1 August 2008

Achilles

Posted by iman under: ANEKARUPA; KEJIWAAN .

Achilles yang perkasa selalu merindukan sahabatnya Patrocolus. Dalam hikayat kuno Yunani, disebutkan persahabatan mereka selain sekadar teman laki laki. Ada unsur passionate yang mungkin diartikan tentang cinta. Apakah homosexual pada jaman sekarang, tidak ada yang bisa memastikan. Achiles selalu tender dan memasrahkan tubuhnya dipeluk sahabatnya setelah berperang. Berkasih kasihan sambil sesekali Achiles membalut luka di tangan Patrocolus. Demikian pada penggambaran sebuah lukisan Yunani kuno.
Jauh ribuan kilometer dari sana, Warok warok dari Ponorogo selalu memelihara gendak laki laki muda bertampang boyish, untuk memelihara rasa cinta. Konon kesaktiannya akan hilang jika mereka berhubungan dengan wanita. Warok Suromenggolo yang perkasa dan trengginas, bisa mendadak sendu dalam pelukan kekasihnya.

Budaya kita ternyata dekat dengan hal hal seperti ini. Nakula dan Sadewa dari Pandawa selalu digambarkan lelaki klemar klemer tapi sakti mandraguna. Srikandi bisa jadi dianggap representasi trans gender- operasi kelamin – pada jaman sekarang. Ia sering dipertanyakan. Lelaki atau wanita ? hanya karena kerap memakai kostum pakaian lelaki.
Tanpa harus membahas dari kaidah agama, karena sejak nubuat nabi Luth dalam kitab Taurat. Tuhan sudah menghukum orang orang seperti mereka dalam cerita Sodom dan Gomorah. Namun ada yang menggelitik adakah hak hak dasar mereka sebagai manusia. Homosexual yang tidak dilihat sebagai penyakit, atau bagian dari gaya hidup.

Budiyanto, ketua komunitas gay di Surabaya sampai harus menjelaskan bahwa tidak selalu orang gay dan sadis seperti Ryan. Semestinya dilihat kasus per kasus. Cemburuan ? mungkin saja seperti orang orang normal pada umumnya yang memiliki pasangan. Kebetulan saja Ryan seorang homo sekaligus psikopat yang mengidap kelainan jiwa. Cermin seseorang yang sakit dalam masyarakat materialistis.
Saya tak memiliki pretensi buruk terhadap mereka, mungkin karena bidang pekerjaan saya banyak mengenal dan melihat fenomena seperti itu. Homo atau Lesbian. Tak pernah ada barier yang mengganggu hubungan antar manusia. Mereka orang orang yang kreatif, hangat dan bersahabat. Bahkan saya bisa bercanda menyindir ‘gay’ mereka tanpa harus merasa tersinggung. Mereka ada dimana mana, ada sutradara tenar, bintang film, politisi, menteri, seniman, olahragawan, blogger, presenter TV atau pegawai negeri. Bahkan Emha Ainun Najib dan Ahmad Wahib pernah membahas skandal homosexual di lingkungan pesantren juga.

Prejudice bisa membunuh, dan sangat menyakitkan. Saya sama sekali tak pernah mencoba melihat dari sisi menakutkan. Kalau ada yang bilang itu bisa menular, rasa rasanya tidak juga. Saya selalu bersikap correct , normal dan juga tak tertarik untuk mengetahui lebih jauh sebagai coba coba.
Dalam Illiad, gubahan puisi puisi perang Troya. Achilles menangis saat melihat kematian Patroculus. Ia mencium abu jenasahnya.
“ Disana tunggu aku memelukmu “ sambil melihat ke langit tempat Dewa Dewa bersemayam lalu meneriakan dendam kepada Hector yang membunuhnya.
Achilles pemarah adalah Achilles yang kehilangan. Bukan Achilles yang psikopat.
Pada akhirnya Achilles kehilangan semuanya. Bukankah begitu juga kita kelak ?

61 Comments so far...

elistia Says:

4 August 2008 at 6:21 pm.

I agree mas Iman..
prejudice is such a waste.
kaidah agama?? let Him decide…, kita bukan Tuhan

Rita Says:

6 August 2008 at 8:38 am.

hak dasar sebagai manusia…. kalau ada, tentunya sekalian ma pasal-pasalnya kali ya
jadinya kalau dihubungkan dgn Ryan yang sadis-psikopat, berarti dia menggunakan hak dasarnya ya.. .. duhh au’ akh gelap…. kaburrr……

Prince Says:

6 August 2008 at 2:50 pm.

– kaidah agama?? let Him decide…, kita bukan Tuhan…
– terlepas dari masalah AGAMA …

kalo tanpa kaidah agama terus kita berpatokan pada apa?
HAM ?
HAM yg mana… barat.. timur… amerika… rusia arab… cina…jawa… madura ???
kenapa ya …kita tuh jadi susah… berat… lidah kelu… kalo sudah mengaitkan dengan agama
agama sepertinya gak laku… kejam… tidak manusiawi… gak nyambung dg otak pintar kita.
menurut saya, to the point aja, homoseksual menurut Islam, dan sepengetahuan saya menurut agama yg lain juga, adalah SALAH… menjalankan perilaku homo adalah BERDOSA.
cuma… hanya saja… bukan berarti saya bisa memperlakukan mereka dengan tidak manusiawi. Dalam ajaran Islam, homoseksual adalah penyakit, orang homoseks adalah orang yang SAKIT. Tak lebih spt halnya orang sakit kanker, DBD, hepatitis, flu, amandel… dsb. Mereka punya kewajiban menyembuhkan dirinya dari penyakit tersebut, sama spt wajibnya kita menjaga kesehatan. Justru kita sebagai masyarakat memiliki kewajiban secara umum untuk membantu mereka sembuh dari penyakitnya. Seperti halnya kita wajib membantu orang yang sakit.
Apakah bisa homoseksual disembuhkan ? BISA. Bahkan dalam literatur Islam kuno ada yang membahas tentang penanganan homoseksual. Gak perlu jauh-2 ke masa lalu, dalam masa modern ini banyak cerita homoseks yg sembuh kembali menjadi heteroseksual. Tidak ada orang yg terlahir homoseks. Yang ada adalah menjadi homoseks. Sebuah pilihan.
Maaf, itu menurut saya… don’t take it hard 🙂

Iman Says:

6 August 2008 at 3:34 pm.

Prince,’
justru dalam postingan ini saya tidak meminta untuk membahas dari segi agama ( Boleh dong dengan hak prerogatif sebagai penulis ) Karena sudah pasti hukumnya.

ngodod Says:

6 August 2008 at 8:58 pm.

masih lebih enak kelon dengan sepeda…

Prince Says:

9 August 2008 at 4:54 pm.

Tentu saja, saya pendukung speech freedom kok. Saya sebetulnya cuman sekedar menawarkan sebuah wacana, bagaimana memandang persoalan dari sudut pandang agama tanpa perlu terjebak dalam fundamentalisme pemikiran yang sempit, kering dan bebal. Monggo kalo mas Iman ada waktu untuk baca wacana saya itu disini.

Mr`PeKeN Says:

9 September 2008 at 7:09 am.

Huems…GAY?? sebuah pilihan yang tidak ada tetapi nyatanya ada…”KaBoRRRrrrrr”

Khalilurrahman Says:

23 May 2009 at 10:43 pm.

saya suka cerita tentang mitologi yunaninya..

pemBasmi Says:

3 June 2009 at 8:38 pm.

WOOOYYYYYY…………………HOMO itu orang TOLOL……………cap jari tengah buat orang Homo dan komunitas tololnya!!!

pemBasmi Says:

3 June 2009 at 8:40 pm.

Homo FUCK!!!!!!!!!!!!!! SUCK u’r moUth!!!

rendy Says:

20 June 2009 at 12:25 pm.

dalam kisah di film Troy Patroleus adalah sepupu dari Achiles tetapi dari hasil penelusuran dalam web ini dceritakan lain saya sebagai pengamat sejarah merasa bingung mana kisah yang sebenarnya.

Leave a Reply

*

Mencari Jawaban

Artis tend to be dark, worried and superstitious creatures. This is not bad. It makes me perfectionist, it makes me care. Moreover the ability to see the darker side of life is an asset not just directing dramatic and tragic movies, but also for directing comedy, since comedy often has pain inside it. Do you believe that life and film tragically too close together ? I do ...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Iman Brotoseno. Make your own badge here.


Categories

Archives

Hot Topics

Spice of Life


Why Blog ?

Why the BLOG will change the world ?The explosion of blogs throughout the world has been the biggest phenomenon since the rise of the Internet itself. Today, more people read blogs than newspapers. Blogs are just a tool, of course. It’s the bloggers behind the blogs that will make the difference. Here's Why

Blog lama saya masih dapat dilihat disini

( DISCLAIMER ) Photo dan Gambar Ilustrasi kadang diambil dari berbagai sumber di internet - GETTY IMAGES dan CORBIS selain photo teman dan milik saya sendiri. Kadang kala sulit untuk menemukan pemiliknya. Jika ada yang merasa keberatan bisa menghubungi untuk dicantumkan namanya.

Subscribe this blog

  Subscribe in a reader
Enter your email address:
  
Delivered by FeedBurner
January 2018
M T W T F S S
« Dec    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031