23 December 2007

….dan damai di Bumi

Posted by iman under: AGAMA .

merpati.jpgIni cerita dari Gunawan Mohammad sekitar sepuluh tahun lalu. Saat itu Lamijah dan suaminya, Vllaznim Jaha harus meninggalkan Pristina, ibu kota Kosovo , karena orang Serbia mengusir mereka. Mereka harus masuk lewat jendela kereta yang berjejal, tak tahu persis perjalanan akan berakhir dimana. Dua tas mereka hilang, juga barang barang kenangan, foto keluarga, buku harian dan potret ayah. Namun seakan akan masa lalu tak bisa dihancurkan 100 persen, ada yang masih tertinggal. Sebuah sertifikat. Disana disebut nama “ Dervis Korkut “. Nama ayah Lamijah.
Dervis adalah korator museum Sarajewo tahun 1940an. Ketika Bosnia-Herzegovina diduduki Jerman dan orang Yahudi diburu, Ia melakukan sesuatu yang nekat. Ia menyembunyikan beberapa orang Yahudi di rumahnya. Termasuk Mira Bakovic. Gadis yahudi ini tinggal selama setahun dengan keluarga Korkut. Jika ada perwira Jerman bertandang – karena Dervis Korkut adalah orang terpandang – Mira disamarkan sebagai pembantu rumah tangga yang memakai jilbab. Keluarga Korkut adalah keluarga muslim, dan mereka bisa mengatur penyamaran dengan cara jitu.

Lalu Jerman kalah. Perang berhenti. Yugoslavia berdiri, merdeka dan selama setengah abad hidup seakan normal. Mira Bakovic pindah ke Israel. Dervis bahkan tidak pernah menceritakan fragmen masa lalu itu kepada anaknya, bahkan sampai ia meninggal tahun 1968. Tapi orang orang yang diselamatkan masih ingat – horror kemanusiaan yang sangat membekas dalam hidup mereka. Oleh sebab itu Dervis seorang muslim mendapat sertifikat tanda penghargaan dari Yad Vashem , sebuah lembaga di Yerusalem, atas usahanya mempertaruhkan nyawanya sendiri menolong orang orang Yahudi. Sertifikat itulah yang menolong Lamijah. Sebenarnya ia dan suaminya tak bermaksud ke Israel. Mereka diturunkan diperbatasan Macedonia . Gelap sampai di tanah dan selama 11 jam mereka berjalan kaki menuju tapal batas. Hari itu pikiran mereka adalah Swedia, namun pemerintah Swedia tak mau menerima mereka. Tak tahu harus kemana, di Skopje ibu kota Macedonia. Lamijah menunjukan sertifikat Yad Vasleem kepada ketua perhimpunan masyarakat Yahudi di kota itu.

Ia sebenarnya tak tahu persis isi dokumen itu. Tapi dengan cara itu ia dan suaminya dapat masuk mengungsi ke Israel. Di Bandara Ben Gurion, seorang datang menyambut; Davor Bakovic. Lelaki berumur 50 tahun itu adalah anak Mira Bakovic yang sudah meninggal pada usia 76 tahun. Ia selalu bercerita bagaimana keluarga Korkut menyelamatkan jiwanya dahulu.
“ Saya merasa seakan akan seorang saudara kandung muncul dari tempat jauh “ kata Davor. “ Lingkaran hidup saya bertaut dengan Lamijah “.
Lamijah dan suaminya Vllaznim diberi tempat di sebuah wisma tamu di tepi laut Tengah dan mereka dipersatukan dengan kedua anak mereka, Fitore dan Fatos yang terlebih dahulu diselundupkan melalui Hongaria – sesaat sebelum NATO menjatuhkan bom untuk menghentikan terror orang Serbia terhadap minoritas muslim di Kosovo.

