8 October 2006

KENAPA SUTRADARA IKLAN DIBAYAR MAHAL

Posted by iman under: PERIKLANAN .

Banyak orang bilang, kenapa seorang sutradara iklan dibayar sangat mahal hanya untuk mengerjakan film dengan durasi pendek, 60 detik atau 30 detik. Bahkan ada yang hanya 5 detik ! Sebenarnya agak susah dijawab secara matematis, karena tidak ada yang standar baku mengenai nilai sebuah profesi sutradara iklan. Seorang sutradara pemula, mungkin menerina 10 – 30 juta per hari, harga ini berjenjang sampai ke sutradara level atas, yang bisa menerima 70 – 120 juta per hari. Dan kalau syutingnya total 5 hari ya kali 5 saja.

Semua itu dihitung termasuk persiapan pre production dan editing di post production, yang mungkin bisa memakan waktu berminggu minggu misalnya. Jadi dengan segala macam tetek bengek mulai dari recce, talent scouting, set construction, sampai post production, dengan mengatur schedule loncat sana loncat sini, seorang sutradara iklan paling banter hanya bisa mengambil pekerjaan 2 atau maksimal 3 job sebulan. Syukur syukur per job untuk 2 – 3 hari syuting, karena job sehari syuting dan job 3 hari syuting, sama saja proses persiapannya dan paska produksinya. Secara teknis tidak ada perbedaan dengan sutradara film layar lebar atau video klip misalnya, ia juga harus membentuk sebuah rangkaian gambar yang secara visual bernilai seni dan ada unsur hiburannya.

Tapi kenapa bisa mahal ?

Pertama, sutradara iklan harus mempunyai pemahaman tentang dunia advertising, bagaimana mengkomunikasikan konsep biro iklan agar dapat diterima oleh target market produk itu. Bagaimana membuat film yang sejalan dengan strategi komunikasi yang telah dirancang biro iklan atau klien. Karena durasinya yang pendek, maka tiap frame harus mempunyai arti yang kuat.

Kedua, sutradara iklan harus bisa menjelaskan ide idenya secara komprehensif di depan biro iklan atau klien. Jelas disini membutuhkan teknik skill of presentation.

Kemampuan bahasa asing akan menjadi nilai tambah, mengingat banyak klien orang asing atau menjadi bagian dari multinasional company.

Ketiga, film iklan adalah salah satu bagian dari mata rantai pemasaran suatu produk. Dan ini sangat penting untuk bisa mendongkrak angka penjualan, sehingga klien yang mungkin sudah menghabiskan biaya promosi puluhan atau ratusan milyar setahun tidak akan ragu ragu membayar mahal seorang sutradara untuk mencapai tujuannya.

Keempat, sutradara iklan sering disebut sutradara pelacur karena harus berkompromi mengenai nilai nilai visual dengan pihak biro iklan dan klien. Banyak sutradara layar lebar ternama tidak mau memasuki dunia ini, karena takut mengorbankan idealismenya. Kompromi ini costs a lot !

Kelima, supply sutradara iklan tidak terlalu banyak di Indonesia. Harga harga diatas adalah untuk sutradara local Indonesia, bukan sutradara asing yang banyak berseliweran di Jakarta yang honornya dibayar pakai dolar.

Kalau dilihat mungkin jumlah sutradara lokal yang cukup established mungkin sedikit, walau ada beberapa muka baru yang mulai bermunculan. Jadi sebagai ‘ the happy selected few people ” bisa saja menerapkan hukum ekonomi.

Namun pada akhirnya, uang bukan segala galanya, kadang ada hal yang menjadi konsiderans seorang sutradara. Ada yang menerima honor hanya 1/3 dari normal fee,karena memang kliennya tidak punya uang dan konsepnya sangat menarik buat show reel saya sendiri. Lalu buat iklan iklan Public Service Announcement ( PSA ), kita juga dibayar dengan harga discount atau bahkan tidak sama sekali.

8 Comments so far...

dian mercury Says:

10 October 2006 at 12:07 am.

kenapa sutradara asing jauuuuuuh lebih mahal dibanding lokal ? pls sebutkan salah satu hasil karya dari sutradara asing tsb.

melihat iklan2x di america, pengen aku lempar itu TV. menjijikan. ngoceh aja kayak sebagian besar iklan indonesia. boring, gak bermutu. di eropa lebih bermutu.bahkan singapore lebih ok drpd iklan america

Iman Brotoseno Says:

10 October 2006 at 12:33 am.

iya sih,..kalau buat trendsetter iklan eropa dan asia, even australia lebih bagus daripada iklan amerika.

soleh Says:

10 October 2006 at 5:25 pm.

kadang-kadang suka iri juga, kalo denger cerita berapa penghasilan sutradara iklan. hehehe. penghasilan jurnalis sebulan masih belum bisa ngalahin penghasilan per hari sutradara. 😀

aris Says:

12 October 2006 at 11:48 am.

kompromi cos alot ada di dunia ‘fiksi’ juga kok [layar lebar/tv] cuma bedanya klien iklan lebih tinggi menghargainya, mas… 🙂

Tina Says:

13 October 2006 at 4:46 pm.

Halo Iman, salam kenal juga ya.. Thanks dah mampir.. Aku mau baca2 dulu ya..

kukuh-hendriawan Says:

30 August 2008 at 1:08 am.

Hi All…..
Boleh gabung kan.
Biar kebawa keren dan beken kayak mas IMAM

Ariesia Maretiana Says:

20 December 2008 at 11:00 pm.

dear mas iman,
aku punya temen sutradara yang ingin bisa terlibat dalam pembuatan iklan.baik iklan komersil,layanan masyarakat or iklan partai.gimana ya caranya?
aku jamin, temenku ini punya talenta yang ok karena saat ini dia sedang bekerja di tv station dan pernah mendapatkan beberapa penghargaan.
please reply me at my mail.

tx a lot!!!

fadhli Says:

5 April 2012 at 11:20 am.

Nice info Mas Iman, kebetulan saya mahasiswa komunikasi yg mempelajari advertising. jadi suplai sutradara iklan di Indonesia itu gak banyak ya. bikin iklan yg menarik mang gak gampang juga

Leave a Reply

*

Mencari Jawaban

Artis tend to be dark, worried and superstitious creatures. This is not bad. It makes me perfectionist, it makes me care. Moreover the ability to see the darker side of life is an asset not just directing dramatic and tragic movies, but also for directing comedy, since comedy often has pain inside it. Do you believe that life and film tragically too close together ? I do ...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Iman Brotoseno. Make your own badge here.


Categories

Archives

Hot Topics

Spice of Life


Why Blog ?

Why the BLOG will change the world ?The explosion of blogs throughout the world has been the biggest phenomenon since the rise of the Internet itself. Today, more people read blogs than newspapers. Blogs are just a tool, of course. It’s the bloggers behind the blogs that will make the difference. Here's Why

Blog lama saya masih dapat dilihat disini

( DISCLAIMER ) Photo dan Gambar Ilustrasi kadang diambil dari berbagai sumber di internet - GETTY IMAGES dan CORBIS selain photo teman dan milik saya sendiri. Kadang kala sulit untuk menemukan pemiliknya. Jika ada yang merasa keberatan bisa menghubungi untuk dicantumkan namanya.

Subscribe this blog

  Subscribe in a reader
Enter your email address:
  
Delivered by FeedBurner
May 2021
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31