1 September 2008

Ikhlas

Posted by iman under: KESEHARIAN; REFLEKSI .

Paling susah memang menstimulasi pikiran untuk menerima rasa ikhlas di hati kita. Apapun bentuknya. Keikhlasan bukan saja manifesto dari bentuk rasa maaf, tapi juga bentuk penerimaan terhadap sesuatu yang baru dan berbeda.
Dalam perjalanan menyusuri sungai Martapura selama 2 jam dari kota Banjarmasin menuju Lokbaintan, teman saya begitu berhati hati dengan masalah kebersihan. Sepertinya ia kurang ikhlas dengan situasi disekelilingnya. Maklum sepanjang perjalanan kita melihat masyarkat sana yang mandi, gosok gigi sampai buang hajat di sungai yang sama.
Jadilah ia menolak jeruk yang saya tawarkan, setelah membelinya dari penduduk setempat seharga Rp 60,000,- sekeranjang besar. Padahal jeruknya sangat manis.
Mungkin ia benar harus menjaga kebersihan agar tidak terkena kuman. Karena bisa jadi jeruknya dicuci dari air sungai yang coklat itu. Ia juga tak mau makan banyak banyak. Takut bagaimana kalau ingin buang air besar, karena kita berangkat sejak jam 4 pagi sehingga belum sempat buang hajat.

Padahal saya menikmati ‘ buang hajat ‘di pinggir sungai sambil ngelempus rokok, mengecek email dengan blackbery dan mendengarkan celoteh alam disekitar kita. Setelah perut kosong, saya mencicipi soto banjar yang di jual orang. Tak perlu memikirkan kalau piring piring itu dicuci dari air sungai yang sama.
Entah perut saya yang kebal dengan virus. Tapi yang jelas saya tak kena sakit perut. Saya ikhlas dan percaya kalau hal hal sepele seperti ini tidak akan mencelakakan saya.

Untuk urusan alam saya memang ikhlas, tetapi belum tentu bisa menerima sisi lain keikhlasan. Pencapaian hidup ini atau melihat orang orang di sekeliling kita. Apalagi orang orang yang menyakitkan kita. Butuh kearifan setingkat sufi mungkin.
Karena saya belajar di sekolah katolik. Ada kalimat yang selalu saya dengar, waktu itu diucapkan Nabi Isa As. Berikan pipi kananmu jika pipi kirimu ditampar.
Karena saya bukan nabi, maka bisa dianggap bodoh atau naïf kalau saya menerapkan. Atau dua duanya mungkin.

Selain itu mungkin kita juga tak bisa menyalahkan jika kita susah ikhlas melihat negeri tercinta. Pesimis atau kita justru terdorong berikhtiar untuk suatu perbaikan. Jadi agak geli sore ini menerima pesan sms dari teman lama.
“ Dari tanah bencana dan negeri penuh korupsi kami sekeluarga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa “

Dalam bulan Ramadhan ini, kita mencoba lebih arif menyikapi semua ini. Sekiranya ada ucapan dan perbuatan saya yang tidak berkenan. Saya meminta dibukakan keikhlasan selebar lebarnya. Mohon maaf lahir dan bathin. Rasa ikhlas yang cukup digumamkan dalam hati. Semoga kita bisa menjalani bulan penuh ujian ini mencapai hari kemenangan.
Saya percaya Gusti Allah tidak menutup mata.

77 Comments so far...

noersam Says:

2 September 2008 at 4:18 pm.

salam knal aja yahhh..sambil nunggu buka blogging dulu..uasyikkk

hanny Says:

2 September 2008 at 5:23 pm.

SMS-nya… ikhlas tapi gak rela? 😀

matahati Says:

2 September 2008 at 6:05 pm.

Mohon maaf atas semua salah dan khilaf mas. Perjanjian kita untuk tidak kopdar membuat sy bingung jika kita bertemu tidak sengaja. Perjanjian itu masih berlaku ndak mas? 🙂

Jauhari Says:

2 September 2008 at 8:38 pm.

Menjadi Lebih baik dan baik di Ramadhan kali ini 😉

Erwin Baja Says:

2 September 2008 at 11:30 pm.

Selamat menunaikan ibadah puasa buat mas Iman dan semua pengunjung blognya… 🙂

Dari saya (dan anak cucu saya kelak) yang tidak pernah bisa ikhlas untuk ikut menanggung pembayaran hutang negara sekitar 1500 trilyun rupiah…

meong Says:

3 September 2008 at 12:05 am.

*ngakak baca komengnya pangsit*
*tabok pangsit*

ah, soto banjar…..jd nyesel bgt….dua kali ke kalimantan, blm sempet nyobaon the real soto banjar…
ah jd inget kata2 pak bondan, warung amigos….alias agak minggir got sedikit…kdg emg lbh sedep drpd hotel, kenapa ya ??

maapin aye juga mas…mudah2an barokah…..

kucluk Says:

3 September 2008 at 4:32 am.

met puwasa mas…

galeter Says:

3 September 2008 at 10:12 am.

KEPADA PARA BLOGGER YANG SEDANG BERPUASA ..SEKALIAN …..YANG MAMPIR KESINI..

SAYA MINTA TOLONG DI BANTU,….