Kisah catatan pinggir ini memang sangat menyentuh saya, yang selalu saya simpan apik dalam kliping di ruang kemanusiaan. Membentuk sebuah garis lingkaran dimana sisi ujungnya selalu ada manusia saling membunuh atas nama perbedaan. Bertemu dengan ujung lainnya ketika ada manusia menjadi juru selamat sebuah keragaman. Kita tak tahu rahasia Tuhan mengapa Ia menciptakan etnis dan agama yang berbeda, kalau pada akhirnya juga menuju sebuah jalan yang sama padaNya. Mempersaingkan religi, memaksakan kesamaan, menarik garis, menebar terror, kebencian mungkin menjadi makanan suplemen sebuah pembenaran. Dalam babad tanah jawa dikisahkan Raden Patah – putra Raja Brawijaya dari puteri Cempa – setelah masuk Islam melalui Sunan Ampel, menolak mengabdi pada kerajaan Hindu Majapahit yang ‘ kafir ‘. Ia memilih menyepi ke hutan Bintara dekat Demak. Kemudian hari ia menyerbu Majapahit dan membunuh ayahnya sendiri. Demikian juga bala tentara Spanyol dan Portugis mengatasnamakan kerajaan Kristus menghabisi serta menjarah suku suku Maya atau Inca di pedalaman benua Amerika.
Amrozi dan Imam Samudra mungkin melihat surga yang berbeda, dan keyakinannya yang kokoh membuat makna kemajemukan ini terasa getir. rapuh dan menyesakan.

Ini bukan kegilaan. Selalu saja ada ketulusan yang ditawarkan oleh mereka yang berbeda dari kita. Entah itu Davor Bakovic yang yahudi atau pastur pastur Jesuit yang mendidik saya tanpa pamrih. . Saya tidak tahu apakah Tuhan sampai hati memasukan mereka kedalam api neraka. Ketika Lamijah terdampar di Israel. Ia telah melihat rasa kemanusian telah mengalahkan dogma dogma agama. Saya juga tidak percaya kadar keIslaman saya berkurang karena mengucapkan salam Natal kepada teman, keluarga dan mereka yang merayakannya. Sebuah harapan kedamaian.
Semoga masih ada harapan di negeri yang semakin gila ini.
“ Selamat Hari Natal dan Damai di bumi “

85 Comments so far...

kombor Says:

28 December 2007 at 2:45 pm.

Selamat Tahun Baru 2008, Mas Iman.

kbguy Says:

28 December 2007 at 10:30 pm.

muthe Says:

29 December 2007 at 12:59 am.

wah yah itulah…kadang yang suka bikinmasalah itu manusia sendiri. orang nggak ada salah, dicari2 salahnya apa, sampe bawa2 agama segala, kecuali gw disuruh nyembah tuhannya agama itu, baru cari perkara. kalo nggak mah, ngapain juga musuhan, ya tak?!!

btw, met tahun baru mas!

manler Says:

29 December 2007 at 7:15 am.

Numpang lewat ya, lagi aroud2 di pagi hari…
Met taon Baru 2008 ya….

fourspeedlab Says:

29 December 2007 at 3:26 pm.

kalo menurut saya persoalan keyakinan persoalan pribadi. jangan menjadikan agama sebagai berhala.

Tukang Nggunem Says:

29 December 2007 at 4:57 pm.

“IMAGINE”-nya John Lennon yang sekiranya cocok banget buat mengiringi para pembaca saat menyimak tulisan ini…yap, bayangken dunia dengan kedamaian tanpa memandang segala jenis agama, ras dan segala tetek bengek lainnya…just peace….salam….

nanthan Says:

29 December 2007 at 7:29 pm.

Hello friend, You create a nice blog… But you take many of my articles from my blog.. http://iearnmoneyhelper.blogspot.com/
Thanks for the comment in my blog.
Contact me.. I will show how to earn money with your blog.. I have some easy ideas… my mail is nanthan.smix@gmail.com. I am earning more than 500$ per month.

have a nice day

pratanti Says:

30 December 2007 at 12:07 am.

‘makasih mas, postingannya bermanfaat banget 🙂

akafuji Says:

30 December 2007 at 5:20 am.

hmm….numpang berteduh, habis blogwalking kehujanan. gpp ya. 😀

Since Says:

