10 July 2008

Cerpenista

Posted by iman under: BLOGGERS .

Secara tradisi bangsa kita sangat menyukai kata bersambut yang tergambar dalam budaya pantun. Saling bersambut pantun menjadi keindahan cara bertutur. Namun bagaimana kita membayangkan saling bersambut untuk membentuk sebuah tulisan cerita pendek.
Inilah ide brilian dari Momon menggabungkan beberapa kontributor penulis dalam sebuah tulisan cerita pendek dalam kolom CERPENISTA . Sekaligus sulit, karena pertama bagaimana mungkin begitu banyak penulis dengan kemampuan menulis yang berbeda beda harus berusaha mengikuti alur paragraph sebelumnya.
Paragraf ? Setiap penulis harus menulis beberapa kalimat dalam sebuah paragraph sebelum diteruskan oleh penulis lain. Tentu saja idealnya kalimat kalimat itu harus berkaitan.

Gaya penulisan ini bisa seperti acara televisi โ€˜ Akhirnya datang juga โ€˜ di Transs TV, kita tak bisa menebak apa yang akan terjadi dalam paragraph selanjutnya. Dibutuhkan tingkat improvisasi yang luar biasa untuk bisa masuk dalam alur cerita. Jika tidak cerita jadi mentah dan hambar.

Ada beberapa group cerpen didalamnya, seperti :
CahAndong , cerita tentang merupakan sekumpulan bloger yang berdomisili, pernah tinggal, memiliki hubungan dan kenangan tersendiri dengan Yogyakarta

Hororika,untuk penggemar cerita cerita horror dan penampakan.

Jayustisia, untuk cerpen-cerpen yang sejak awal diniati garing, jayus, dan criuk.

Loviano, komunitas cerpenis cerita asmara yang indah dan romantis.

Orgasmia, untuk diatas 20 tahun keatas dan dikategorikan dewasa. Khusus untuk kategori ini hanya bisa dibaca oleh anggota group sendiri โ€“ tidak sembarangan bisa menjadi anggota – mengingat efek yang mungkin timbul jika terbaca oleh mereka yang tidak kompeten

Penyair Tuwir, komunitas penyair usia matang tetapi berjiwa kekanak kanakan.

Satu hal yang lebih penting. Bukan kualitas cerita yang ada,walau siapa tahu dari sini bisa melahirkan sebuah cerita cerita yang tak kalah dengan cerpen pilihan harian Kompas. Yang pasti bukan orgasmia. Kolom cerpenista bisa sebuah bentuk pelepasan idc ide cerita yang mungkin tak bisa ditulis di blog masing masing. Ada semangat gotong royong sekaligus dagelan ketoprak.
Bahkan ini bisa memabukan, pernah seharian saya ikut arus dalam penulisan cerita cerita ini. Selain itu ternyata banyak juga bloger yang pandai menulis ala Valentino dan Enny Arrow. Oh Mas Joko, Asti, Firman dan Tante Vita.

47 Comments so far...

sandal Says:

10 July 2008 at 1:30 pm.

Wah, jadi ingat cerita stensilan ๐Ÿ˜€

aprikot Says:

10 July 2008 at 1:30 pm.

Penyair Tuwir, komunitas penyair usia matang tetapi berjiwa kekanak kanakan.

sepertinya PT penyair tuwir ini yg jd favorit mas iman..CA emang kelebihan energi :)) 2 jempol

Ahmad Says:

10 July 2008 at 1:34 pm.

Tak terbayangkan seharian ikut arus dalam penulis cerita-cerita ini, seperti dialami Mas Iman. Jika ia mampu membantuk kita menjelaskan dunia karut marut ini dengan lebih terang, mengapa tidak?

Iman Says:

10 July 2008 at 1:51 pm.

Salah Git,
Orgasmia one of my favourite..ha ha ha lagian anggota Penyair Tuwir cuma mbilung dan ndorokakung he he

cK Says:

10 July 2008 at 2:00 pm.

mas iman nulisnya nggilani! saya sampe horor mbacanya… ๐Ÿ˜†

didut Says:

10 July 2008 at 2:15 pm.

CA emang top markotobh buat yg gini-ginian, makanya lulusnya lama hihii~ *lirik anto ama tika*

evi Says:

10 July 2008 at 2:16 pm.

kreatip ๐Ÿ™‚

bangsari Says:

10 July 2008 at 2:18 pm.

kolaborasi mas iman dan cahandong bisa menghasilkan sinetron tuh. ๐Ÿ˜›

mantan kyai Says:

10 July 2008 at 2:27 pm.

ikutan orgasme duooong … ๐Ÿ˜€

Donny Verdian Says:

10 July 2008 at 3:01 pm.

Eni ero…huahuaha nick carter juga kali.
Two thumbs up buat CA dan Anda!

annots Says:

10 July 2008 at 3:04 pm.

Jadi ga semangat kerja, pengen nyerpenista…., tapi tetep terima gaji di akhir bulan *cara curang ngelabuhi perusahaan*

Nayantaka Says:

10 July 2008 at 3:10 pm.

Jagad Dewo bathoro…. gara-gara ada unsur “penis”nya, hermansaksono.com/cerpenista diblok di jaringan kampusku, dikategorikan porno, padahal pengin lihat mas iman orgasmia

kw Says:

10 July 2008 at 3:14 pm.

menjura sama CA!. ada aja idenya

edratna Says:

10 July 2008 at 3:27 pm.

Saya bagian membacanya aja….tapi memang hebat….

Rita Says:

10 July 2008 at 3:41 pm.

Orgasmia?? aku boleh ikutan gak? dijamin gak bakalan menimbulkan efek yang tidak diinginkan hehe ๐Ÿ˜€ tapiii cara membuktikannya gimana ya ๐Ÿ˜€

@apricot ..Kalau PT penyair tuwir dibilang favorite mas Imam,….bukan berarti mas Imam termasuk “Tuwir” kan?…. hihihihhi….upsss maaff,maaffff ๐Ÿ˜€

Yoyo Says:

10 July 2008 at 3:50 pm.

hehehe….kategori any arrow…….. ๐Ÿ™‚

goop Says:

10 July 2008 at 4:31 pm.

[…]Yang pasti bukan orgasmia[…]
demen pas bagian ini, hahaha

nico Says:

10 July 2008 at 4:37 pm.

hahaha.. atiati pas mengejanya:D

lance Says:

10 July 2008 at 4:38 pm.

kayaknya belum pernah nih cerita pendek dari kolaborasi banyak penulis..kalau skenario film biasaa itupun cuma 2 atau 3 penulis

achoey sang khilaf Says:

10 July 2008 at 5:01 pm.

wah saya harus banyak belajat nih ๐Ÿ™‚

Kunjungi dan tulis prediksi sobat di:
http://achoey.wordpress.com/2008/07/10/prediksi-lima-besar-partai-pemenang-pemilu-2009/
Hatur nuhun ๐Ÿ™‚

antobilang Says:

10 July 2008 at 5:09 pm.

nista.. nista..nista.. sungguh nista

oon Says:

10 July 2008 at 5:58 pm.

wah ca mangkin jaya…sebentar lagi banyak jadi celeb andong gak?

Nazieb Says:

10 July 2008 at 6:34 pm.

Jadi tergoda untuk ikut.. ๐Ÿ˜›

Bagas Says:

10 July 2008 at 7:09 pm.

Enny Arrow

Favorit pas SMP dulu ;))

Hedi Says:

10 July 2008 at 8:19 pm.

kemaren waktu di pasar festival itu, ipul sempet nyari enny arrow, belum pernah baca katanya…kasih pinjem, mas ๐Ÿ˜€

Iman Says:

10 July 2008 at 8:37 pm.

Hedi,
hi hi wah sudah dilego tuh..hi hi..

Mbilung Says:

10 July 2008 at 8:52 pm.

itu cerpen bener-bener nista, sekali mulai susah berhenti. Saya jadi berdoa, mbok itu server dibikin segera njengking.

arya Says:

11 July 2008 at 2:23 am.

nista tenan si momon…

leksa Says:

11 July 2008 at 5:19 am.

efeknya bikin saya menghapus Bookmark si cerpenista dari broser ๐Ÿ™
Mabok ketawa …

ohya, satu lagi,.. cerita2 di orgasmia membuktikan Mas Iman benar-benar menguasai cerita2 stensilan ๐Ÿ˜€ haha..

wieda Says:

11 July 2008 at 5:37 am.

mas imam masuk kategori apah?????

