pulang ke indo tapi ngak ada ongkos sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan susah gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak kebetulan suami saya buka-buka internet mendapatkan nomor KYAI ANOM SUROTHO katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah jadi saya coba hubungi KYAI ANOM SUROTHO dan saya minta angka bocoran TOTO MALAYSIA angka yang di berikan TOTO 4D (1229) ternyata betul-betul tembus 100% bagi saudarai-saudara di indo mau di luar negeri apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah anda hubungi KYAI ANOM SUROTHO di nomor (_085_298_569-393_) silahkan buktikan sendiri..

MINANG PREDICTION Says:

31 July 2018 at 3:01 am.

Saya Bpk Imam Sucipto
Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokatu…
Mohon maaf bilah kedatangan saya mengganggu
Dulunya Sy Minta Angka Togel Dengan Aki Dewa
Kini Sy Sendiri Sudah Merasa Sangat Bersyukur Atas Bantuan Beliau
Berkat Mbah Sy Sekarang Sudah Buka Usaha Jual Elektronik Di Kota Surabaya
Jujur Itu Semua Berkat Angka Togel Yang Dikasih Oleh Aki Saya Memberanikan Pasang 1Lubang 4angka Langsung 750rbh.
itu sy minta angka oleh Beliau tahun 2016
Terbukti Beliau Bukan Hanya Di bibir aja ngomongnya Tapi Bisa di harapkan Untuk Mengubah Nasib Anda untuk kejengjang kesuksesan.
*punya Masalah Utang piutang
*Ingin Punya Modal Usaha Cepat
Silahkan Anda Hubungi Aki Dewa Di Nomor hp
0852-9936-5441
Ingat Beliau Siap Membantu Anda Jika Anda Bersedia Melaksanakan
Petunjuk Ketentuan/Pensyaratan.
klik== http://bocoranangkaritual46.blogspot.com/

Leave a Reply

*

Mencari Jawaban

Artis tend to be dark, worried and superstitious creatures. This is not bad. It makes me perfectionist, it makes me care. Moreover the ability to see the darker side of life is an asset not just directing dramatic and tragic movies, but also for directing comedy, since comedy often has pain inside it. Do you believe that life and film tragically too close together ? I do ...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Iman Brotoseno. Make your own badge here.


Categories

Archives

Hot Topics

Spice of Life


Why Blog ?

Why the BLOG will change the world ?The explosion of blogs throughout the world has been the biggest phenomenon since the rise of the Internet itself. Today, more people read blogs than newspapers. Blogs are just a tool, of course. It’s the bloggers behind the blogs that will make the difference. Here's Why

Blog lama saya masih dapat dilihat disini

( DISCLAIMER ) Photo dan Gambar Ilustrasi kadang diambil dari berbagai sumber di internet - GETTY IMAGES dan CORBIS selain photo teman dan milik saya sendiri. Kadang kala sulit untuk menemukan pemiliknya. Jika ada yang merasa keberatan bisa menghubungi untuk dicantumkan namanya.

Subscribe this blog

  Subscribe in a reader
Enter your email address:
  
Delivered by FeedBurner
October 2018
M T W T F S S
« Sep    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031