30 December 2007 at 9:45 pm.

‘met taon baru 🙂

extremusmilitis Says:

30 December 2007 at 10:34 pm.

Met Tahun Baru 2008
Wish You All The Best And Success
Salam Militis!!! :mrgreen:

yoan Says:

30 December 2007 at 10:55 pm.

perbedaan itu justru indah…

senang sekali membaca blognya Om Imam 😀 yang dari tulus hati mengucapkan selamat natal 🙂
hehehehehe… karena setau jo… temen2 ku yang beda agama pernah bilang… klo mereka ngucapin met natal means mereka juga ikut merayakan… hehehee…. tapi tetep aja nagih… kue natal klo dah ketemu *wakakakaa*….

setuju banget… perbedaan itu indah… asal kita tahu batasannya 🙂

legra
-jo-

meity Says:

30 December 2007 at 11:44 pm.

Selamat Tahun Baru 2008 … semoga di 2008 nanti, mimpi tentang damainya negeri ini bisa dirasakan semua.

puput Says:

2 January 2008 at 6:38 pm.

mungkinkah akan ada dispensasi dari Tuhan ya mas?

stey Says:

3 January 2008 at 12:19 am.

Agama kan masalah hati yah Pak Iman? Saya juga ga tau harus ngomong apa kalo tentang agama..buat saya yang terpenting saya mencintai agama saya..dan saya fanatik dengan itu tapi untuk saya pribadi..saya malah senang belajar dari agama lain..Islam dengan sholat 5 waktunya, Budha dengan ketenangannya, Hindu dengan penghormatan kepada alam dan leluhurnya..

download free ringtone Says:

23 January 2008 at 11:02 am.

Hi
Free Ringtones Cool – more than 15.000 free polyphonic ringtones, composer ringtones, effect ringtones, real sound ringtones as well as wallpapers and …
download free ringtone

Bye

cialis levitra viagra Says:

23 February 2008 at 6:43 am.

Hello
http://www.canadianmedsusa.com Viagra is a medication used to treat erectile … Sildenafil … Viagra pills are blue and diamond-shaped with the words “Pfizer” …
cialis levitra viagra

Bye

grandika Says:

10 March 2008 at 1:15 am.

yah bagi saya c agama bukan halangan

[url]http://aoofle.com[/url] tempat sharing dan diskusi semua hal yang berhubungan dengan spiritual, magic, love, pelet, herbal dan internet

Machrit Says:

1 April 2008 at 12:23 pm.

Great! just like usual!

uhm aku sendiri selalu bingung sama manusia yg menghujat, membenci,bahkan sampai membunuh manusia lainnya karena perbedaan agama..

uhm
agamamu
agamaku

tapi kita semua sama2 manusia kan,,,

http://www.indonesia.faithfreedom.org/forum/viewtopic.php?t=23038&postdays=0&postorder=asc&start=60

maf kalau ada salah kata

Alpha Says:

17 April 2008 at 4:40 pm.

Agama mengatur hubungan manusia dengan Tuhan-nya, manusia dengan manusia lain, dan manusia dengan alam.
Sering banget orang melihat ajaran agama berat separo. Padahal dengan hubungan manusia dengan manusia yang baik sesuai ajaran agama, juga diperintah Tuhan.
Mari kita baca dan hayati kitab suci masing-masing secara menyeluruh. Saya yakin. Tidak ada setitik kebencian terhadap apapun siapapun didalamnya.
Apa maksud Tuhan menciptakan manusia beragam? waduh jangan dipikir terlalu dalem deh, ilmu Tuhan terlalu luas. Nggak nyampe saya mah….

masni Says:

9 May 2008 at 12:42 pm.

tulisannya nyentuh banget ya

didi Says:

26 July 2008 at 2:09 am.

@Machrit
Apaan tuh http://www.indonesia.faithfreedom.org ? Kok isinya serem kaya gitu.

