15 March 2009

Chef of the day

Posted by iman under: KULINER; REMAH REMAH .

Kata orang memasak menunjukan kemampuan kita bertahan hidup. Tidak salah juga karena dengan memasak seperti mengerti bagaimana hidup itu harus disiasati dan diracik. Memasak juga sebuah seni atraksi. Jangan salah, bagi laki laki , memasak bisa memikat kaum wanita. Walau saya tak pernah mencobanya.
Saya menyukai hobi ini sejak dulu, karena terbiasa sejak kecil memperhatikan ibu saya yang suka memasak. Sekaligus menjadi pilihan hidup yang murah ketika menjadi perantau.

Jadilah minggu siang yang cerah hari ini, saya mengundang beberapa teman untuk mencicipi masakan saya. Paman Tyo , Ndoro Kakung , Zam , Yudhi , Ipoul, Iqbal dan Pak Didi dari dagdigdug. Sambil bongkar sisa persediaan di kulkas dan berbelanja secukupnya. Saya menyiapkan menu hari ini.
Udang saus tiram, Gurame asam manis, serum ayam saos mentega, kerang hijau saus padang dan cah taoge cumi asin. Cukup untuk mengenyangkan perut perut mereka.

Memasak memang mengasyikan. Saya menikmati proses dan menghidangkan. Siapa tahu kelak dalam Pesta Blogger kelak, saya akan memilih bergabung dengan ibu ibu dalam Breakout Seassion memasak. Mau bergabung ?

Udang Saus Tiram – Bahan dan bumbu
½ kg udang galah
saus tiram
Bawang Bombay
Kecap Inggris, Minyak Wijen, Ang Ciu, Tepung Mazeina
Gula Pasir 1 sdm, Garam 1 sdm
Penyedap masakan
Jahe, daun bawang, 5 siung bawang putih, jeruk nipis dan tomat

Cara Membuatnya :
Udang digoreng terlebih dahulu, tiriskan. Siapkan bawang putih dan garam, tumbuk sampai halus.
Panaskan wajan dengan mentega, Masukan bumbu dan, daun bawang, jahe digepruk dan bawang Bombay. Tumis sampai harum dan masukan minyak wijen, irisan tomat
Masukan udang dan kira kira 2 gelas air putih. Setelah itu campur tepung mazeina – 2 sendok makan dalam setengah gelas air, aduk dan masukan ke dalam wajan. Tuangkan Ang ciu, kecap inggris, saus tiram, penyedap masakan – secukupnya – gula pasir, dan tetesan jeruk nipis.
Aduk sampai merata dan siap untuk dihidangkan.

45 Comments so far...

nothing Says:

15 March 2009 at 10:57 pm.

jan.. ketok maknyus panganane… dan mas zam terlihat mlongo 🙂
*mlayu mampir warung*

Zam Says:

15 March 2009 at 11:11 pm.

Ndak nyangka, Kak Iman wal Ni’mah pinter masak!

Celakanya masakannya Mas Iman enak!

mbakDos Says:

15 March 2009 at 11:15 pm.

kok celaka zam?
tersaingi?

bayuhebat Says:

15 March 2009 at 11:37 pm.

masakan laut kabeh iki

Ken Arok Says:

16 March 2009 at 3:45 am.

Jangan salah, bagi laki laki , memasak bisa memikat kaum wanita.

Ini ilmu yang diserap Zam, bukan ilmu memasaknya. 😛

DV Says:

16 March 2009 at 4:43 am.

Wah udangnya menggemaskan, Mas..
Aku kok belum tertarik memasak ya…

evi Says:

16 March 2009 at 7:18 am.

mbok aku diajari….
lah masakanku cuma sekelas tumis-tumisan hehehe…. 😀

mila Says:

16 March 2009 at 8:25 am.

toge cumi asin nya mauuuu dong…

edratna Says:

16 March 2009 at 8:44 am.

Kapan nih mas Iman mengundangku untuk mencicipi masakannya?
Fotonya menggiurkan…dan pasti rasanya lebih lagi….