Silly Says:

11 July 2008 at 6:13 am.

ya aumpun… kreatif amat sich, hahahahha…

ehhh, orgasmia emang bisa dibaca siapa aja yah?, tadi baru baca yg horor… baca lagi ahhh, misi yahhhh.. mo baca dulu … hihihihi.. ๐Ÿ™‚

tukangkopi Says:

11 July 2008 at 8:10 am.

tulisan mas iman di orgasmia menunjukkan kalo njenengan bener2 orang yang pro masalah begituan. hahahakz…saya takjub, sempet curiga apa mas iman dulu pernah jadi kontributor 17tahun.com ya? ๐Ÿ˜†

zam Says:

11 July 2008 at 8:33 am.

jamput..

saya sampe ndak berani lagi ngetik alamat URL itu..

takut KETAGIHAN!!!

munyuk tenan ini anak-anak CA.. ndak ada kerjaan..

Sarah Says:

11 July 2008 at 9:22 am.

kucing geladak..hua hua hua..istilahnya itu kucing ..meong meong

* bilangin momon aku mau jadi anggota dunk

Mutia Says:

11 July 2008 at 10:24 am.

*menuju TKP..cari tau buat ikutan nulis.. :D*

balibul Says:

11 July 2008 at 11:59 am.

wah aku dah ditawarin ikutan dari kemaren. tapi nggak ah jaminan ga kerja itu. Sungguh Nista !

funkshit Says:

11 July 2008 at 2:04 pm.

modyar kowe mon .. .sudah di posting diisini. .
kemarin jgua sudah di posting di t4 mbilung
bakalan njengking blog mu . ..

Alex Says:

11 July 2008 at 2:56 pm.

Kreatif mas…

ngodod Says:

11 July 2008 at 4:14 pm.

treeettt…

dilla Says:

11 July 2008 at 4:37 pm.

baru dari TKP, amat sangat menarik sampai seluruh perhatianku tertarik kesitu bukannya malah kerja hihiiihii…:) *harus segera menghentikan perbuatan nista ini*

alle Says:

11 July 2008 at 5:32 pm.

mas imaaaaannn,..
koq cerita gigolo nya jadi kacau gini?? ada homok2an
payah! :))

Ecko Says:

11 July 2008 at 5:45 pm.

Tempat bgs bgt untuk penyaluran “hasrat” eh maksud saya bakat menulis. Soalnya bukan persoalan bgs tidaknya, namun yag pentng berani mencoba.

Herman Saksono Says:

11 July 2008 at 7:36 pm.

Ayo kapan kita nulis rame-rame lagi mas! ๐Ÿ˜€

Kardjo Says:

14 July 2008 at 8:27 am.

Sayang ndak semua bisa ngikut ya… hiks!
ndak nemu tombol ‘register’…. huaaa!!

nonadita Says:

15 July 2008 at 5:35 pm.

ah dejavu!!!
sayah juga ngerasa ada kemiripan antara Cerpenista dan Akhirnya Datang Juga!
xixixixi ternyata kita memikirkan hal yang sama yah Mas!

Kliping Media - Cerpenista Says:

6 October 2008 at 1:43 pm.

[…] biasa untuk bisa masuk dalam alur cerita. Jika tidak cerita jadi mentah dan hambar" —Iman Brotoseno, Iman […]

Mbendol Asli Says:

30 January 2009 at 8:11 am.

gmn cara jd member?
penasaran ma cerita horor norgasmia ๐Ÿ˜‰

Leave a Reply

*

Mencari Jawaban

Artis tend to be dark, worried and superstitious creatures. This is not bad. It makes me perfectionist, it makes me care. Moreover the ability to see the darker side of life is an asset not just directing dramatic and tragic movies, but also for directing comedy, since comedy often has pain inside it. Do you believe that life and film tragically too close together ? I do ...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Iman Brotoseno. Make your own badge here.


Categories

Archives

Hot Topics

Spice of Life


Why Blog ?

Why the BLOG will change the world ?The explosion of blogs throughout the world has been the biggest phenomenon since the rise of the Internet itself. Today, more people read blogs than newspapers. Blogs are just a tool, of course. Itโ€™s the bloggers behind the blogs that will make the difference. Here's Why

Blog lama saya masih dapat dilihat disini

( DISCLAIMER ) Photo dan Gambar Ilustrasi kadang diambil dari berbagai sumber di internet - GETTY IMAGES dan CORBIS selain photo teman dan milik saya sendiri. Kadang kala sulit untuk menemukan pemiliknya. Jika ada yang merasa keberatan bisa menghubungi untuk dicantumkan namanya.

Subscribe this blog

  Subscribe in a reader
Enter your email address:
  
Delivered by FeedBurner
September 2021
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930