Pesan-Nya | Gunawan Rudy dot Com Says:

30 August 2008 at 9:18 pm.

[…] Saya bukan orang bijak, bukan pula pakar atau ahli. Tapi apakah kita menilai pesan seseorang dari siapa dirinya, bukan apa yang dikatakannya? Entah. Manusia memang berbeda satu sama lainnya. Dan saya yakin perbedaan itu adalah berkah. Damai di langit, damai di bumi. […]

selo Says:

25 September 2008 at 11:07 am.

So inspiring…. Keep writing & inspiring people

rina Says:

1 March 2009 at 8:24 am.

so inspiring me ..
bagaimana pendapat anda mengenai pendapat dalam keyakinan yang intinya menyatakan bahwa tidak akan masuk surga bagi kaum-kaum yang menganut keyakinan lain ?
terima kasih ..

tramadoldissg Says:

14 April 2010 at 8:12 pm.

I just sent this post to a bunch of my friends as I agree with most of what you’re saying here and the way you’ve presented it is awesome.

Harry Says:

27 June 2010 at 7:41 pm.

Tulisan yang sangat menyentuh, kita sudah terkotak kotak dan saling menghancurkan. Ditunggu tulisan yang paling baru untuk menentramkan kita semua di Juni 2010 ini…

Sandee Garwin Says:

24 July 2010 at 2:50 pm.

niagara seo Says:

25 July 2010 at 12:25 am.

Update: Selamat Natal Versi Al Quran? « Anti Buntet Says:

16 September 2010 at 4:44 pm.

[…] apapun bentuknya; ada yang sekedar berpandangan omong kosong masalah natal bersama. Tapi ada yang mengakses dari sudut sejarah. Ada pula sukut alias diam saja atau tanpa dikasih judul dan ada pula yang memasang banner. Tapi […]

dahlia Says:

27 November 2010 at 4:29 am.

menurutku sih, keyakinan tetap harus dipegang teguh sampai mati, tetapi kita harus menyadari bahwa sebuah perbedaan adalah suatu hal yang pasti ada dan harus dihormati

wawan purwana Says:

23 February 2012 at 12:31 am.

saya teringat dalam sebuah diskusi antara rekan-rekan HMI dan gusdur di kantor NU, ada seorang mahasiswa yg bertanya kepada gusdur, “gus, gimana sih contoh kepribadian seorang mukmin yg sejati” gusdur dengan santainya menjawab,”ya itu, kaya romo mangun…” kami semua diam, beliau melanjutkan kata-katanya…”berguna dan bermanfaat baik buat lingkungannya”

paket umroh Says:

19 March 2013 at 7:10 pm.

damai di bumi damai di hati

RandallKt Says:

24 March 2014 at 3:56 pm.

Stevenwef Says:

10 April 2014 at 9:05 am.

p http://www.isko-iran.org zithromax drug definition 6etkqfoz

Leave a Reply

*

Mencari Jawaban

Artis tend to be dark, worried and superstitious creatures. This is not bad. It makes me perfectionist, it makes me care. Moreover the ability to see the darker side of life is an asset not just directing dramatic and tragic movies, but also for directing comedy, since comedy often has pain inside it. Do you believe that life and film tragically too close together ? I do ...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Iman Brotoseno. Make your own badge here.


Categories

Archives

Hot Topics

Spice of Life


Why Blog ?

Why the BLOG will change the world ?The explosion of blogs throughout the world has been the biggest phenomenon since the rise of the Internet itself. Today, more people read blogs than newspapers. Blogs are just a tool, of course. It’s the bloggers behind the blogs that will make the difference. Here's Why

Blog lama saya masih dapat dilihat disini

( DISCLAIMER ) Photo dan Gambar Ilustrasi kadang diambil dari berbagai sumber di internet - GETTY IMAGES dan CORBIS selain photo teman dan milik saya sendiri. Kadang kala sulit untuk menemukan pemiliknya. Jika ada yang merasa keberatan bisa menghubungi untuk dicantumkan namanya.

Subscribe this blog

  Subscribe in a reader
Enter your email address:
  
Delivered by FeedBurner
June 2017
M T W T F S S
« May    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930