COBA KE

http://galeter.wordpress.com

easy Says:

3 September 2008 at 1:10 pm.

selamat menjalankan ibadah puasa.. semoga amal ibadah kita selalu diterima Allah 🙂
ngebayangin mas iman buang hajat jongkok dipinggir kali… *hush* 😀

dee Says:

3 September 2008 at 2:10 pm.

saya juga maunya ikhlas mas, tapi nggak tau kenapa kalau mau buang air tapi nggak sreg sama tempatnya kok mendadak rasa mulesnya jadi hilang ya… hehe…

met puasa mas..
semoga kita bisa menjadi manusia yang lebih baik
amien

perempuan Says:

3 September 2008 at 2:52 pm.

yahh kalo mo makan aja mikirin , dimana nyuci piring ato mslh kebersihan air , malah bisa² ga makan dunk , lha wong disekitar qt aja banyak debu2+ kuman mikroskopis yg ga nampak. Yang pnting berdoalah n cuci tgn sblm makan heueheh..

Om , slm knl yach
😉 blogwalking siang²

masenchipz Says:

3 September 2008 at 3:44 pm.

perut kebal ama virus? wah.. make antivirus ya? hue..he..wekekek

Yoyo Says:

3 September 2008 at 4:23 pm.

ikhlas seperti semut hitam berjalan di atas batu hitam dalam gelap gulita……..

Nazieb Says:

3 September 2008 at 4:45 pm.

Oh yes, ng**ing di pinggir kali itu memang kenikmatan tersendiri..

Have a good fasting..
Happy Ramadan..
:mrgreen:

mbah gundul Says:

4 September 2008 at 2:12 am.

wah..lha kalo mau makan trus sebelahe wong ngiseng lak mambu ngono mas iman 😀

Luluk Says:

4 September 2008 at 3:52 am.

Butuh kearifan dan keikhlasan buat membaca postingan Mas:-) Kok saya jadi ngerasa kurang ikhlas ya Mas dengan perjalanan hidup…weleh…

wku Says:

4 September 2008 at 8:18 am.

saya sebenarnya ikhlas mo lihat kalo ada rekamannya mas iman lagi buang hajat… hehe… maap lahir bathin

erha Says:

4 September 2008 at 9:30 am.

met puasa mas …. belajar ikhlas memang perlu waktu ya mas … ajarin dongg ilmu ikhlas

Edi Psw Says:

4 September 2008 at 10:25 am.

Kalau saya mempunyai kesalahan, tolong juga diikhlaskan ya mas?

za Says:

5 September 2008 at 8:13 am.

mas, za akan berikan pipi kanan za, kl pipi kiri di tempelin duit segepok….kl ditampar mah ogah. sakit….:))

fathy Says:

5 September 2008 at 2:56 pm.

wah kalo saya sih lebih pengen menjaga kesehatan, mas 😀
“ikat untamu sebelum kamu meninggalkannya”, kata nabi gituh..
kan kudu usaha jaga kesehatan dulu ketimbang ikhlas (klo bhs sy, bacanya jadi ‘masa bodo’ atau ‘pasrah’).
hehe..piss lah.
maaf lahir bathin juga. smg ini menjadi ramadhan terbaik kita.. aamiin.

cK Says:

5 September 2008 at 9:04 pm.

mas, kapan buka puasa bersama? *tu de poin*

aRuL Says:

6 September 2008 at 4:49 am.

saya juga mas, moga dimaafkan 🙂

edratna Says:

7 September 2008 at 4:27 am.

Saya juga mohon maaf mas Iman, mungkin ada komentar di blog saya yang tak sengaja membuat mas Iman kurang berkenan.

Kurt Says:

7 September 2008 at 11:14 pm.

Mungkin dengan bersahabat dengan alam keikhlasan alam itu sendiri tidak membahayakan. Kalau saya dulu saat di sawah ya minum air dari sumur langsung rasanya ueeenak seperti aqua jaman sekarang. Ikhlas memang indah pada akhirnya.

Aris Says:

9 September 2008 at 11:31 am.

Alhamdullilah, berkat rakhmatNYa mas Iman masih diberikan umur panjang. Btw ada rencana bikin film iklan berlatarbelakang religi gak ?

Aris Says:

9 September 2008 at 11:33 am.

wah sorry, komen diatas utk posting yg satunya.

Leave a Reply

*

Mencari Jawaban

Artis tend to be dark, worried and superstitious creatures. This is not bad. It makes me perfectionist, it makes me care. Moreover the ability to see the darker side of life is an asset not just directing dramatic and tragic movies, but also for directing comedy, since comedy often has pain inside it. Do you believe that life and film tragically too close together ? I do ...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Iman Brotoseno. Make your own badge here.


Categories

Archives

Hot Topics

Spice of Life


Why Blog ?

Why the BLOG will change the world ?The explosion of blogs throughout the world has been the biggest phenomenon since the rise of the Internet itself. Today, more people read blogs than newspapers. Blogs are just a tool, of course. It’s the bloggers behind the blogs that will make the difference. Here's Why

Blog lama saya masih dapat dilihat disini

( DISCLAIMER ) Photo dan Gambar Ilustrasi kadang diambil dari berbagai sumber di internet - GETTY IMAGES dan CORBIS selain photo teman dan milik saya sendiri. Kadang kala sulit untuk menemukan pemiliknya. Jika ada yang merasa keberatan bisa menghubungi untuk dicantumkan namanya.

Subscribe this blog

  Subscribe in a reader
Enter your email address:
  
Delivered by FeedBurner
December 2018
M T W T F S S
« Oct    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31