27 February 2009

Kineforum – Bulan Film Nasional 2009

Posted by iman under: FILM .

Sebuah ruang apresiasi film yang terabaikan diam diam ada di Jakarta. Di sekitar kita dekat gemuruh germerlap jaringan bioskop komersial. Kineforum , adalah bioskop yang menawarkan program meliputi film film klasik Indonesia serta karya film kontemporer.
Ruang film yang tidak bertujuan mengambil keuntungan ini, dikelola oleh Dewan Kesenian Jakarta dan sejumlah relawan yang concern dengan film dan budaya. Kineforum, muncul sebagai tanggapan tidak adanya bioskop non komersial di Jakarta, sekaligus ruang apresiasi terhadap film film non mainstream.

Dalam menyambut Bulan Film Nasional 2009, Kinoforum menyelenggarakan pameran dan pemutaran film film Indonesia sepanjang bulan Maret 2009. Bertempat di Studio 21 TIM dan Komunitas Salihara, akan diputar film film klasik sampai film film modern.
Jadwal pemutaran di bagi dalam berbagai tema. Seperti Romansa Enam Dekade, yang memutar film film diantaranya karya Usmar Ismail yakni Tiga Dara ( 1956 ), Pejuang ( 1960 ) sampai Badai Pasti Berlalu ( 1977 ) karya Teguh Karya. Juga film film modern Ada Apa dengan Cinta ( 2001 ).
Tema Body of Works : Bing Slamet. Berisi film film yang pernah diperankan oleh Bing Slamet, seperti Tiga Buronan ( 1957 ) dan Ambisi ( 1973 ).
Dalam tema Body of Works kita bisa melihat karya karya sutradara D.Djayakusuma, seperti Embun ( 1951 ), Harimau Tjampa ( 1953 ) sampai Malin Kundang Anak Durhaka ( 1971 ).

Tema Underworld. Memutar film film sisi lain dunia yang kelam dan keras. Mulai dari Mat Peci Pembunuh berdarah dingin ( 1978 ) karya Willy Wilianto sampai film modern , Jakarta Undercover ( 2007 ) karya Lance.
Tema Perempuan Nia Dinata, mulai dari Arisan ( 2003 ) sampai Berbagi Suami ( 2006 ). Lalu yang menarik akan diputar film film pendek, sebagai film pertama dari berbagai sutradara tenar saat ini. Film film pendek karya Garin Nugroho, Riri Reza, Hanung , Rako, Nan T Achnas dan lain lain.

Bulan Film Nasional 2009 akan membawa kita ke film film yang mungkin tidak pernah kita tonton sebelumnya. Harimau Tjampa tercatat sebagai salah satu film Indonesia pertama yang berani menampilkan pose dan adegan berani dari bintang film Nurnaningsih. Dengan melihat film film klasik Indonesia, kita mengerti cermin budaya masyarakat pada saat itu.

Tentu saja saya tertarik untuk datang. Walau sampai sekarang saya masih penasaran untuk menonton film film Bahtiar Siagian, salah seorang bapak perfilman nasional selain Usmar Ismail. Malangnya dia bergabung dengan Lekra sehingga karya karyanya konon dibakar rezim orde baru. Entah apakah masih ada yang tersisa.
Jadi sampai bertemu di Bulan Film Nasional 2009. Tertarik membuat kopdar film nasional di sana ? Silahkan mendownload jadwal pemutaran di sini .

28 Comments so far...

kw Says:

27 February 2009 at 9:30 pm.

wow asyik banget……
kapan lagi bisa nonton film2 karya para maestro..
terimakasih infonya

astrid savitri Says:

27 February 2009 at 11:16 pm.

Saya selalu merasa bhw film2 lama macam Tiga Dara sampai era masa jayanya ‘the Big Five’ adalah film2 bagus dlm hal cerita. Dlm hal ini, saya lebih suka tvri pd thn 80an – sebab cuma di sana saya bisa menontoni film2 Indonesia. Tentu saja saya mengeluh sebab bulan film nasional cuma dirayakan di Jkt :/

ilham saibi Says:

28 February 2009 at 12:05 am.

Ini adalah acara yang sangat bagus. sudah saatnya kita bangga dengan perfilman indonesia, dengan berkaca dari film2 lama yang menurutku emang layak untuk ditonton, daripada film2 jaman sekarang yang notabene nya cuma jual paha

zam Says:

28 February 2009 at 1:41 am.

sip!!

hedi Says:

28 February 2009 at 2:55 am.

ini baru keren banget

nika Says:

28 February 2009 at 4:15 am.

wah saya suka bgt film2 dulu.. lebih rasional ketimbang film sekarang. tapi di Jogja diputer g??

elly.s Says:

28 February 2009 at 8:55 am.

wah..kesempatan nonton fiml2 bermutu …
rugi banget yang nggak manfaatin kesempatan ini

abdee Says:

28 February 2009 at 8:56 am.

Meski bukan maniak film… tapi saya rindu film nasional serius diputar di layar kaca Indonesia…
Masa, filmnya Warkop terus.. Sekali kali muter Ketika Musim Semi Tiba, Cinta Dalam Sepotong Roti, Taxi, Cut Nya Dhien, dll. Kan Asyikk..

sarah Says:

28 February 2009 at 11:49 am.

yuk kopdar nonton film indonesia jadulll

lance Says:

28 February 2009 at 11:53 am.

ada film saya ya..yuk nonton Jakarta Under Cover

arya Says:

28 February 2009 at 4:05 pm.

kegiatannya keren. semoga ada waktu dan duit buat nonton hehehe

nuuii Says:

28 February 2009 at 5:27 pm.

pengen nonton film badai pasti berlalu dech.. ๐Ÿ™‚

Kunderemp Says:

1 March 2009 at 7:16 am.

Jadi pengen di Jakarta.. .hiks.. hiks..