Oca V Says:

16 March 2009 at 8:47 am.

Wuih, g nyangka mas pintar masak.Jd ngiler liat masakanx (slurp).Ini mah menambah 1 alasan lagi utk mengagumi mas.Lain kali posting jg ya kreasi masakan lain plus bahan n cara masakx ya biar nambah perbendaharaan resep.
Postingan kali ini bikin Oca jd gatel buat kasih komen.Sekalian mo kenalan.Kikiki… (Yang mengagumimu)

racheedus Says:

16 March 2009 at 9:55 am.

Asli, nggak nyangka kalau Mas Imam pinter masak. Berbahagialah sang istri yang mendapat seorang ahli masak.

itikkecil Says:

16 March 2009 at 10:24 am.

kok modelnya si Zam sih?
*dipancal Zam*

ah… berarti nanti di pb2009 bakal ada sesi masak bareng ya pak chairman?

zam Says:

16 March 2009 at 10:43 am.

@ MbakDOS: iya, cilaka! bisa bikin nagih nanti!

@ Ken Arok: saya memang sedang berguru kepada Suhu Al Ni’Mah, Gun..

@Bu edratna: masakannya enak!

@itikkecil: anu.. itu, anuuu.. *tersipu*

Fenty Says:

16 March 2009 at 11:10 am.

aduuh … bisa masak juga ternyata bapak satu ini … hebring euy … yang terakhir itu kaya’nya yummy (mmm)

dony Says:

16 March 2009 at 11:42 am.

woah saya pengen juga diundang lo mas
tapi jangan seafood dong *alergi*

amril Says:

16 March 2009 at 11:44 am.

Wah..kayaknya enak nih. Ditunggu undangannya nih menyantap makanan ala Mas Iman.. 😀

hedi Says:

16 March 2009 at 12:16 pm.

saya ga pernah ragu sampeyan bisa masak, kalo pernah tinggal di luar negeri pasti sedikit2 bisa 😀

meylya Says:

16 March 2009 at 1:48 pm.

bikin ngiler deh

ndoro kakung Says:

16 March 2009 at 2:20 pm.

kapan ngundang makan siang lagi? hahaha… *kekenyangan*

silly Says:

16 March 2009 at 7:57 pm.

Wahhh… bisa masak???… Hebat banget!!!

Bisa menuliskan kembali resepnya… Double hebat!!!

Diundang mencicipi… Triple hebat !!!

Jawab email dari dita tentang project “anu”… Super hebat!!!

abdee Says:

16 March 2009 at 8:45 pm.

ada sponsore juga toh….

itu deket fotone si zam..

Nyante Aza Lae Says:

16 March 2009 at 10:20 pm.

wuahhh, mimpi apaan nih masss?
koq pake ngepost masakan…btw ngilerin juga yah…hmmmm

arya Says:

16 March 2009 at 10:43 pm.

boleh loh mas kapan2 ngundang saya juga :p

meong Says:

17 March 2009 at 4:27 am.

kapan duet masak-masakan? 😉
kopdar masak 😀

selama masak pake apron, mas?
hehehehe….skrinsyut dooong ^^

biro jasa Says:

17 March 2009 at 9:13 am.

siapa bilang pria metro sexual anti ke dapur..ya gak mas..

IMan Says:

17 March 2009 at 10:35 am.

Ibu Enny, Alyak dll.
Ya kapan kapan kita masak lagi..soalnya tempat saya kecil kalau ngundang semuanya he he
Silly,
Saya balas emailnya nanti ya..ini masih ribet di production hehe

ika Says:

17 March 2009 at 11:05 am.

wow…. nyam nyam… ini sih kombinasi berbagai seni yang ajaib mas…
takjub

bangsari Says:

17 March 2009 at 2:26 pm.

kerang saus padangnya dahsyat banget euy. boleh pesen lagi? hehehe

-=«GoenRock®»=- Says:

17 March 2009 at 3:00 pm.

Horeee! Vote Mas Iman jadi Chef PB09!!! Ahahahaha… 😆 Aku kapan diundang Mas? Bisa cepet gemuk aku kalau sering2 maen ke dapur Mas Iman 😛

Adhini Amaliafitri Says:

17 March 2009 at 3:32 pm.

wah, mas iman jago masak! hebringgg 😀
menu2nya itu lohh, bikin kepengen :9

kenny Says:

17 March 2009 at 9:32 pm.

mas..punya kembaran nggak yg bisa masak jg? sapa tahu…..:D

kenny Says:

17 March 2009 at 9:33 pm.

eh ketinggalan…..5 menu gitu brp lama masaknya??duh..bikin ngiler

mpep Says:

18 March 2009 at 11:39 am.

kapan ya saya diundang untuk mencicipi menu menggugah selera ini?

salam blogger.
masmpep.wordpress.com

IMan Says:

18 March 2009 at 1:06 pm.

Kenny,
5 menu ya kira kira sejam lah…
Meong,
yuk duet masak..

Ahmad Sahidah Says:

18 March 2009 at 2:38 pm.

Hebat, Mas Iman. Saya juga menyukai menu yang berkait dengan nama saus tiram, seperti daging saus tiram (di Negeri Jiran dieja daging sos tiram). Sambil berkhayal, saya nanti diundang Mas Iman untuk makan Udang Saus Tiram.

Aris Heru Utomo Says:

18 March 2009 at 10:53 pm.

wow yummi banget masakannya, jadi pengen nyobain.

biyung nana Says:

19 March 2009 at 11:04 am.

buat Nana, yg penyajiannya kelihatan enak justru cah taugenya… sayang ga semua menu ditampilkan resepnya… 🙁

frozzy Says:

19 March 2009 at 6:10 pm.

jadi laperrrr….sekaligus malu….karena tidak bisa memasak sama sekali dan belum punya kesempatan u/ belajar masak… huhuhuhuhuhuhuhuh

tukang nggunem Says:

19 March 2009 at 11:32 pm.

Agak naksir sama udang saus tiramnya…itu pake speed dan diafragma berapa Pak masaknya?? hahahaha

IMan Says:

20 March 2009 at 2:08 pm.

Joel,..
Asa 200, bukaan rendah saja kok..plus gula sedikit

lady Says:

20 March 2009 at 4:30 pm.

ngopi resepnya ya mas, secara saya di solo selalu masak tiap hari, ga pernah jajan meski makanan di solo murah. sebaab saya anti penyedap masakan (micin). trims

wieda Says:

22 March 2009 at 11:13 am.

ih aku ngiler…..kapan dunk ngundang aku?

looh???? ngarep

wiwikwae Says:

10 February 2010 at 11:32 am.

aku ga diundang. cih!

:p

budi sutomo Says:

23 November 2011 at 12:53 am.

hmmm..kayanya enak tuh…

Udang Goreng Saus Tiram | Minyak Goreng SunCo Says:

22 June 2013 at 1:06 pm.

[…] Sebagaimana dikutip dari Iman Brotoseno […]

Leave a Reply

*

Mencari Jawaban

Artis tend to be dark, worried and superstitious creatures. This is not bad. It makes me perfectionist, it makes me care. Moreover the ability to see the darker side of life is an asset not just directing dramatic and tragic movies, but also for directing comedy, since comedy often has pain inside it. Do you believe that life and film tragically too close together ? I do ...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Iman Brotoseno. Make your own badge here.


Categories

Archives

Hot Topics

Spice of Life


Why Blog ?

Why the BLOG will change the world ?The explosion of blogs throughout the world has been the biggest phenomenon since the rise of the Internet itself. Today, more people read blogs than newspapers. Blogs are just a tool, of course. It’s the bloggers behind the blogs that will make the difference. Here's Why

Blog lama saya masih dapat dilihat disini

( DISCLAIMER ) Photo dan Gambar Ilustrasi kadang diambil dari berbagai sumber di internet - GETTY IMAGES dan CORBIS selain photo teman dan milik saya sendiri. Kadang kala sulit untuk menemukan pemiliknya. Jika ada yang merasa keberatan bisa menghubungi untuk dicantumkan namanya.

Subscribe this blog

  Subscribe in a reader
Enter your email address:
  
Delivered by FeedBurner
January 2018
M T W T F S S
« Dec    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031