Jadi ingat, dahulu di Jakarta beberapa kali nonton film di Kemang Utara No. 28.

annosmile Says:

1 March 2009 at 8:48 am.

keren…

iman Says:

1 March 2009 at 6:57 pm.

arya,
ada yang gratis dan kalau pun bayar paling 5000 ribuan

agus Says:

1 March 2009 at 7:12 pm.

salah satu program perfilman nasional yang menarik, susah untuk dilewatkan

edratna Says:

1 March 2009 at 8:50 pm.

Duh pengin…tapi mesti cari temen dulu….

Yoga Says:

1 March 2009 at 10:00 pm.

Noted. Trims infonya Mas Iman. Siapa tahu bisa ketemu sesama blogger di ajang ini.

meong Says:

2 March 2009 at 12:25 am.

ga nyampe jogja ya?….

mudah2an bisa mengobarkan semangat mencintai film2 nasional.
saya sendiri ga gitu antusias kl diajak nonton film indonesia, hehehe…tp nonton pintu terlarang kemaren, just three words: kewl, kewl, kewl.

Iman Brotoseno Says:

2 March 2009 at 2:25 am.

meth,
mestinya indusrty film nasional tumbuh karena apresiasi ,..lihat saya seberapa kita melihat ‘ noraknya ‘ film India, mereka begitu dicintai rakyatnya, dan itu yang membuat produksi filmnya salah satu yang terbesar di dunia , dan ditengah himpitan film film holywood.

DV Says:

2 March 2009 at 4:59 am.

Wah keren ini!
Ada nggak sih ide untuk mendigitalisasikan arsip film-film tua tanah air, Mas?
Atau jangan-jangan sudah ya..? ๐Ÿ™‚

aprikot Says:

2 March 2009 at 9:23 am.

suka film gara2 dulu iseng masuk ke kineklub undip, ktnya sich klub pecinta film gitu..trus masuk ksana yg ada saya disodori film2 yg nda biasa, film2 cenderung kuno dan indie..dan saya nda nolak klo mas iman mau ngajak saya nontong film2 indo klasik ini ๐Ÿ˜‰

Nyante Aza Lae Says:

6 March 2009 at 10:36 am.

ohh..nasib orang pinggiran
slalu aja telat info

Syed Nabil Says:

6 March 2009 at 6:07 pm.

Hello Iman,
I came across your website during a google search.
it looks very impressive. Saya berasal dari Kuala Lumpur, keturunan Minang sebelah ibu dan
syed yemen sebelah ayah.
Buat kini menetap diLondon.
I am currently trying to get hold of Harimau Tjampa and other similar good classic Indonesian films, preferbly those with a martial slant.
I would greatly appreciate any help in my mission, as I am developing a script that i strongly believe in.
Many thanks and look forward to your web updates.
Nabil

Menikmati suasana dan nonton film “jadul” di Salihara « Says:

16 March 2009 at 7:51 am.

[…] suasana dan nonton film “jadul” di Salihara Membaca postingan mas Iman tentang bulan Film Nasional 2009, yang diadakan selama bulan Maret 2009, mengingatkanku pada si […]

SURIN WELANGON Says:

10 February 2010 at 4:34 pm.

Aku punya pengalaman ketika bikin acara pemutaran film keliling dari kampung ke kampung . pada saat booming film ayat-ayat cinta ( AAC ). aku putarkan AAC hingga 2 bulan. sambutan masyarakat luar biasa. karena untuk lihat AAC ke bioskop disamping jauh dari tempat tinggal juga eman/pamali mengeluarkan 15 ribu untuk tiket, saya suka apabila ada program nasional yang menawai untuk putar film 100% indonesia ke kampung-kampng, insya allah kalau proektor dan layar , kita ada.

beauty tips Says:

13 September 2011 at 4:03 am.

keren2 film dulu yah gan! kalo film sekarang payah2, kudu ngejual keseksian aja

film remaja Says:

18 May 2014 at 6:15 pm.

Awesome! Its in fact remarkable piece of writing, I have got much clear idea about from this article.

Here is my web site film remaja

Leave a Reply

*

Mencari Jawaban

Artis tend to be dark, worried and superstitious creatures. This is not bad. It makes me perfectionist, it makes me care. Moreover the ability to see the darker side of life is an asset not just directing dramatic and tragic movies, but also for directing comedy, since comedy often has pain inside it. Do you believe that life and film tragically too close together ? I do ...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Iman Brotoseno. Make your own badge here.


Categories

Archives

Hot Topics

Spice of Life


Why Blog ?

Why the BLOG will change the world ?The explosion of blogs throughout the world has been the biggest phenomenon since the rise of the Internet itself. Today, more people read blogs than newspapers. Blogs are just a tool, of course. Itโ€™s the bloggers behind the blogs that will make the difference. Here's Why

Blog lama saya masih dapat dilihat disini

( DISCLAIMER ) Photo dan Gambar Ilustrasi kadang diambil dari berbagai sumber di internet - GETTY IMAGES dan CORBIS selain photo teman dan milik saya sendiri. Kadang kala sulit untuk menemukan pemiliknya. Jika ada yang merasa keberatan bisa menghubungi untuk dicantumkan namanya.

Subscribe this blog

  Subscribe in a reader
Enter your email address:
  
Delivered by FeedBurner
September 2021
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930